Loading...

makanan sehat

Salad Buah salah satu pilihan menu sehat (Source:Pexels.com)

Tinggal di tempat kost saat ini menjadi pilihan sebagian orang. Tak hanya mahasiswa, banyak pekerja kantoran yang juga memilih tinggal di tempat kost, misalnya yang berada di daerah kost Setiabudi, Kuningan, Jakarta. Mahasiswa atau pekerja yang juga anak kost tak jarang memiliki pola hidup yang kurang sehat seperti makan kurang teratur. Ini tentu kurang baik bagi kesehatan, jika tidak saat ini maka dapat berdampak saat sudah tua nanti. Oleh karena itu anak kost tetap perlu menjaga dirinya dengan mengonsumsi makanan sehat secara teratur. 

Tips Makanan Sehat untuk Mahasiswa dan Anak Kost

Berikut tips makanan sehat untuk mahasiswa. Sebagian besar anak-anak kost cenderung kurang terbiasa makan makanan sehat karena senang dengan kepraktisan. Mie instan yang mudah dimasak kadang menjadi makanan sehari-hari padahal itu kurang baik bagi kesehatan. Makanan sehat untuk anak kost sendiri tidak harus mahal, ada banyak jenis makanan yang sehat, namun mudah dimasak dan harganya murah. Berikut ini tips makanan yang sehat untuk anak kost. 

1. Memasak Sendiri 

Di tempat kost, biasanya ada dapur untuk memasak sendiri dan itu bisa dimanfaatkan. Anak kost kadang enggan untuk memasak sendiri karena tidak mau repot, namun membeli makanan di luar setiap hari juga bukan pilihan tepat. Jika tidak ada jadwal kuliah yang terlalu pagi, maka waktu itu bisa dimanfaatkan untuk berbelanja dan membuat sarapan sendiri. Makanan yang dibuat sendiri cenderung lebih sehat karena mengetahui kualitas bahan yang digunakan dan cara memasaknya.
Ada banyak makanan sehat anak kost yang bisa dibuat sendiri dengan mudah dan bahkan cepat. Membuat sayur bening atau sop dengan tahu dan tempe goreng sudah lebih sehat daripada membeli masakan dari luar. Selain itu bisa juga membuat makanan yang praktis namun tetap sehat seperti bubur oat atau sandwich roti gandum.

2. Sayuran dan Buah-Buahan 

Makanan sehat untuk anak kost sebenarnya sama dengan yang diperuntukkan bagi orang dewasa lainnya yang juga harus mengikutsertakan sayuran dan buah-buahan. Mahasiswa yang tinggal di kost kadang tak sempat untuk memakan buah-buahan, apalagi jika uang saku menipis. Sebenarnya ada banyak buah-buahan yang murah dan tetap bisa sehat untuk dimakan. Buah-buahan dengan harga murah misalnya pisang, semangka, dan pepaya. Sedangkan bagi yang sudah bekerja bisa memilih buah yang lebih bervariasi.

Sayuran juga sebaiknya tetap ditambahkan di setiap menu makanan. Baik itu memasak sendiri atau membeli makanan di luar maka jangan lupa untuk menambahkan menu sayuran. Sayuran dan buah-buahan sendiri mengandung serat yang dibutuhkan untuk pencernaan yang sehat. Kandungan antioksidan juga bisa mencegah beragam macam penyakit menyerang. 

3. Jangan Lupa Protein 

Protein berfungsi mengatur metabolisme tubuh sehingga cukup penting sebagai asupan setiap hari. Makanan yang dikonsumsi sudah seharusnya mengandung protein, baik itu hewani atau nabati. Beberapa makanan yang merupakan sumber protein misalnya daging, telur, ikan, susu, polong-polongan, dan lain-lain. Kekurangan protein bisa menyebabkan kerontokan pada rambut dan gangguan pertumbuhan khususnya pada anak-anak.

Mahasiswa atau anak kost kadang berhemat sehingga lupa menambahkan protein pada makanannya. Namun tempe dan tahu yang bisa dibeli dengan harga murah juga mengandung protein. Jadi sebenarnya tidak harus mengonsumsi daging, tempe, dan tahu yang diolah dengan tepat bisa juga jadi sumber protein yang baik bagi tubuh.

4. Jangan Terlalu Banyak Gula 

Terlalu banyak gula bisa mengakibatkan diabetes dan itu tentunya tidak ingin dialami oleh siapa pun. Kebiasaan mengonsumsi gula tinggi sejak muda bisa jadi kebiasaan yang akan terbawa sampai dewasa. Apalagi jika memiliki orang tua yang menderita diabetes maka kemungkinan menderita bisa lebih besar. Sejak muda ada baiknya untuk membiasakan diri tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. 

Saat ini ada banyak minuman manis yang diminati oleh mahasiswa maupun pekerja kantoran. Konsumsi minuman dengan gula tinggi tersebut sebaiknya dibatasi. 

5. Minum Air Putih 

Minum air putih bisa jadi hal yang sepele, namun itu cukup penting dengan asupan yang cukup. Anak-anak muda kadang kurang memperhatikan jumlah air putih yang diminum setiap harinya. Maka dari itu penting agar selalu menyiapkan air putih di kamar kost agar bisa diminum secara rutin. Mahasiswa bisa membeli air mineral kemasan atau memasak sendiri jika memang sempat. Air putih sendiri berbeda dengan minuman manis seperti soda atau kopi sehingga tidak bisa menggantikan.

Kebutuhan air putih setiap harinya seharusnya mencapai 2 liter. Ini tak jarang masih tidak dipenuhi oleh sebagian orang. Mahasiswa yang masih muda dan jauh dari orang tua juga kadang kurang peduli dengan asupan air putihnya, misalnya hanya minum saat selesai makan saja. Ada baiknya untuk selalu menyediakan air putih baik saat di dalam kost atau saat keluar rumah. Apalagi saat ini banyak dijual botol air minum yang trendy sehingga bisa digunakan saat ke kampus atau bepergian.

6. Makan dengan Teratur 

Makan dengan teratur bisa mencegah timbulnya penyakit seperti maag. Anak kost yang juga pekerja kantoran kadang sibuk mengerjakan tugas sehingga makan dengan tidak teratur. Apalagi tidak ada orang tua yang mengawasi serta tidak ada yang menyediakan makanan. Ada baiknya membiasakan diri untuk makan tepat waktu mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam dengan porsi yang cukup.

7. Memilih Cemilan Sehat 

Anak kost biasanya juga senang makan cemilan. Sayangnya saat ini banyak jenis cemilan tak sehat yang malah menjadi tren. Mengonsumsi junk food atau gorengan sebenarnya boleh saja asalkan tidak berlebihan. Untuk kebutuhan sehari-hari ada baiknya untuk membiasakan diri dengan cemilan yang sehat seperti buah-buahan. 

8. Diet yang Sehat 

Bagi wanita, apakah itu mahasiswa atau pekerja kantoran, penampilan tubuh bisa jadi hal yang penting. Melakukan diet kadang dilakukan untuk menurunkan berat badan sekaligus memperbaiki penampilan. Sayangnya tak jarang diet yang dilakukan tidak dilakukan dengan benar. Misalnya saja makan terlalu sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan tubuhnya. 

Jika ingin melakukan diet penurunan berat badan maka harus tetap memperhatikan kebutuhan asupan makanan yang diperlukan tubuh. Jangan sampai diet yang dilakukan malah membuat tubuh menjadi sakit, bukan sehat. 

Tips Membuat Nasi Goreng Sehat Ala Anak Kost 

makanan sehat

Nasi Goreng Sehat ala anak kost (source: Freepik.com)

Nasi goreng bisa jadi salah satu makanan yang praktis untuk dibuat oleh anak kost. Bahan yang digunakan juga tidak terlalu sulit untuk didapat apalagi bisa menggunakan nasi sisa yang tidak habis dimakan. Berikut ini beberapa tips untuk membuat nasi goreng sehat untuk anak kost:

1. Menggunakan Minyak Sehat

Minyak goreng biasa atau mentega bisa digantikan dengan bahan yang lebih sehat misalnya minyak zaitun atau canola. Namun perlu juga memperhatikan titik didihnya sehingga tidak salah dalam memasak. Nasi goreng yang sehat membutuhkan minyak yang sehat pula karena menjadi bahan yang cukup penting dalam menggoreng nasi. 

2. Menambahkan Sayuran 

Nasi goreng sehat ala anak kost bisa dengan menambahkan beberapa jenis sayuran. Sayuran yang cocok untuk nasi goreng misalnya sawi, wortel, kacang polong, dan lain-lain. Sayuran seperti wortel bisa diiris tipis-tipis terlebih dahulu dan dimatangkan sebelum memasukkan nasi. Adanya tambahan sayuran dalam nasi goreng ini berarti menambahkan serat dalam masakan. Sayuran juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh. 

3. Menambahkan Protein 

Sebutir telur sudah menjadi sumber protein yang bisa menambah gizi untuk sepiring nasi goreng. Telur atau daging ayam bisa ditambahkan dan lebih baik daripada daging olahan seperti sosis atau kornet. Daging olahan memiliki kandungan tambahan yang cenderung kurang baik bagi kesehatan tubuh. 

Bagi mahasiswa, telur bisa jadi pilihan yang murah dan sehat. Telur bisa dicampurkan dalam nasi goreng atau bisa dimasak secara terpisah. Tambahan protein juga bisa mengenyangkan lebih lama daripada hanya karbohidrat saja.

Itu beberapa tips dalam membuat nasi goreng sehat. Selain nasi goreng sehat, anak kost juga bisa membuat masakan lainnya menjadi sehat seperti membuat mie goreng sendiri. Konsumsi makanan sehat tidak perlu mahal dan sulit, ada banyak jenis makanan sehat yang bisa dimasak sendiri. 

Cara Hidup Sehat Anak Kost 

makanan sehat

Jogging salah satu olahraga paling mudah dan murah (source:freepik.com)

Selain makanan sehat, cara hidup sehat anak kost juga perlu diperhatikan. Anak kost juga tidak hanya mahasiswa saja, namun bisa juga pelajar atau pekerja kantoran. Di daerah seperti Setiabudi, Kuningan, Jakarta misalnya ada banyak pekerja yang memilih tinggal di rumah kost. Pola makanan sehat untuk pekerja kantoran bisa lebih bervariasi terlebih karena mereka memiliki penghasilan sehingga lebih mudah jika ingin memilih makanan sehat.

Cara hidup sehat anak kost selain makanan yang sehat yaitu soal waktu istirahat dan olahraga. Waktu istirahat yang cukup dibutuhkan agar tubuh tetap bugar. Tidur di malam hari tidak boleh terlalu sedikit dan harus berkualitas. Mahasiswa atau pekerja yang terbiasa begadang sampai larut malam ada baiknya untuk memikirkan masalah kesehatan. Hindari untuk minum kopi saat sudah malam karena bisa mengganggu waktu tidur yang dibutuhkan saat malam hari.

Selain itu, olahraga juga dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Pola hidup sehat anak kuliah berupa olahraga sebenarnya bisa dilakukan saat pergi dan pulang dari kampus. Jika lokasinya tak begitu jauh maka bisa memilih untuk berjalan kaki atau naik sepeda yang juga bisa berarti berolahraga secara tidak langsung. Pada saat senggang seperti di pagi hari atau hari libur, anak kost baik yang mahasiswa atau sudah bekerja bisa memanfaatkannya dengan berolahraga. Olahraga sendiri tidak harus mengeluarkan biaya, seperti senam, berlari, dan bersepeda. 

Anak kost yang cenderung masih muda kadang memang kurang mempedulikan masalah kesehatan, apalagi jika merasa dirinya baik-baik saja. Namun pola makan sehat dan kebiasaan sehat lainnya sudah harus dibiasakan sejak masih muda. Tak jarang ada penyakit yang menyerang saat sudah tua padahal pola hidup sudah diubah, ini karena penyakit tersebut sebenarnya sudah ada sejak masih muda.

Menghindari pola hidup yang tidak sehat juga harus dilakukan oleh anak kost. Ada beberapa kebiasaan buruk yang kadang dianggap sepele, misalnya makan tidak teratur, merokok, terlalu banyak minuman manis, dan lain-lain. Menyiapkan makanan sehat untuk menu sehari-hari mungkin menjadi hal yang kadang dianggap merepotkan namun jika dibiasakan maka akan lebih mudah melakukannya. 

Treasure: TH1AQHMAADGAD

Tips Cari Kost Dekat Taman Supaya Bisa Olahraga 

Cari kost dekat taman memang banyak manfaatnya, termasuk untuk tempat berolahraga, selain dapat udara segar di taman juga bisa lebih leluasa untuk berolahraga. Untuk kamu yang ingin cari kost dekat taman jangan khawatir karena kamu bisa cari kost di sekitaran daerah yang ada taman kotanya.

Misal kamu cari daerah dekat kampus yang ada tamannya seperti di daerah ragunan. Kawasan ragunan ketika pagi hari bisa jadi tempat berolahraga, lho! Nah kamu tinggal cari kost sekitaran ragunan atau akses menuju Ragunan lebih mudah. Seperti cari kost daerah cilandak, atau bahkan kamu cari kost daerah setiabudi kuningan pun nggak masalah, karena akses ke Ragunan hanya naik busway satu kali.

Lalu biar lebih mudah cari kostnya kamu bisa gunakan aplikasi RedDoorz, dengan menggunakan aplikasi RedDoorz kamu bisa mendapatkan list kosan di daerah yang kamu cari. Dengan jaringan KoolKostnya RedDoorz menawarkan kosan dengan fasilitas oke tapi budgetnya terjangkau. 
 

Press Enter To Begin Your Search
×