Loading...

Menjadi anak kost Jakarta mungkin membuat kamu jadi sering jajan di luar, dibandingkan mengonsumsi makanan rumahan. Namun terlalu banyak jajan bisa membuat kantong menipis, dan terkadang juga membawa rasa bosan. Oleh karena itu kamu bisa mencoba menggunakan resep donat kentang yang ekonomis sekaligus mengenyangkan, untuk dikonsumsi di kost.

resep donat kentang

Resep donat kentang praktis untuk dipraktikkan di kost. (Foto: freepik)

Mengenal Asal Usul Donat

Mungkin hampir semua orang saat ini sudah mengenal jenis kue satu ini. Roti manis dengan bentuk bulat serta lubang di bagian tengahnya tersebut, merupakan salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang. Karena popularitasnya, kamu bisa dengan mudah menemukan gerai donat di berbagai pusat perbelanjaan mulai dari mall hingga pasar tradisional.

Sebenarnya masih menjadi misteri siapa yang mencetuskan donat dengan bentuk cincin pertama kali. Namun seorang pedagang asal Amerika, Hanson Gregory mengklaim sebagai pencetus kue dengan bentuk unik tersebut pada kisaran tahun 1847. Hal itu terjadi lantaran ia tidak senang dengan roti goreng yang tengahnya tidak matang.

Alhasil donat dengan bentuk serupa cincin pun mulai mengudara, dan populer di kalangan masyarakat Amerika. Setelah itu pun varian donat terus berkembang di berbagai negara, bahkan tidak semua jenis donat tersebut berbentuk cincin. Dalam perkembangannya ini, donat kentang mulai muncul di pertengahan tahun 1900 an, dan resepnya terbit di Buku Masak Glenna Snow.

Donat kentang tersebut terkadang juga disebut dengan spudnut, dan pada saat itu sejumlah waralaba spudnut tersebut didirikan di lebih dari 500 lokasi di Amerika Serikat. Bahan donat kentang spesial yang bercita rasa manis tersebut berasal dari kentang tumbuk, atau tepung kentang tanpa adanya tepung terigu. Namun saat ini banyak juga yang mengkreasikannya dengan tepung terigu.

Bahkan seiring perkembangannya hingga saat ini, donat kentang terus mendapatkan inovasi baru dengan tambahan berbagai topping lezat yang dimasukkan ke dalamnya atau ditaburkan di atasnya. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemukan banyak sekali varian rasa dari donat satu ini yang dijajakan mulai dari di pasar tradisional maupun gerai gerai yang ada di mall.

Varian Rasa Donat Kentang

resep donat kentang

Resep donat kentang dengan beragam varian toping. (Foto: freepik)

Sebagai bahan tambahan untuk membuat kue dengan resep donat kentang spesial, kamu perlu mengetahui berbagai varian rasa yang paling populer dan banyak diincar. Meski sudah lezat tanpa topping apapun, namun kepopuleran jajanan satu ini tidak terlepas dari varian rasanya yang sangat beragam. Berikut beberapa topping atau varian rasa yang paling digemari.

1. Donat Kentang Meses

Varian donat kentang yang paling populer yaitu donat kentang meses. Varian ini juga sering disebut sebagai donat kampung, karena banyak sekali ditemukan dan dijajakan di pasar tradisional. Meski begitu kelezatannya tidak perlu dipertanyakan lagi, karena rasa gurih dan manisnya meses menyatu dengan lembut dan manisnya donat menghasilkan citarasa yang sempurna.

Sesuai dengan namanya, donat kentang meses menggunakan taburan meses yang diletakkan di atas donat. Agar meses bisa menempel dengan baik dan tidak berjatuhan, sebelum itu donat perlu diolesi dengan mentega. Penggunaan meses ini juga bisa disesuaikan dengan selera, bisa menggunakan meses coklat maupun meses warna warni.

2. Donat Kentang Gula

Masih disebut sebut sebagai resep donat kentang kampung, donat kentang gula juga banyak ditemukan di pasar tradisional ketimbang kota kota besar. Meski begitu kepopuleran varian rasa satu ini tidak ada matinya, dan selalu memiliki tempat di hati. Sebelum disajikan, donat kentang tersebut digulung terlebih dahulu ke dalam gula halus sehingga permukaannya berwarna putih.

3. Donat Kentang Keju

Karena banyak juga orang yang ingin menyantap donat namun tidak ingin rasa yang terlalu manis, maka varian donat kentang keju kemudian tercetuskan. Keju mempunyai rasa yang asin, sehingga perpaduan rasa asinnya menyatu dengan rasa donat yang manis menjadi perpaduan yang lezat. Kamu bisa menggunakan keju cheddar parut, untuk membuat varian rasa satu ini.

Keju cheddar yang diparut tersebut bisa kamu taburkan di atas donat, atau juga memasukkannya ke dalam adonan sehingga cita rasa donatnya lebih gurih dan asin. Namun bila ingin menaburkan keju di atas donat, pastikan bahwa kamu sudah melapisi donat tersebut dengan mentega atau krim agar keju parut bisa menempel dan tidak berjatuhan.

4. Donat Kentang Oreo

Selain keju, meses, dan gula, oreo menjadi varian rasa yang populer berikutnya. Sebab tekstur dari donat kentang lembut yang berpadu dengan renyahnya oreo, menjadi rasa yang unik untuk dicoba. Donat oreo ini memang pada bagian atasnya diberi taburan biskuit oreo yang dihaluskan kasar, sehingga terdapat tekstur oreo yang masih terasa ketika dikunyah.

5. Donat Kentang Tiramisu

Berikutnya ada donat kentang dengan varian rasa tiramisu, yang tidak kalah populer. Donat varian tiramisu ini hadir dengan rasa yang khas, yang di dalamnya terdapat campuran rasa cokelat serta kopi. Umumnya produsen donat kentang yang menggunakan rasa ini juga memasukkan krim tiramisu di bagian dalamnya, sehingga donat tersebut tidak berbentuk cincin.

6. Donat Kentang Strawberry

Selanjutnya ada juga donat kentang dengan varian rasa strawberry yang banyak digemari mulai dari anak anak, hingga orang dewasa. Biasanya donat strawberry tersebut memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan donat gula, karena bagian atasnya juga diselimuti oleh gula halus berwarna putih yang mempunyai citarasa manis.

Namun bedanya, pada donat strawberry terdapat selain strawberry yang lumer di dalam ketika kamu menggigitnya. Untuk membedakannya lagi dengan donat gula, biasanya donat strawberry tersebut tidak memiliki lubang di bagian tengah. Strawberry yang lumer di mulut, berpadu dengan tekstur donat yang lembut memberikan sensasi yang berbeda.

7. Donat Kentang Matcha

Apabila berbicara mengenai donat modern yang banyak dicari saat ini, maka donat kentang matcha adalah jawabannya. Donat matcha ini merupakan variasi dari hasil inovasi orang orang kreatif. Tampilannya sendiri berwarna kehijauan, karena terbuat dari campuran matcha. Rasanya tidak perlu ditanya, uniknya matcha mampu membuat donat menjadi lebih lezat. 

Bahan Donat Kentang Spesial

Untuk membuat donat kentang yang empuk dan lezat, kamu bisa mengikuti resep donat kentang NCC. NCC atau Natural Cooking Club sendiri merupakan komunitas belajar masak yang didirikan oleh Bu Fatmah Bahalwan. Banyak sekali resep resep makanan maupun kue lezat yang dibagikan oleh komunitas ini, termasuk juga resep donat kentang.

Bahan bahan yang perlu kamu siapkan antara lain tepung terigu protein tinggi sekitar 500 gram, lalu kentang kurang lebih 200 gram. Kentang yang digunakan adalah kentang biasa, yang dikukus kemudian ditumbuk hingga halus. Kemudian digunakan juga 50 gram susu bubuk full cream, 75 gram margarin, 100 gram gula pasir, 4 butir kuning telur, dan 11 gram ragi instan.

Kamu juga bisa menyiapkan beberapa bahan untuk topping sebagai pelengkap donat kentang tersebut. Seperti meses cokelat, meses warna warni, keju cheddar parut, oreo yang sudah dihaluskan, gula halus, krim, dan lain sebagainya. Gunakan berbagai bahan untuk membuat kreasi donat kentangmu sendiri.

Jangan lupa untuk menyiapkan air dingin sekitar 100 ml dalam resep donat kentang tersebut. Air es atau air dingin digunakan agar mekarnya adonan donat bisa dikendalikan. Siapkan juga minyak goreng untuk menggoreng donat, setelah bahan bahan donat kentang sudah siap, maka kamu bisa memulai proses membuat donat kentang. 

Cara Membuat Donat Kentang

resep donat kentang

Campurkan semua bahan dan bentuk adonan dengan lubang ditengahnya (source:freepik.com)

1. Campurkan Bahan

Cara membuat donat kentang cukup mudah dengan resep donat kentang praktis. pertama campurkan bahan bahan yang ada seperti tepung terigu, kentang, susu bubuk, gula pasir, serta ragi instan dan aduk hingga semuanya tercampur dengan rata. Setelah itu, tambahkan kuning telur dan aduk lagi hingga terbentuk adonan. 

Selanjutnya masukkan margarin atau mentega dan sedikit garam, lalu uleni lagi hingga adonan menjadi kalis. Garam yang digunakan tidak perlu terlalu banyak, kurang lebih satu atau setengah sendok makan saja atau sesuai selera. Karena bila terlalu banyak, adonan bisa tawar karena rasa gula yang kalah dengan garam.

Jika ingin membuat varian rasa lain, maka kamu bisa juga menambahkan parutan keju ke dalam adonan. Atau bisa juga menambahkan oreo yang sudah dihaluskan, agar memberi rasa yang berbeda dari donat biasanya. Silahkan kreasikan adonan tersebut sesuai dengan selera, dan bahan bahan yang telah kamu persiapkan.

2. Diamkan Adonan

Apabila adonan sudah dirasa kalis, maka diamkan adonan kurang lebih 15 menit dalam keadaan tertutup. Ciri ciri adonan sudah kalis yaitu elastis, coba tekan sedikit adonan dan apabila adonan tersebut kembali ke bentuknya semula maka itu berarti tanda sudah kalis. Selain itu adonan yang sudah kalis bisa dibentuk menjadi lembaran tipis.

Apabila adonan terlihat sedikit transparan namun tidak mudah robek, itu tandanya adonan sudah bisa dikatakan kalis. Selain itu adonan juga tidak lagi lengket di tangan ketika kamu menyentuhnya. Jika tanda tanda ini sudah ada, maka diamkan adonan pada keadaan tertutup. Kamu bisa menutupnya dengan kain atau plastik, yang penting tidak ada udara masuk.

3. Bentuk Adonan

Setelah kurang lebih 15 menit dan adonan mengembang, kamu bisa membentuknya sesuai selera. Bisa berbentuk cincin seperti donat pada umumnya, tanpa lubang di tengah, dikepang, dan lain sebagainya. Diameter dari donat ini juga sesuai dengan selera, kamu bisa membuatnya dalam bentuk donat mini maupun ukuran normal.

Apabila sudah dibentuk bentuk, kamu bisa menggunakannya sebagai donat kentang frozen dan menyimpannya di kulkas untuk digoreng di kemudian hari. Simpan di bagian freezer agar donat selalu dalam keadaan baik. Kamu tidak perlu khawatir, karena ragi di dalam donat selain bisa membuatnya mengembang juga bisa membuat donat lebih tahan lama.

Atau kamu juga bisa langsung menggorengnya saat itu juga. Saat menggoreng donat, sebaiknya gunakan api kecil agar adonan matang sempurna hingga ke bagian dalam. Jika sudah matang, kamu bisa menambahkan berbagai topping sesuai selera. Dengan begitu resep donat kentang dari NCC sudah berhasil kamu buat, sebagai jajanan yang lezat dan murah untuk disantap di kost.

Itulah resep donat kentang empuk dan cara membuatnya yang bisa kamu coba. Donat memang salah satu makanan manis yang banyak digemari oleh masyarakat, Terlebih jajanan ini bisa mengenyangkan. Maka dari itu kue satu ini sangat cocok untuk anak kost, karena ekonomis dan mengenyangkan.

Agar kamu bisa dengan leluasa untuk membuat donat kentang di kosan, kamu mungkin perlu kosan yang memberikan fasilitas dapur bersama agar kamu bisa memasak donat atau kue lain dengan mudah. Rekomendasi diatas didapat dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz, jadi bila kamu ingin mencari kosan dengan mudah, kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz dan pilih Kost Houses.

Press Enter To Begin Your Search
×