Loading...

 

Salah satu negara maju di Semenanjung Korea mematenkan diri untuk unggul di beberapa aspek mulai dari wisata, pendidikan, hingga teknologi. Negeri Ginseng ini mampu bersaing dengan berbagai negara maju di daerah barat dengan sangat baik. Tak heran negeri ini diminati banyak orang dalam hal karier, sehingga belajar bahasa Korea terasa sangat penting.

belajar bahasa korea

Belaajr bahasa korea selatan untuk meniti karir (source:freepik.com)

Pentingnya Belajar Bahasa Korea Selatan untuk Karier

1. Jenjang Karier

Bekerja di perusahaan yang berpotensi bekerja sama dengan negara asing harus dilengkapi dengan skill berbahasa asing pula. Sederet bahasa asing dibutuhkan di zaman modern ini termasuk Korea. Kamu akan memiliki jenjang karir yang sangat cemerlang bila dapat berbicara serta menulis huruf hangul dengan baik, sebagai sarana komunikasi dengan klien. 

Tenaga kerja yang memiliki kemampuan serupa tentu akan terus dipekerjakan agar dapat menjaga kerjasama yang telah terjalin dengan klien. Selain berpotensi naik jabatan dengan cepat, kamu juga dapat berkesempatan ke Korea Selatan secara langsung. Belajar bahasa Korea tidaklah mudah, sehingga perusahaan tidak akan membawa karyawan yang tidak menguasai bahasa.

2. Membangun dan Mengembangkan Koneksi

Orang yang fasih berbicara bahasa asing tentu akan memiliki relasi dan koneksi yang lebih luas. Bahasa adalah salah satu sarana komunikasi yang paling mudah dengan orang lain. Oleh sebab itu menguasai bahasa asing mempermudah kamu dalam berbicara serta membangun relasi. Tanpa disadari, hal ini sangat dibutuhkan bagi setiap orang tentunya.

Bagi yang ingin berteman dan memiliki koneksi dengan orang asing, kamu perlu memakai bahasa yang serupa. Bila kamu ingin membangun relasi yang kuat dengan orang dari Korea Selatan, maka harus memakai bahasa yang sama. Belajar bahasa Korea Selatan memang tidak mudah, tetapi justru itulah tantangan yang harus ditaklukkan bila ingin membangun koneksi.

3. Tidak Tersesat Saat di Korea

Saat bekerja untuk suatu perusahaan, tidak menutup kemungkinan kamu bekerja sama dengan negara asing. Hal ini bisa membawamu untuk berkunjung langsung ke negara tersebut, salah satunya Korea Selatan. Negeri Ginseng satu ini memiliki sederet perusahaan yang sangat bergengsi, sehingga tentunya perusahaan tidak akan melewatkannya.

Menjaga kerja sama yang tetap terjalin dengan baik merupakan suatu keharusan. Oleh sebab itu, perusahaanmu tentu akan mengirim karyawan yang berkompetensi unggul. Bila sebelumnya, kamu telah menguasai bahasa asing maka akan memiliki peluang yang sangat besar. Belajar bahasa Korea dasar sangat penting sebagai modal kamu bekerja di kantor tersebut.

Bahasa negeri Ginseng ini memang cukup sulit karena terdapat beberapa aturan yang cukup rumit, sehingga tak banyak orang yang menguasainya. Saat kamu bisa berbahasa terkait, maka akan sangat memudahkan proses pekerjaan. Selain itu, berjalan jalan di tengah padatnya pekerjaan juga bukan suatu masalah bagi kamu dan tidak akan takut tersesat di jalan.

Baca juga: Tips Liburan Murah Ke Korea

Cara Belajar Bahasa Korea Selatan dengan Mudah

belajar bahasa korea

cara belajar bahasa korea dengan mudah (source:freepik.com)

1. Hafalkan dan Pelajari Huruf Hangul

Kali pertama yang harus kamu pelajari di bahasa Korsel yaitu huruf hangul yang penulisannya berbeda dengan huruf alfabet. Mayoritas bahasa memakai huruf alfabet, tetapi hal itu tidak berlaku untuk negeri Ginseng ini. Bila kamu ingin menguasai bahasanya, maka harus lebih dulu menguasai dan menghafal huruf hangul sebagai modal membaca tulisan di Korea.

Cara mudahnya, yaitu belajar dasar dasar huruf hangul hingga cara mengkombinasikannya untuk jadi satu kata utuh. Cara belajar bahasa Korea untuk pemula ini bisa kamu terapkan agar mudah memahami tulisan yang ada di Korea. Tak hanya paham, kamu juga harus menghafal huruf huruf tersebut agar tidak kesulitan saat membaca tulisan berhuruf hangul.

2. Belajar Melalui Website

Di zaman yang serba modern saat ini sudah tidak ada halangan yang berarti untuk kamu yang ingin belajar suatu bahasa asing. Kendala tidak adanya penutur asli atau harga kursus yang mahal sudah bukan masalah besar. Hal tersebut dikarenakan telah adanya web yang menyediakan pelatihan secara gratis dan bisa kamu kunjungi secara mudah.

Kursus belajar bahasa dari Korea Selatan ini bisa kamu lakukan dengan mengunduh modul yang tersedia di laman tersebut. Melalui modul tersebut, kamu bisa mendapat berbagai tips atau cara mudah untuk belajar suatu bahasa asing. Belajar bahasa Korea dasar percakapan bisa dilakukan dengan sangat mudah karena juga disertai dengan contoh serta latihan. 

Dasar percakapan dalam bahasa Korsel ini memudahkanmu dalam beraktivitas. Hal ini dimulai dari memperkenalkan diri, menanyakan jalan, menu makanan, dan lain lain. Bila suatu saat kamu berkunjung ke Negeri Ginseng, maka tidak akan kesulitan saat akan bertanya alamat atau jalan ke orang orang lokal. Mereka pun akan senang hati membantu kamu.

3. Cari Guru Melalui YouTube

Bila belajar secara otodidak melalui website terasa kurang, maka kamu bisa mencari guru pelatihan melalui Youtube. Beberapa kanal Youtube menyediakan pelatihan bahasa asing untuk para pemula yang ingin belajar secara gratis. Tak hanya teori kamu juga akan disuguhi cara belajar bahasa korea yang mudah beserta pelafalannya agar tidak salah saat berbicara. 

Beberapa huruf hangul memang diucapkan dengan cara yang berbeda, maka akan lebih mudah bila kamu mempelajarinya melalui video. Kamu bisa mencari native atau orang yang sudah mahir berbicara bahasa Korsel agar pelafalannya tidak salah. Pilihlah kanal Youtube yang memberikan pelatihan dengan metode yang cocok dengan cara belajarmu. 

4. Aplikasi untuk Mempelajari Bahasa Asing

Cara mudah untuk mahir berbahasa asing juga bisa dengan memanfaatkan kecanggihan ponsel pintarmu. Saat ini telah hadir beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk belajar suatu bahasa asing, salah satunya Korea. Kamu bisa menyesuaikan metode serta cara yang dipakai aplikasi belajar bahasa Korea agar lebih mudah memahami teori yang diberikan serta pelafalannya.

Tersedia berbagai aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone, seperti Memrise, Duolingo, Learning Korean, dan lain lain. Berbagai sistem operasi yang dipakai ponsel pintar telah didukung dengan aplikasi tersebut. Dengan begitu, kamu bisa belajar suatu bahasa asing dengan sangat mudah tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam.

5. Rajin Nonton Drama Korea

Korea menayangkan serial yang sangat menarik di beberapa stasiun TV dengan jadwal yang bervariasi. Tayangan ini mengusung berbagai topik atau alur cerita yang mampu menarik minat banyak orang. Tak hanya orang lokal, serial yang tayang selama beberapa episode ini ternyata juga digandrungi oleh berbagai masyarakat di dunia, salah satunya Indonesia. 

Tak heran banyak orang Indonesia yang mampu berbicara bahasa Korsel dengan cukup fasih. Cara hemat belajar bahasa untuk anak kost Bandung, yaitu menonton drama Korea untuk belajar pelafalan dan kosakatanya, sehingga perbendaharaan katamu semakin banyak. Dengan begitu, kamu siap untuk berkomunikasi dengan orang lain secara lancar.

6. Jangan Takut Berbicara

Salah satu kunci fasih berbahasa asing, yaitu belajar berbicara dengan percakapan bahasa terkait bersama seseorang. Kemampuan berbahasa mu akan sulit berkembang bila tidak diimbangi latihan secara kontinu. Oleh sebab itu, carilah teman yang memiliki minat yang sama yaitu seputar bahasa serta budaya Korea Selatan agar dapat belajar bersama.

Pastikan selalu belajar berinteraksi memakai bahasa tersebut dan tidak perlu takut salah. Selama proses belajar bahasa asing, tentu akan selalu melakukan kesalahan baik orang yang sudah mahir maupun pemula. Kesalahan yang telah dilakukan sebaiknya dievaluasi agar tidak dilakukan di kemudian hari dan bisa membuat kemampuan berbicaramu semakin baik.

Baca juga: 8 Makanan Korea yang Bisa Dicicipi di Little Korea Bandung

Tips Mempelajari Bahasa Korsel 

belajar bahasa korea

Belajar bahasa korea via online lebih fleksibel (source:freepik.com)

1. Niat

Tips belajar bahasa Korea pertama yang harus kamu lakukan yaitu niat dan tekad yang kuat. Belajar suatu bahasa asing memang tidak mudah, sehingga sering ditemui kendala di tengah jalan. Sadari bahwa tidak ada segala sesuatu yang instan di dunia ini, sehingga mahir berbahasa juga harus melalui suatu proses yang panjang dan tidak mudah.

Selain niat, kamu juga harus menjaga konsistensi dalam belajar bahasa Korea. Bahasa yang tidak selalu digunakan akan mudah lupa, sehingga harus dipakai setiap saat. Kamu bisa membuka beberapa percakapan atau modul Bahasa Korsel agar selalu melekat di ingatan. Hal ini membuat konsep serta teori bahasa dari Negeri Ginseng ini tidak mudah dilupakan.

2. Pelajari Huruf Vokal

Beberapa negara memang tidak memakai huruf alfabet, begitu pula dengan Korea Selatan. Salah satu negara di Semenanjung Korea ini terbiasa memakai huruf hangul yang terkesan sulit untuk dihafalkan. Cara mudah untuk mempelajarinya, yaitu belajar huruf vokal lebih dulu. Setelah itu, kamu bisa beralih untuk belajar sederet huruf konsonan yang biasa dipakai.

Kedua jenis huruf ini nantinya memudahkanmu saat belajar suatu kosakata dan ingin mencarinya di kamus bahasa Korea. Di dalam kamus akan dituliskan huruf hangul dan artinya yang akan memudahkanmu untuk belajar kosakata. Masyarakat Korea tidak terbiasa memakai huruf alfabet, sehingga orang asing yang harus menyesuaikannya.

3. Sering Berlatih

Cara mudah untuk menguasai suatu bahasa, yaitu berlatih secara terus menerus. Bahasa akan sulit dikuasai saat kamu memakainya setiap hari, sehingga luangkan waktu setiap harinya untuk berlatih bahasa Korsel. Setidaknya 15 sampai 20 menit merupakan waktu yang cukup ideal untuk mempelajari bahasa asing agar tidak mudah lupa.

Kamu juga harus memiliki sifat yang tidak mudah menyerah agar tidak berhenti di tengah jalan. Mempelajari bahasa yang jauh berbeda dengan bahasa ibu memang sering kali menemui kendala di tengah tengah prosesnya. Akan tetapi, dengan mengandalkan semangat dan sifat pantang menyerah tentu akan memudahkanmu dalam belajar bahasa korea.

4. Belajar Kosakata dari Drama

Cara tepat untuk belajar suatu bahasa asing, yaitu melalui penutur aslinya. Kamu bisa rajin menonton drama korea agar dapat mengucapkan kosakata secara tepat dan benar. Sembari mengisi waktu luang, kamu bisa menonton drama Korea yang menampilkan alur cerita menarik. Tak hanya mendapat tontonan, kamu juga bisa belajar kosakata baru.

Percakapan yang dilakukan oleh para pemain drama seringkali bahasa sehari hari yang biasa dipakai, baik secara formal maupun non formal. Dengan begitu, kamu bisa belajar keduanya secara praktis tanpa harus mengeluarkan uang. Translate bahasa Korea juga bisa kamu andalkan untuk mengasah kemampuan membaca huruf hangul yang kamu miliki.

Mempelajari bahasa asing memang memiliki tantangan tersendiri yang sering kali membuat kamu ingin menyerah. Akan tetapi, menguasai bahasa dari Negeri Ginseng bisa membuat jenjang karirmu semakin cemerlang. Tak hanya bekerja sama dengan orang asing, kamu bisa membangun relasi semakin baik di kemudian hari. 

Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang bernuansa Korea ada di Little Korea di Bandung, bila kamu anak kosan Bandung pasti sudah tidak asing dengan tempat wisata ini. Untuk kamu yang masih cari kosan di Bandung, mungkin kamu bisa langsung aja gunakan Aplikasi RedDoorz, karena dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz kamu bisa dengan mudah menemukan kosan di Bandung yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×