Loading...

Kost dekat ITS jadi salah satu pilihan akomodasi para mahasiswa universitas di Surabaya ini.

Pindah ke luar kota untuk jadi mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), sebagai salah satu universitas di Surabaya, akan membuatmu sibuk mencari tempat akomodasi yang nyaman. Kamu bisa memilih di antara asrama, apartemen, atau kost dekat ITS.

Setiap pilihan akomodasi tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Yuk, simak perbandingannya berikut ini, biar kamu bisa mendapatkan akomodasi yang paling pas.

Mau kost dekat ITS, tinggal di asrama, atau apartemen?

Sebagai mahasiswa ITS, kamu punya banyak pilihan akomodasi. Ada kost sekitar ITS, asrama, bahkan apartemen. Yuk kenali satu persatu, sebelum kamu menjatuhkan pilihan.

1. Kost dekat ITS

Para mahasiswa ITS biasanya mencari tempat kost di area “segitiga” Mulyosari, Gebang, dan Keputih. Harga kost di tiga lokasi kost di Surabaya ini bervariasi. Ada yang berkisar ratusan ribu rupiah per bulan, namun ada juga yang lebih dari satu juta rupiah. Semuanya tergantung dari fasilitas dan lokasi yang ditawarkan tempat kost.

Selain cari kost di ketiga wilayah tersebut, para mahasiswa ITS bisa survey kost di perumahan dosen ITS. Daerah ini lebih aman karena terletak di dalam area kampus. Kost di sini memang relatif lebih mahal dibanding kost pada umumnya, yaitu Rp 1 juta per bulan. Kost lengkap di perumahan dosen ini memiliki fasilitas AC, dekat dengan kampus, dan memiliki sistem keamanan terpadu. Nah, kost di sini pun layak kamu pertimbangkan.

2. Asrama mahasiswa

Pihak kampus ITS menyediakan asrama yang diprioritaskan bagi para mahasiswa yang berasal dari luar kota Surabaya. Ada berbagai tipe kamar, mulai dari kamar dengan satu tempat tidur, hingga dua tempat tidur. Kamar dengan tipe tertentu bisa dihuni hingga lebih dari empat orang.

Berbeda dari kost dengan hitungan biaya yang biasanya per bulan, harga sewa asrama mahasiswa ini dihitung per 11 bulan. Ada harga khusus untuk para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi. 

Fasilitas kamar asrama mahasiswa ini terbilang lengkap, mulai dari kasur, lemari baju, lemari buku, meja belajar, cermin besar, wifi, serta listrik dan air. Bahkan tersedia kamar mandi di dalam untuk beberapa tipe kamar. Untuk para mahasiswa yang tidak mendapatkan kamar mandi di dalam kamar, ada kamar mandi bersama di setiap lantainya.

Gedung asrama mahasiswa inipun memiliki ruang belajar bersama nyaman yang dilengkapi meja, kursi, dan kipas angin. Selain itu, ada ruang lainnya yang dilengkapi televisi untuk bersantai. Setiap gedung asrama memiliki kantin, mushola, area parkir motor dan mobil, minimarket, dan laundry.

Asrama mahasiswa ini mempunyai sistem keamanan yang ketat. Selain memiliki lingkungan yang indah, lingkungan ini pun bersih.

3. Apartemen

Pilihan akomodasi lainnya untuk para mahasiswa adalah apartemen yang terletak di sekitar kampus ITS. Jika kamu ingin mencari tempat tinggal dengan jaminan keamanan yang mengedepankan privasi, apartemen bisa jadi pilihan. Ada beberapa apartemen di dekat kampus, termasuk:

  • Eastcovia: memiliki berbagai tipe unit, mulai dari studio hingga yang memiliki dua kamar tidur.
  • Puncak Kertajaya: seperti halnya Eastcovia, apartemen Puncak Kertajaya menawarkan unit mulai dari tipe studio sampai dengan unit dua kamar tidur. Harga sewanya relatif lebih murah dibanding Eastcovia.
  • Dian Regency: dibanding Eastcovia dan Puncak Kertajaya, harga sewa unit apartemen di Dian Regency lebih murah. Apartemen yang berlokasi di dekat kampus ITS ini memiliki unit dengan dua kamar tidur.
  • Gunawangsa Manya: Dengan tipe unit studio hingga dua tempat tidur, apartemen yang tak jauh dari ITS ini bisa jadi opsi lain. Harga sewanya pun bersaing dengan ketika apartemen sebelumnya di atas.

Tips Mencari kost di Surabaya untuk Mahasiswa

Pastikan kamu memilih tempat kost dengan kamar mandi yang bersih.

Baik itu kost sekitar ITS, asrama mahasiswa, maupun apartemen, memiliki kelebihannya tersendiri. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget. Jika pilihanmu jatuh pada kost sekitar ITS, simak dulu tips berikut ini untuk mencari kost murah di Surabaya.

1. Cari kost dengan kisaran harga sesuai budget

Saat menggunakan aplikasi cari kost online, pilihlah harga kost yang masih masuk dalam budget-mu. Cari tahu juga mengenai promo maupun potongan harga yang ditawarkan. Biasanya, penghuni yang membayar maupun menyepakati “kontrak” untuk menempati kamar kost selama setidaknya satu tahun, bisa mendapatkan potongan harga.

Namun, memilih untuk membayar per bulan pun tak jadi soal. Yang penting, sebaiknya jangan memilih harga kost yang nyaris menyamai budget bulananmu. Sebab, kamu tetap harus memikirkan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan dan transportasi.

2. Pilih kost yang dekat dengan kampus

Kalau kamu merupakan mahasiswa semester awal, ada baiknya cari kost yang dekat kampus. Jadi, kamu bisa beradaptasi dulu dengan kampus dan lingkungan sekitarnya, sembari menyesuaikan diri dengan ritme aktivitas perkuliahan di masa awal. Tempat kost yang dekat kampus memang identik dengan harga yang lebih mahal.

Namun, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pencarian kost untuk menemukan kost murah yang dekat dengan kampus. Biasanya kost dengan harga lebih murah, memiliki fasilitas yang lebih sedikit dibanding kost lengkap. Oleh karena itu, kini saatnya kamu membuat prioritas. Fasilitas manakah yang kamu utamakan? Wifi gratis, kamar mandi dalam, atau dapur bersama biar bisa masak setiap hari?

3. Cari tempat kost yang mudah diakses

Saat mencari kost dekat ITS, pilihlah yang mudah diakses. Artinya, jalannya cukup lebar untuk dilalui kendaraan, atau dekat dengan jalur kendaraan umum seperti angkot. Jadi, entah kamu bawa kendaraan pribadi maupun tidak, aktivitas berangkat ke kampus dan pulang ke kost pun bakal lancar.

Selain itu, pastikan aksesnya menuju fasilitas umum seperti klinik dan rumah sakit pun mudah. Ingat, sebagai mahasiswa perantau, kamu jauh dari keluarga. Dalam keadaan mendesak seperti sakit, setidaknya kamu sudah tahu fasilitas kesehatan terdekat dari kost untuk dituju.

4. Pastikan lingkungannya aman

Sebelum melakukan survey secara langsung, kamu bisa melakukan survey online lokasi kost yang sudah masuk daftar incaran. Jika melihat foto-fotonya belum juga meyakinkanmu, cobalah googling mengenai lingkungan di sekitarnya. Saat goolign, pilihlah kategori berita atau news. 

Jika kamu menemukan adanya artikel berita kriminal yang terjadi di kawasan tersebut, sebaiknya kamu pikir-pikir kembali sebelum memilih kost tersebut. Jika budget mendukung, tak ada salahnya memilih lokasi kost yang menyediakan layanan resepsionis dan security 24 jam. 

5. Lihat kebersihan tempat kost

Ini mungkin terdengar sepele, tapi sangat penting dilakukan waktu kamu cari kost. Istilah, “Seeing is believing” berlaku untuk menemukan kost yang bersih. Kamu memang bisa melakukan survey online dengan melihat foto-foto dari aplikasi cari kost online. Namun soal kebersihan, akan lebih baik kalau kamu melakukan kunjungan langsung ke kost yang dituju.

Kalau memilih kamar kost lengkap dengan fasilitas kamar mandi dalam, pastikan seluruh bagian kamar mandi bersih dan tidak berkerak. Pastikan juga saluran airnya lancar, tidak ada yang menyumbat. Yang tak kalah pentingnya, lihatlah got yang ada di depan maupun di sekitar kost.

Kamu mungkin akan terlihat sebagai petugas jumantik (juru pemantau jentik) waktu berkeliling lokasi kost dan melihat genangan air termasuk got. Namun ini penting, lho! Jangan sampai kamu tinggal di lingkungan dengan banyak jentik nyamuk, yang akhirnya berisiko mendatangkan penyakit demam berdarah.

Setelah mengetahui tips mencari kost di Surabaya yang pas buat kamu sebagai mahasiswa ITS, yuk sekarang pakai aplikasi pencarian kost online untuk menemukannya. 

Aplikasi cari kost online untuk temukan kost di Surabaya

Gunakan aplikasi cari kost online di smartphone untuk dapatkan rekomendasi kost murah.

Aplikasi yang menawarkan lokasi kost ini bakal memudahkanmu untuk menemukan tempat kost dekat ITS yang sesuai dengan kebutuhan dan tetap past dengan budget. Ikuti panduan ini untuk menggunakannya.

1. Masukkan keyword yang sesuai

Untuk mendapatkan rekomendasi kost dekat ITS, kamu perlu memasukkan kata kunci atau keyword yang sesuai. Beberapa keyword yang bisa kamu coba antara lain “kost Surabaya” dan “KoolKost Surabaya”. KoolKost merupakan layanan pencarian kost nyaman dengan harga bersahabat dari RedDoorz.

Selain dua kata kunci tersebut, kamu juga bisa menggunakan nama daerah, misalnya Mulyosari, Gebang, dan Keputih. Selanjutnya, kamu bisa melihat rekomendasi kawasan lokasi kost dari aplikasi cari kost online tersebut. Kamu tinggal memilih salah satunya.

2. Cek harga

Biasanya, ada beberapa tipe kamar kost yang ditawarkan, dan harganya bervariasi. Harga kamar dengan satu tempat tidur tentu akan berbeda dari yang memiliki dua kasur. Begitu pula dengan kebijakan pengembalian dana atau refund.

Ada kamar kost yang pembayarannya bisa dikembalikan, dengan syarat den ketentuan tertentu, jika kamu batal menginap di sana. Harga kamar seperti ini sedikit lebih mahal daripada yang pembayarannya tidak dapat dikembalikan.

Selain itu, harga kamar juga pasti dipengaruhi oleh fasilitas yang disediakan. Harga kamar kost yang disertai tempat tidur, lemari, perabotan lainnya, kamar mandi dalam, AC, maupun AC gratis, tentu lebih mahal dibanding kamar kost “kosongan”. Begitu pula kost yang memberikan fasilitas sarapan, yang pasti akan sedikit lebih mahal daripada yang tanpa makan pagi.

3. Lihat lokasinya

Aplikasi pencarian kost memungkinkanmu melihat perkiraan jarak tempuh dari kost ke kampus maupun fasilitas umum seperti rumah sakit, klinik, stasiun, terminal, bandara, maupun minimarket, ATM, dan bank. Dengan begini, kamu bisa punya gambaran soal moda transportasi yang nantinya harus dipilih. 

4. Pertimbangkan fasilitas yang ditawarkan

Sebisa mungkin, carilah kost murah tapi tetap dengan fasilitas memadai untuk aktivitas sehari-harimu. Misalnya, wifi gratis. Jika tak masalah tidur menggunakan kipas angin sebagai pendingin kamar, maka pilihlah kamar kost tanpa AC, tapi memiliki fasilitas wifi gratis. Sebab sebagai mahasiswa, kamu akan sering membutuhkan koneksi Internet untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Begitu pula halnya dengan area parkir. Apabila kamu tidak membawa kendaraan pribadi, maka pilihlah kost tanpa lahan parkir. Biasanya, harga sewanya lebih murah dibanding yang memiliki area parkir. Jadi, kamu masih bisa berhemat, tapi tetap mendapatkan fasilitas sesuai kebutuhan. 

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk cari akomodasi selama jadi mahasiswa universitas di Surabaya. Yuk, pakai aplikasi pencarian kost secara online untuk temukan rekomendasi terbaik.

Survey kost online dengan RedDoorz

RedDoorz adalah jaringan manajemen dan penyedia akomodasi online dengan tarif hemat. Selain hotel dan apartemen, kini RedDoorz juga menawarkan banyak opsi kost di berbagai kota di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang butuh cari kost, langsung aja download aplikasi RedDoorz versi terbaru, atau klik link berikut dari ponsel kamu: cari kost dengan RedDoorz.

RedDoorz akan memudahkan pencarian maupun pemesanan kost online sampai dengan pembayarannya. Selain itu, tersedia juga dukungan layanan pelanggan selama 24 jam. Cari kost lewat RedDoorz akan memberi banyak keuntungan karena banyak penawaran menarik. Yuk coba!

Press Enter To Begin Your Search
×