Loading...

Sebagai anak kost, salah satunya anak kost Surabaya, memiliki obat herbal di kamar kost telah menjadi sebuah kewajiban. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi obat yang terbuat dari bahan bahan alami tentu saja akan meminimalisir adanya efek samping. Selain itu, 'ramuan' herbal juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh alias langkah pencegahan sebelum sakit. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa jenis obat alami yang harus kamu punya di kost.

obat herbal

Ilustrasi obat herbal. (Foto: freepik)

Berbagai Jenis Obat Herbal yang Harus Kamu Miliki di Kost

1. Temulawak 

Temulawak merupakan salah satu obat herbal yang wajib untuk kamu punya di kost. Hal ini dikarenakan manfaat dari rempah satu ini memang telah tersohor sebagai pengobatan tradisional dari China. Setidaknya terdapat beberapa manfaat dari temulawak yang sangat berguna bagi kesehatan, seperti; pertama, dapat menjadi salah satu obat untuk mengatasi jerawat. Bagaimana bisa temulawak atasi jerawat? Hal tersebut tentu saja dikarenakan pada temulawak memiliki kandungan astringent. Yang mana astringent sendiri dapat berfungsi untuk meminimalisir produksi minyak yang berlebih pada kelenjar. Tak hanya itu saja, di dalam temulawak juga memiliki kandungan antiseptik. Sehingga akan membantu untuk membuat kulit menjadi lebih bersih dari bakteri yang menyebabkan jerawat. Dengan adanya kandungan tersebut akan membuat jerawat yang meradang menjadi lebih cepat untuk sembuh.

Manfaat temulawak yang kedua yakni untuk mengatasi masalah sistem pencernaan yang terjadi di dalam tubuh. Sebab, obat rempah alami ini akan berfungsi untuk merangsang adanya produksi cairan empedu yang berada di kantong empedu. Sehingga hal tersebut akan dapat mengatasi masalah pencernaan dan membantu sistem metabolisme. Para ahli pun mengatakan bahwa temulawak juga bisa menjadi salah satu obat yang bermanfaat untuk atasi perut kembung. Bahkan dengan mengkonsumsi temulawak juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan kamu. Sebuah penelitian pun mengungkapkan bahwa pasien yang mengalami peradangan usus akan lebih cepat sembuh ketika mengkonsumsi temulawak.

2. Kayu Manis

Obat herbal adalah suatu teknik pengobatan dengan menggunakan bahan bahan yang alami. Karena umumnya bersifat praktis untuk diolah, kamu jadi bisa mengolah bahan tersebut meski dari kost. Obat alami tersebut tidak hanya untuk menyembuhkan penyakit yang ringan saja. Bahkan beberapa diantaranya dibilang ampuh untuk menyembuhkan penyakit seperti diabetes.

Salah satu obat herbal diabetes yang bisa untuk kamu konsumsi adalah kayu manis. Selain bisa dimanfaatkan untuk taburan makanan atau sebagai bumbu masakan, ternyata kayu manis ini bisa menjadi salah satu obat untuk atasi penyakit gula. Sebab, di dalam kayu manis sendiri mengandung banyak senyawa yang bagus untuk tubuh. Mulai dari oksalat, damar, kalsium, flavonoid, tanin, sinamaldehid, safrole, dan juga minyak atsiri eugenol.

Di dalam buku yang berjudul The Miracle of Herb, dikatakan bahwa dalam kayu manis tersebut senyawa sinamat dan juga kafeat yang akan memiliki peran untuk menghambat aktivitas dari enzim glukosidase.

Dengan begitu, hal ini akan membuat kadar gula menjadi lebih menurun. Untuk itu, terdapat aturan khusus apabila kamu ingin mengkonsumsi obat herbal satu ini. Pertama, kamu bisa menyiapkan setidaknya dua batang kayu manis yang masing masing memiliki panjang yakni sekitar 5 cm.

Kemudian, siapkan pula air panas kurang lebih sebanyak 200 ml. Selanjutnya, kamu bisa menyeduh kayu manis tersebut dengan menggunakan air panas dan meminumnya ketika masih hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu bisa meminumnya dua kali sehari untuk membantu turunkan kadar gula dalam darah.

3. Jahe 

jahe obat herbal

Minum air jahe memberi sensasi hangat ke dalam tubuh, cocok untuk mencegah flu di musim hujan. (Foto: freepik)

Tak ketinggalan, jahe juga bisa diandalkan menjadi obat herbal untuk penyakit ringan yang bisa untuk kamu konsumsi. Senyawa bersifat hangat dalam jahe dipercaya menjadi salah satu bahan alami yang mampu untuk membuat lega hidung tersumbat. Dengan mengkonsumsi jahe ketika flu, niscaya stamina kamu akan segera kembali dan menjadi cepat pulih.

Selain itu, jahe juga mampu menghilangkan rasa mual yang terjadi akibat dahak dan buang angin secara terus menerus. Untuk itu, jahe sangat direkomendasikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan kamu ketika sedang menderita penyakit ini. Untuk mengolahnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu untuk membuat wedang jahe dan mengkonsumsinya ketika sedang pilek.

Caranya, kamu bisa menyiapkan sekitar 1 hingga 2 ruas jahe dan menggepreknya. Kemudian, cuci bersih jahe jahe tersebut dan rebuslah hingga mendidih. Air rebusan tersebut bisa kamu saring dan minum sarinya saja. Untuk menambah rasa, kamu juga bisa menambah madu atau lemon.

4. Kunyit

Selain ketika obat tersebut, terdapat pula rempah alami lainnya yang wajib untuk kamu miliki di kosan. Hal ini dikarenakan kunyit ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan batuk yang kamu derita. Pasalnya, rempah satu ini sangat dipercaya untuk meredakan gejala batuk yang terjadi secara terus menerus. Terutama ketika kamu menderita batuk kering.

Hal ini dikarenakan dalam kunyit memiliki kandungan curcumin yang bersifat anti radang. Dengan adanya senyawa tersebut dapat berfungsi sama dengan jenis obat lain yang memiliki zat anti radang di dalam nya. Dengan adanya curcumin akan membantu untuk melawan partikel yang akan menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan.

Bagi kamu yang ingin untuk merasakan manfaat yang terdapat pada kunyit ini, maka sebaiknya kamu perlu untuk mengolahnya terlebih dahulu. Pertama, kamu bisa menyiapkan kunyit dan menghancurkannya dan menjadikannya bubuk halus. Atau bagi kamu yang ingin simpel, maka kamu bisa membeli bubuk kunyit yang bisa kamu temukan di supermarket.

Kemudian, kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit tersebut dengan satu gelas susu yang masih panas. Selain itu, ada pula cara lain dalam mengolah obat herbal untuk batuk ini. diantaranya adalah dengan mencampur garam, teh serta empat gelas air untuk menghilangkan rasa gatal yang terdapat pada tenggorokan.

5. Bawang Putih 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bawang putih sebagai salah satu obat obatan alami yang wajib untuk kamu miliki selama berada di kosan. Sebab, ternyata bawang putih juga memiliki fungsi yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit pilek. Pasalnya, dalam bumbu dapur satu ini memiliki kandungan senyawa allicin dan juga vitamin C. 

Hal inilah mengapa bawang putih dapat menjadi salah satu obat herbal untuk imunitas tubuh. Bawang putih juga dikenal mampu untuk melawan penyakit dan bisa mempercepat proses penyembuhan ketika kamu sakit. Untuk itu, bagi kamu yang ingin merasakan manfaat dari bawang satu ini, maka kamu bisa memakannya selagi mentah.

Namun, apabila kamu tidak menyukai bawang putih dalam bentuk yang mentah maka kamu bisa mencampurkan dengan bahan bahan untuk membuat sup ayam. Hal ini dikarenakan ayam dan juga bawang putih merupakan salah satu komposisi yang tepat untuk meredakan gejala pilek.

Sebab, di dalam daging ayam juga memiliki kandungan yakni zat carnosine yang akan membantu kamu untuk mengurangi gejala pilek yang sedang diderita. Oleh karena itu, tak ada salahnya menyantap sup ayam yang hangat lengkap dengan bawang putih di dalamnya. Tak ayal perpaduan bahan makanan tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

6. Cengkeh

cengkeh obat herbal

Cengkeh bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal saat kamu sakit gigi. (Foto: unsplash.com)

Bagi kamu yang seringkali menderita sakit gigi, maka tak ada salahnya untuk menyiapkan cengkeh sebagai obat herbal saat sedang berada di kosan. Hal tersebut dikarenakan rempah satu ini memang dikenal sebagai salah satu obat herbal sakit gigi yang ampuh di dalam pengobatan China dan juga India.

Tentu saja, hal tersebut tak hanya sekedar omongan belaka. Sebab, terdapat penelitian dari Journal of Dentistry yang menyebutkan bahwa di dalam cengkeh terdapat kandungan yakni senyawa eugenol. Yang mana senyawa tersebut mampu untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita saat gigi sedang sakit dengan alami. 

Bukan hanya itu, kandungan yang terdapat di dalam cengkeh sendiri juga akan membantu untuk meredakan dan juga mampu membunuh bakteri yang bisa menjadi penyebab munculnya sakit gigi. Apabila kamu tertarik, untuk menggunakan obat satu ini sebagai salah satu cara untuk menghilangkan sakit gigi, maka terdapat beberapa cara yang perlu kamu lakukan.

Pertama, kamu bisa menggigit batang dari cengkeh yang utuh. Pusatkan gigitan tersebut di area gigi yang sakit. Gigitlah batang cengkeh tersebut selama beberapa saat. Kemudian, cara lain yang bisa untuk kamu gunakan adalah dengan menggunakan kapas yang telah dicelupkan pada minyak cengkeh. Lalu, kamu bisa menempelkannya pada gigi yang sakit.

Namun, kamu juga perlu untuk berhati hati ketika ingin menggunakan cengkeh ini untuk mengobati sakit gigi. Sebab, terdapat efek samping yang akan kamu rasakan apabila biji ataupun minyak cengkeh tersebut tertelan atau menetes pada gusi dan lidah yang sensitif. Untuk itu, kamu bisa memastikan agar nantinya cengkeh tersebut tak terkena bagian mulut yang lain.

7. Kencur

Obat herbal lainnya yang wajib kamu punya di kosan adalah kencur. Kencur menjadi salah satu obat yang mungkin akan sering kali untuk kamu temui sebagai jamu di pasaran. Hal ini dikarenakan biasanya ibu ibu penjual jamu akan mencampurkan kencur dengan air beras yang akan memberikan rasa segar ketika meneguknya.

Dengan memiliki rasa yang enak dan tidak ada rasa pahit di dalamnya, maka tak mengherankan jamu ini cukup laris di pasaran. Selain enak, kamu juga bisa membuatnya sendiri di kosan. Sebab, kencur memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan kamu. diantaranya mengurangi atau menghilangkan berbagai macam penyakit yang kamu derita.

Ketika kamu mengkonsumsi kencur, maka hal tersebut akan mampu meredakan penyakit seperti diare, flu, batuk, masuk angin hingga kepala yang pusing. Tak hanya itu saja, manfaat lain yang bisa kamu dapatkan saat mengkonsumsi kencur adalah mampu untuk mencegah munculnya penyakit batu ginjal ataupun membersihkan darah kotor.

8. Jintan Hitam

Ternyata obat herbal satu ini juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh kamu. Hal ini dikarenakan dengan jinten hitam, mampu untuk meredakan beberapa penyakit yang diderita. Sebut saja seperti asma, alergi, kanker usus hingga diabetes dan hipertensi. Selain itu, jika kamu mengkonsumsi jintan hitam akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Beberapa jenis rempah dan bumbu dapur tersebut bisa menjadi obat obatan untuk mencegah dan mengurangi penyakit yang kamu derita. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memiliki atau menyetoknya saat berada di kosan. Sehingga, jika kamu sedang sakit maka kamu pun akan lebih mudah untuk mengkonsumsinya.

Itu dia obat herbal yang bisa kamu stok di kosan, kalau kamu masih bingung cari kosan yang nyaman kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, caranya buka aplikasi RedDoorz lalu pilih search KoolKost, masukkan nama kota / nama daerah / nama kampus tempat kamu kuliah, setelah itu tekan search dan kamu akan mendapatkan list kosan di sekitaran tempat yang kamu inginkan, lengkap dengan harga sewa dan fasilitas yang diberikan. Yuk cari kosan yang sesuai dengan yang kamu inginkan sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×