Loading...

Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta, cobalah sesekali berkunjung ke tempat wisata saat senggang. Tidak ada salahnya refreshing sejenak setelah sibuk dengan beragam rutinitas yang menjemukan. Puncak Becici bisa menjadi pilihan tepat menghabiskan waktu akhir pekan. Dengan harga tiket sesuai isi kantong anak kost, kamu dapat menikmati semua keindahan alamnya. 

puncak becici

Pintu masuk Puncak Becici disambut dengan hutan pinus nan menawan (source:unsplash.com)

Tempat Wisata Puncak Becici Jogja Berdekatan dengan Hutan Pinus Mangunan 

Kawasan wisata ini merupakan salah satu daerah yang dikelola oleh RPH Mangunan. Tidak heran apabila jaraknya hanya beberapa meter saja dari area Hutan Pinus Mangunan. Pohon-pohon pinus tersebar di sekitar hutan dan diambil getahnya guna dijadikan terpentin yang berfungsi sebagai bahan baku industri kosmetik hingga farmasi. Nah, selain pinus yang dikelola untuk komoditas, ada pula hutan pinus seperti di Puncak Becici yang menjadi tujuan wisata.

Dari atas bukit, kamu bisa melihat panorama alam yang begitu mengagumkan. Hal ini cukup menjawab alasan mengapa para wisatawan selalu ramai berkunjung. Uniknya lagi hutan pinus dikelola oleh masyarakat setempat, dan mengubahnya menjadi salah satu lokasi wisata yang menarik. Setiap akhir pekan dan musim liburan tak terhitung berapa jumlah pengunjung yang datang. 

Sebenarnya untuk menuju tempat wisata Puncak Becici Jogja aksesnya tidak terlalu sulit. Bahkan kamu masih bisa mengandalkan aplikasi peta untuk menemukan rute yang akurat. Ada dua jalur yang dapat kamu gunakan, yaitu lewat jalan ke arah Imogiri Timur atau melalui pusat kota Jogja menuju ke jalan Wonosari. 

Jika menggunakan rute dari Imogiri Timur kamu bisa memulai perjalanan dari Terminal Giwangan Jogja. Dari arah perempatan terminal, kamu perlu melanjutkan perjalanan ke arah Selatan menuju ke area wisata pemakaman raja-raja Imogiri. Dari kawasan pemakaman itulah kamu langsung saja menuju ke daerah Mangunan. Kemudian tinggal ikuti papan petunjuk ke hutan pinus Becici. 

Sementara apabila kamu berangkat dari area kost Jogja di pusat kota, maka perlu menempuh perjalanan ke daerah Wonosari terlebih dahulu. Apabila sudah menemukan Perempatan Patuk Gunungkidul berbelok ke arah kanan. Selanjutnya ikuti petunjuk jalan ke arah Dlingo sampai bertemu dengan Hutan Pinus Sudimoro 1. Dari sinilah kamu cukup mengikuti rute jalan menuju area puncak. 

Setibanya di lokasi wisata kamu perlu berjalan sebentar menuju ke area puncak. Sepanjang jalan setapak tersebut kamu bisa melihat rimbunan pohon pinus yang menjulang tinggi. Suasana hijau dan alami yang disuguhkan membuat pikiranmu menjadi lebih rileks. Ditambah udara sejuk khas pegunungan yang menentramkan hati selama berjalan kaki ke puncak. 

Baca Juga: Tempat Wisata Jogja yang Wajib Dikunjungi!

Nikmati Desiran Angin dengan Latar Belakang Gunung Merapi

puncak becici

Gunung merapi jadi pemandangan yang eksotik saat sore hari (source:unspalsh.com)

Bisa dibilang trek menuju kawasan wisata ini tak berlebihan, cocok bagi para mahasiswa yang butuh liburan sejenak di tengah masa perkuliahan. Kamu akan terhipnotis dengan pemandangan alam Puncak Becici yang memanjakan mata. Selama perjalanan langkah kakimu akan terasa ringan dan selalu tersenyum sumringah. 

Lelah pun tidak akan terasa karena tersedia kursi-kursi panjang untuk beristirahat. Setelah tiba di puncak, kamu akan melihat gardu pandang yang dibangun di atas pohon. Dari puncak ini kamu dapat menyaksikan deretan pepohonan hijau yang tumbuh rapat-rapat. Jangan lupakan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu menambah lanskap alam semakin indah. 

Jika cuaca sedang cerah kamu akan melihat goresan garis pantai selatan yang memanjang lurus. Menjelang sore hari wisata alam Puncak Becici menyuguhkan panorama senja yang spesial. Dari ketinggian sinar keemasan terlihat mewarnai langit berpadu dengan gumpalan awan putih. Momen romantis seketika tercipta kala matahari perlahan tenggelam dan menjadi sunset terbaik di Yogyakarta. 

Spot gardu pandang ini memang menjadi favorit para pengunjung, terutama yang datang untuk mengambil foto. Bahkan pihak pengelola wisata menyediakan sejumlah area selfie dengan beragam ornamen unik. Jadi jangan heran apabila area gardu pandang selalu memiliki antrian yang paling panjang. Namun perlu berhati-hati saat berdiri di sini usahakan tetap penuh konsentrasi. 

Tak hanya saat siang atau senja saja yang menarik, malam hari pun wisata di Bantul ini menyuguhkan panorama lebih memesona. Puncak Becici di malam hari memperlihatkan latar belakang berupa bentangan alam Kabupaten Bantul. Hiasan lampu kelap-kelip yang berasal dari padatnya rumah di bawah sana menjadi daya tarik tersendiri. 

Spot Hutan Pinus Kerap Menjadi Lokasi Foto Pre-Wedding

Tidak dipungkiri bahwa kawasan hutan pinus di area wisata ini begitu mengagumkan. Jejeran pohon pinus yang rimbun seolah menjadi kanopi alami saat kamu mengelilingi kawasan wisata. Oleh karena itu tidak heran apabila banyak fotografer yang menjadikan pesona ini sebagai muse potretnya. 

Apalagi ketika sunset tiba hasil potretmu akan menunjukkan siluet yang indah. Kamu bisa membawa kamera sendiri atau memanfaatkan lensa ponsel untuk hunting foto. Terkadang pula, wisata Puncak Becici ini kerap menjadi lokasi foto pre-wedding. Namun khusus untuk pemotretan prewedding di sini kamu wajib membayar biaya sewa. 

Selain hunting foto, kamu bisa melakukan banyak aktivitas yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola. Salah satunya tiduran di atas hammock sembari menyatu dengan alam. Kegiatan tersebut bisa menjadi relaksasi dan terapi setelah jenuh dengan beragam rutinitas monoton. Bawalah hammock dari rumah atau kamu bisa menyewanya di sekitar lokasi wisata. 

Apabila tidak berminat hammocking, kamu tetap bisa merasakan berayun-ayun diantara pohon-pohon pinus. Pihak pengelola wisata sudah menyediakan ayunan yang bisa kamu gunakan di kawasan Puncak Becici ini. Jadi kamu masih dapat bersantai sambil merasakan semilir angin yang menentramkan pikiran. 

Agenda camping juga bisa kamu nikmati di dalam hutan pinus ini, dengan mendirikan tenda di area camping ground. Aktivitas seru ini dapat kamu rasakan apabila berkunjung bersama teman-teman atau keluarga. Semakin malam kamu akan mendengarkan konser derik serangga, lalu pagi harinya dibangunkan oleh sinar matahari yang menembus bias-bias diantara tenda. 

Diantara kegiatan camping kamu dan rombongan dapat melakukan aktivitas outbond. Lokasi wisata Puncak Becici menyediakan lahan sekaligus paket outbound dengan harga ramah kantong. Dengan nuansa hutan pinus yang menyejukkan wisatawan tidak akan merasa lelah saat bermain outbond. Justru menjadi momen paling menyenangkan dan mengesankan selama liburan kali ini. 

Menjelang siang hari mungkin kamu bisa berkeliling di sekitar kawasan hutan pinus. Pengelola wisata menyewakan jeep wisata yang akan mengajakmu untuk menjelajahi sejumlah objek wisata di area hutan. Trip ini ditawarkan dalam bentuk paket mulai dari short trip, medium, sampai long trip. Untuk menikmati jeep wisata kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp250 ribu. 

Baca Juga: Spot Tebing Breksi Jogja, Bisa Jadi Tempat Foto Bareng Teman Kampus

Adakan Agenda Family Gathering atau Berfoto di Rumah Marsupilami

Obyek wisata Puncak Becici merupakan opsi yang tepat untuk menjadi lokasi pertemuan bersama keluarga besar. Ketika musim liburan tiba mungkin kamu bisa merencanakan banyak agenda disini. Membawa bekal serta peralatan piknik yang sekiranya dibutuhkan selama acara gathering berlangsung. Suasana hutan pinus yang sejuk akan membuatmu semakin akrab dengan keluarga. 

Apabila tidak ingin gathering di luar ruangan, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas aula untuk kelancaran acara family gathering. Selain itu tersedia panggung sederhana yang biasanya digunakan untuk live music. Fasilitas yang disediakan ini sebagai hiburan untuk para pengunjung. Ada kursi-kursi dari kayu dan batang pohon yang sudah di tebang di depan panggung. 

Wisata alam Puncak Becici juga menyediakan trekking yang cocok untuk pencinta petualangan. Kamu dapat menjelajahi kawasan hutan pinus dengan berjalan kaki dan membuat momen berkesan. Trek yang akan dilalui pun beragam mulai dari menanjak hingga menurun tajam. Ada pula jalanan yang sudah disemen rapi serta trek yang masih asri berupa tanah. 

Pengelola wisata juga menyediakan gardu pandang unik, bentuknya menyerupai rumah Marsupilami di salah satu serial kartun anak. Meskipun tidak setinggi gardu pandang yang lainnya, fasilitas di Puncak Becici ini berhasil menarik perhatian pengunjung. Tak heran apabila sedang ramai, antrian untuk berfoto disini cukup panjang jadi perlu ekstra sabar. 

Kunjungi Tempat Wisata Lain di Sekitar Hutan Pinus

puncak becici

Camping di tengah hutan pinus bisa jadi pilihan wisata di Puncak Becici (source:unsplash.com)

Pertanyaan Puncak Becici buka jam berapa sering menjadi tanda tanya di kalangan wisatawan. Berdasarkan informasi kamu bisa mengunjungi area wisata ini mulai pukul 6 pagi sampai jam 7 malam. Artinya pagi-pagi sekali kamu harus berangkat dari Jogjakarta apabila ingin menjelajahi hutan pinus lebih puas. 

Opsi camping mungkin bisa menjadi pilihan terbaik, jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata lain di sekitarnya. Beberapa kawasan wisata tersebut akan melengkapi momen liburanmu. Letaknya pun tidak terlalu jauh dari hutan pinus Becici, kamu cukup berjalan kaki sambil menikmati hembusan udara sejuk yang mendamaikan hati. 

Lokasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Kebun Buah Mangunan, yang terkenal dengan pesona paginya yang fenomenal. Di kawasan ini kamu akan melihat hamparan kabut yang datang dari lembah. Lalu kamu akan dibuat terpesona dengan aliran Sungai Oyo, yang membelah Pegunungan Sewu. Saking indahnya sampai banyak orang menjulukinya sebagai “Amazonnya Jogja”. 

Selanjutnya ada Air Terjun Lepo yang terletak di Dusun Pokoh I. Bentuk curug yang unik dengan beberapa tingkatan menjadi daya tarik yang mempesona wisatawan. Air terjun berwarna kebiruan dan sangat jernih mengalir cukup deras dari ketinggian. Keindahan alam ini seakan menjawab rasa penasaran tentang Puncak Becici berapa mdpl. 

Di Air Terjun Lepo kamu bisa bermain air sepuasnya, atau berenang di kolam yang berada di tingkatan kedua. Kolam ini dibangun oleh masyarakat setempat namun masih tetap menampilkan sisi alaminya. Sedangkan di tingkat ketiga ukuran curugnya lebih tinggi sehingga kesegaran airnya jauh lebih terasa. 

Terakhir ada Gua Cerme yang letaknya di bawah tanah kawasan Selopamioro. Di gua ini kamu akan menjumpai stalaktit, stalakmit, pilar, soda straw, dan flowstone. Gua sepanjang 1,2 kilometer ini akan membawamu untuk menikmati keindahan alam yang misterius. Pengunjung disarankan membawa baju ganti saat menyusuri gua, karena di dalamnya terdapat aliran sungai. 

Beberapa Fasilitas Lengkap di Area Wisata 

Berhubung kawasan ini menjadi destinasi favorit para wisatawan di luar Jogja, otomatis perlu dilengkapi beberapa fasilitas. Akses jalan dibuat rapi dan mulus agar tidak perlu bersusah payah mencapai lokasi. Selanjutnya disediakan fasilitas memadai yang sekiranya menunjang area wisata. Mulai dari gazebo, mushola, toilet, lahan parkir, sampai warung-warung sederhana. 

Itulah keindahan Puncak Becici yang bisa kamu nikmati selama berada di Jogjakarta. Jika kamu sedang menempuh pendidikan di kota bakpia ini, cobalah untuk berkunjung di saat senggang. Dijamin masa kuliahmu akan terasa lebih berkesan dan menyenangkan. Namun bila berasal dari luar Jogja, mungkin bisa menyediakan waktu luang untuk menjelajahi wisata ini. 

 Banyaknya pilihan tempat wisata di Jogja, membuat anak kost di Jogja jadi punya banyak pilihan untuk melepas penatnya atau mengisi waktu liburan kuliah. Untuk kamu yang masih bingung cari kosan di Jogja, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz , caranya mudah kamu hanya perlu buka Aplikasi RedDoorz lalu pilih search KoolKost dan masukan kata kunci Jogja atau Yogyakarta setelah itu klik search dan akan muncul list kosan di Jogja lengkap dengan harga sewa dan juga fasilitas yang diberikan. Jadi kamu bisa pilih KoolKost yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan. Mudah bukan, Yuk cari kosan di Jogja sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×