Loading...

Pilih tempat kost yang dekat dengan kampus sesuai fakultasmu.

Universitas Padjadjaran (UNPAD) menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di Tanah Air. Kalau kamu calon mahasiswa universitas di Bandung ini dan berasal dari luar kota tersebut, yuk siap-siap cari kost dekat Unpad. Jangan terburu-buru, simak dulu tips berikut.

Sebelum cari kost di Bandung, pastikan dulu lokasi kampus berdasarkan fakultasnya. Untuk program sarjana, ada Fakultas Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran, Matematika dan IPA, Pertanian, Kedokteran Gigi, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Psikologi, Peternakan, Ilmu Komunikasi, Keperawatan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknologi Industri Pertanian, Farmasi, dan Teknik Geologi. Unpad juga memiliki program diploma dan sekolah pascasarjana.

Daerah Kost Dekat Unpad Kampus Dipatiukur dan Jatinangor

Ada sejumlah fakultas yang berada di kampus Jatinangor, Sumedang dan ada juga yang berada di sejumlah kawasan di Bandung. Berikut ini daftarnya.

1. Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang:

Fakultas Psikologi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Matematika dan IPA (MIPA), Pertanian, Teknologi Industri Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Farmasi, Teknik Geologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, serta Ekonomi dan Bisnis. 

2. Kampus Unpad Dipatiukur, Bandung:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (program pendidikan pascasarjana serta doktoral)

3. Kampus Jl. Sekeloa, Bandung:

Fakultas Kedokteran Gigi (program doktoral), Ilmu Ekonomi Pertanian (program magister), Ilmu Lingkungan (program magister) 

4. Kampus Jl. Singaperbangsa, Bandung:

Pendidikan Klinis Hukum (program magister), Ilmu Hukum (program doktoral)

5. Kampus Jl. Dago Atas, Bandung:

Fakultas Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

6. Kampus Jl. Banda, Bandung: 

Ilmu Kedokteran Dasar (program magister), Ilmu Kebidanan (program magister), Ilmu Kesejahteraan Masyarakat

7. Kampus Jl. Cimandiri, Bandung:

Pendidikan Ilmu Hukum dan Ilmu Hukum (program magister), Ilmu Hukum (program doktoral)

8. Jl. Ir. H. Juanda, Bandung:

Fakultas Kedokteran, Kebidanan (program diploma)

9. Jl. Japati, Bandung:

Akuntansi (program magister), Ekonomi Terapan (program magister)

10. Kampus Garut: 

Keperawatan (program sarjana)

Setelah mengetahui lokasi kampusmu, sekarang kamu jadi punya gambaran kan, mau cari kost di daerah mana? Namun biasanya, banyak mahasiswa Unpad yang tinggai di daerah Jatinangor dan di sekitar Dipatiukur. 

Di Jatinangor, Sumedang, ada kawasan bernama Desa Sayang yang memiliki banyak lokasi kost murah untuk mahasiswa. Selain itu di sekitar kampus Unpad Jatinangor, ada juga apartemen yang bisa jadi pilihan.

Sementara itu di sekitar Kampus Unpad Dipatiukur, ada relatif lebih banyak pilihan lokasi kost di Bandung. Kamu bisa melakukan pencarian di daerah Coblong, Gasibu, maupun Sekeloa. Ada kost khusus putri, putra, maupun campur.

Agar lebih efisien, kamu bisa melakukan pencarian kost menggunakan aplikasi cari kost online. Di sana akan ada banyak rekomendasi kost lengkap sesuai dengan budget kamu. Sudah siap mencari? Ikuti langkah ini.

Gunakan Aplikasi Cari Kost online untuk Cari Kost di Bandung

Supaya efisien, manfaatkan aplikasi cari kost online untuk temukan kost di Bandung.

Pencarianmu akan menjadi lebih gampang dan cepat dengan aplikasi untuk pencarian kost. Kamu bisa mendapatkan berbagai rekomendasi kost di Jatinangor maupun Bandung sesuai dengan kebutuhan dan budget. 

Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, kamu sementara waktu bisa melakukan survey online dulu, sebelum mengunjungi lokasi kost pilihanmu secara langsung. Ini langkah-langkah pencarian yang bisa kamu lakukan. 

1. Cari kost di Bandung dengan kata kunci yang mendekati

Agar bisa memperoleh rekomendasi kost dekat Unpad Kampus Jatinangor maupun Dipatiukur atau DU misalnya, kamu harus memasukkan kata kunci atau keyword dalam kolom pencarian di sana. Misalnya “Kost Jatinangor”, “Kost Unpad”, “Kost Dipatiukur”, atau “Kost Bandung”.

Sebagai opsi lainnya, kamu bisa memakai nama daerah sebagai kata kunci, seperti “Jatinangor”, “Coblong”, “Tubagus Ismail”, atau “Dipatiukur”. Setelah mengetikkan keyword tersebut, kamu bisa melihat sejumlah lokasi yang direkomendasikan aplikasi online untuk kost tersebut. Selanjutnya, pilih salah satu rekomendasi tersebut untuk melihat berbagai pilihan tempat kost.

2. Lihat harganya

Ini pastinya penting untuk dilakukan. Pilihlah kamar kost murah dengan harga yang masih terjangkau oleh kantongmu. Jangan lupa untuk cek berbagai promo dari aplikasi cari kost online. Untuk menyiasati harga, kamu bisa memilih kamar dengan fasilitas yang lebih sederhana, sejauh masih bisa mengakomodasi kebutuhanmu sebagai mahasiswa universitas di Bandung.

Cara lainnya, ajaklah temanmu untuk tinggal sekamar. Namun, pastikan dulu pada pemilik maupun pengelola kost tersebut. Sebab, biasanya ada biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk mengajak teman. Namun tentu saja biaya ini tidak sebesar harga sewa satu kamar.

Demi kenyamanan, pilihlah kamar kost dengan dua tempat tidur, apabila kamu memang ingin sharing kamar dengan temanmu. Jumlah tempat tidur dalam satu kamar ini tertera di aplikasi cari kost online.

3. Pertimbangkan lokasinya

Entah itu di Bandung maupun Jatinangor, pilihlah kost harga terjangkau sesuai budget tapi yang strategis. Bukan hanya dekat kampus, sebaiknya kamu mencari kost yang dekat ke rumah sakit maupun klinik, supermarket maupun minimarket, serta ATM atau bank.

Yang tak kalah penting, pastikan kamu mudah mencari tempat fotokopi dan printing di sekitar kost yang kamu inginkan. Soalnya sebagai mahasiswa, kamu akan perlu fotokopi maupun printing kebutuhan kuliah cukup sering. Apalagi nanti jika sudah memasuki masa-masa skripsi. 

4. Pilih fasilitas yang memadai

Tak sedikit kost lengkap di Bandung yang menawarkan berbagai fasilitas mulai dari sarapan, laundry, hingga sistem keamanan 24 jam. Tentu saja harga kost dengan spesifikasi semacam ini akan lebih mahal dibandingkan kost sederhana. Jika memang fasilitas sederhana sudah bisa memenuhi kebutuhanmu sebagai mahasiswa, tak ada salahnya ‘kan, memilih kost yang harganya murah?

Selama kamu bisa menentukan fasilitas yang menjadi prioritas, tak jadi soal. Misalnya, wifi gratis untuk menunjang kebutuhanmu sebagai mahasiswa, maupun kamar mandi dalam, agar kamu tidak perlu bangun subuh untuk antre mandi sebelum kuliah pagi. Informasi mengenai fasilitas yang disediakan tempat kost, tertera dalam halaman pencarian di aplikasi cari kost online. 

Tips Cari Kost di Bandung untuk Mahasiswa Unpad

Hitung pengeluaranmu setiap bulan, termasuk untuk biaya kost.

Sekarang kamu sudah punya gambaran dan pilihan untuk akomodasi selama menjadi mahasiswa universitas di Bandung. Terus, apa saja tipsnya biar bisa dapat kost yang pas buat mahasiswa perantau di Bandung?

1. Jangan “ngepas” dengan budget

Pilihkan kost dengan harga yang masih sesuai dengan rencana pengeluaranmu sebulan untuk membayar akomodasi. Sebisa mungkin, jangan hanya beti alias beda tipis. Soalnya, kamu juga harus memperhatikan pengeluaran lainnya selain untuk membayar sewa kost. 

Ada biaya kuliah (misalnya untuk membeli buku dan fotokopi), makan, serta transportasi yang harus kamu pikirkan. Selain itu, jangan lupa menyisihkan dana darurat bulanan. Ya memang, siapa sih yang mau sakit. Namun sewaktu-waktu diperlukan, dana ini pasti bisa membantumu. 

2. Pilih kost di dekat kampus Unpad

Memilih kost dekat kampus Unpad sangat penting, terutama jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi. Dengan begitu, kamu tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh untuk sampai ke kampus. Jadi, misalnya kampusmu ada di Jatinangor, jangan cari kost di Dipatiukur sebaiknya.

Kalau soal hemat, kamu juga bisa kok, cari kost murah di Jatinangor. Lagi-lagi, semua tergantung fasilitasnya. Selain itu, kost dekat kampus juga memudahkanmu untuk mencari tempat makan setiap harinya. Soalnya, biasanya di dekat kampus memang “surganya” jajanan bagi para mahasiswa.

3. Pastikan kemudahan aksesnya

Yang dimaksud akses di sini adalah selain rute kendaraan umum seperti angkot, juga kondisi jalannya. Cari tahu mengenai kondisi jalan di sekitar kost tersebut saat musim hujan. Jangan sampai kamu jadi susah kuliah karena kebanjiran.

Kalau memilih kost di area kompleks, pastikan jalan masuk ke kost incaranmu itu tidak sering diportal. Memang, beberapa kompleks memiliki kebijakan semacam ini demi keamanan. Namun jika kamu pengguna setia ojek online alias ojol atau taksol, tentu portal ini akan menyulitkan.

4. Cari kost di lingkungan yang aman

Kamu mungkin pernah mendengar ada kawasan kost tertentu yang rawan pencurian. Bukan hanya pencurian kendaraan bermotor, tapi bahkan hingga sepatu sneakers yang ada di teras kost tersebut. Kalau budget tersedia, kamu bisa memilih kost dengan sistem keamanan 24 jam.

Biasanya, kost lengkap seperti ini pun memiliki kamera CCTV. Untuk memastikannya, kamu sebaiknya melakukan survey secara langsung dengan mengunjungi tempat kost pilihanmu. Memang sih, aplikasi yang menawarkan tempat kost sudah menyediakan informasi mengenai fasilitas keamanan ini. Namun kamu bisa lebih yakin kalau datang ke sana.

Kalau memungkinkan, cari kost di daerah yang dekat dengan pos keamanan, misalnya pos hansip. Untuk langkah awal, kamu bisa googling daerah kost incaranmu. PIlih bagian “news” atau “berita” di Google. Pastikan tidak ada berita kriminal di sana.

5. Cek kondisi kebersihan tempat kost

Selain di sekitar kamar kost, pastikan ada cukup keranjang sampah di dalam area kost yang sedang kamu survey. Lagi-lagi, untuk urusan yang satu ini, survey online dengan melihat foto-foto yang disediakan oleh aplikasi penyedia sewa kost belumlah cukup. Kamu sebaiknya survey secara langsung.

Pastikan tidak ada lalat beterbangan di sana. Jangan lupa periksa kamar mandinya, entah itu kamar mandi dalam maupun di luar. Kamu pasti mau tetap sehat, kan selama kuliah sebagai mahasiswa rantau di Bandung? Oh iya, kalau kost di Jatinangor, mungkin kamu nanti akan sering menjumpai penjual bubuk Abate untuk membasmi jentik nyamuk di bak mandi.

Selain membelinya, kamu juga bisa menyediakannya sendiri, kok. Harganya pun terjangkau. Lihat juga saluran air alias got di sekitar lokasi kost tersebut. Pastikan airnya mengalir, tidak menggenang, dan tidak dihinggapi nyamuk-nyamuk.

Nah, sekarang kamu sudah siap kan, untuk cari kost dekat Unpad? Jangan lupa sharing informasi dengan teman-temanmu, ya!

Cari kost dekat Unpad dengan RedDoorz

RedDoorz adalah jaringan manajemen dan penyedia akomodasi online dengan tarif hemat. Selain hotel dan apartemen, kini RedDoorz juga menawarkan banyak opsi kost di Bandung maupun di berbagai kota lainnya di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang butuh cari kost, langsung aja download aplikasi RedDoorz versi terbaru, atau klik link berikut dari ponsel kamu: cari kost dengan RedDoorz.

RedDoorz akan memudahkan pencarian maupun pemesanan kost online sampai dengan pembayarannya. Selain itu, tersedia juga dukungan layanan pelanggan selama 24 jam. Cari kost lewat RedDoorz akan memberi banyak keuntungan karena banyak penawaran menarik. Yuk coba!

Cropped fav logo@2x