Loading...

Anak kost yang gabut itu sudah wajar, mengingat kegiatan kuliah tidak selalu menyita waktu. Tapi daripada nganggur, main game bisa jadi penghibur dan kegiatan mengisi waktu. Kalau kamu bingung mau main apa, cek rekomendasi game berikut yang lengkap dari genre simulasi, adventure, aksi, sampai misteri. Bahkan beberapa game itu bisa didapat dengan gratis.

game pc offline

Main game PC offline untuk isi waktu luang di kost. (Foto: unsplash.com)

Deretan Game Komputer Online Terbaik dari Masa ke Masa

1. Far Cry 4 

Game yang satu ini dirilis pada tahun 2014. Walau sudah cukup berumur, tapi kamu pasti tidak akan menyesal untuk instal game bergenre action adventure ini. Jalan ceritanya lebih berfokus pada seorang pemuda bernama Ajay Ghale, yang pergi ke negara Kyrat di kawasan Himalaya. Di sana, kamu akan bertemu faksi pemberontak yang bisa jadi musuh besar. 

Sama seperti rilisan sebelumnya, game ini punya gameplay seru dengan konsep open world yang sangat luas. Kamu bisa naik mobil, hunting binatang buas, melawan markas musuh, dan eksplorasi hutan khas Himalaya. Yang menjadi nilai plus dari game ini adalah grafiknya yang realistis, aksi memukau, sampai story telling yang sangat dalam. 

Mengingat grafis dan gameplay yang cukup kekinian, bisa dikatakan kebutuhan spesifikasi Game PC Offline sekelas ini memang masih tinggi. Seperti RAM 4GB, graphic card AMD HD 5850, nVidia GTX 460, windows 7 64 bit, dan core i5-750 atau AMD Phenom II X4. Meski kamu bisa download game pc offline ini dari situs bajakan, tapi disarankan untuk gunakan Steam saja. 

Baca Juga: Rekomendasi Komputer harga terjangkau untuk anak kosan

2. Need For Speed: Most Wanted

Kalau kamu penggemar game balapan, Need For Speed pasti tidak boleh kelewatan. Franchise game ini memang sudah sangat banyak. Bahkan di rilisan yang paling baru, grafis, gameplay, dan koleksi mobil balapnya sangat luar biasa. Tapi dari sekian banyak pilihan, seri Most Wanted yang sudah dirilis bertahun tahun silam justru masih banyak diminati. 

Bisa dibilang game racing ini sempat jaya di masanya karena tampilan grafis yang maju, gameplay seru, dan cerita yang cukup asyik untuk diikuti. Kalau mengingat game ini dirilis tahun 2005, pasti kamu bakal kaget dengan apa yang ditawarkannya. Seperti kamu bisa main kejar kejaran dengan polisi di sebuah kota fiktif open world. 

Mode balapannya pun bermacam macam. Mulai dari drag race, sprint, lap, sampai mengumpulkan point police pursuit. Tujuan dari permainan cuma satu, yakni untuk balas dendam dan menjadi yang terbaik di kota. Di game ini, kamu juga bisa memodifikasi dan membuat mobil kesayangan menjadi lebih garang. 

Menambahkan vinyl decal, spoiler, hood, desain menarik, sampai mengupgrade dapur pacunya. Karena game ini sudah cukup lama, kamu bisa temukan d banyak situs free download game pc offline full version secara gratis. Ditambah lagi game ini cukup ringan, karena kamu bisa main hanya dengan komputer standar menengah. 

Tetapi sebagai catatan, setidaknya kamu harus punya komputer yang tidak terlalu kentang. Untuk spesifikasi minimalnya, NFS MW sudah bisa berjalan lancar di PC berprosesor pentium 4 atau AMD Athlon XP 1600+. Bahkan RAM yang dibutuhkan pun cuma 256 Mb, plus VGA nya bisa pakai Intel Onboard, GeForce 660, atau Radeon 9000 64mb.  

3. Alan Wake 

Lagi lagi game jadul bisa jadi pilihan asyik tanpa perlu mengeluarkan biaya terlalu besar. Alan wake contohnya, game yang dirilis pada tahun 2010 ini punya pesona tersendiri yang membuatnya tetap eksis di dunia kekinian. Genrenya cukup menarik, karena kamu bakal main permainan yang mencampur aksi dan sentuhan misteri di dalamnya. 

Mengapa game ini unik, sebenarnya bisa kamu lihat dari ceritanya yang berfokus pada seorang penulis novel thriller – Alan Wake. Game PC offline yang satu ini akan membawa kamu menyusuri kota Washington DC untuk menemukan sang istri. Namun dalam proses pencarian tersebut, kamu akan selalu diikuti dengan bayangan pembunuh. 

Karena efek dari pemikiran seorang penulis, bayangan pembunuh itu selalu membawa senjata mematikan. Yang membuatnya semakin seram dan menantang adalah musuh tersebut tidak bisa semata mata dibunuh dengan senjata tajam. Kamu mesti memutar otak untuk melawan dan juga memecahkan misteri yang terjadi. 

Dengan grafis ala tahun 2010-2012, kamu pasti akan merasa permainan ini unik. Yang lebih menarik adalah Alan Wake termasuk dalam daftar game pc offline ringan dan cocok untuk PC kelas menengah. Bahkan kamu juga bisa mendownload dan beli copy aslinya melalui Steam. Atau kalau ingin hemat, situs download pun bisa kamu tuju. 

Untuk PCnya sendiri, kamu tidak perlu pusing. Game ini bisa berjalan mulus tanpa lag, meski dengan komputer dual core 2Ghz atau AMD 2.8 GHz. Selain itu, kamu juga Cuma perlu 2GB RAM untuk memainkannya, plus graphic card yang kompatibel dengan 512 designated VRAM. Kalau kamu punya PC modern yang lebih bagus, bisa dicoba untuk main pakai setting rata kanan.

4. Call Of Duty Modern Warfare 2

game pc offline

Call of Duty, salah satu game pc offline dengan grafis terbaik. (Foto: unsplash.com)

Main game perang offline PC juga bisa kamu jadikan cara menghilangkan gabut di kosan. Apalagi game sekelas COD MW 2, yang bisa dikatakan ringan tapi mantap. Game ini justru dirilis pada tahun 2009, yang mana satu tahun sebelum Alan Wake. Tapi kamu tidak perlu khawatir soal kualitas gameplay, grafis, dan juga aksinya. 

Jalan ceritanya masih berkaitan dengan seri sebelumnya, Modern Warfare. Kalau kamu ingin mengikuti cerita dari awal, kamu juga bisa main seri pertama terlebih dahulu. Kurang lebih spesifikasi dan hal yang ditawarkan tidak akan jauh berbeda. Lalu apa yang membuat game ini masuk list game pc offline ringan terbaik?

Baca Juga: Rekomendasi Monitor Komputer Terbaik Untuk Anak Kosan

Tentu saja dari segi keberagaman gamemode. Kamu bisa main campaign yang menyorot cerita single-player seorang prajurit. Kamu akan mengikuti banyak sekali misi dan mendapat cerita yang tidak ada duanya. Ada juga mode Cooperate yang bisa dimainkan bareng teman secara online atau lokal. Ada juga mode multiplayer yang menggunakan sistem online.  

Kalau kamu tertarik untuk coba main game yang satu ini, spek PC atau laptop yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi. Malahan bisa dikatakan kamu bisa main meski PC kamu pas pasan. Seperti spec RAM 1 Gb, prosesor AMD Athlon 64 3200+ atau Pentium 4. VGAnya sendiri cuma butuh 256 Mb GeForce 6600 Gt, atau ATI Radeon 1600 Xt.  

5. Grand Theft Auto San Andreas

Bicara soal game PC jadul yang tidak ada matinya, pasti San Andreas akan muncul. Game yang dirilis pada tahun 2004 ini, masih banyak digandrungi karena open worldnya sangat amat luas. Kamu bisa lakukan banyak hal asyik di game ini, seperti balapan, melakukan misi, tembak tembakan, sampai mengumpulkan gang dan menguasai kota. 

Game legendaris yang awal mulanya dari PS 2 ini, mulai dikenal kembali karena punya MOD yang sangat beragam bahkan masih tetap update sampai saat ini. Seperti contohnya adalah MOD real Graphic, yang membuat game pc offline ini tampil bak dengan Grafis Real Engine kekinian yang tampil realistis. 

Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa temukan situs download game pc offline ini dari banyak sumber. Seperti situs download resmi Steam atau tempat gratisan. Yang pasti kamu pun bisa memainkannya dengan lancar meski komputer kamu kentang. Karena spesifikasi minimalnya adalah RAM 256, Athlon atau pentium 3, dan 64 MB VGA. 

6. The Sims 3 

Salah satu game legendaris yang cukup menggebrak di tahunnya adalah the Sims. Game bergenre simulation ini semakin tahun menjadi lebih apik. Sampai pada tahun 2009, yang mana seri ketiganya dirilis dengan graphic dan gameplay memukau. Di tahun tersebut, game ini bahkan menjadi best selling PC game of all time. 

Apa yang membuatnya asyik? Tentunya kamu bisa dengan bebas membuat karakter, rumah, hingga mengatur Sims sesuai keinginan. Entah kamu mau main baik baik atau justru bereksperimen membunuh Sims yang kamu buat. Game ini juga hadir dengan banyak stuff dan expansion pack, yang mana membuat gameplay semakin beragam. 

Untuk memainkan game ini, sebenarnya kamu bisa menggunakan PC dengan spesifikasi windows XP dan Pentium 4. Selain itu, RAM yang diperlukan adalah sekitar 2GB dan VRAM 128 MB. Tidak terlalu berat dan bisa berjalan dengan GPU onboard. Tapi jika dibanding dengan lainnya, The sims 3 bukan termasuk game pc offline ukuran kecil. 

Pasalnya, space HDD yang dibutuhkan berkisar 9 GB. Lumayan besar mengingat game seperti GTA SA atau NFS hanya butuh 2 GB space saja. Apalagi kalau kamu berniat untuk membuat upgrade dan install pack lain untuk the Sims 3. Alhasil, jangan kaget kalau game ini bakal merampok sebagian besar jatah space HDD yang kamu punya. 

game pc offline

Ilustrasi game pc offline. (Foto: unsplash.com)

7. Stardew Valley 

Buat kamu yang suka game ala Harvest moon, jangan sampai kelewatan game bernama Stardew Valley. Pada awalnya game ini dirilis di tahun 2016, tapi terus maju dan diberikan patch terbaru sampai saat ini. Update dan tambahan tersebut membuat kesempatan bagi pemain untuk melakukan banyak hal baru. Termasuk dengan mendekor dan main multiplayer. 

Game PC offline santai ini bisa jadi cara untuk menghapus penat dan bosan. Apalagi mengingat kalau ada banyak sekali konten anyar yang membuat eksplorasi game seakan tidak ada habisnya. Kamu bisa bercocok tanam, membudidayakan monster, sampai mengatur layout kebun di dataran yang tidak umum. Kalau kamu ingin copy asli dari developer ConcernedApe, kamu bisa download di Steam seharga 120 ribuan saja. Tapi ketersediaannya juga meluas sampai kamu bisa download Stardew Valley sebagai game pc offline gratis. Untuk spek PC sendiri, game ini bisa berjalan di Windows 7, RAM 2 GB, RAM 2 GB, dan HDD kurang dari 1Gb. 

Itulah beberapa game yang bisa kamu mainkan di kostan tanpa perlu bingung dengan spesifikasi komputer. Game yang telah disebut beberapa memang dirilis bertahun tahun yang lalu, namun bukan berarti tidak menarik. Justru kesan klasiknya pasti bikin kangen untuk nostalgia game lama. Jadi, siap untuk main game offline dan isi waktu gabut? Silahkan dicoba.

Biar makin asik main game PC di kamar kosan, kamu bisa pilih kosan yang punya meja kerja yang cukup besar untuk meletakkan monitor komputer kamu, salah satu pilihan terbaiknya kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz. Karena selain memberikan fasilitas lengkap seperti kamar yang sudah dilengkapi kasur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar, ruangan ber-AC, dan kamar mandi dalam, KoolKost pun menyediakan meja komputer untuk bisa memberikan kamu bisa main game dengan nyaman.

 

Press Enter To Begin Your Search
×