Loading...

Perut buncit tidak hanya membuat kamu tidak percaya diri, tetapi juga memiliki risiko kesehatan yang tinggi. Berbagai masalah kesehatan bisa menyerangmu, mungkin memang tidak dalam waktu dekat tapi beberapa waktu ke depan pasti mulai terlihat. Perut buncit bisa dihilangkan perlahan dengan senam mengecilkan perut maupun menghentikan penyebabnya.

senam mengecilkan perut

Plank merupakan salah satu olahraga untuk mengecilkan perut (source: freepik.com)

Penyebab Perut Buncit yang Perlu Kamu Tahu 

Sebelum pembahasan ini semakin jauh, kamu harus lebih dulu mengetahui penyebab mengapa perut menjadi buncit. Penumpukan lemak yang ada di perut memang kerap terjadi saat usia bertambah. Hal ini karena tubuh sudah mengalami metabolisme yang lambat. Selain itu perut buncit juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. 

1. Kurang Tidur 

Sebagai anak kost, sering kali begadang apalagi saat tugas menggunung. Dilansir dari Medical News Today yang ada dimuat di Kompas.com, tidur memang sangat penting untuk agar kesehatan tubuh terjaga seluruhnya. Journal of Clinical Sleep Medicine juga menunjukkan jika perut buncit ada kaitannya dengan perut buncit.

Untuk itu, jika kamu mengalami berat badan bertambah atau perut buncit maka kamu harus mengurangi kebiasaan begadang kamu. Begadang juga umumnya akan membuat seseorang menjadi ngemil atau makan di tengah malam. Usahakan untuk mengubahnya dengan tidur 8 jam setiap harinya. Agar perut buncit kamu tidak semakin buncit dan berat badan bertambah.

2. konsumsi Gula Berlebihan 

Jika kamu bertanya tanya kenapa perut buncit, bisa jadi karena kamu senang mengkonsumsi makanan manis. Konsumsi gula yang berlebihan akan membuat perut kamu buncit tanpa kamu sadari. Beberapa mungkin mengelak, bahwa sudah tidak mengkonsumsi minuman manis terlalu sering. Padahal gula berlebihan ini tidak hanya didapatkan dari minuman manis.

Kue, roti, sirup jagung, hingga makanan yang memiliki pengawet juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Dalam sehari seharusnya, setiap orang mengkonsumsi gula sebanyak 10% dari semua total energi yang dikonsumsi atau setara dengan 200 kkal. Jumlah ini bisa ditakar 4 sendok makan gula dalam sehari. Gula berlebihan membuat perut buncit karena pembakaran lemak meningkat.

3. Makan Cepat 

Apa kamu termasuk orang yang makan dengan cepat? Jika iya maka kebiasaan ini sebaiknya sudah mulai ditinggalkan. Makan terlalu lama tidak baik untuk kesehatan, dan makan terlalu cepat juga demikian. Manusia membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk bisa merasa kenyang. Sehingga paling tidak kamu harus memberikan waktu minimal tersebut agar tubuh merespon.

Kebiasaan makan lebih cepat ini akan membuat konsumsi makanan menjadi lebih banyak. Dengan begitu risiko untuk terjadi penumpukan lemak di perut juga akan mengalami peningkatan. Untuk itu, sebaiknya kamu makan dengan perlahan dan waktu yang ideal. Porsi yang ideal dan mengunyah perlahan menjadi solusi yang bisa kamu lakukan.

4. Stres 

Stres atau depresi juga menjadi penyebab perut buncit yang selanjutnya. Hal ini bisa terjadi pria maupun wanita dengan besar risiko yang sama. Ketika seseorang mengalami stres umumnya mereka akan mengkonsumsi makanan lebih banyak. Selain itu, konsumsi makanan manis juga lebih sering karena dianggap bisa menghilangkan stres.

Bukan hanya mengubah kebiasaan makan, hormon kortisol atau yang juga dikenal dengan hormon stres juga akan meningkatkan jumlah lemak di dalam tubuh. Kondisi inilah yang menyebabkan ukuran sel lemak menjadi lebih lebar. Ada baiknya, untuk kamu mulai mengetahui bagaimana mengelola stres dan menahan diri nafsu makan yang meningkat.

5. Kurang Bergerak 

Sebelum menuju bahasan senam mengecilkan perut, kamu harus tahu bahwa perut buncit juga bisa terjadi karena kamu kurang bergerak. Apalagi jika kamu termasuk kaum mager atau males gerak, sudah bisa dipastikan jika perut buncit akan menghantuimu. Belum lagi risiko kenaikan berat badan yang juga bisa menimpa kamu kapan saja.

Kebiasaan mager, banyak rebahan dan duduk terlalu lama kemudian tidak rutin olahraga, maka lemak di perut akan menumpuk. Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat untuk mengatasi perut yang buncit. Sudah banyak olahraga mengecilkan perut yang sederhana dan bahkan bisa kamu lakukan di rumah atau di kosan.

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah

senam mengecilkan perut

Pola makan hidup sehat salah satu cara mengecilkan perut secara alami (source: freepik.com)

Setelah mengetahui penyebab perut menjadi buncit, kamu juga harus tahu cara untuk mengecilkan perut alami. Mengingat untuk membuat perut kembali rata, tidak hanya bisa dilakukan dengan olahraga saja. Tetapi juga ada beberapa hal yang perlu kamu terapkan agar perut buncit segera hilang. Simak caranya berikut.

1. Membiasakan Sarapan 

Apakah kamu termasuk orang yang sering skip sarapan pagi? Jika iya maka kamu harus mulai membiasakan sarapan agar perut tak lagi buncit. Sarapan pagi terbukti ampuh untuk menjaga berat badan kamu. Selain itu juga membuat kamu tidak mengkonsumsi kalori dengan berlebihan. Umumnya mereka yang tidak sarapan akan makan lebih banyak di siang hari.

Hal ini justru akan membuat perut buncit lantaran menumpuk banyak lemak. Sarapan tidak harus makanan berat, kamu bisa membuat menu menu sarapan yang mudah dibuat di kost. Pastikan makanan yang dikonsumsi makanan bergizi seperti buah atau sayur. Cara mengecilkan perut secara alami satu ini terbilang efektif dan mampu menjaga tubuh  tetap ideal. 

2. Minum Banyak Air Putih 

Kamu juga harus lebih banyak mengkonsumsi air putih dibandingkan dengan air yang berasa. Dalam sehari sebaiknya air putih yang dikonsumsi mencapai 2 liter agar membuat tubuh tetap terhidrasi. Selain itu kamu juga akan merasa tetap kenyang karena air putih. Air putih nantinya juga akan membantu untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh.

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi 

Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan juga senam mengecilkan perut, dijamin kamu bisa mengecilkan perut lebih cepat. Dan dalam prosesnya, pastikan jika kamu benar benar memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu. Asupan protein, karbohidrat hingga serat harus benar benar seimbang.

Kamu juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan tertentu, misalnya lebih banyak konsumsi ikan berlemak, cuka apel atau bahkan minum teh hijau. Tidak hanya itu, hal ini juga harus diimbangi dengan tidak banyak konsumsi makanan mengandung minyak trans ataupun makanan tinggi gula. Cara mengecilkan perut satu ini terbukti efektif dan banyak dilakukan.

4. Olahraga 

Tips mengecilkan perut buncit yang juga harus kamu lakukan adalah olahraga. Mau tidak mau, suka tidak suka kamu harus melakukan jika ingin tubuh membakar kalori lebih banyak. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu, bukan hanya untuk perut buncit saja. Kamu juga akan lebih mudah dalam mengelola stres dan manfaat lainnya.

Gerakan Senam Mengecilkan Perut dalam 7 Hari

senam mengecilkan perut

Sit up rutin selama 7 hari bisa mengecilkan perut (source: freepik.com)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa olahraga menjadi hal yang harus dilakukan. Setidaknya dalam 1 minggu, kamu 3 kali berolahraga dengan waktu sekitar 45 menit hingga 60 menit. Kamu bahkan bisa melakukan senam mengecilkan perut di kosan atau di rumah. Gerakannya juga tidak sulit dan bisa kamu praktekkan secara langsung.

1. Plank

Gerakan senam mengecilkan perut sebelum tidur yang bisa kamu lakukan adalah plank. Gerakan yang terbilang sederhana ini akan membuat lemak di perut dibakar sehingga menjadi otot. Kamu juga tidak membutuhkan banyak alat ataupun ruang untuk mencoba gerakan ini. Kamu hanya perlu matras olahraga untuk melakukan gerakan ini.

Ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan untuk mencoba gerakan ini dengan benar. pertama silahkan posisikan badan kamu telungkup menyerupai posisi push up di atas matras. Kemudian angkat tubuh ke atas dengan badan bertumpu pada jari kaki dan lengan. Kamu juga harus mengencangkan bagian paha dalam serta bokong.

Jika sudah, kamu juga harus memposisikan bagian pusat masuk ke dalam. Angkat lutut kamu dan biarkan punggung dalam kondisi lurus dan juga rata. Kepala usahakan dalam kondisi yang rileks dan menghadap ke matras. Tahan posisi tersebut sekitar 30 detik, kemudian jeda dan ulangi hingga beberapa sesi.

2. Lying Leg Raise

Gerakan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Lying Leg raise. Latihan satu ini menjadi salah satu gerakan yang menantang untuk kamu lakukan. Kamu hanya perlu untuk berbaring telentang di atas matras. Kedua tangan berada pada sisi kanan dan juga kiri. Naikkan kaki sampai membentuk 90 derajat, pastikan lutut kamu tidak menekuk. Tahan beberapa saat dan ulangi.

3. Sit Up 

Sit Up menjadi gerakan mengecilkan perut yang sederhana dan patut untuk dicoba. Latihan dasar satu ini memang berfokus pada perut sehingga akan membentuk otot pada perut. Beratnya kerja otot perut akan memicu lemak perut yang berkurang. Selain itu, sit up juga akan meningkatkan performa seseorang juga menyeimbangkann postur tubuh.

Caranya tidak sulit, cukup berbaring telentang di atas matras kamu. Setelah itu tekuk lutut dengan kedua kaki yang menapak di lantai. Jika sudah silahkan silangkan lengan di depan dada atau di belakang kepala. Angkat bahu tinggi menggunakan otot perut kamu, sangat penting untuk kamu angkat punggung dari lantai. Lakukan beberapa sesi dan secara rutin.

4. Bicycle Crunches 

Jika kamu ingin gerakan yang cukup menantang, Bicycle crunches bisa kamu lakukan. gerakan senam mengecilkan perut dalam 7 hari ini mirip seperti saat mengayuh sepeda. Hanya saja dilakukan sambil telentang dan mengayunkan kedua kaki ke udara. Langkah pertama untuk melakukannya bisa dengan berbaring telentang di atas matras.

Setelah itu kamu bisa meletakkan kedua tangan untuk menopang kepala. Atur agar posisi kelapa meringkuk ke depan serta tidak menempel pada matras. Posisikan kaki ke atas dengan membentuk sudut 45 derajat. Putar bagian tubuh ke kanan ke kiri seiring dengan kaki yang menjenjak ke udara. Ulangi gerakan ini dan lakukan secara rutin.

5. Cross Crunch

Cross crunch tidak hanya menjadi senam mengecilkan perut, tetapi juga membuat otot punggung dan paha kencang. Posisikan tubuh telentang di atas matras, tangan serta kaki diagonal keluar atau tubuh berbentuk X. Kemudian jaga lengan dan kaki lurus, bawa kaki kanan ke tangan kiri begitu sebaliknya. Ulangi gerakan ini beberapa set.

Memiliki perut yang buncit memang membuat kepercayaan diri menurun. Sehingga kamu harus mengubah kebiasaan buruk serta melakukan beberapa gerakan senam sederhana di atas. Namun pastikan untuk melakukan pemanasan dan juga pendinginan, sekalipun senam ini merupakan gerakan sederhana. 

Untuk kamu yang kamar kosannya sempit mungkin bisa beralih untuk mencari kosan yang ada space untuk kamu bisa berolahraga di dalam kamar. Apalagi menggunakan beberapa alat olahraga pastinya kamu akan butuh space yang cukup, salah satunya mungkin kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, Kosan ini memberikan fasilitas yang lengkap, baik fasilitas kamar yang sudah dilengkapi kasur yang nyaman, lemari pakaian yang besar, kamar mandi dalam, meja dan kursi serta ruangan yang cukup lega untuk kamu berolahraga, selain itu kosan ini juga punya fasilitas lainnya seperti wifi gratis dan parkiran yang cukup besar.

Press Enter To Begin Your Search
×