Loading...

Gaya hidup memang menjadi pilihan setiap orang, dan bebas untuk menentukannya. Begitu juga dengan gaya hidup sehat yang akhir akhir ini mulai dilirik. Salah satu aspek yang harus dipenuhi jika ingin sehat adalah olahraga. Kamu sebagai anak kosan mungkin seringkali merasa malas keluar kamar, terutama jika kost Jakarta yang setiap keluar penuh kemacetan. Olahraga Kardio bisa dijadikan sebagai pilihan, selengkapnya simak ulasannya berikut.

olahraga kardio

Olahraga kardio bisa dilakukan di dalam kosan (source:freepik.com)

Apa itu Kardio Dalam Olahraga?

Tentunya kamu tahu, jika olahraga yang bisa kamu lakukan ada banyak jenisnya. Dan istilah kardio sendiri diambil dari kata Kardiovaskular. Kardio sendiri sangat erat kaitannya dengan hal yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Sehingga bisa dikatakan jika kardio merupakan cabang olahraga fisik yang lebih fokus untuk memperlancar pembuluh darah dan juga menjaga kesehatan jantung. 

Sistem kerja Kardio akan dimulai dari otot jantung yang memompa ke seluruh aliran darah di dalam tubuh, yang juga membawa nutrisi. Nantinya darah akan melewati arteri dan masuk ke semua organ termasuk di dalamnya jantung. Banyak yang mempercayai jika cabang olahraga ini efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Kamu perlu tahu jika untuk bisa melakukan olahraga satu ini, yang paling penting yaitu oksigen yang harus dipenuhi.

Oksigen Lah yang nantinya membantu agar jantung mampu untuk memompa darah dan dialirkan ke seluruh tubuh. Ada banyak jenis olahraga kardio yang bisa kamu coba ketika di kosan atau di rumah. Yang pasti, olahraga satu ini juga akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Tubuh yang sehat dan bugar akan membuat kamu bisa menjalani hari hari kamu dengan lebih mudah dan tentunya tetap sehat.

Manfaat Olahraga Kardio Yang Harus Kamu Tahu

olahraga kardio

Olahraga kardio sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung (source:freepik.com)

Berlatih kardio, maka akan membuat otot otot besar kamu mengalami pergerakan. Dan dari gerakan inilah nantinya akan membuat detak jantung meningkat sehingga, tubuh bisa melakukan pembakaran lemak atau kalori. Yang lebih menarik, melakukan kardio juga bisa dilakukan di rumah dan memiliki banyak manfaat yang  baik untuk tubuh. Salah satu manfaat olahraga kardio adalah untuk menyehatkan jantung dan membuat pernafasan menjadi lebih stabil.

Tentunya kamu tahu jika menjaga kesehatan paru paru dan jantung sangat penting untuk dilakukan. Tidak hanya untuk kalangan orang dewasa, masa masa seperti kita juga butuh untuk menjaganya sejak dini. Mengingat jantung atau paru paru masih menjadi salah satu pembunuh yang cukup banyak terjadi. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari olahraga Kardio satu ini, kamu harus melakukan gerakan yang tepat dan dilakukan dengan porsi yang pas.

Tidak hanya akan membuat jantung dan paru paru sehat, olahraga ini juga mampu untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkannya. Sebagai seorang mahasiswa atau pekerja yang jauh dari rumah, kamu tentunya harus memiliki tubuh yang tetap sehat. Mengingat ketika nantinya jatuh sakit, tidak banyak yang bisa membantumu atau justru merepotkan banyak orang. Untuk itu kamu perlu memiliki daya tahan tubuh yang baik dan prima.

Hal ini telah diperkuat dengan sebuah penelitian, yang menunjukkan jika orang yang aktif melakukan kardio akan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Selain itu jika dibandingkan dengan yang pasif berolahraga, akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah. Mereka yang pasif juga akan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Sehingga bisa disimpulkan jika olahraga kardio ringan atau lainnya akan membuat mampu meningkatkan imunitas tubuh kamu.

Rutin melakukan cabang olahraga satu ini, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya bagi tubuh. Seperti menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar juga akan dibantu dengan olahraga satu ini. Tubuh yang memiliki pencernaan lancar akan menjadi lebih mudah menyerap makanan. Bahkan study mengatakan jika olahraga satu ini juga mampu untuk menurunkan serta mencegah diabetes tipe 2. Karena olahraga mampu menurunkan resistensi insulin.

Tak lupa gerakan olahraga kardio juga akan membentuk otot pada tubuh sehingga menjadi lebih kuat. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan tubuh yang lebih ideal karena terbentuk dengan baik. Ditambah lagi, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang sehat dengan berolahraga. Cabang olahraga ini akan membantu agar kulit kamu terlihat lebih segar dan cerah. Bagaimanapun kulit yang sehat tidak hanya didapatkan dari skincare saja.

Mengintip Jenis Jenis Olahraga Kardio 

olahraga kardio

Olahraga skipping termasuk olahraga kardio yang mudah dilakukan (Source:freepik.com)

Memiliki banyak manfaat bagi tubuh, rupanya olahraga satu ini juga memiliki banyak jenisnya. Dengan begitu kamu bisa memilih olahraga yang sekiranya bisa dilakukan di dalam rumah. Apalagi untuk kamu yang sedang mager, olahraga kardio di rumah atau kosan tentunya menjadi pilihan yang tepat. Tidak perlu keluar rumah dan tidak memerlukan banyak peralatan mendukung, kamu sudah bisa berkeringat untuk tetap sehat.

Jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah adalah lompat tali. Olahraga ini memang terlihat begitu sederhana, namun ternyata mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Dalam satu menit, kamu bisa membakar kalori hingga 33 kalori hanya dengan lompat tali. Bayangkan jika kamu memenuhi batas minimal, yakni 30 menit maka kamu bisa membakar kalori sekitar 330 kalori. Untuk olahraga satu ini kamu bisa melakukannya di sekitar rumah atau kosan.

Selanjutnya jenis kardio yang bisa kamu coba adalah jogging. Jogging ini tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah, di dalam ruangan sekalipun kamu bisa melakukan. Dengan jogging kamu bisa meningkatkan detak jantung dan menjadi pemanasan yang bagus. Olahraga kardio ini begitu mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Jika dibandingkan lari, olahraga ini lebih sedikit menggunakan tekanan pada bagian sendi.

Selain jogging, olahraga tangga juga menjadi yang paling banyak diminati. Namun perlu kamu catat jika hal ini hanya bisa dilakukan untuk kamu yang di rumah atau kosan memiliki tangga. Sekalipun terlihat sederhana, kamu bisa mengeksplore banyak gerakan dengan adanya tangga ini. Olahraga tangga juga bisa masuk dalam kategori olahraga kardio untuk diet. Karena melansir dari Run Society, olahraga ini mampu membakar lemak dua kali lebih cepat.

Hal tersebut dibandingkan dengan olahraga lari dan 3 kali lebih membakar lemak jika dibandingkan dengan olahraga jalan kaki. Dan meskipun kamu hanya naik turun tangga, namun bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Dalam satu jam olahraga naik turun tangga, maka kamu bisa membakar sekitar 1000 kali. Namun pastikan sebelum melakukan olahraga kardio mengecilkan perut ini, kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Jenis olahraga yang terbilang baru dan hits dalam cabang kardio adalah HIIT atau High Intensity Interval Training. Kardio satu ini bisa dikatakan sebagai kardio yang paling efektif untuk membakar lemak di dalam tubuh. Dan menariknya, kamu bisa melakukan olahraga satu ini di kosan atau di rumah. Jenis satu ini memiliki banyak macam, mulai dengan mengandalkan body weight, angkat beban hingga kombinasi antara weight training dan body weight.

Yang masuk dalam body weight antara lain plank, jump squats, lunges , jumping jacks hingga pushups. Untuk yang menggunakan beban, kamu bisa memilih dumbell, resistance bands dan juga kettlebell. Umumnya jika kamu ingin melakukan HIIT, gerakan olahraga kardio ini dilakukan setiap 30 detik dan nantinya akan istirahat 10 detik. Ulangi gerakan ini hingga menghabiskan waktu sekitar 20 menit dengan banyak variasi gerakan.

Tidak ketinggalan, Zumba yang sangat cocok untuk kamu yang jago dance. Setiap gerakan yang diiringi musik tak hanya akan membuat kamu sehat namun juga senang. Olahraga ini memang lebih populer di kalangan wanita, tetapi bukan berarti pria tidak bisa melakukannya. Untuk memudahkan kamu, kamu bisa mencari videonya di Youtube yang begitu banyak. Dengan begitu kamu bisa melakukan olahraga di dalam kosan atau rumah saja.

Selain beberapa yang telah disebutkan, kardio juga bisa dilakukan dengan bantuan alat. Berjalan di atas treadmill, rowing, sepeda statis hingga lainnya juga akan memacu detak jantung. Sehingga masih masuk kategori kardio yang juga akan menyehatkan. Kamu bisa melakukannya di dalam rumah, hanya saja harus memiliki alat alatnya. Jika tempat tinggal kamu memiliki fasilitas ini, kamu bisa memanfaatkan dengan baik.

Tips Dalam Melakukan Kardio

olahraga kardio

Kini tips kardio sudah bisa ditemukan di internet (source:freepik.com)

Dengan melihat beberapa contoh olahraga kardio di rumah tersebut, kamu juga harus mengetahui tips dalam melakukan olahraga ini. Gerakan gerakan yang dilakukan memang terbilang sederhana dan tidak memerlukan teknis yang khusus. Namun tetap saja, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar hasilnya maksimal. Yang tidak bisa kamu langgar dalam melakukan kardio adalah pemanasan dan juga pendinginan begitu selesai melakukan olahraga.

Pemanasan dalam olahraga memang selalu dianjurkan, begitu juga dalam olahraga kardio. Tujuannya tentu saja untuk membuat tubuh menjadi siap untuk olahraga. Suhu tubuh juga akan lebih meningkat ketika melakukan pemanasan. Pemanasan juga akan membuat kamu terhindar dari nyeri otot hingga cedera. Sementara untuk pendinginan akan berfungsi mengatur aliran pada darah pasca jantung serta tekanan darah melakukan aktivitas tinggi.

Pendinginan ini akan membantu kamu untuk memulihkan serta menstabilkan kondisi jantung serta tekanan darah. Selain itu, untuk kamu yang ingin melakukan olahraga kardio, sebaiknya tidak melakukan secara berlebihan. Terutama untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit yang cukup beresiko, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begitu kamu akan lebih aman untuk melakukan olahraga sederhana ini.

Jika kamu berencana untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, olahraga saja tidak akan cukup. Kamu perlu untuk menyeimbangkan dengan diet atau pola hidup sehat yang lainnya. Kardio memang bisa membakar kalori, tetapi jika tidak diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat hasilnya tidak akan maksimal. Kamu juga harus memilih kardio yang sesuai dengan kemampuan kamu dan jangan terlalu memaksa tubuh.

Olahraga di dalam rumah atau kosan tentunya bisa dilakukan jika memiliki keinginan untuk bergerak. Dan jenis kardio merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang tidak ingin olahraga di luar ruangan. Di kosan sekalipun kamu tetap bisa bugar dan olahraga dengan menerapkan beberapa contoh yang telah disebutkan. Dengan begitu kamu bisa tetap sehat, sekalipun kamu kost atau jauh dari rumah serta tidak sempat olahraga di luar. 

Untuk bisa olahraga di kosan, pastikan kamar kosan kamu punya space yang cukup untuk berolahraga, kamu bisa coba KoolKost dari RedDoorz yang punya kamar cukup besar dan ada space untuk kamu olahraga kardio. 

Kamar yang disediakan oleh KoolKost sudah ada kasur yang nyaman, kamar mandi dalam, lemari pakaian yang cukup besar, meja lengkap dengan kursinya, ada juga wifi gratis, jadi buat kamu yang mau nonton film streaming nggak perlu khawatir kuota internet habis.

Yuk langsung aja booking KoolKost terdekat dengan kampus kamu, menggunakan Aplikasi RedDoorz sekarang!


 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×