Loading...

Mie ayam menjadi salah satu kuliner yang hampir bisa dijumpai di mana saja. Sebab, makanan yang satu ini bisa dibilang termasuk kuliner favorit hampir semua orang. Indonesia juga punya banyak jenis mie ayam. Cara membuatnya yang mudah sangat memungkinkan kamu untuk membuatnya sendiri di rumah, coba saja ikuti resep mie ayam berikut ini.

resep mie ayam enak

Ilustrasi mie ayam. (Foto: unsplash.com)

Resep Membuat Mie Ayam Enak yang Wajib Kamu Tahu 

Di dalam membuat mie ayam enak, tentu saja terdapat beberapa bahan yang perlu kamu siapkan. Pertama, pastinya kamu membutuhkan mie. Untuk membuat sekitar 4 porsi, kamu butuh sekitar 500 gram mie telur basah. Selanjutnya, siapkan sekitar 2 sdm kecap asin, dan 2 sdm minyak sayur.

Bahan bahan tersebut merupakan yang perlu kamu siapkan untuk membuat mienya. Lalu, kamu juga perlu untuk menyiapkan ayam yang nantinya akan digunakan sebagai topping. Pertama siapkan 2 sdm minyak sayur, ½ sdt minyak wijen, 2 siung bawang putih dan mencincangnya.

Selanjutnya, siapkan sekitar 250 gram daging ayam. Kamu bisa mengambil bagian ayam paha atau ayam dada, sesuaikan dengan kesukaan kamu. Potonglah kecil kecil ayam tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan. Selain ayam, kamu juga bisa menyiapkan sekitar 150 gram jamur champignon kalengan dan potong kecil kecil.

Siapkan pula sekitar 2 sdm kecap asin dan 3 sdm kecap manis. Kamu juga perlu untuk menyiapkan ½ sdt merica bubuk dan sekitar 1 sdt garam. Untuk pelengkapnya, kamu bisa siapkan 2 tangkai dari sawi hijau yang telah dipotong potong. Rebus sawi tersebut dalam waktu yang sebentar saja.

Kamu juga bisa untuk merebus sawi ini bersamaan ketika kamu merebus mie. Kamu juga bisa untuk menyiapkan sekitar 2 sdm daun bawang dan 4 sdm bawang merah untuk taburan diatasnya. Sedangkan untuk kuah, siapkan kaldu ayam agar terasa lebih enak. Dan bisa disajikan untuk kamu yang menyukai mie ayam kuah.

Untuk membuat mie ayam ini, bisa dibagi menjadi beberapa tahapan. Pertama, kamu bisa mengolah ayamnya terlebih dahulu. Tumislah bawang putih yang telah dicincang hingga berbau harum. Selanjutnya, masukkan potongan dari daging ayam dan aduk aduk hingga sedikit berwarna kecoklatan.

Barulah anda bisa memasukkan bahan bahan ayam yang lain, seperti jamur, kecap manis, kecap asin, garam dan juga merica. Setelah barang barang tersebut dimasukkan, aduklah secara merata. Aduk hingga bumbu tersebut meresap ke dalam ayam. Kemudian, kamu bisa mengangkat dan menyisihkannya. Selanjutnya, beralih untuk mengolah mienya.

Untuk mengolah mie, pertama, kamu bisa mengurai mie tersebut sampai menjadi tidak terlalu padat menggumpal. Kemudian, didihkan air ke dalam panci yang memiliki ukuran sesuai dengan banyaknya mie yang kamu pakai. Masukkan satu persatu mie gumpalan mie pada panci yang berisi air mendidih.

Di sini, kamu bisa mengocok ngocok mie secara perlahan. Pastikan mie melunak dan lapisan dari tepungnya terlarut bersamaan dengan air. Lalu, di dalam mangkok kamu bisa menambahkan minyak dan kecap, aduklah hingga merata. Jika mie terlihat telah matang dan melunak, maka kamu bisa memasukkan mi tersebut ke dalam mangkuk.

Aduklah hingga menjadi rata dengan campuran kecap tersebut. barulah, kamu bisa menaruhnya ke dalam mangkuk saji. Lalu, kamu bisa memberinya sawi, topping ayam dan juga daun bawang serta bawang merah goreng. Untuk kamu yang ingin menambahkan banyak kuah, maka sajikan dengan kaldu ayam sesuai dengan selera kamu.

Jenis Mie Ayam yang Ada di Indonesia 

1. Mie Ayam Bangka

Salah satu kuliner mie ayam yang sangat melegenda dan disukai oleh banyak orang adalah mie ayam bangka. Mie satu ini memiliki ciri khasnya tersendiri yakni mienya yang sangat kenyal dan adanya tambahan tauge yang disajikan sebagai topping. Bagi anak kosan, salah satunya anak kost Depok, menyantap mie ayam satu ini dapat mengisi perut ketika lapar.

Resep mie ayam ini juga cukup mudah untuk dibuat di kost. Jika tinggal di kamar kost yang memiliki fasilitas dapur bersama, mie ayam bisa jadi salah satu menu andalanmu! Kalau malas, kamu juga bisa langsung cari saja mie ayam di penjual gerobak pinggir jalan. Di Depok, penjual mie ayam gerobakan masih banyak yang berkeliling ke pemukiman warga kok.

Baca Juga: Rekomendasi 11 Tempat Mie Ayam Enak di Jakarta

2. Mie Ayam Jamur 

Jenis mie ayam selanjutnya yang bisa kamu coba di kost adalah mie ayam jamur. Kamu pun bisa membuatnya di rumah karena cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu juga bisa mencari resepnya di internet. Sebab, banyak sekali resep dari mie ayam jenis ini yang bertebaran di internet.

Kamu hanya perlu untuk memilih yang paling mudah dan juga rasa yang lezat. Biasanya, resep dari kuliner satu ini tidak jauh berbeda dengan mie ayam pada umumnya, seperti resep mie ayam yang tadi dijabarkan di atas. Untuk jenis mie ayam jamur, kamu bisa menggunakan jamur kancing untuk menambah toping menjadi banyak varian dan memiliki rasa yang lebih lezat.

3. Mie Ayam Jawa

Kuliner satu ini sangat mudah untuk anda temui di Pulau Jawa. Hal tersebut dikarenakan biasanya jenis mie ayam ini akan banyak ditemukan di warung atau gerobak yang menjualnya. Untuk ciri khasnya sendiri yakni memiliki bumbu yang cenderung manis berpadu dengan gurih.

Hal lain yang menjadikan mie ayam satu ini sangat digemari adalah rasanya dan toppingnya yang sangat banyak. Terlebih lagi, ketika anda telah menambahkannya dengan saus sambal dan mengaduknya. Pastinya anda pun akan ingin tambah dan tambah ketika menyantap hidangan satu ini.

Makanan satu ini sekilas akan terlihat hampir sama dengan mie ayam pada umumnya. Akan tetapi, ada hal yang menjadi pembeda dari mie ayam Jawa ini. Dimana untuk bumbunya sendiri yang menggunakan ketumbar. Bahkan terdapat beberapa pedagang yang menambahkan kunyit. 

Dengan begitu akan bisa mendapatkan rasa yang berbeda dan sangat kaya. Mienya sendiri, kamu bisa menggunakan mie telur yang biasanya ditemukan di pasar tradisional. Selain itu, keunikan dari mie satu ini adalah memiliki bentuk yang kecil dan tekstur yang lembut. Dengan tambahan pangsit goreng dan bakso, pastinya akan membuat kamu ketagihan.

4. Mie Ayam Pelangi

Mie ayam pelangi dapat dikatakan sebagai alternatif terbaru bagi kamu yang ingin menikmati mie ayam dengan sajian yang berbeda. Sebagian orang mungkin masih merasa asing dengan kehadiran mie satu ini. Namun, inovasi terbaru di dunia kuliner membuat kamu bisa menemukan varian mie terbaru yakni mie ayam pelangi.

Resep mie ayam jenis satu ini sebenarnya sama saja dengan mie ayam pada umumnya. Hal yang menjadi pembeda adalah warna dari mienya. Jika biasanya kamu hanya mengkonsumsi mie ayam dengan warna kuning saja, namun kali ini kamu bisa mengkonsumsi warna mie ayam yakni orange, hijau dan juga ungu. 

Meskipun memiliki warna yang beragam, namun ternyata warna tersebut bukanlah menggunakan pewarna buatan. Melainkan memakai bahan bahan alami sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan untuk warna hijau biasanya dibuat dari bayam dan untuk warna ungu dibuat dengan menggunakan ubi jalar yang berwarna ungu.

Sehingga, bagi kamu yang ingin membuat mie satu ini bisa membelinya di supermarket atau toko organik. Hal tersebut dikarenakan kamu akan lebih mudah untuk menjumpainya dan membuat mie ayam pelangi di rumah. Rasa yang ditawarkan dari mie satu ini juga cenderung sangat lezat sehingga akan membuat kamu menjadi ketagihan.

5. Mie Ayam Yamin

Banyak orang yang mengira bahwa mie ayam dan mie ayam yamin merupakan kuliner yang sama. Namun, keduanya ternyata merupakan hal yang berbeda. Hal ini dikarenakan mie yamin merupakan salah satu jenis mie ayam yang disajikan tanpa kuah.  Lalu, mie yamin juga dilumuri kecap yang lebih banyak untuk memberikan sensasi yang manis dan gurih. Banyak orang mengatakan bahwa mie yamin memiliki cita rasa yang lebih enak. Ditambah saus sambal, dijamin cita rasanya jadi lebih beragam. Kamu pun akan ketagihan untuk mencobanya!

Dengan memiliki warna coklat yang sangat pekat, maka bagi kamu yang merupakan penggemar mie ayam sejati pastinya akan mengetahui perbedaan dari mie ayam dan mie yamin. Selain itu, mie yamin cenderung memiliki mie yang bertekstur tipis dan juga tidak terlalu kenyal. Namun, jika kamu melihat dari segi penyajian maka kedua kuliner satu ini akan terlihat sama. Hal tersebut dikarenakan terdapat ayam bumbu kecap yang ditambah dengan daun bawang cincang dan juga rebusan sawi sebagai topping di atasnya. Hal yang menjadi pembeda adalah pada mie yamin, kuahnya akan disajikan dalam mangkuk kecil yang terpisah.

6. Mie Ayam Wonogiri 

resep mie ayam

Mie ayam Wonogiri adalah jenis yang paling mudah ditemui. (Foto: pixabay)

Satu lagi jenis mie ayam yang perlu kamu tahu bagi pecinta mie, yakni mie ayam Wonogiri. Kuliner satu ini memiliki ciri khas yakni dikenal dengan sajian baksonya. Selain itu, hal lain yang menjadi pembeda mie satu ini dengan mie ayam lainnya adalah kuah minyak ayam yang menjadikannya semakin lezat.

Untuk kamu yang ingin membuatnya di rumah, maka resep mie ayam jenis ini pun sebenarnya hampir sama dengan yang lain. Dengan begitu, kamu akan bisa untuk mudah membuatnya. Bumbu dan bahan yang diperlukan pun bisa dengan mudah untuk kamu temui.

Baca Juga: 7 Cara Masak Mie Instan Biar Nggak Bosan

7. Mie Ayam Donoloyo

Mie ayam donoloyo menjadi salah satu primadona yang dikenal oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. hal ini dikarenakan mie tersebut menyajikan rasa yang sangat lezat dan akan membuat kamu ketagihan ketika mencobanya. Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, maka kamu bisa untuk membelinya dan merasakan kelezatannya.

Di dalam menikmati mie ayam Donoloyo ini, kamu akan mendapatkan mie yang sangat lembut. Ditambah dengan topping berupa ayam, caisim dan juga pangsit goreng akan membuat kamu menjadi lapar. Bagi kamu yang doyan bakso, maka topping satu ini juga wajib untuk ditambahkan.

Itulah beberapa jenis mie ayam yang ada di Indonesia. pastinya kamu telah akrab dengan berbagai jenis tersebut. Bagi kamu yang ingin membuatnya di kosan, maka kamu juga bisa untuk mengintip resep yang telah dipaparkan di atas. Cara pembuatan yang mudah, bahan yang gampang ditemukan menjadi nilai tambah dari kuliner lezat satu ini.

Supaya bisa masak lebih leluasa di Kosan, kamu bisa pilih kosan yang ada fasilitas dapur bersamanya, salah satu pilihannya ada KoolKost dari RedDoorz. Selain punya fasilitas lengkap seperti kamar yang sudah ada kasur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar, meja kerja, Televisi, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC, KoolKost juga memberikan fasilitas dapur bersama yang bisa digunakan untuk memasak. Yuk cari KoolKost terdekat dengan kampus kamu dengan mudah menggunakan Aplikasi RedDoorz sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×