Loading...

Biaya hidup di satu kota, belum tentu sama dengan kota lain. Misalnya, biaya hidup di Bandung mungkin tidak akan semahal di Jakarta, tapi tetap lebih tinggi dari beberapa kota lain. Kamu bisa menjadikan upah minimum provinsi (UMR) sebagai acuannya. Meski kamu belum bekerja, tentu saja biaya hidup ini penting, kan? Terlebih buat mahasiswa perantau yang kost di Bandung.

Kenapa sih menghitung biaya hidup selama kost itu penting? Tentu saja supaya kamu bisa lebih terorganisir. Dengan disiplin dalam hal pengeluaran, misalnya, kamu jadi punya dana cadangan untuk kebutuhan darurat selama kost di kota Bandung.

Biaya Hidup yang Harus Diperhitungkan Sebelum kost di Bandung

biaya hidup kost di bandung

Mungkin selama ini kalau bicara soal biaya hidup di Bandung, yang terpikir barulah soal biaya kost. Padahal, ada banyak biaya yang mesti dipikirkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih disiplin ketika melakukan pengeluaran untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk kuliah.

Apa aja sih biaya yang penting dipikirkan sebelum kamu pindah ke Bandung? RedDoorz bakal spill di sini buat kamu.

1. Biaya kost

Yak, tentu saja buat para mahasiswa perantau, mungkin kamu salah satunya, biaya akomodasi termasuk yang harus lebih dahulu dipertimbangkan. Ada beberapa pilihan tempat tinggal sebenarnya, yang bisa kamu pilih. Mulai dari asrama mahasiswa, apartemen, rumah kontrakan, atau kost di Bandung.

Biaya kost ini pun akan bervariasi, tergantung dari fasilitas yang disediakan oleh pemilik maupun pengelola kost, serta lokasinya. Kost lengkap dengan layanan laundry alias cuci dan setrika pakaian, cleaning service yang siap membersihkan kamarmu setiap hari, kamar mandi dalam water heater alias pemanas air, wifi, hingga AC, tentu mempunyai biaya sewa yang lebih tinggi dibandingkan kost dengan fasilitas terbatas.

Harga kost di Bandung ada yang masih dalam kisaran ratusan ribu rupiah, untuk kamar kost sederhana tanpa perabotan di dalamnya. Namun untuk kost dengan berbagai fasilitas lengkap, kamu setidaknya membutuhkan biaya 1 juta per bulan untuk membayar biaya kost.

Untuk beberapa kawasan, misalnya di Negla, yang dekat dengan kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), kamu bisa memilih kost murah di Bandung tanpa fasilitas AC. Soalnya, daerah tersebut cukup sejuk bahkan cenderung dingin, lantaran dekat dengan Lembang. Dengan begitu, kamu pun bisa menghemat pengeluaran.

2. Biaya makan

Istilahnya, logika tidak akan jalan tanpa logistik. Jadi, masalah isi perut pun jangan sampai luput. Kamu sebenarnya punya banyak pilihan soal makan selama jadi mahasiswa yang ngekost Bandung. Kamu bisa masak (kalau ada dapur di kost), beli makanan setiap hari di kantin kampus, warung, atau lewat aplikasi pesan antar. Bahkan, ada katering harian, mingguan, maupun bulanan yang bisa kamu pilih. 

Kalau memilih membeli makanan di warung nasi, kamu perlu menyiapkan setidaknya Rp 10.000 sekali makan. Namun untuk beberapa daerah, misalnya Geger Kalong alias Gerlong, harga makanannya bisa lebih mahal, hingga di atas Rp 20.000 sekali makan. Sebagai alternatif, kamu bisa membeli atau membawa rice cooker untuk memasak nasi di kost. Nah untuk lauknya, kamu tinggal beli di warung nasi.

Lauk frozen pun bisa jadi pilihan, untuk kamu panaskan sewaktu-waktu ingin makan. Jika kamu ingin yang lebih simple, cobalah cari kost lengkap dengan fasilitas sarapan, makan siang, bahkan makan malam. Kamu bisa menemukannya di aplikasi cari kost online. Tentu saja untuk kost seperti ini, ada biaya lebih yang harus kamu bayarkan. 

3. Biaya transportasi

Akses menuju kampus atau kantor serta fasilitas yang tersedia di sekitar tempat kost, harus kamu pikirkan. Soalnya, kondisi ini nantinya memengaruhi biaya transportasi yang harus kamu keluarkan setiap harinya. Misalnya, kalau bisa jalan kaki ke kampus karena jaraknya sangat dekat dengan lokasi kost, kamu tentu bisa menghemat biaya transportasi. Namun biasanya, kost dekat kampus atau perkantoran biasanya punya harga sewa lebih mahal dibanding kost dengan lokasi yang lebih jauh.

Jika berjalan kaki ke kampus bukanlah pilihan, ada angkot maupun ojek online alias ojol. Tarif angkot berkisar Rp 3.000-Rp 7.000. Sementara itu, ada juga bus Damri dengan tarif hingga Rp 10ribu, tergantung rutenya. Mungkin selama ini bus Damri masih identik dengan rute menuju bandara atau rute antarkota. 

Namun di Bandung, kamu bisa menggunakannya untuk pergi ke kampus Universitas Padjajaran di Jatinangor. Apabila kamu memilih ojol untuk aktivitas sehari-hari, tarifnya tentu tergantung dengan jarak. 

4. Biaya kesehatan

Siapa sih yang berharap sakit? Namun tentu saja kamu harus mengantisipasi kondisi ini. Apabila terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan, sebaiknya uruslah surat keterangan domisili dari kantor BPJS setempat, sebelum kamu pindah ke Bandung.

Soalnya, surat ini diperlukan ketika kamu ingin berobat menggunakan BPJS Kesehatan di Bandung. Selain itu, pastikan juga kamu selalu membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu BPJS Kesehatan, untuk memperoleh layanan di fasilitas kesehatan (faskes) yang sudah ditentukan BPJS. Namun jika memilih berobat dengan biaya pribadi, tarif yang harus dibayar pun berbeda-beda di setiap klinik maupun rumah sakit. Berdasarkan informasi dari situs resmi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, biaya pemeriksaan dokter mencapai Rp 175.000 untuk dokter spesialis. Sementara itu, biaya rawat inap alias opname di sana mulai Rp 300.000 per malam.

Setelah melihat gambaran di atas mengenai biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk tinggal di Bandung, tentu kamu ingin mencari kost murah, ‘kan? Kamu bisa melakukan pencarian dengan memakai aplikasi online. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mempersempit pencarian ke daerah tertentu dengan harga yang diinginkan, serta fasilitas yang memadai untuk membantumu beraktivitas selama di Bandung.

Pakai Aplikasi Cari Kost Online untuk Cari Kost Murah

cari kost di bandung pakai aplikasi online

Apabila kamu tinggal di luar kota Bandung, tak perlu buru-buru ke kota ini untuk mencari langsung tempat kost yang akan kamu huni nantinya. Tinggal pakai aplikasi cari kost online, kamupun bisa menemukan kost murah, dari kamarmu saat ini, di kota manapun kamu berada.

Aplikasi ini memiliki fitur pencarian dalam hal lokasi kost dan kisaran harganya. Kamu juga bisa melihat ketersediaannya berdasarkan tanggal. Soalnya, ada kost harian juga yang bisa dipilih, kalau kamu mau mencoba beberapa lokasi kost dalam seminggu, misalnya.

Ini dia fitur-fitur dalam aplikasi yang menawarkan lokasi kost untuk membantumu menemukan kost murah atau kost lengkap, sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

1. Pencarian berdasarkan lokasi

Dengan fitur ini, kamu bisa menemukan banyak kost di Bandung yang dekat dengan kampus. Untuk menemukan kost murah, kamu bisa memasukkan nama kampus seperti Universitas Parahyangan maupun kawasan tertentu dalam kolom pencarian. Selanjutnya, ada begitu banyak pilihan kost dengan informasi lengkap, yang tentunya akan membantumu melakukan survey secara online.

2. Pencarian berdasarkan tanggal

Bukan kamu saja yang saat ini sedang mencari kost murah di Bandung sebagai mahasiswa. Sekarang kamu juga sedang bersaing dengan mahasiswa lain, karyawan, bahkan wisatawan yang juga memburu kost harian di Bandung. Oleh karena itu, penting bagimu untuk memanfaatkan fitur pencarian berdasarkan tanggal kunjunganmu ke lokasi kost yang dituju.

3. Foto tempat kost

Aplikasi cari kost online menyediakan foto-foto kamar kost beserta fasilitasnya. Dengan begitu, kamu bisa membayangkan akan tinggal di kamar seperti apa. Selain foto kamar tidur dan kamar mandi, ada juga foto fasilitas bersama di tempat kost, seperti ruang tamu, dapur, ruang makan, hingga area parkir.

4. Informasi mengenai fasilitas

Dengan melakukan pencarian menggunakan aplikasi, kamu bisa memperoleh informasi mengenai fasilitas kost. Ada berbagai fasilitas yang ditawarkan, mulai dari wifi gratis, air mineral galon gratis, kamar mandi dalam, perlengkapan mandi gratis, layanan cleaning service gratis, resepsionis, security 24 jam, bahkan area parkir untuk kendaraan pribadi para penghuni maupun tamu.

5. Informasi mengenai jenis kamar

Ada kost yang hanya menyediakan satu tempat tidur setiap kamarnya. Namun ada juga yang memungkinkanmu berbagi kamar dengan teman, karena tersedianya dua kasur. Selain itu, aplikasi pencarian kost lewat online menyediakan informasi mengenai kamar kost dengan sarapan pagi.

6. Informasi mengenai jarak tempuh

Di aplikasi pencarian ini, ada informasi mengenai jarak tempuh dari kost ke berbagai tempat, termasuk kampus, minimarket, bank, ATM, rumah sakit, kafe, restoran, stasiun, terminal, hingga bandara. Informasi ini tentu berguna jika kamu ingin mencari kost murah yang dekat dengan kampus.

cek harga kost di bandung

7. Informasi tentang harga

Ini dia informasi yang sangat penting ketika cari kost secara online. Kamu bisa mengetahui harga kost fasilitas lengkap atau kost murah di Bandung, dan melakukan perbandingan berdasarkan fasilitas yang ditawarkan. Selain fasilitas, lokasi kost pun bisa memengaruhi harganya. Biasanya, lokasi kost yang strategis atau dekat dari kampus, harganya lebih mahal dibanding yang jaraknya lebih jauh.

8. Sistem pembayaran

Kamu tidak harus melakukan pembayaran sekaligus untuk satu tahun, 6 bulan, atau 1 bulan masa sewa. Soalnya, ada kost harian atau kost mingguan yang bisa dipilih. Jadi sewaktu-waktu ingin pindah kost, kamu tidak akan merasa rugi. Kamu juga tidak diharuskan membayar tunai. Ada sistem transfer dari aplikasi yang menawarkan pencarian kost.

9. Booking online

Takut kalau kost incaranmu keburu diambil orang lain? Kamu bisa melakukan booking kamar kost secara online. Lagi-lagi, karena melakukannya lewat aplikasi, kamu tidak perlu ke Bandung dulu untuk bisa melakukan pemesanan kamar. Jika biasanya fitur semacam ini populer untuk pemesanan kamar hotel, kamu sekarang bisa menikmatinya untuk memesan kamar kost.

Setelah mengetahui kisaran biaya hidup di Bandung, kamu sekarang bisa cari kost lewat aplikasi dan mempersempit pencarianmu sesuai kebutuhan dan budget. Jangan lupa untuk melihat penilaian dari para penghuni sebelumnya, ya! Pasti kamu mau mencari kost dengan review maupun rating yang baik, ‘kan?

Cari kost murah di Bandung pakai RedDoorz

RedDoorz adalah jaringan manajemen dan penyedia akomodasi online dengan tarif hemat. Selain hotel dan apartemen, kini RedDoorz juga menawarkan banyak berbagai kost di Bandung maupun di berbagai kota lainnya di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang butuh cari kost, langsung aja download aplikasi RedDoorz versi terbaru, atau klik link berikut dari ponsel kamu: cari kost dengan RedDoorz.

RedDoorz akan memudahkan pencarian maupun pemesanan kost online sampai dengan pembayarannya. Selain itu, tersedia juga dukungan layanan pelanggan selama 24 jam. Cari kost lewat RedDoorz akan memberi banyak keuntungan karena banyak penawaran menarik. Yuk coba!

Press Enter To Begin Your Search
×