Loading...

New normal merupakan salah satu istilah yang belakangan ini menjadi sorotan oleh berbagai pihak. Dengan merebaknya virus corona yang terjadi awal Maret di Indonesia, membuat banyak sektor menjadi kelimpungan. Untuk itu, setelah masa PSBB berakhir, muncullah istilah new normal dan beberapa protokol kesehatan yang wajib untuk diterapkan. Bagi kamu yang belum mengetahui tentang protokol tersebut, simak pembahasannya di sini.

protokol kesehatan

Protokol kesehatan saat new normal (source:freepik.com)

Apa Itu Protokol Kesehatan? 

Meningkatnya angka kasus Covid-19 di Indonesia yang sampai saat ini belum mereda, menimbulkan banyak polemik di masyarakat. Akibatnya, warga negara pun berulang kali dihimbau untuk berada di dalam rumah, guna memutus persebaran coronavirus. Akan tetapi, dalam beberapa kondisi, tentu saja kamu harus keluar rumah untuk melakukan berbagai macam aktivitas tertentu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka pemerintah membuat protokol kesehatan new normal yang harus kamu patuhi ketika keluar rumah. Jika sebagian besar dari kamu belum mengetahui istilah satu ini, mari kita bedah satu persatu. Apa itu protokol kesehatan? Pertanyaan satu ini kerap kali muncul di benak masyarakat awam. Protokol itu sendiri merupakan aturan serta ketentuan yang wajib diikuti oleh semua pihak.

Sehingga nantinya masyarakat pun dapat beraktivitas dengan aman ketika masa pandemi COVID-19 ini. Dengan adanya protokol tersebut, bertujuan agar masyarakat tetap bisa untuk melakukan aktifitas dengan aman dan juga tidak membahayakan kesehatan orang lain. Apabila masyarakat dapat melakukan dan mengikuti aturan tersebut, maka penyebaran virus di Indonesia sendiri akan bisa untuk diminimalisir.

Aturan Kesehatan Saat Keluar Rumah

1. Memakai Masker Saat Keluar

Terlepas dari kamu sehat atau sakit, selama masa pandemi ini kamu diwajibkan untuk menggunakan masker ketika keluar rumah. Kebiasaan baru di era new normal ini menjadi salah satu hal yang wajib untuk kamu patuhi. Hal ini dikarenakan himbauan protokol kesehatan tersebut menyatakan bahwa dengan memakai masker bisa menjadi cara untuk mencegah terkena virus yang berbahaya seperti corona.

Terlebih lagi, apabila kamu ingin keluar rumah ataupun melakukan aktifitas di luar ruangan. Maka masker adalah salah satu benda yang wajib untuk kamu kenakan. Meskipun kamu keluar rumah dalam waktu yang sebentar, tetap saja masker menjadi barang utama yang perlu anda pakai. Untuk itu, bagi kamu anak kost Jakarta pastikan untuk mempunyai stok masker yang berlebih.

2. Menutup Bersin dengan Menggunakan Lengan Bagian Dalam

Selain itu, apabila kamu sedang berada di tempat umum dan ingin bersin, maka kamu pun wajib menjalankan etika baru. Dimana, biasanya kamu hanya menutupnya dengan menggunakan telapak tangan, maka di era new normal ini usahakan untuk menutup wajah dengan menggunakan lengan di bagian dalam ketika kamu ingin bersin. Hal tersebut bertujuan agar nantinya tangan kamu tetap dalam keadaan yang bersih.

Pasalnya, tangan menjadi bagian tubuh yang rawan untuk terkena virus. Selain itu, bisa saja telapak tangan yang kamu gunakan untuk menutup bersin telah menyentuh permukaan benda lain. Yang mana tidak semua permukaan benda tersebut terjamin akan kebersihannya. Oleh sebab itu, pastikan kamu untuk terbiasa menutup wajah saat bersin dengan menggunakan lengan di bagian dalam.

3. Jangan Sembarangan Menyentuh Wajah

Protokol kesehatan selanjutnya yang wajib untuk kamu terapkan adalah dengan tidak sembarangan ketika ingin menyentuh bagian wajah. Hal ini dikarenakan tangan menjadi sarang penyebaran virus. Untuk itu, sebelum anda mulai menyentuh bagian wajah dengan menggunakan tangan, pastikan bahwa tangan tersebut telah bersih. Pasalnya, area wajah yakni hidung, mata dan mulut dapat menjadi gerbang yang mudah ditembus oleh virus.

Karenanya, kamu perlu memastikan bahwa tangan telah bersih ketika ingin menyentuh bagian wajah. Selain itu, meskipun tangan telah dalam keadaan bersih, namun kamu tetap harus meminimalisir untuk menyentuh area wajah, terutama saat berada di tempat umum. Hal ini sebagai bentuk antisipasi apabila kamu sebelumnya lupa pernah menyentuh benda yang lain.

4. Cuci Tangan dan Selalu Gunakan Hand Sanitizer

protolol kesehatan

Selalu gunakan hand sanitizer atau cuci tangan (source:freepik.com)

Cuci tangan menggunakan sabun dan juga memakai hand sanitizer menjadi protokol kesehatan covid yang harus kamu terapkan. Hal ini dikarenakan bakteri dan juga virus corona bisa menyebar secara cepat dan meluas dengan adanya kontak fisik. Salah satu jenis kontak fisik yang paling sering terjadi dan cukup sederhana adalah dengan berjabat tangan.

Untuk itu, sebagai bentuk pencegahan maka tangan memang harus benar benar terjaga kebersihannya. Sehingga, kamu perlu menghindari kontak fisik yang tidak penting. Sebut saja berjabat tangan dapat kamu lakukan dengan cara yang lain. Selain itu, kamu juga perlu untuk rutin mencuci tangan dengan memakai hand sanitizer apabila tidak ada air dan sabun. Dengan begitu, kebersihan tangan akan selalu terjaga.

5. Jaga Jarak

Ketika kamu terpaksa untuk keluar rumah dan melakukan berbagai aktivitas, maka jaga jarak menjadi salah satu poin penting yang harus kamu terapkan. Pemerintah sendiri memberlakukan istilah physical distancing sebagai salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Sehingga, ketika kamu berada di ruangan terbuka, pastikan untuk selalu mengatur jarak dengan orang lain.

Hal ini juga mengacu pada beberapa anjuran dari pihak pihak kesehatan yang menyatakan bahwa terdapat jarak aman yang dilakukan untuk bersosialisasi. Sehingga, dengan aturan kesehatan tersebut, dapat membuat kamu dan orang lain agar tidak mudah terpapar virus satu ini. Tentunya, hal tersebut sebagai bentuk untuk mengantisipasi apabila orang orang tersebut merupakan carrier atau orang yang membawa virus.

6. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Vitamin

Sebagai bentuk tameng terhadap kesehatan diri sendiri, maka kamu juga membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Hal tersebut bertujuan agar nantinya kamu memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang virus. Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, tubuh juga membutuhkan asupan vitamin yang akan membantu untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap optimal.

7. Membawa Alat Makan dan Alat Ibadah Sendiri

Ketika kamu dituntut untuk melakukan aktifitas di luar ruangan, seperti mulai masuk ke kampus untuk bimbingan skripsi maupun bekerja, sebaiknya kamu membawa peralatan makan dan ibadah sendiri. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus. Pasalnya, dengan membawa peralatan ibadah dan peralatan makan sendiri, tentunya akan lebih terjamin kebersihannya.

Menerapkan Protokol Kesehatan di Tempat Kerja

protokol kesehatan

Protokol kesehatan new normal wajib diterapkan di kantor (source:freepik.com)

Di beberapa perusahaan, sistem work from home sudah tidak lagi dilakukan. Sebagai gantinya, perusahaan tersebut menerapkan sistem pergantian shift agar produksi tetap berjalan. Ketika bekerja di masa pandemi, tentu saja terdapat banyak kekhawatiran. Salah satunya dikarenakan takut jika rekan kerja merupakan carrier dan nantinya akan tertular.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka pemerintah menetapkan beberapa protokol kesehatan di tempat kerja yang memang harus dipenuhi oleh perusahaan dan karyawan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membatasi jumlah pekerja yang ada di kantor dengan batas maksimal yakni sekitar 50 persen dari keseluruhan pekerja. Selain itu, perusahaan pun juga perlu melakukan penyesuaian jam kerja, hari kerja dan juga sistem kerja.

Dengan begitu, karyawan dan perusahaan pun akan bisa beradaptasi dengan adanya kondisi pandemi corona yang sampai saat ini masih terjadi. Sehingga, nantinya semua elemen perusahaan, tak  terkecuali siapa pun akan bisa patuh terhadap protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah. Selain itu, tak hanya mengacu pada pembatasan jumlah karyawan dan jam masuk saja, sarana dan fasilitas umum di kantor pun perlu ada pembatasan.

Sebut saja kantin, mushola, dan juga tempat istirahat. Apabila biasanya kamu bergerombol untuk pergi kesana, maka sebaiknya kamu mulai menghindari kerumunan. Usahakan pula untuk selalu membawa bekal dan perlengkapan makan sendiri. Dengan begitu, nantinya kamu pun tidak akan bercampur dengan alat makan orang lain. Hal ini menjadi salah satu tata cara protokol kesehatan di kantor yang bisa mulai kamu terapkan.

Tak hanya itu saja, seluruh karyawan maupun semua elemen yang ada di perusahaan wajib untuk mengenakan masker dan juga alat pelindung diri yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini bertujuan sebagai bentuk pencegahan agar karyawan tidak tertular virus corona. Bahkan, lingkungan kerja pun perlu untuk dilakukan desinfeksi secara rutin dan berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa lingkungan kantor agar tetap  terjaga.

Aturan Kesehatan di Tempat Umum

Tak hanya menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja maupun protokol kesehatan di sekolah saja, masyarakat juga perlu untuk mematuhi aturan kesehatan di tempat umum. Contohnya saja, ketika kamu datang ke pusat perbelanjaan ataupun kafe, maka kamu harus tetap memastikan diri bahwa kondisimu sedang sehat sebelum keluar rumah. Apabila kamu mengalami gejala seperti batuk, demam dan juga lainnya maka usahakan untuk tetap di rumah.

Selain itu, kamu juga wajib untuk menggunakan masker dan juga menerapkan prinsip untuk menjaga jarak dimanapun kamu berada. Hal ini juga berlaku untuk pihak penjual, dimana untuk harus memastikan kondisi tetap dalam keadaan yang sehat ketika berjualan. Usahakan untuk menggunakan masker dan juga sarung tangan ketika melayani pembeli untuk meminimalisir kontak langsung menggunakan tangan.

Penyedia kafe juga sebisa mungkin menerapkan prinsip cashless, sehingga pengunjung tak perlu mengeluarkan uang tunai guna meminimalisir terjadinya kontak fisik antara penjual dan pembeli. Selain itu, pihak kafe maupun pusat perbelanjaan juga wajib untuk menyediakan berbagai macam fasilitas untuk menerapkan protokol kesehatan agar tetap aman.

Diantaranya adalah dengan menyediakan thermo gun. Sehingga, ketika pengunjung datang pastikan untuk mengecek suhu badannya terlebih dahulu. Apabila lebih dari 37 derajat, maka pengunjung pun tidak diperbolehkan masuk. Selain itu, sediakan tempat untuk mencuci tangan yang telah dilengkapi oleh sabun. Apabila tidak terdapat tempat cuci tangan, minimal selalu sediakan hand sanitizer sebagai bentuk pencegahan terhadap virus satu ini.

Virus corona yang ada di Indonesia telah berjalan lebih dari 6 bulan. Sehingga, dibutuhkan kesadaran dari masyarakat untuk selalu menerapkan aturan kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah. Hal ini bertujuan agar nantinya dapat memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia. Untuk itu, bagi kamu yang hendak melakukan aktifitas di luar ruangan, pastikan telah memakai masker dan membawa hand sanitizer. Lakukan pula jaga jarak agar tetap aman dan terlindungi.

Rekomendasi Kosan di Jakarta 

Kost Aditia Place Kebayoran Baru

Kosan nyaman yang punya dapur bersama ini berlokasi di Jalan Adityawarman No.43 Rt.03/2 Selong. Kec. Kebayoran baru. Jakarta Selatan. Fasilitas yang diberikan kamar yang lengkap dengan kasur, lemari, meja dan kursi untuk kerja, kamar mandi dalam, ada juga televisi, ruangan ber-AC dan fasilitas Wifi gratis.

Cek detail Kost Aditia Place Kebayoran Baru

Griya Sukarni

Kosan yang asri dan nyaman ini berada di Jl. Musyawarah No.19 Jakarta Selatan. tepatnya di daerah jalan TB Simatupang. untuk fasilitas dengan kasur yang nyaman, lemari pakaian, ruangan ber-AC dan wifi gratis.

Cek detail Griya Sukarni 

Indekost Ragunan

Kosan dekat dengan tempat wisata Ragunan ini terletak di jalan RM Harsono No.10 Ragunan, kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kosan ini jaraknya hanya 700m dari Taman Margasatwa Ragunan, dan 1.4 KM dari Transmart Cilandak KKO. Kosan ini akan membuat kamu merasa seperti dirumah karena memang ini adalah rumah yang dijadikan untuk kosan, dengan fasilitas kamar yang sudah dilengkapi kasur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar, ada meja dan kursi untuk kerja, ruangan be-AC, wifi gratis, ada juga dapur bersama lengkap dengan kulkas yang bisa kamu gunakan.

Detail Indekost Ragunan

Kamu juga bisa cari info kosan di Jakarta dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz, caranya buka Aplikasi RedDoorz dan pilih Kost Houses lalu masukkan kata kunci Jakarta pada kolom pencarian, maka kamu akan diberikan list Kost di Jakarta lengkap dengan harga sewa dan fasilitasnya. Yuk Cari kosan yang sesuai dengan keinginanmu sekarang!


 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×