Loading...

Tinggal di luar kota tidak hanya untuk mengejar impian saja, karena kamu juga bisa memanfaatkan untuk liburan. Seperti misalnya jika kamu tinggal di Ibukota dan menghuni kost Jakarta, disela kesibukan kamu bisa menjelajah wisata baharinya. Karena Jakarta juga memiliki beberapa pantai terdekat yang bisa kamu kunjungi. Simak ulasannya.

Wisata pantai jadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi

Wisata pantai jadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi (source: freepik.com)

Deretan Pantai Yang Dekat Jakarta Untuk Jadi Destinasi Liburan Kamu

1. Kepulauan Seribu

Jika menyebut pantai di Jakarta, rasanya sayang tidak memasukkan deretan pantai di kepulauan Seribu ini. Gugusan kepulauan ini akan menghadirkan pantai pasir putih dengan laut biru yang jernih. Menariknya, kamu bisa memilih pulau mana yang ingin kamu datangi. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta akan memudahkan kamu untuk menjangkaunya.

a. Pantai Pasir Perawan

Seperti yang diketahui jika Kepulauan Seribu memiliki banyak pantai yang cantik. Salah satu yang bisa kamu jadikan destinasi liburan adalah pantai Pasir Perawan. Berada di Pulau Pari, pantai ini terkenal memiliki pasir yang begitu bersih dan lembut. Pantai terdekat dari Jakarta ini memang tidak memiliki area yang besar, tapi tetap menarik untuk kamu kunjungi.

Airnya yang jernih dengan suasananya yang masih alami akan memudahkan kamu melakukan banyak kegiatan. Seperti bermain kano atau mengintip keindahan bawah lautnya dengan snorkeling. Kamu juga bisa berburu foto kekinian untuk memperbarui feed instagram kamu. Mengelilingi pantai dengan bersepeda juga bukanlah ide yang buruk.

b. Pantai Pulau Perak

Pulau Perak adalah pulau yang tidak berpenghuni sehingga suasananya masih begitu asri dan alami. Jika kamu ingin liburan ke pantai terdekat dari Jakarta selain Ancol, tempat satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Pasir putih dan air yang bening akan menyambut kamu ketika kamu berhasil menginjakkan kaki di tempat ini.

Mengunjungi saat liburan kuliah atau akhir pekan dengan teman teman tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Kamu bisa menyewa tenda dan bermalam di tepi pantai. Dengan begitu kamu berkesempatan untuk menikmati indahnya senja di tepi pantai. Ketika malam tiba kamu bisa menikmati api unggun sembari membakar ikan atau bercengkrama.

Fasilitas yang dihadirkan di Pantai terdekat dari Jakarta ini juga begitu lengkap. Berbagai aktivitas menarik mulai dari keliling mangrove dengan menggunakan perahu, melakukan permainan air, snorkeling dan berburu foto foto cantik. Tenang saja mengunjungi tempat satu ini tidak akan menguras kantong kamu, karena banyak yang menyediakan paket murah.

c. Pantai Pulau Tidung

Pulau Tidung juga menjadi salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang juga terkenal. Terutama Jembatan Cinta yang menjadi spot unik di Pulau Tidung. Pantai yang dimiliki oleh pulau ini juga patut untuk kamu pertimbangkan sebagai destinasi liburan. Terutama untuk kamu yang memang menyukai kegiatan snorkeling atau bermain watersport.

d. Pantai Pulau Pramuka

Pulau selanjutnya yang juga memiliki wisata bahari yang mempesona adalah Pulau Pramuka. Tidak hanya bisa menikmati pantainya, kamu juga berkesempatan untuk berjumpa dengan penyu sisik serta menjelajah hutan mangrovenya. Tak heran jika wisata pantai terdekat dari Jakarta ini tak pernah sepi pengunjung. Bawah lautnya yang masih terjaga juga sangat cocok untuk snorkeling.

e. Pantai Pulau Bidadari

Pulau Bidadari ini dikenal dengan sejarah kolonial Belanda yang memang masih tersisa di pulau ini. Selain jejak sejarahnya yang juga menarik dijelajahi, pantai di pulau ini juga tidak kalah menarik. Berbagai fasilitas andalan bisa kamu dapatkan, dari watersport, wahana air hingga resortnya yang bikin betah. Tak ada salahnya kamu menjadikan pulau ini sebagai destinasi liburan kamu.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Alam di Jakarta dan Sekitarnya!

2. Pantai Carita 

Lokasinya yang masih terbilang dekat dari Jakarta, menjadikan Pantai Carita tak boleh kamu lewatkan. Pantai terdekat di Jakarta ini hanya berjarak sekitar 40 menit saja dengan menggunakan kendaraan darat. Pantai Carita dianugrahi dengan pasir putih yang akan mengkilat ketika ditempa cahaya matahari. Air lautnya yang tenang dan biru lengkap dengan panaroma Gunung Krakatau dari kejauhan menjadikan pantai ini begitu cantik. Tak hanya bisa kamu abadikan dengan lensa kamu, pantai ini juga menawarkan keindahan bawah laut. Dengan begitu kamu bisa menjelajah bawah lautnya dengan menyewa peralatan snorkeling yang juga sudah disediakan.

Mengunjungi Pantai Carita kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk membuat liburan kamu makin berkesan. Di pantai terdekat Jakarta ini, kamu bisa bermain voli, menyewa jetski bahkan menginap. Berbagai fasilitas penginapan bisa kamu sesuaikan dengan kantong kamu, mengingat terdapat hotel, kondominium hingga resort resort cantik.

3. Pantai Tanjung Lesung 

Banten yang lokasinya tak jauh dari Jakarta juga memiliki wisata bahari yang tak kalah menawan. Pantai Tanjung Lesung ini menjadi salah satunya yang juga bisa kamu jadikan alternatif destinasi liburan selain Ancol. Kamu hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam saja untuk bisa bertandang ke Pantai Tanjung Lesung ini.

Selama perjalanan kamu bisa mengukir kenangan baru dengan teman teman. Dan semua lelah kamu juga akan terbayar dengan pemandangan yang dihadirkan. Di tepi pantai kamu bisa memandang megahnya Gunung Krakatau yang terlihat jelas. Belum lagi perairan selat Sunda yang juga begitu memanjakan mata kamu.

Di tempat wisata pantai dekat Jakarta ini, kamu bisa menjajal berbagai kegiatan yang menarik. Seperti bersepeda mengelilingi pantai, bermain voli, berburu foto keren hingga snorkeling untuk mengintip bawah lautnya. Ombaknya yang tak terlalu besar membuat pengunjung bisa bebas bermain air. Jangan lupakan untuk berburu sunset dan juga sunrise di pantai ini.

4. Pantai Mutiara 

Sedang tidak ingin berkendara jauh, tetapi ingin melihat pantai maka Pantai Mutiara ini bisa kamu jadikan pilihan. Berada di Jakarta Utara, pantai ini sangat tepat untuk menikmati matahari tenggelam. Dan menariknya, pantai ini juga menjadi pantai di Jakarta yang gratis. Sehingga kamu bisa melepas penat dari himpitan aktivitas sejenak tanpa harus mahal.

Memang pantai ini berada dekat dengan kawasan perubahan, tetapi kawasan perumahan ini justru perumahan elit. Di setiap rumah terdapat dermaga pribadi yang sangat mirip dengan film film Hollywood. Untuk mengunjunginya, kamu bahkan bisa menggunakan kendaraan umum seperti Commuter line dan dilanjutkan naik kopami 02.

Umumnya pengunjung akan mulai padat ketika sore hari, karena pemandangan matahari tenggelamnya yang menawan. Bagaimana tidak, gedung gedung tinggi yang dipadukan dengan siluet oranye memang tak bisa dilawan. Hembusan angin pantai juga turut hadir, akan semakin membuat kamu betah berlama lama di pantai satu ini.

5. Pantai Anyer

anyer salah satu pantai terdekat dari jakarta

Pantai Anyer memberikan panorama pemandangan pantai yang indah. (Foto: unsplash.com)

Pantai terdekat Jakarta yang juga patut untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah pantai Anyer. Memiliki garis pantai panjang lengkap dengan hamparan pasir putihnya menjadikan pengunjung tak pernah sepi. Suasana tropikal khas pantainya juga semakin terasa dengan hadirnya jajaran pohon kelapa yang berada di tepi pantainya.

Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan ketika berlibur di Pantai di Banten ini. Mulai dari bermain air, bermain pasir serta berjemur di tepi pantai bisa kamu lakoni. Jika ingin kegiatan yang lebih menantang, kamu bisa surfing atau snorkeling. Spot menarik seperti mercusuar yang berdiri kokoh. Dari atas mercusuar ini, kamu bisa menyaksikan panorama lebih leluasa.

Laut biru membentang lengkap dengan anak Gunung Krakatau yang menjadi latar belakangnya. Di sekitaran pantai Anyer, kamu juga bisa menemukan resort pantai dekat Jakarta yang tak kalah cantik. Berbagai fasilitas unggulan turut disematkan untuk memanjakan para tamu yang menghabiskan liburan di sekitaran pantai Anyer ini.

6. Pantai Laguna 

Jarak antara Jakarta dan Lampung memang tidak begitu jauh. Sehingga jika kamu ingin mengunjungi pantai yang masih terjaga dan sudah terjamin indah Lampung bisa dijadikan pilihan. Pantai Laguna menjadi surga tersembunyi yang akan membuat kamu terpesona dengan kemolekannya. Dan tentunya pantai ini sangat cocok untuk kamu para petualang. Sebab, untuk bisa menginjakkan kaki di pantai yang memiliki Laguna ini butuh perjalanan yang tidak mudah. Kamu harus mendaki sebuah bukit dan juga menaklukkan jalanan berbatu. Tapi semua tenaga dan lelah kamu akan dibayar lunas dengan pemandangan yang dimiliki oleh pantai terdekat dari Jakarta ini. 

Pantai yang memiliki ombak tinggi dan pasir putih ini akan menghilangkan semua penatmu. Kamu yang gemar berselancar, mengunjungi Pantai Laguna merupakan pilihan yang tepat. Jika ingin berenang santai, Laguna yang memiliki kedalaman sekitar 35 meter bisa kamu jadikan pilihan. Kolam alami yang dikelilingi bebatuan alami ini akan memberikan pengalaman tersendiri.

7. Alau Alau Boutique Resort

Apakah kamu pernah bermimpi untuk liburan di resort yang berada di pinggir pantai? Kamu bisa merealisasikan mimpi tersebut dengan mengunjungi Alau Alau Boutique Resort yang ada di Lampung. Akse privat lengkap dengan pemandangan bahari yang menawan akan sangat cocok untuk melepas segala penat kamu.

Resort ini dekat dengan Pantai Laguna, sehingga kamu bisa menjadikan tujuan ketika berlibur ke Lampung. Sekalipun memiliki pemandangan memukau lengkap dengan fasilitas andalan, harga yang ditawarkan tidaklah mahal. Bahkan untuk budget anak kosan, masih bisa kamu usahakan dan tentunya akan lebih murah jika bersama dengan teman teman.

8. Pantai Marina Ancol

pantai marina salah satu pantai terdekat dari jakarta

Selain dunia fantasinya, Ancol juga ada pantainya lho (source: unsplash.com)

Memiliki waktu liburan yang tidak panjang, Pantai Marina Ancol ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif. Lokasi liburan ke pantai dekat Jakarta ini menjadi salah satu yang populer dan bisa kamu pertimbangkan. Terutama jika kamu memang sedang tidak memiliki waktu banyak untuk liburan ke luar kota. 

Pantai Marina Ancol memiliki dermaga dengan konsep kosmopolitan yang dilengkapi dengan jajaran speedboat mewah. Sekalipun menjadi gerbang untuk menuju Pulau Seribu, pantai satu ini tetap memungkinkan kamu melakukan banyak aktivitas. Lokasinya sangat ideal untuk melakukan olahraga layar atau jetski hingga windsurfing.

Berbagai fasilitas juga turut dihadirkan di pantai terdekat dari Jakarta ini. Tepi pantainya yang berpasir memiliki area bermain untuk anak anak. Kamu bisa menikmati panorama pantai sekalian wisata kulineran. Terdapat juga wahana terbaru yaitu gondola atau kereta gantung yang bisa kamu coba bersama teman teman kamu.

Baca juga: 10 Tempat Bersejarah di Jakarta yang Sering Dikunjungi Anak Muda

Mengunjungi pantai memang menjadi salah satu cara seru untuk habiskan liburan. Sekalipun kamu ngekos di Jakarta, kamu tetap bisa menikmati pantai yang menawan. Jajaran pantai yang telah disebutkan akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan. Jadi tunggu apalagi, segera saja rencanakan perjalanan kamu dengan teman teman.

Itu dia rekomendasi wisata pantai untuk kamu yang ngekost di Jakarta, kalau kamu masih bingun cari kosan di Jakarta, sekarang kamu sudah bisa lho cari kosan di Jakarta pakai Aplikasi Reddoorz, caranya buka aplikasi RedDoorz lalu pilih Kost Houses, disitu kamu bisa gunakan fitur search KoolKost dan masukkan kata kunci “Jakarta” atau nama kampus kamu yang di Jakarta. Setelah itu tekan search dan akan muncul list kosan di Jakarta atau sekitaran kampus yang kamu inginkan, lengkap dengan info harga sewa dan juga fasilitas yang diberikan, jadi kamu bisa bandingkan antara kosan yang satu dengan yang lainnya dan pilih yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan. Mudah bukan? yuk cari kosan yang kamu mau sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×