Loading...

pantai di jogja

Bukit paralayang salah satu spot untuk melihat matahari terbenam (source:pexels.com)

Jogja selain terkenal sebagai kota pelajar, juga punya banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Karena itu, untuk kamu yang kost di Jogja pasti dengan mudah bisa mengunjungi destinasi wisata di Jogja dengan harga yang terjangkau, karena memang rata-rata biaya masuk ke tempat wisata di Jogja itu cukup murah dan sangat bersahabat untuk kantong anak kosan.

Selain wisata candi dan bangunan bersejarah seperti, candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Tebing Breksi, Keraton, Candi Ijo, Taman Sari, dan destinasi wisata sejarah di Jogja lainnya, ada juga punya banyak destinasi alam dan pantai di Jogja.

Karena letak geografis Jogja yang berada di selatan pulau Jawa membuat kota Daerah Istimewa ini punya berbagai macam pantai yang ada pada bagian selatan kota Yogyakarta. Tidak heran kalau Jogja punya destinasi wisata pantai yang berlimpah dan beberapa lokasi yang memang unik, khas dan berbeda dari destinasi pantai yang lainnya. Berikut destinasi wisata pantai di Jogja yang bisa jadi alternatif destinasi wisata kamu selain tempat bersejarah di Jogja.

Rekomendasi Wisata Pantai di Jogja 

Pantai Parangtritis Jogja 

Lokasi wisata yang kerap dijadikan lokasi syuting ini seperti menjadi ikon wisata pantai di Jogja, pasalnya tidak hanya warga lokal tapi turis asing juga sering berkunjung ke lokasi pantai ini. Belum lagi salah satu wisata pantai di Jogja ini pernah digunakan untuk syuting film AADC 2 dan menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja yang dikunjungi Rangga & Cinta selama di Jogja. Karena itu ini menjadi salah satu rekomendasi wisata pantai di Jogja yang wajib untuk dikunjungi.

Selain pantai kalau kamu menyempatkan diri berkunjung ke pantai Parangtritis Jogja, kamu juga bisa mendatangi bukit Parangndog atau bukit paralayang yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi terakhir supaya pada sore hari bisa menyaksikan matahari tenggelam dari ketinggian.

Pantai Wedi Ombo 

Pantai yang terletak di daerah Gunung Kidul ini wajib kamu kunjungi karena punya lokasi yang unik, yakni adanya kolam yang terbentuk dari karang dan diisi oleh air laut secara alami, jadi buat kamu yang datang kesini pasti nggak akan sabar untuk berendam di kolam yang seperti buatan manusia tersebut. Padahal kolam tersebut benar-benar terbentuk dari alam. Bagi kamu yang ingin berendam harus tetap waspada ya, karena bisa saja ada ombak besar datang dan menghempaskan air masuk sangat banyak ke dalam kolam.

Pantai Timang 

Kalau ke Pantai ini kamu tidak perlu basah-basahan main di Pantai, karena kamu bisa uji nyali untuk nyeberang ke salah satu pulau kecil yang sering dijadikan lokasi warga setempat untuk menangkap Lobster.

Yang bikin jantung mengkerut adalah kamu nyebrang ke Pulau Watu Panjang dengan kereta gantung yang terbuat dari kayu dan talinya pun pakai tali tambang biasa. Pastinya ngeri abnget ya, apalagi di bawah deburan ombak ke batu karang yang sangat besar.

Pantai Kukup 

Punya impian untuk pergi ke Bali? Pasti salah satunya kamu ingin mengunjungi wisata Tanah Lot bukan, nah di Jogja ada lho tempat yang mirip-mirip seperti Tanah Lot. Adalah Pantai Kukup yang merupakan salah satu destinasi pantai terbaik di Jogja, disini ombaknya lebih tenang dan asik untuk bermain air bersama keluarga. Yang membuatnya mirip seperti tanah Lot adalah dengan adanya sebuah pulau karang bernama Pulau Jumino. 

Kamu bisa menuju Pulau Jumino dengan menggunakan jembatan yang sudah dipersiapkan, dari pulau ini kamu bisa melihat laut lepas yang bikin mata jadi fresh melihat warna biru laut yang mempesona.

Pantai Sedahan 

Untuk kamu yang pernah wisata ke Pulau sempu di daerah Pantai Sendang Biru di Malang, pastinya tidak asing dengan pantai yang ada di dalam pulau Sempu. Yah model Pantai Sedahan ini hampir sama dengan bentuk Pantai di pulau Sempu tersebut, hanya saja untuk pantai Sedahan ini hanya diapit dengan dua gugusan batu karang yang memperkecil ruang masuk air laut ke arah pantai, kalau di pulau sempu air yang masuk ke dalam “Danau” di pulau sempu tersebut masuk dari celah lubang yang membuat air masuk ke  dalam pulau sempu hanya sebagian saja. 

Tapi wisata di Pulau Sedahan ini juga sangat menarik dan punya pemandangan yang bagus untuk bisa memanjakan mata. Selain untuk main air di pinggir pantai di lokasi pantai ini juga ada beberapa spot untuk mancing.

Pantai Indrayanti 

Pantai yang sangat cantik dan romantis ini seringkali digunakan sebagai lokasi foto prewed, suasana yang tenang dan hamparan pasir putih yang membentang membuat pantai ini semakin cantik dengan perpaduan gradasi warna biru air laut.

Tips untuk Kamu Yang Ingin Wisata Pantai di Jogja

pantai di jogja
Bawa perlengkapan yang diperlukan dengan efisien (source: freepik.com)

Buat Agenda Perjalanan

Agar banyak destinasi pantai yang bisa kamu kunjungi, pastikan kamu membuat agenda perjalanan, misal cari lokasi pantai yang berdekatan agar bisa singgah atau hanya untuk sekedar foto pada lokasi pantai yang punya spot yang bagus.

Bila kamu berniat untuk menyaksikan matahari terbenam pastikan cari lokasi pantai yang punya spot untuk menyaksikan matahari terbenam, seperti salah satunya adalah bukit paralayang di dekat pantai parangtritis. Jadi kamu bisa agendakan lokasi tersebut di destinasi terakhir sebelum nantinya kamu pulang dan kembali ke kosan.

Gunakan kendaraan Pribadi atau Sewa

Menuju lokasi wisata pantai di Jogja susah bila menggunakan angkutan umum, karena memang rutenya tidak ada dan bila kamu hendak wisata ke Pantai, kamu bisa sewa motor atau mobil agar bisa leluasa menuju lokasi wisata Pantai yang ada di sepanjang pesisir selatan kota Jogja.

Selain bisa leluasa menentukan destinasi, kamu juga bisa leluasa untuk menentukan waktu untuk menuju ke destinasi pantai dari awal sampai terakhir. Kalau kamu hanya pergi berdua, kamu bisa sewa motor, tapi kalau sampai 5-8 orang lebih baik sewa mobil saja.

Wisata Bareng Teman Kampus Atau Kostan

Kalau wisata sendirian kayaknya kurang seru aja, kecuali kamu ke tempat wisata hanya untuk menyendiri dan butuh tempat untuk menenangkan diri. Lain halnya kalau untuk fun dan refreshing, kamu bisa ajak teman kampus atau teman kosan agar bisa seru-seruan bareng mereka.

Selain bisa seru-seruan bersama, kamu bisa jadi lebih hemat untuk biaya transportasi, misal kamu akan berangkat bersama 5 teman kamu, artinya ada 6 orang yang akan wisata ke pantai di Jogja. Untuk biaya sewa mobil biasanya kisaran 250ribu / 12 jam di tambah uang bensin 100rb jadi total 350 ribu untuk selama 12 jam. Kalau kamu berangkat jam 8 pagi maka harus sudah mengembalikan mobil pada jam 8 malam. Jadi per orang akan dikenakan biaya sekitar 58-60 ribu.

Persiapkan Baju Ganti

Yang namanya wisata ke Pantai pasti gak jauh dari main air, mungkin kamu nggak niat untuk main air di pantai, tapi yakin? Kamu nggak akan tahan untuk bisa main air di  tepi pantai, yang ujung-ujungnya pakaian kamu ada kemungkinan akan basah, jadi pastikan kamu bawa pakaian ganti ya.

Persiapkan Peralatan Pribadi

Jangan lupa untuk bawa peralatan pribadi, seperti perlengkapan mandi (sabun, sampo, sikat gigi, dsb), handuk, pakaian ganti, kamera, tripod, drone bila punya, alat pancing kalau mau mancing di beberapa spot di sekitaran pantai, obat generic (untuk sakit kepala, maag, demam, dsb), dan kalau kamu punya penyakit yang butuh obat khusus, jangan lupa untuk di bawa ya.

Bawa Sunblock SPF Tinggi 

Ke Pantai itu pasti akan bikin kulit terbakar, karena walaupun suasana panas kalau sedang di pantai tetap sejuk dengan hembusan angin yang datang dari laut, jadi kamu tidak akan merasa kepanasan sekalipun kulit kamu sedang “terbakar”, karena itu orang yang sepulang dari pantai biasanya kulitnya akan lebih menghitam. 

Karena itu kamu butuh bawa sunblock agar kulit tidak begitu kepanasan saat kena sengat sinar matahari. Kamu bisa tanya teman kamu apakah ada yang bawa sunblock, kalau memang ada yang bawa tidak perlu semua orang membacanya, jadi bisa persiapkan 2-3 saja. Artinya kalau 3 teman kamu sudah bawa sunblock, kamu boleh bawa atau tidak.

Bawa Air Mineral yang Banyak

Pantai itu identik dengan panas, karena memang ruang terbuka dan langsung kena sinar matahari, akan membuat tubuh kamu dehidrasi dan kamu harus sering minum air agar tidak lemas, karena itu kamu bisa bawa air mineral yang bawa dari kosan, karena kalau beli air mineral di tempat wisata di apstikan harganya bisa 2-3x lipat dari harga normal. 

Karena kamus sewa mobil, kamu bisa beli satu galon air mineral dan disimpan di mobil agar saat kamu mau isi ulang botol minum kamu bisa langsung refill pakai air galon. Lumayan untuk menghemat juga bukan!

Pastikan Baterai HP atau Kamera Full

Agak susah cari colokan charger di daerah pantai, daripada kamu kehabisan baterai saat mau foto-foto, kamu bisa persiapkan semuanya sedari sebelum berangkat. Pastikan baterai handphone kamu sudah terisi penuh, kalau ada power bank kamu juga harus pastikan power bank sudah terisi penuh. Kalau kamu akan bawa kamera juga apstkan baterai yang ada di kamera dan baterai cadangan dalam keadaan penuh.

Bawa Drone Bila Ada 

pantai di jogja
Dengan Drone bisa ambil foto dari angle yang sulit didapat (source:Freepik.com)

Foto dari atas memang akan dapat pemandangan pantai di Jogja yang luar biasa, karena nggak semua orang bisa mengambil dari angle di atas selai dengan baik ke tebing atau menggunakan helikopter. Intinya kamu bisa bawa drone bila kamu atau teman kamu ada yang punya untuk mendapatkan angle foto nan cantik dan eksotis dari pemandangan yang dihasilkan dari perpaduan biru air dan putihnya pasir pantai.

Hindari Datang Saat Musim Hujan 

Kalau mau pergi ke lokasi wisata pantai di Jogja, pastikan jangan pas musim hujan, karena kalau hujan kamu tidak bisa menikmati pemandangan pantai dengan sempurna, belum lagi kalau hujannya deras air laut bisa pasang yang mengakibatkan kamu harus menghindari tepian pantai.

Itu dia info wisata pantai di Jogja yang bisa kamu kunjungi bareng teman kampus atau kosan kamu. Memang banyak keseruan yang  didapatkan anak kost di Jogja, selain wisata kuliner ada banyak tempat wisata lainnya termasuk wisata pantai. Dan pastinya harga tiket masuk pantai di Jogja sangatlah terjangkau dan bersahabat dengan kantong anak kosan, kisaran 3 Ribu sampai 10 Ribu rupiah per orang.

Untuk kamu yang baru akan kuliah di Jogja, kamu tidak perlu khawatir karena selain tempat wisata, di Jogja pun ada beragam tempat kos yang bisa kamu pilih untuk stay. Salah satu kosan terbaik di Jogja kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, dengan fasilitas yang cukup lengkap kamu bisa sewa kosan KoolKost dengan harga yang terjangkau.

Cara mencari KoolKost di Jogja, kamu hanya perlu gunakan aplikasi RedDoorz. Buka aplikasinya lalu pilih KoolKost, dari situ kamu bisa gunakan fitur pencarian dan masukan nama Universitas tempat kamu kuliah, agar kamu bisa mendapatkan list kosan dekat kampus tempat kamu kuliah. Dari situ kamu akan diberikan informasi harga sewa, dan fasilitas di setiap kosan, jadi sangat mudah bukan untuk mendapatkan kosan terbaik di dekat kampus kamu dengan fasilitas lengkap. Yuk cari KoolKost dekat kampus kamu sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×