Loading...

 

Jika kamu sedang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung maupun Universitas Padjajaran, maka tak ada salahnya untuk mencoba berbagai macam makanan khas Bandung. Terutama bagi kamu yang merantau, maka kuliner khas dari kota Kembang ini wajib untuk kamu cicipi. Ada beragam jenis makanan, mulai dari camilan hingga makanan yang mengenyangkan tersedia secara lengkap di kota satu ini.

makanan-khas-bandung

Gedung sate salah satu gedung ikonik kota Bandung (source:unsplash.com)

Mengintip Makanan Enak Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

1. Karedok

Meskipun kamu termasuk golongan anak milenial, nggak ada salahnya untuk mencoba makanan khas yang berasal dari Bandung ini. Pasalnya, karedok merupakan kuliner yang cukup menyehatkan dan bergizi yang bisa kamu temui di kota ini. Hal ini tentu saja dikarenakan mulai dari menyiapkan bahan, pengolahan hingga penyajiannya dibuat dengan sangat klasik dan otentik sehingga menyajikan cita rasa yang lezat sekaligus sehat.

Berisi berbagai macam sayuran yang segar, maka kamu pun akan bisa menikmatinya ketika ingin mengkonsumsi makanan sehat dengan harga yang ekonomis. Selain itu, bagi kamu yang menyukai pedas, tak perlu ragu  meminta kepada penjualnya untuk menambahkan tingkat pedas sesuai dengan yang kamu inginkan. Makanan khas Bandung murah ini, bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek yang sangat irit, yakni 10 ribu saja per porsinya.

2. Surabi

Surabi merupakan salah satu makanan ringan khas Bandung yang cukup ngehits. Bukan hanya itu saja, kamu bisa memilih beragam varian rasa dan juga topping yang kamu sukai. Meskipun merupakan jajanan tradisional, surabi ini tetap laris di kalangan anak muda karena memiliki rasa yang enak dan cocok untuk mengganjal perut yang tidak terlalu kelaparan.

Selain itu, saat ini banyak penjual serabi yang kreatif dengan menambahkan banyak varian rasa unik di dalam surabi. Salah satunya adalah surabi yang mempunyai topping oncom. Jika tertarik, maka kamu pun bisa menemukannya di Surabi Cihapit yang berada di daerah Cihapit, Bandung ini. Pasalnya, surabi yang telah berdiri sejak tahun 1991 ini menyediakan surabi dengan berbagai menu dan topping beragam yang wajib untuk kamu coba.

3. Mie Kocok

Kuliner selanjutnya yang bisa kamu coba sebagai anak kost Bandung adalah Mie Kocok. Makanan satu ini memang terkenal sebagai salah satu kuliner yang akan memanjakan lidahmu. Kamu bisa mengunjungi Mie Kocok Mang Dadeng yang berada di daerah Kyai Haji Ahmad Dahlan. Rasanya yang sangat nendang akan membuat kamu ketagihan. Hal tersebut tentu saja tak mengejutkan, karena terdapat 27 jenis rempah yang dimasukkan ke dalam olahan satu ini.

Untuk itu, bagi kamu yang penasaran dengan cita rasa yang sangat khas dari Mie Kocok, maka bisa menjadi alternatif untuk menyantapnya saat makan siang. Terutama untuk kamu yang menyukai kuliner tradisional maka akan langsung tergoda dengan kuah kaldu yang ada pada mie satu ini. Sedangkan isiannya sendiri, maka kamu bisa menemukan mie kuning gepeng, bawang goreng dan daun seledri. 

Serta yang tak boleh terlewatkan adalah potongan dari kikil dan tulang sumsum yang akan membuat kamu ingin terus nambah. Sehingga, makanan yang hits satu ini tentu saja harus masuk sebagai kuliner yang wajib kamu coba ketika kuliah di Bandung. Untuk harganya sendiri pun masih cukup terjangkau. Dengan harga sekitar 20 ribu rupiah saja, maka sajian lezat ini sudah bisa untuk kamu nikmati. 

4. Seblak

Siapa coba yang tidak mengenal kuliner satu ini? Seblak merupakan primadona street food yang akan kerap kali kamu temui ketika berada di kota Paris Van Java ini. Termasuk jenis makanan khas Bandung dan cara membuatnya yang cukup mudah akan membuat kamu ketagihan akan cita rasa yang disajikan oleh seblak. Ada berbagai macam kedai seblak yang bisa anda kunjungi, mulai dari yang berada di kaki lima hingga rumah makan kekinian.

Terbuat dari bahan utama yakni kerupuk basah yang sangat khas ini, dipadukan dengan rempah rempah yang akan membuat kamu tergiur. Tak hanya itu saja, di jaman sekarang seblak juga memiliki banyak topping yang akan menggoyang lidah kamu. Mulai dari isi berbagai macam sayuran, telur, daging ayam, bahkan hingga beragam jenis bakso serta ceker yang akan membuat kamu bingung untuk memilih toppingnya.

Untuk kamu yang masih bingung memilih kedai seblak saat berada di Bandung, maka Seblak Jebred bisa menjadi salah satu pilihanmu. Disini, kamu bisa mendapatkan seblak lengkap dengan tahu krispi, sosis, ceker dan juga kikil. Bagi kamu pecinta pedas, maka kamu juga bisa memilih level pedas yang diinginkan. Untuk harganya pun tak akan menguras kantong mahasiswa kamu. Pasalnya, hanya dengan kisaran harga 12 ribu rupiah saja, kamu bisa menyantap seblak satu ini.

5. Gehu Jeletot

makanan-khas-bandung

Salah satu makanan Khas Bandung untuk pecinta pedas (source:pexels.com)

Makanan khas Bandung selanjutnya adalah Gehu Jeletot. Pecinta kuliner pedas, tentu saja wajib untuk mencicipi olahan tahu yang sedap satu ini. Pasalnya, kamu bisa mencicipinya sebagai cemilan untuk menunggu jam masuk kuliah ataupun sekedar teman menonton drama di kosan. Camilan satu ini tergolong baru di kota Bandung. Sehingga tak heran masih diburu banyak anak muda yang penasaran akan rasa yang disajikannya.

Resep makanan khas Bandung ini sebenarnya cukup mudah untuk kamu buat sendiri di kosan. Kamu hanya perlu menyiapkan tahu, wortel, sayur kol dan juga irisan daging sapi untuk membuatnya lebih enak dan menambah cita rasa yang sangat khas. Untuk penggemar rasa pedas, maka kamu bisa menambahkan cabai sesuai dengan tingkat kepedasan yang kamu miliki. 

Namun, bagi kamu yang tidak ingin repot membuatnya maka cukup datang ke daerah Buahbatu. Pasalnya, di sekitar jalan tersebut terdapat pedagang yang menjajakan camilan hits satu ini. Makanan ini memang memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kuliner lain yang sejenis. Namun, hal ini akan sepadan dengan cita rasa yang akan kamu dapatkan ketika mengkonsumsinya.

6. Cuanki

Makanan enak khas Bandung selanjutnya jatuh kepada cuanki. Untuk sajiannya sendiri sekilas akan terlihat mirip dengan bakso Malang yang biasa kamu jumpai. Di dalam satu porsi cuanki akan terdiri dari siomay, aci, pangsit rebus, bakso, pangsit rebus dan juga ada bakso goreng. Pembedanya dengan bakso pada umumnya adalah terletak pada mie nya. Dimana cuanki tidak menggunakan mie kuning di dalam penyajiannya.

Selain itu, dengan tambahan seledri dan juga daun bawang akan membuat makanan satu ini terlihat sangat lezat. Dengan kuah yang bening dan gurih, kamu bisa menikmati kuliner tersebut ketika sedang berada di Bandung. Pasalnya, banyak sekali tempat yang menyediakan makanan khas Bandung satu ini. Mulai dari gerobak keliling hingga ada pula kedai yang menawarkan cuanki dengan konsep yang telah kekinian.

Salah satu kedai yang terkenal adalah Cuanki Serayu yang telah berdiri sejak tahun 1980. Spot untuk menikmati cuanki ini memang telah populer di kalangan mahasiswa maupun warga lokal Bandung. Dimana harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, sehingga tak mengherankan bahwa kedai satu ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Bahkan anda bisa membelinya dengan harga setengah porsi yang dijual dengan harga kisaran 10 ribu rupiah.

7. Pisang Bolen

Pisang bolen menjadi salah satu makanan khas Bandung untuk oleh oleh keluarga di rumah. Sehingga, bagi kamu yang ingin pulang kampung saat liburan kuliah maka kuliner satu ini bisa kamu jadikan buah tangan untuk kerabat maupun sahabat di kampung halaman. Pasalnya, banyak orang yang ketika pergi ke Bandung akan membawakan oleh oleh berupa camilan yakni pisang bolen Kartika Sari.

Jajanan satu ini tak hanya memiliki rasa yang enak di lidah, melainkan berbagai varian rasa yang terdapat pada makanan ini tidak boleh anda abaikan begitu saja. Banyaknya rasa mulai dari peuyeum hingga kacang akan tersedia lengkap di tempat satu ini. Untuk oleh oleh makanan khas Bandung ini bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek yakni sekitar 47 ribu rupiah saja.

8. Tahu Susu Lembang

Apa makanan khas Bandung yang cukup melekat di benak kamu? Mungkin sebagian besar akan menjawab Tahu Susu Lembang. Benar sekali, ketika kamu berakhir pekan di Lembang, maka wajib rasanya untuk membawa Tahu Susu Lembang. Hal ini dikarenakan kuliner yang memiliki cita rasa lezat ini, ternyata juga menyehatkan untuk tubuhmu. Selain itu, kualitas dari tahu satu ini pun cukup berbeda dengan tahu kebanyakan.

Pasalnya, tahu susu yang berasal dari Lembang ini memang dikenal sebagai tahu yang memiliki tekstur lembut. Sehingga, kamu pun akan merasa ketagihan setelah mencobanya. Kamu bisa menggorengnya dan mencelupkannya ke saus kecap cabe rawit yang segar. Dengan penyajian yang sederhana tersebut, tentu saja sudah akan membuat kamu ketagihan. Cukup merogoh kocek sebesar 25 ribu rupiah saja, kamu bisa membawa pulang sebungkus kuliner satu ini.

9. Peuyeum

Peuyeum merupakan makanan khas Bandung yang cukup identik dengan kota Kembang. Hal ini dikarenakan, kuliner ini merupakan tape singkong yang mempunyai kadar air cukup sedikit. Sehingga akan membuatnya tahan lama dan bisa kamu jadikan oleh oleh. Uniknya, makanan ini bisa kamu konsumsi secara langsung atau dicampur dengan berbagai macam olahan makanan favoritmu.

Bagi kamu yang ingin mencari peuyeum ini ketika berada di Bandung, ada banyak tempat yang bisa kamu jadikan lokasi untuk membelinya. Namun, kamu juga bisa mendatangi secara langsung sentra pembuatannya yang berada di Desa Citatah. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan peuyeum dengan harga yang terjangkau yakni sekitar 15 ribu rupiah saja per satu kilogramnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan jumlah banyak dengan harga yang ramah di kantong

Itulah beberapa deretan makanan khas yang ada di kota Bandung. Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan di kota Bandung, tak ada salahnya untuk sekalian pergi wisata di Bandung dan juga berwisata kuliner untuk mencicipi berbagai macam kuliner khas yang kamu temukan di kota satu ini. Sehingga, kamu pun akan memiliki banyak pengalaman untuk menjajal makanan enak yang ada di kota ini sembari berkuliah. Tentunya, makanan yang ada di Bandung ini memiliki rasa yang akan memanjakan lidahmu.

Untuk kamu yang ingin cari kosan di Bandung, kamu bisa pilih KoolKost di kota bandung. Caranya mudah kamu hanya perlu buka Aplikasi RedDoorz dan pilih KoolKost, lalu pada fitur pencarian masukkan kata kunci Bandung, maka setelah kamu search kamu akan diberikan list KoolKost di kota Bandung. Tunggu apalagi yuk cari kosan di bandung yang sesuai dengan budget dan keinginan kamu sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×