Loading...

Menjadi anak kostan, tidak serta merta membuat kamu lupa untuk berolahraga. Bukan berarti saat gabut di kosan kamu jadi malas-malasan berolahraga. Meskipun sebagian besar waktu dihabiskan di kampus dan juga kos, namun ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah olahraga ringan, namun memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh yaitu push up. Penasaran tentang apa saja manfaat dan cara melakukan olahraga ini? Yuk simak ulasannya berikut.

push up

Push up olahraga yang bisa dilakukan di kosan (source:freepik.com)

Olahraga Push Up Melatih Kekuatan Otot

Gerakan ini merupakan salah satu jenis olahraga yang berfungsi untuk melatih dan membesarkan otot pada tubuh. Menurut pengertian, olahraga push up merupakan salah satu jenis senam yang memiliki fungsi untuk menguatkan otot trisep dan bisep. Ada banyak otot yang bisa dibesarkan dengan olahraga ini, sebut saja seperti otot tangan, otot perut maupun otot lengan. 

Kelebihannya, olahraga ini bisa kamu lakukan sendiri di kosan. Hal tersebut dikarenakan tak perlu memerlukan ruangan yang lebar dan sangat mudah untuk dikerjakan. Kamu hanya perlu untuk menyiapkan matras di kamar kos agar dapat melakukan gerakan ini lebih nyaman. Karena tak membutuhkan tempat yang lebar maupun alat olahraga yang banyak, kamu pun dapat tetap sehat dengan rutin menjalankan olahraga satu ini setiap harinya.

Manfaat Olahraga Push Up yang Perlu Kamu Tahu

Menjalani rutinitas di kampus yang sibuk dan menyita banyak waktu, akan membuat kamu tidak cukup waktu untuk pergi ke gym. Untuk mengakali agar tubuh tetap sehat, maka kamu bisa untuk melakukan gerakan satu ini setiap harinya. Pasalnya, tak hanya sekedar untuk menguatkan lengan dan membentuk otot saja, ada pula banyak manfaat lain yang bisa untuk kamu dapatkan ketika melakukan gerakan satu ini. 

Pertama, olahraga satu ini akan membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Pernyataan ini diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan selama 10 tahun. Studi tersebut menyebutkan bahwa pria yang cenderung sering kali melakukan olahraga push up selama 40 kali berturut turut setiap harinya, akan lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang jarang untuk melakukannya.

Tak hanya itu saja, gerakan yang ringan ini pun akan sangat efektif untuk membuat otot yang berada di sekitar sendi bahu menjadi lebih kuat. Untuk itu tak mengherankan jika orang yang kerap kali melakukan olahraga ini, akan mempunyai bentuk bidang pada bahu. Selain itu, gerakan ini juga akan memiliki pengaruh terhadap otot yang ada di seluruh tubuhmu.

Pasalnya, gerakan ini menggunakan kerja otot secara bersama sama, mulai dari lengan, kaki, punggung, dada dan punggung atas. Karena berguna untuk membuat otot menjadi kuat, maka akan bisa memberikan manfaat untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Dengan rutin melakukan olahraga ini juga akan mampu membuat tulang semakin kuat, gerakan tubuh semakin ringan dan juga menjaga tekanan pada gula darah yang kamu miliki.

Perlu kamu tahu, jenis gerakan satu ini merupakan full body workout. Meskipun terkesan sederhana, namun ternyata gerakan tersebut merupakan salah satu tipe olahraga yang memiliki dampak baik kepada seluruh otot tubuh. Sehingga, ketika kamu melakukan  gerakan ini, banyak otot yang bisa mendapatkan dampak positif dan mampu untuk membuat otot menjadi lebih kuat.

Bahkan, bagi pria yang rajin melakukan gerakan ini setiap harinya, akan bisa memperbanyak produksi testosteron di dalam tubuh. Manfaat satu ini tentu saja akan sangat bagus untuk laki laki. Pasalnya, testosteron sangat dibutuhkan oleh tubuh di dalam meningkatkan performa fisik. Tak hanya itu saja, massa otot dan produksi hormon lain nya pun bisa bertambah saat kamu sering melakukan kegiatan satu ini.

Ketika melakukan olahraga ringan push up secara rutin, ternyata juga dapat membuat jumlah hormon yang ada pada manusia menjadi meningkat. Pasalnya, ketika kamu memasuki usia yang tua, maka nantinya produksi dari hormon satu ini akan kian menurun. Perlu kamu ketahui bahwa hormon tersebut akan berfungsi untuk memperbaiki sel di dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi tetap sehat.

Bukan hanya itu saja, hormon pertumbuhan yang terdapat pada manusia juga dipercaya mempunyai peranan yang penting untuk membuat otot menjadi lebih besar. Pasalnya, ketika dalam tubuh sudah tidak memproduksi hormon satu ini, maka akan membuat massa otot menjadi sulit untuk mengalami peningkatan. Itulah mengapa manfaat olahraga push up sangatlah bagus untuk kesehatan tubuhmu.

Namun, kamu pun perlu melakukan olahraga satu ini dengan benar. Sehingga manfaat tersebut akan bisa didapatkan secara maksimal oleh tubuh. Pasalnya, ketika kamu melakukannya dengan salah, maka nantinya akan bisa menimbulkan berbagai macam dampak buruk pada tubuh. Sebut saja seperti nyeri punggung dan pergelangan tangan. Untuk itu, meskipun termasuk olahraga yang sederhana, kamu pun harus melakukannya dengan benar.

Beragam Jenis Dari Gerakan Satu Ini

Meskipun kamu termasuk anak kost yang tidak tinggal di rumah, namun olahraga menjadi salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan. Termasuk salah satu olahraga yang sederhana, namun push up juga memiliki banyak jenis dan variasi yang bisa untuk kamu coba. Pertama, kamu bisa mencoba variasi standar. Jenis satu ini umumnya akan sering kamu lihat di gym ataupun televisi.

Cara melakukannya adalah kedua tangan menyentuh lantai dan posisi bahu dalam keadaan sejajar. Selanjutnya kamu bisa membiarkan tubuh untuk bergerak ke bawah dan atas secara bergantian. Selanjutnya untuk yang kedua ada pula variasi lebar, gerakan tersebut memiliki perbedaan dengan jenis yang standar. Pasalnya, untuk variasi lebar ini kedua tangan harus dalam posisi yang tidak sejajar pada bahu dan lebih lebar.

Sedangkan untuk variasi yang ketiga, maka kamu bisa melakukan gerakan sempit. Jenis ini memposisikan kedua tangan berada di bawah bagian tulang dada. Dimana untuk telunjuk dan ibu jari saling bersentuhan. Untuk jenis yang keempat yakni variasi forward, yang mana tanganmu akan terpisah dan berukuran selebar bahu. Namun untuk peletakan tangannya yakni sekitar 20 cm di depan bahu.

Untuk variasi yang terakhir adalah jenis backward. Variasi satu ini hampir sama layaknya variasi forward. Namun, untuk peletakan tangan memiliki jarak sekitar 20 cm yang berada pada belakang bahu. Nama nama olahraga push up tersebut akan membuat kamu memiliki lebih banyak variasi ketika melakukan gerakan ini. Sehingga, meskipun termasuk olahraga sederhana, kamu pun tidak akan bosan untuk melakukannya setiap hari.

Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Gerakan Ini

Ketika melakukan olahraga satu ini, maka kamu pun bisa melakukannya kapan saja. Pasalnya, tak ada aturan khusus yang mengharuskan bagi kamu untuk melakukannya di jam jam tertentu saja. Kamu bisa mulai untuk melakukannya di pagi hari setelah bangun tidur ataupun ketika malam hari. Pasalnya, ketika mengerjakan gerakan ini di malam hari, akan banyak manfaat yang bisa untuk kamu dapatkan.

Waktu yang tepat untuk olahraga push up adalah sebelum tidur. Hal ini dikarenakan ketika kamu melakukannya secara rutin, maka akan mampu untuk meningkatkan kualitas tidur agar lebih baik. Tak hanya itu saja, dengan mengerjakan olahraga satu ini juga akan membuat kamu terhindar dari insomnia. Untuk itu, apabila kamu tidak dapat tidur, maka melakukan olahraga ini akan bisa menjadi solusi yang terbaik.

Namun, ketika kamu ingin melakukan olahraga sebelum tidur, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Diantaranya adalah jangan terlalu banyak untuk mengkonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan ketika kamu makan terlalu banyak, maka tubuh pun akan merasa terbebani. Sehingga akan membuat perut terasa lebih sakit. Usahakan untuk melakukan kegiatan satu ini sekitar 1-2 jam setelah makan. Dan jangan lupa untuk juga melakukan pola makanan sehat.

Alat Untuk Melakukan Olahraga Ini

push-up

Push up bar salah satu alat bantu olahraga push up (source:freepik.com)

Gerakan dalam olahraga satu ini dapat dibilang cukup sederhana dan sering dilakukan oleh masyarakat. Meskipun dapat dilakukan tanpa menggunakan alat bantu, namun dengan penggunaan push up bar dapat menjadi salah satu alat yang bisa untuk memudahkan kinerja olahraga yang kamu lakukan. Untuk mendapatkan alat olahraga push up ini pun sangat mudah ditemukan.

Akan tetapi, kamu perlu untuk mengetahui bagaimana cara memilih yang tepat. Salah satunya, kamu bisa untuk memilih produk yang anti slip. Pasalnya, ketika memilih alat ini pastikan untuk memilih yang tidak mudah tergelincir. Sehingga akan membuat gerakan kamu menjadi tetap stabil. Kamu bisa memilih produk yang dilengkapi dengan material anti slip. Material tersebut dapat kamu temukan di bagian bawahnya.

Sehingga, ketika kamu menggunakan alat satu ini akan dapat memudahkan kamu untuk berlatih meskipun dalam keadaan lantai yang licin. Namun, kamu pun juga perlu memeriksa terlebih dahulu apakah material anti slip tersebut dapat memiliki merusak lantai atau tidak. Dengan menggunakan alat olahraga push up satu ini, akan memberikan banyak sekali keuntungan. Diantaranya akan membuat badan menjadi sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan lantai.

Nantinya, kamu pun akan bisa memiliki jangkauan gerakan yang menjadi lebih luas. Dengan menggunakan alat satu ini, akan memungkinkan kamu untuk melakukan gerakan untuk meregangkan otot pectoralis major, sehingga mampu untuk meningkatkan efek untuk latihan. Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan alat satu ini untuk berolahraga.

Untuk kamu yang kamar kosannya sempit mungkin bisa beralih untuk mencari kosan yang ada space untuk kamu bisa berolahraga di dalam kamar. Apalagi menggunakan beberapa alat olahraga pastinya kamu akan butuh space yang cukup, salah satunya mungkin kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, Kosan ini memberikan fasilitas yang lengkap, baik fasilitas kamar yang sudah dilengkapi kasur yang nyaman, lemari pakaian yang besar, kamar mandi dalam, meja dan kursi serta ruangan yang cukup lega untuk kamu berolahraga, selain itu kosan ini juga punya fasilitas lainnya seperti wifi gratis dan parkiran yang cukup besar.

Apa Beda Olahraga Push Up Dan Sit Up

push-up

Push up dan sit up adalah gerakan olahraga yang berbeda (source:freepik.com)

Gerakan satu ini sering kali dikenal sebagai olahraga yang mampu melatih otot. Namun, untuk membuat latihan kamu di kosan menjadi lebih bervariasi, maka kamu bisa menggabungkan olahraga push up dan sit up. Pasalnya, kedua jenis gerakan ini akan mampu untuk membentuk dan menguatkan otot pada panggul dan perut. Sehingga, dengan melakukan gerakan tersebut secara rutin dan  teratur akan berfungsi baik untuk tubuh.

Pertama, kamu bisa melakukan gerakan push up terlebih dahulu. Kemudian, barulah kamu beralih ke sit up dengan cara yang benar. Hal ini dikarenakan, ketika kamu melakukan gerakan tersebut dengan tepat, maka akan mampu untuk menghindari diri dari terkena resiko cedera pada area punggung bawah dan leher. Tak hanya itu saja, dengan melakukan secara tepat akan membuat kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang olahraga satu ini. Untuk itu, bagi kamu yang tidak memiliki waktu luang yang cukup banyak, maka dengan melakukan olahraga ini sebanyak 40 kali setiap harinya akan memiliki efek yang sangat bagus bagi tubuh. Pasalnya, olahraga push up melatih kekuatan otot, sehingga akan dapat memberikan manfaat yang baik untuk kamu yang ingin membentuk otot dan memperlebar bahu.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×