Loading...

Ada banyak tempat kost di dekat Pantai Losari, Makassar.

Makassar adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak objek wisata Instagramable. Kamu tidak akan rugi menabung untuk bisa mengunjunginya. Bahkan sekarang, banyak kost di Makassar yang murah sebagai akomodasi.

Terlebih dengan adanya aplikasi cari kost online, kamu bisa mendapatkan rekomendasi banyak tempat kost di kota tersebut. Selama ini, harga kost biasanya dipatok untuk jangka waktu bulanan maupun tahunan.

Namun sekarang, kamu bisa menemukan kost harian di Makassar, jika ingin liburan hemat sebagai backpacker. Selain itu, ada juga berbagai kost lengkap di dekat Pantai Losari yang harus masuk dalam daftar ketika kamu melakukan survey secara online

Pilihan Tempat Kost di Makassar Buat Liburan

Kamu tidak perlu takut harus membayar satu bulan penuh untuk bisa menempati kost murah di Makassar. Sebab dengan aplikasi cari kost online, kamu bisa menemukan banyak kost harian. Jadi, kamu bisa berpindah-pindah tempat kost, mendekati setiap objek wisata yang ingin kamu kunjungi selama berlibur di sana.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat kost di Makassar yang bisa jadi pilihanmu.

Kamu bisa menemukan kost harian dengan harga di bawah Rp 100 ribu.

1. POD House Makassar

Kamu bisa menjumpai kost cantik ini di Jl. Penghibur No. 58, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar. Dengan harga kost di bawah Rp 80.000 per hari ini, kamu bisa menikmati fasilitas yang cukup lengkap, termasuk pemanas air, room service, front desk 2 jam, restoran, serta area kendaraan. Lahan parkir ini tentu berguna jika kamu menggunakan mobil rental selama berlibur di Makassar.

Kamu hanya perlu berjalan kaki sejauh 160 meter untuk sampai ke Pantai Losari. Tak jauh dari POD House Makassar, kamu juga dapat mengunjungi Benteng Rotterdam, restoran Ati Raja, Taman Macan, serta restoran Myoung Ga.

Jaraknya dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sekitar 20 kilometer. Kamu bisa naik taksi untuk menuju POD House Makassar, lewat jalan arteri dalam kota. Selain itu, kamu pun bisa mencoba bus sebagai alternatif transportasi.

2. Rumah Indah Losari Inn

Terletak di Jl. Rajawali, Pantai Losari, kamu bisa merasakan sensasi menginap di hotel dengan harga bersahabat. Dengan tarif sekitar Rp 112 ribu per hari, Rumah Indah Losari Inn menawarkan kamar standar dengan queen bed dan kamar mandi di dalam. 

Tempat kost ini direkomendasikan untuk para mahasiswa maupun backpacker. Sebab, lokasinya strategi, cukup terjangkau untuk menuju Universitas Satria Makassar maupun Universitas Negeri Makassar.

Selain itu, para backpacker dapat dengan mudah menjelajahi berbagai tempat bersejarah maupun objek wisata di kota tersebut. Rumah Indah Losari Inn cukup dekat dengan Pantai Losari, Fort Rotterdam, serta Museum La Galigo.

3. Wisma Robinson

Kost yang satu ini beralamat di Jl. Sungai Saddang Lama No. 225. Dengan harga sekitar Rp 120 ribu per hari, kamu mendapatkan fasilitas yang membuat betah, termasuk ruang tamu bersama, room service, dan front desk 24 jam.

Sebaiknya kamu meluangkan waktu lebih dari satu hari untuk menginap di Wisma Robinson. Sebab, ada banyak objek wisata, pusat hiburan, serta wisata kuliner kdi sekitarnya. Yang terdekat adalah Es Putar Papabon, yang hanya berjarak 280 meter.

Dengan berjalan-jalan sedikit lebih jauh, kamu bisa mengunjungi Pantai Losari, Fort Rotterdam, Mie Titi Panakukkang, Rumah Makan Ulu’ Juku’, serta Trans Studio Mall Makassar. 

4. Guest House 3G

Kamu akan dengan mudah menemukan Guest House 3G ini di daerah Panakukkang. Dengan harga kurang dari Rp 100 ribu per malam, ada pilihan kamar dengan king bed yang nyaman. Kost yang satu ini memang direkomendasikan untuk backpacker yang ingin menjelajahi kota Makassar.

Jangan kaget ya kalau berat badanmu bakal bertambah. Soalnya, di dekat Guest House 3G ini ada rumah makan Palubasa Serigala, Ulu’ Juku’, Ati Raja, serta Mas Daeng.

Untuk sampai ke guest house ini dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, sebaiknya kamu naik taksi. Soalnya jarak dari bandara ke sini cukup jauh, sekitar 20 kilometer. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan bus.

5. Dame Guest House

Tempat kost ini berlokasi di sebuah perumahan, tepatnya di Jl. Pengayoman, Taman Sari. Dengan tarif sekitar Rp 120 ribu per hari, Dame Guest House dilengkapi dengan fasilitas berupa pemanas air, penyimpanan koper, meja di dalam kamar, room service, serta front desk 24 jam yang selalu siap membantu. 

Kamu bisa menikmati hidangan khas Makassar, yaitu coto dan pisang ijo di dekat Dame Guest House. Ada Coto Daeng Sirua dan Es Pisang Ijo Amanda. Selanjutnya, ada Fort Rotterdam yang tentunya harus kamu singgahi selagi berlibur di kota ini.

Dibanding dengan kost yang sebelumnya direkomendasikan, Dame Guest House relatif lebih dekat, yaitu sekitar 13 kilometer. Nah, oleh karena itu, kamu tetap disarankan untuk naik taksi maupun bus ke sana. 

6. Hawai Inn

Namanya saja sudah membangkitkan keinginan untuk segera berlibur. Kamu bisa menemukan Hawai Inn ini di Jl. Adiyaksa  No. 37, Panakkukang. Dibandingkan rekomendasi sebelumnya, harga kost di sini lebih mahal, yaitu sekitar Rp 135 ribu per hari.

Namun, harga tersebut sebanding dengan fasilitas penunjang yang tersedia. Ada wifi, LED TV di dalam kamar, perlengkapan mandi, air mineral kemasan, serta resepsionis 24 jam. Kamu juga mungkin harus menempuh perjalanan lebih jauh untuk mengunjungi berbagai objek wisata, tempat bersejarah, maupun pusat wisata kuliner di Makassar.

Meskipun begitu, kamu tetap bisa berjalan-jalan di sejumlah pusat perbelanjaan di sekitar Hawai Inn. Ada Mal Panakukkang, Panakukkang Square, Grand Toserba, dan Carrefour Pengayoman.

7. Mulia House

Kost nyaman ini beralamat di Jl. Sungai Saddang Baru Blok A11 No. 1-3. Harga di Mulia House sekitar Rp 167 ribu per hari. Dengan harga ini, fasilitas yang disediakan pun sebanding. Para penghuninya menikmati fasilitas berupa meja di dalam kamar, pemanas air, front desk 24 jam, room service, serta area parkir mobil.

Bersiaplah untuk segera menjelajahi pusat wisata kuliner di sekitarnya, termasuk Mie Titi Panakkukang, Palubasa Serigala, maupun Boncafe. Jika ingin merasakan berjalan-jalan di mal Makassar, ada Living Plaza Pettarani, Mal Panakkukang Makassar, serta Mal Ratu Indah yang bisa kamu kunjungi. 

Dengan jarak sekitar 19 kilometer dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, kamu sebaiknya naik taksi untuk ke Mulia House. Sebagai alternatif, ada bus yang juga akan mengantarmu hingga ke dekat Mulia House.

8. Artha Kencana

Kost lengkap di Makassar ini berlokasi di Jl. dr. Sutomo No. 31. Kamu tidak akan rugi membayar sekitar Rp 180 ribu per hari. Soalnya, fasilitas Artha Kencana pasti akan membuatmu betah sebagai seorang backpacker. Ada meja di dalam kamar, pemanas air, lounge bersama, front desk 24 jam, room service, hingga restoran.

Arta Kencana ini cukup strategis. Kamu bisa mengunjungi objek wisata maupun pusat keramaian di sana. Selain Pantai Losari, ada Fort Rotterdam, Lapangan Karebosi, dan tempat nongkrong hits bernama Kampoeng Popsa.

Lagi-lagi, lokasi Artha Kencana cukup jauh dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, atau sekitar 20 kilometer. Pilihan terbaik untuk menuju ke sana dari bandara adalah dengan naik taksi. 

Sekarang, kamu bisa mulai melakukan pencarian dengan aplikasi yang menawarkan sewa kost. Di masa pandemi ini, melakukan survey lokasi kost secara online tentu jadi pilihan yang tepat.

Pelajari Istilah Bahasa Makassar Sebelum ke Sana

Tentu saja kamu bisa becakap-cakap menggunakan Bahasa Indonesia dengan masyarakat Makassar. Namun tidak ada salahnya kamu mempelajari istilah-istilah berikut ini dalam bahasa Makassar.

Apalagi, istilah-istilah ini memang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

  • Apayya seng?: Apa lagi?
  • Lakeko mae?: Mau ke mana?
  • Bispit?: Kok bisa?
  • Kamase: Oh, kasihan.
  • Tena doe: Tidak punya uang.
  • Sibi’: Seratus
  • Limbi’: Lima ratus
  • Sisa’: Seribu
  • Limsa’: Lima ribu
  • Beddedeh: Ungkapan kekaguman
  • Apami poeng: Terlanjur
  • Ngapamo: Kamu kenapa?

Hal Lain yang Perlu Kamu Tahu Soal Makassar

Pertama kali menginjakkan kaki di kota Makassar bisa membuatmu terkejut. Sebab, mungkin ada kebiasaan masyarakat di sana yang tidak dijumpai di kota lain, seperti berikut ini.

1. Penggunaan “G” di akhir kata-kata tertentu

Masyarakat Makassar biasanya menyebut kata-kata yang diakhiri huruf “N”, seakan-akan ditutup dengn “G”. Misalnya, “lain” menjadi “laing”, “makan” menjadi “making”, dan “lain” menjadi “laing”.

2. Nada bicara seolah-olah sedang emosi

Masyarakat Makassar terbiasa berbicara dengan nada suara yang tinggi. Jadi, kamu jangan kaget. Sebab, itu tidak menandakan mereka sedang marah padamu. 

3. Orkes keliling

Jika mengunjungi Makassar saat Ramadan, kamu bisa menyaksikan orkes keliling di berbagai sudut kota. Orkes ini berkeliling dengan menggunakan mobil bak terbuka. Biasanya, orkes keliling ini akan mampir di lokasi nongkrong anak muda, seperti kedai kopi.

Booking Kamar Kost untuk Ditempati Setelah Pandemi

Kamu tetap dapat melakukan booking kamar kost untuk ditempati setelah pandemi sekalipun.

Pemerintah Kota Makassar memang telah memperpanjang pembatasan pergerakan antarwilayah hingga seminggu lagi. Sebab, ada kekhawatiran mengenai peningkatan risiko penyebaran Covid-19 di Hari Raya Idul Adha mendatang.

Oleh karena itu, sebelum kamu mengunjungi kota Makassar untuk berlibur, selalu pantau berita-berita terkini mengenai kota tersebut. Begitu pula persyaratan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat kepada para pengunjung dari luar daerah, termasuk pada wisatawan.

Kalaupun kamu menunda liburan ke sana, tidak ada salahnya mulai berburu lokasi kost murah di Makassar dengan aplikasi yang menawarkan sewa kost. Bahkan, kamu bisa langsung melakukan booking dan pembayaran jauh-jauh hari.

Apabila kamu kemudian terpaksa membatalkan kunjunganmu padahal sudah melakukan pembayaran, ada kebijakan pengembalian dana alias refund yang bisa kamu manfaatkan. Namun, setiap kost memiliki kebijakan tersendiri soal pengembalian dana ini. Jadi, sebaiknya kamu membaca syarat dan ketentuan setiap kali cari kost secara online di aplikasi cari kost online.

RedDoorz Punya Banyak Pilihan Kost di Makassar

RedDoorz adalah penyedia jaringan penginapan online dengan tarif hemat yang tersebar di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Properti yang ditawarkan bukan hanya apartemen dan hotel, tapi juga rumah kost untuk para mahasiswa dan backpacker. Buat kamu yang lagi hunting kost di Makassar, RedDoorz memudahkanmu melakukan pemesanan kamar online dan pembayarannya, serta dukungan layanan pelanggan selama 24 jam. Dengan tarif yang bersahabat kamu sudah akan mendapatkan fasilitas menarik dan pastinya bikin nyaman. Jadi, tunggu apa lagi? Buka dan cari kost idamanmu di aplikasi atau situs pemesanan RedDoorz sekarang!

Cropped fav logo@2x