Loading...

Buat para anak kost yang sedang bosan, terkadang bermain game dengan genre sport bisa jadi pilihan asyik. Apalagi untuk mereka yang hobi dan gemar main bola. Di penghujung tahun 2020, Football Pro Evolution Soccer (PES) 2020 dan FIFA 20 adalah dua game yang wajib dicoba. Tapi mana yang lebih bagus? Simak dulu ulasan perbandingan berikut.

pes 2020

Bagusan mana PES 2020 atau FIFA 2020? (source:pexels.com)

Gameplay 

Mari mulai dengan cara bermain dari kedua game terkenal dalam jagat soccer game. Perlu kamu tahu, kalau gameplay punya tugas yang sangat penting dalam sebuah permainan. Tidak peduli masalah lisensi atau tampilan, jika cara bermainnya kurang menarik atau baik, sudah jelas game itu akan drop. Di sinilah perbandingan PES 2020 dan FIFA 2020 akan dimulai.

Bukan berarti salah satu game bola itu punya cara bermain yang tidak asyik, melainkan keduanya punya gameplay yang cukup berbeda. Di edisi FIFA 20, sudah banyak sekali perkembangan dalam operasional otak AI (artificial intelligence). Karakter komputer mulai gencar melakukan offense, crossing, hingga melakukan defense yang lebih sulit ditembus. 

Salah satu hal yang paling mencolok adalah kemampuan untuk mengatur posisi kaki pemain. Fitur terbaru ini akan membuat dribel bola lebih terarah dan putaran bola saat ditendang akan lebih terarah. Karena tambahan fitur asyik itu, para pemain FIFA bisa melakukan skill asyik dan malukan trik main FIFA 2020 yang lebih ciamik. 

Trik game ini juga bermacam-macam, kamu bisa lakukan fast dribble, strafe dribble atau kombinasi keduanya untuk melakukan serangan. Kamu juga bisa coba trik drag back dan trip umpan terobosan untuk mengecoh lawan. Hingga trik melakukan tendangan pisang ala Ronaldo saat free kick. Pastinya, game ini tawarkan banyak aksi ketimbang PES 2020. 

Jika FIFA 2020 lebih dikenal dengan gaya permainan ala game arcade, beda lagi dengan PES yang terbaru. Di tahun ini, PES juga sudah memberikan banyak upgrade untuk gameplay dan AI permainan. Paling tampak adalah permainannya terasa lebih realistis. Mulai dari gerakan, teknik permainan, sentuhan awal pemain, pergerakan bola dan juga akurasi pemain. 

Bisa dibilang, PES punya pesona yang 180° dengan FIFA. Kalau main FIFA, kamu bisa bermain dengan lebih cepat, bahkan jangan heran kalau bisa mencetak banyak gol. Sedangkan di PES, permainan akan sangat realistis yang berarti akan sangat sering sekali terjadi draw tanpa ada gol sama sekali. Begitu realistisnya, kamu juga akan merasa kalau gameplay-nya cenderung lambat. 

Hal tersebut karena, setiap pergerakan dan juga tindakan akan berpengaruh pada hasil permainan. Tidak hanya itu saja, AI untuk defense juga semakin ketat. Jadi kamu tidak bisa dengan mudah mencetak gol dari tengah lapangan. Selain itu, AI pertahan tim juga semakin baik. Kamu bisa lakukan intentional foul dan tim akan menghalangi pergerakan bola. 

Meski tidak sedetail FIFA 20, tapi kamu juga bisa coba beberapa trik main PES 2020. Contohnya adalah manual shooting untuk menendang bola lebih akurat. Ada juga trik semacam MCgeady Spin, yang mengkombinasikan lari dan juga Marseille Roulette dan Cruyff turn. Gerakan ini akan membuat pemain kamu berputar sambil dribble untuk mengecoh lawan. 

Kalau mempertimbangkan aspek realistis, sudah jelas kalau PES lebih unggul. Tapi soal kemudahan bermain, FIFA akan jadi pemenang. Jadi bisa dikatakan kalau kamu belum pernah coba main game bola sebelumnya, maka pilih saja FIFA 2020. Tapi kalau kamu sudah mahir dan enjoy permainan bak dunia asli, jangan ragu untuk coba main PES tahun 2020. 

Mode Permainan

PES 2020

Main game PES 2020 bareng teman kosan (source:unsplash.com)

Ada beberapa mode permainan yang membuat keduanya berbeda. Soal fitur dan mode permainan, FIFA memang sudah dikenal kaya sejak rilisan game sebelum sebelumnya. Tapi PES juga tidak mau kalah. Setidaknya ada mode permainan yang layak dibandingkan. Berikut adalah beberapa mode yang bisa kamu temukan 

1. Mode Karir Dan Master League

Mode permainan ini bisa ditemukan di kedua game, yang mana memberikan kamu kesempatan untuk menjadi manajer suatu klub sepak bola. Kamu akan mengatur semua hal berkaitan dengan transfer, kontrak, dan juga bermain permainan itu sendiri. Tambahan yang tampak datang dari PES 2020, yang memberi cutscenes tambahan tanda tangan dan negosiasi kontrak. 

Untuk mode master league, kamu punya kesempatan untuk bermain sebagai manager legendaris seperti Diego Maradona. Sedangkan untuk mode Career mode, kamu bisa bermain sebagai seorang atlet dalam sebuah tim. Memulai karier sepakbola dari dasar, menambah skill, dan juga menaikkan rating untuk masuk ke klub yang lebih baik. 

2. My Club Dan Ultimate Team

Kedua mode permainan ini mirip. My Club datang dari PES dengan permainan yang lebih mudah. Kamu bisa pelajari chemistry dari pemain dan pemain tidak terpaku pada salah satu posisi saja. Karena itulah kamu bisa membuat tim terbaikmu sendiri. Sedangkan FIFA ultimate Club lebih fokus ke pertukaran dan akses pada pemain tingkat atas. 

3. Mode Permainan Lainnya

PES juga tidak mau kalah dengan FIFA yang sudah ramai dalam permainan online. Karena itulah, hadir fitur baru bernama Matchday yang merupakan fitur kompetisi secara daring. Namun sekali lagi FIFA masih unggul dalam hal mode permainan. Salah satu yang cukup asyik dan banyak diandalkan adalah mode Volta untuk permainan sepak bola jalanan. 

Grafik Permainan

Baik kamu main PES 2020 di laptop ataupun PS4, tampilan dari grafis kedua game bola ini pasti akan buat kamu melongo. Sudah jelas sekali game rilisan tahun 2020 pasti akan dilengkapi dengan tampilan ciamik dan motion yang lebih smooth. Entah itu game selevel AAA atau sekedar game bola, pastinya kamu tidak akan ketemu gambar kotak–kotak. 

Saat diperhatikan dengan seksama, kedua game ini punya tampilan yang cukup berbeda. Mengingat kalau PES 2020 lebih mengutamakan aspek realistis, jangan kaget kalau desain pemain dan detail kecil lainnya sudah mendapat perbaikan yang signifikan. Detail tampilannya sangat luar biasa, begitu pula dengan pakaian, hingga efek sorak para penonton. 

Sayangnya, game bola yang satu ini punya tingkat konsistensi yang cukup rendah. Kamu bisa temukan itu karena tampilan pemain yang sudah berlisensi dan tidak berlisensi tampak bagai langit dan bumi. Jauh sekali. Tampilan Ronaldo dan Messi atau para pemain Juventus tampil sangat detail hingga raut wajah. Tapi untuk tim kecil tanpa lisensi, maka detailnya berkurang. 

Tampaknya masalah detail grafis PES 2020 terjadi karena masalah lisensi pemain dan tim. Game besutan Konami ini hanya memiliki lisensi beberapa grup besar, seperti Juventus, Barcelona, Arsenal, Ac Milan, dan beberapa lainnya. Karena itulah, tim tidak berlisensi akan tampil dengan jersey yang berbeda, bahkan nama tim atau pemainnya pun bisa berubah. 

Berbeda dengan PES, FIFA 2020 tampil dengan gambar yang lebih kartunis. Tapi bukan berarti jelek, justru tampilan ini mendukung sistem permainannya yang berkesan arcade. Detail kecil yang ada di PES tidak dimiliki FIFA, sehingga gambarnya lebih standar game era 2020. Tapi, tampilan ini lebih konsisten untuk seluruh pemain di tim berlisensi. 

Selain itu, jika dilihat secara langsung, grafis FIFA 2020 punya kesan yang lebih fresh. Pencahayaan dari lapangan, pergerakan rambut, hingga ekspresi wajah para pemain pun tampak lebih bervariasi. Sehingga permainan game jadi terasa lebih asyik dibanding dengan kesan realistis PES  yang entah mengapa tampak lebih membosankan. 

Baca juga: Rekomendasi Game Yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Anak Kosan

Main PES Online

PES 2020

Main PES online bisa tanding dengan teman lewat internet (source:unsplash.com)

Jangan heran kalau banyak sekali game keluaran terbaru yang memboyong sistem online untuk gameplaynya. Nah, untuk FIFA sendiri, game mode dengan sistem daring memang sudah banyak dikenal bahkan dari rilisan terdahulunya. Tapi, sistem permainan secara online ini justru baru muncul untuk PES 2020. Karena itulah namanya diikuti dengan tag eFootball. 

Mode terbaru ini diterima dengan baik oleh pecinta game bola, baik dari internasional atau dalam negeri. Karena kamu bisa bertanding dengan pemain lainnya untuk saling derby. Dengan nama mode permainan Matchday Mode, kamu akan memilih tim mana yang akan kamu gunakan untuk bertandang melawan musuh lain. 

Yang menariknya lagi, Konami juga menjanjikan untuk melakukan derby pemain yang dilakukan setiap minggunya. Untuk bisa ikut derby ini, kamu harus punya akun dan juga game original. Kamu bisa memainkan game ini di platform PC, playstation 4 dan Xbox One. Untuk spesifikasi dari PC yang dibutuhkan atau minimal adalah sebagai berikut. 

Sistem operasi windows 7 64 bit. Kemudian pastikan prosesor yang digunakan adalah minimal intel core i5 atau AMD FX 4350. Lengkapi juga dengan GPU AMD Radeon HD 7870, atau NVIDIA GTX 670. RAM 4 GB dan hard disk space 40 GB. Kamu juga perlu memiliki directX 11 dan layar dengan display resolusi 1280 x 720. 

Main FIFA Online

Cara main FIFA 2020 online sebenarnya tidak terlalu sulit, namun user experience akan sangat bergantung dengan server yang dimiliki. Terutama untuk mode permainan FIFA ultimate team (FUT) yang mana beri kamu kesempatan untuk membuat tim superstar dengan bintang bola favorit. Yang menjadi tantangan adalah server EA sport sering down. 

Kamu bisa bermain dengan lancar, asalkan server tersebut berjalan dengan baik. Sayangnya, masalah down ini sudah sering terjadi. Jadi siap siap saja kalau permainan bakal nge lag (atau tertunda). Jadi, sinkronisasi permainan dengan user dan AI tidak berjalan sempurna. Selain itu, masalah ini juga terjadi di platform lainnya. 

Tidak jauh berbeda dengan PES 2020, kalau kamu ingin main FIFA 2020 di laptop maka perlu persiapkan semua minimal requirement. Spesifikasinya cukup berat untuk laptop biasa, jadi disarankan untuk gunakan laptop gaming. Kamu perlu OS minimal Windows 7 64 bit, prosesor i3-2100 atau AMD Phenom. Memory 8GB dengan GPU GTX 660 atau Radeon 7850.

Sebenarnya, kedua game bola tersebut punya perbedaan sendiri. Meski sudah sangat lama saling merebutkan posisi utama, tapi nyatanya permainan tersebut memiliki fans masing masing. Lalu mana yang lebih bagus? Kalau kamu suka permainan yang lebih mudah, FIFA bisa jadi pilihan. Tapi untuk grafis dan gameplay real, kamu bisa coba PES yang terbaru. 

Kalau ditanya kosan mana yang bagus? mungkin kamu bisa langsung cek KoolKost dari RedDoorz, karena fasilitas yang diberikan lengkap dari kasur yang nyaman, ada juga yang menyediakan ukuran queen size, lemari pakaian yang cukup besar, ada meja kerja yang nyaman, kamar juga ber-AC, kamar mandi dalam, dan juga ada fasilitas wifi gratis.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×