Loading...

Nasi goreng kerap kali menjadi menu wajib yang dibuat anak kosan. Hal ini dikarenakan bahannya yang mudah ditemukan serta proses pembuatannya yang tidak ribet dan cepat, menjadi alasan mengapa makanan satu ini kerap kali diminati oleh anak kosan. Buat kamu yang ingin mengetahui variasi resep nasi goreng agar tidak bosan, berikut simak ulasannya.

resep nasi goreng

Nasi goreng jadi salah satu menu wajib anak kosan (source:pixabay.com)

Berbagai Macam Resep Nasi Goreng Enak untuk Dibuat di Kostan

1. Nasi Goreng Bawang

Salah satu resep nasi goreng rumahan sederhana yang bisa dibuat dalam waktu yang cepat adalah nasi goreng bawang. Bahan yang kamu perlukan juga cukup mudah ditemukan di kostan. Pertama, kamu bisa menyiapkan satu buah bawang putih dan mencincangnya hingga halus.

Kemudian, siapkan pula cabai rawit dan cincang halus. Jangan lupa untuk siapkan garam dan gula secukupnya untuk menambah rasa. Selanjutnya, empat siung bawang merah dan cincang halus, satu batang daun seledri dan cincang, serta 1 butir telur. Telur tersebut bisa kamu kocok lepas di mangkok.

Untuk sayurnya sendiri, tambahkan satu genggam kol dan potong-potong kemudian goreng sebentar saja. Untuk membuat rasa nasi goreng bawang menjadi lebih sedap, kamu juga bisa menyiapkan sekitar satu sendok makan saus tiram sebagai penyedapnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menumis bawang putih dan bawang merah hingga berbau harum. Kemudian masukkan cabai rawit yang telah dicincang dan tumis sebentar. Setelah itu, barulah kamu bisa memasukkan telur yang telah dikocok dan goreng orak-arik hingga matang secara keseluruhan.

Lalu, kamu bisa memasukkan nasi dan juga kol yang telah digoreng. Aduk semua bahan bahan tersebut di wajan hingga merata. Kemudian, masukkan saus tiram, daun seledri, gula dan garam. Aduk secara merata dan koreksi rasa hingga mendapatkan rasa yang pas di lidah.

2. Nasi Goreng Jawa

Meskipun kamu termasuk anak kosan, anak kost Bandung misalnya. Membuat nasi goreng jawa tetap bisa dilakukan dengan menggunakan bahan bahan yang mudah ditemukan di kulkas. Untuk resep nasi goreng jawa ini, pertama kamu bisa menyiapkan sekitar 2 hingga 3 piring nasi atau sesuai dengan selera kamu.

Kemudian, siapkan pula bawang putih sebanyak 5 siung, terasi bakar, 5 buah cabai rawit, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan saus tiram, setengah sendok teh kaldu bubuk, 1 ikat sawi hijau, 2 genggam tauge dan juga dua genggam teri goreng. Untuk bahan pelengkap siapkan pula mentimun, bawang goreng, telur mata sapi dan juga tempura.

Untuk cara memasaknya sendiri, kamu bisa menghaluskan semua bumbu yang ada dan menumisnya hingga berbau harum. Kemudian masukkan nasi dan tambahkan garam, kaldu bubuk, dan saus tiram. Selanjutnya, masukkan sawi, tauge, dan juga ikan teri. Masak dan aduk secara merata hingga matang. Kamu pun bisa menyediakan dengan bahan pelengkap yang telah disiapkan.

3. Nasi Goreng Gila

resep nasi goreng

ilustrasi nasi goreng gila yang yang jadi favorite anak kosan (source:pixabay.com)

Nasi goreng gila menjadi salah satu menu yang banyak dinikmati oleh kawula muda. Kamu pun tentunya juga bisa untuk membuatnya di rumah. Untuk membuat resep nasi goreng ini, bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah nasi putih sekitar 2 piring, dada ayam yang sebelumnya telah direbus dan suwir suwir sesuai dengan selera.

Siapkan pula udang, ati ampela yang telah diiris, telur sebanyak 2 butir, bakso sebanyak 5 biji dan iris sesuai selera. Untuk sayurnya sendiri, kamu bisa menyiapkan satu buah sawi hijau atau caisim dan juga kol putih yang telah diiris tipis tipis. Untuk bumbunya, siapkan daun bawang satu batang dan telah diiris iris.

Jangan lupa untuk menambahkan kaldu ayam bubuk sebanyak ¼ sendok teh, garam sebanyak ½ sendok teh, lada bubuk ½ sendok teh, kecap asin 1 sendok teh, kecap manis, 2 sendok makan dan minyak untuk menumis kira kira sekitar 4 sendok teh atau secukupnya. Barulah kamu bisa memasak resep nasi goreng gila yang lezat ini. 

Namun, sebelum kamu membuatnya, pertama siapkan dulu bahan untuk membuat bumbu halusnya. Di sini, kamu bisa menyiapkan bawang merah sebanyak 5 siung, bawang putih sebanyak 3 siung, dan juga cabai rawit merah sebanyak 5 buah. Cara membuatnya, kamu bisa memanaskan sedikit minyak dan kemudian buat telur orak arik.

Setelah orak arik selesai dibuat, kamu bisa meminggirkannya sebentar di wajan dan tambahkan lagi sedikit minyak lagi. Barulah kamu bisa untuk menumis bumbu halus hingga berubah menjadi harum. Lalu, masukkan kecap ikan dan semua bahan lauk seperti udang, ati ampela dan juga bakso yang telah dipotong potong.

Kamu bisa menumisnya sebentar dan aduk hingga merata. Selanjutnya, masukkan nasi dan aduklah bersama semua bahan yang sebelumnya telah kamu masak. Untuk menambahkan rasa, maka kamu bisa untuk memasukkan garam, kaldu ayam, lada bubuk hingga kecap manis. Aduklah hingga merata dan berbau harum.

Untuk langkah terakhir, kamu bisa memasukkan sayuran. Sebut saja seperti sawi hijau, kol, dan juga daun bawang. Aduk terus hingga merata. Masak hingga sayur menjadi layu. Apabila telah terlihat layu, maka kamu bisa mengangkat dan menyajikan nasi goreng gila yang enak.

4. Nasi Goreng Kampung

Nasi goreng yang bisa kamu buat selanjutnya di kosan adalah resep nasi goreng kampung atau nasi goreng tek tek yang memiliki rasa lezat. Untuk membuatnya, kamu bisa menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Siapkan nasi putih sekitar dua piring, telur satu butir yang telah dibuat orak arik, dan dada ayam goreng yang telah disuwir secara kasar.

Untuk sayurnya sendiri, kamu hanya perlu menyiapkan sawi satu ikat dan juga kol yang telah dipotong sesuai dengan selera. Dalam membuat nasi goreng kampung, kamu juga perlu untuk menghaluskan beberapa bahan. Bahan yang perlu dipersiapkan adalah cabai merah sebanyak 1 buah, cabai rawit sebanyak 3 buah, dan bawang merah sebanyak 6 siung.

Kemudian, siapkan pula bawang putih sebanyak 3 siung dan juga garam sebanyak 1 sendok teh, serta terasi ½ sendok teh. Untuk pelengkap agar nasi goreng menjadi lebih enak, maka kamu bisa menyiapkan kerupuk dan juga timun secukupnya. Untuk membuat resep nasi goreng ini, kamu hanya perlu untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi.

Selanjutnya, masukkan kecap manis dan aduklah hingga merata. Kamu bisa memasukkan nasi putih dan mengaduknya hingga nasi tercampur bersama bumbu secara merata. Barulah kamu bisa memasukkan orak arik telur dan koreksi rasa apakah telah sesuai atau belum. Setelah itu, sajikan dengan potongan suwiran ayam.

5. Nasi Goreng Spesial

Saat membuat nasi goreng, kamu juga bisa membuatnya untuk orang yang spesial. Untuk membuat resep nasi goreng spesial pun sangatlah mudah dan bisa langsung kamu praktekkan di kostan. Bahan-bahan yang kamu persiapkan adalah 1 potong paha ayam yang telah direbus dan suwir sesuai selera.

Selanjutnya, siapkan 2 butir telur dan kocok lepas telur tersebut pada mangkok. Siapkan pula udang yang telah dikupas kulitnya. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan bakso sapi sebanyak lima buah dan potong sesuai selera, serta lima buah bakso ikan dan potong potonglah juga.

Jangan lupa siapkan nasi sekitar 2 hingga 3 piring dan 2 sendok makan kecap manis. Siapkan pula 1 sendok teh garam, ½ sendok teh gula pasir, 1 batang daun bawang iris iris tipis, 1 ½ sendok makan bawang goreng yang bisa kamu gunakan untuk pelengkap, dan juga minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Selain itu, kamu juga perlu untuk menyiapkan bahan yang digunakan sebagai bumbu tumbuk. Di sini, kamu bisa menyiapkan 1 sendok teh terasi bakar, 3 buah cabai merah berukuran besar, 3 buah cabai merah keriting, 2 buah bawang putih dan juga 6 butir bawang merah. Untuk bahan pelengkapnya siapkan kerupuk secukupnya dan juga telur ceplok.

Cara masak nasi goreng satu ini cukup mudah. Pertama, kamu bisa memanaskan minyak, menumis bumbu kasar hingga berbau wangi. Kemudian, sisihkan bumbu tersebut di pinggir wajan dan masukkan telur, masaklah orak arik telur tersebut. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan bahan seperti ayam, bakso, dan udang. Aduklah secara terus menerus hingga merata.

Barulah kamu bisa menambahkan nasi dan aduklah hingga tercampur bersama bumbu dan bahan bahan yang lain. Lalu, tambahkan kecap manis,beserta gula dan garam sesuai dengan selera. Aduk dan pastikan apakah rasanya sudah pas atau belum. Kemudian masukkan daun bawang, aduk rata dan sajikan. Tambahkan telur ceplok dan juga taburan bawang merah untuk membuatnya semakin lezat.

6. Nasi Goreng Putih

resep nasi goreng

Nasi goreng putih tanpa tambahan kecap (source:freepik.com)

Resep nasi goreng selanjutnya yang bisa kamu buat adalah nasi goreng putih. Hal yang perlu kamu siapkan adalah 2 piring nasi putih, 1 butir telur ayam kocok, daging ayam yang telah dicincang, 1 buah sosis ayam, 3 buah bawang putih dan iris halus. Siapkan pula garam, penyedap rasa, kecap ikan, merica dan 1 batang daun bawang yang telah diiris.

Untuk cara memasaknya, kamu bisa menumis bawang putih hingga berbau wangi dan tambahkan telur orak arik. Selanjutnya masukkan ayam yang telah dicincang halus dan sosis, masak hingga matang. Lalu tambahkan daun bawang, tumis hingga matang dan aduk secara merata.

Saat membuat resep nasi goreng enak ini, kamu bisa memasukkan nasi kemudian aduk hingga tercampur merata dengan bumbu. Barulah kamu bisa menambahkan merica, garam, penyedap rasa, dan kecap ikan. Aduk hingga merata sampai tercium bau harum. Sajikan nasi goreng putih bersama taburkan bawang merah goreng untuk membuatnya lebih enak.

Beberapa resep dari nasi goreng tersebut menggunakan bahan yang mudah untuk anda temui di kostan. Sehingga, kamu pun bisa dengan mudah untuk membuatnya. Ditambah lagi dengan cara memasaknya yang mudah, maka nasi goreng tentu saja akan menjadi menu andalan bagi anak kost karena memiliki rasa yang sangat enak dan cara membuatnya yang simpel.

Untuk bisa masak di kosan lebih nyaman, kamu harus mencari kosan yang memberikan fasilitas dapur bersama, untuk mencari kosan yang punya fasilitas tersebut kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, karena selain fasilitas lengkap seperti kamar yang sudah lengkap dengan tempat tidur, meja kerja, lemari pakaian, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC, wifi gratis, kosan KoolKost juga memberikan fasilitas dapur bersama yang bisa digunakan semua penghuni kost untuk memasak.

Press Enter To Begin Your Search
×