Loading...

Mendekati penghujung tahun 2019 lalu, dunia perfilman Indonesia kembali digemparkan dengan kehadiran film horor berjudul perempuan tanah Jahanam. Hanya dengan mendengar nama Jahanam saja, sudah dapat ditebak bahwa ceritanya berkaitan erat dengan hantu menyeramkan. Pernyataan ini semakin diperkuat dengan munculnya trailer serta poster film itu sendiri. Sebelum menonton filmnya bersama teman kost Surabaya, ada baiknya simak review perempuan tanah Jahanam pada ulasan berikut. 

perempuan tanah jahanam

Film Perempuan Tanah Jahanam yang juga dibintangi Christine Hakim (Source: Instagram Official Perempuan Tanah Jahanam)

Sinopsis Film Perempuan Tanah Jahanam

Film horor satu ini mengisahkan dua orang wanita bernama Maya dan Dini yang mencoba bertahan hidup di tengah kerasnya perkotaan. Maya sebenarnya tidak memiliki satupun keluarga di Jakarta, namun berkat adanya kehadiran temannya yang bernama Dini maka keduanya tampak saling bahu membahu agar tetap hidup. Bahkan bisa dikatakan bahwa temannya tersebut, memiliki peran penting selama perjalanannya hidup di kota besar seperti Jakarta. 

Apapun akan dilakukan keduanya asal dapat bertahan hidup, salah satunya dengan cara berbisnis. Entah bagaimana, bisnis yang tengah digeluti keduanya selalu berakhir pahit dan terus menerus mengalami kebangkrutan. Hingga suatu ketika, Maya pun mendapatkan sebuah informasi penting yang kemudian mengubah hidupnya. Berdasarkan informasi yang berhasil diterimanya, diketahui bahwa dirinya ada kemungkinan mempunyai sebuah harta warisan dari keluarganya. 

perempuan tanah jahanam

Setting hutan dan desa pedalaman salah satu setting film PTJ (source:freepik.com)

Sayangnya harta yang dimaksudkan berada di kampung asalnya, sehingga mereka berdua pun langsung menuju lokasi tersebut yang ternyata merupakan rumah keluarganya terdahulu. Ketika sudah sampai di tempat yang dimaksudkan, mereka cukup terkejut ketika mendapati sebuah rumah besar namun tampak tidak terawat yang menandakan sudah lama ditinggalkan dan dibiarkan kosong begitu saja. Bahkan nuansa di sekitar hunian terasa aneh, ditambah lagi dengan kehadiran sejumlah kuburan anak anak. 

Pada awalnya kondisi tersebut tidak terlalu mengganggu, namun kondisi semakin tegang saat suatu malam Maya mendengar suara jeritan dari seorang perempuan yang sedang berjuang melahirkan bayinya. Mendengar suara tersebut, Maya pun penasaran dan mencoba mencari asal suara yang didengarnya barusan. Betapa mengejutkannya ketika dirinya menyaksikan proses bersalin tersebut, yang ternyata menjadi gerbang terkuaknya misteri dari kampung tersebut. 

Berdasarkan sinopsis film perempuan tanah Jahanam singkat tersebut, penonton sudah bisa merasakan betapa seramnya cerita yang akan diangkat ke dalam layar lebar tersebut. Dan benar saja, banyak penonton yang merasa ketakutan usai menonton film satu ini. Selain karena setting dan suara yang menyeramkan, ternyata pemeran riasan serta pendalaman karakter pemeran utama perempuan tanah Jahanam serta pemeran lainnya berhasil membangkitkan bulu kuduk.

Akting dari Christie Haki misalnya, walaupun beliau tidak pernah sekalipun bermain peran di film horor namun kali ini tampilannya terlihat edan sebagai sosok menakutkan bernama Nyi Misni. Sosok yang diperankannya ini dijuluki sebagai Perempuan Tanah Jahanam yang begitu ditakuti. Tentu saja usaha untuk memahami peran ini telah berhasil dilakukan oleh sang pemeran Nyai Sinta perempuan tanah Jahanam, melihat banyaknya penonton yang terbawa suasana ketika melihatnya. 

Marisa Anita yang berperan sebagai Dini pun wajib mendapatkan dua jempol karena berhasil tampil total. Bahkan permainan perannya begitu melekat, terutama ketika pisau telah mendekati lehernya namun dirinya tetap dengan karakter yang diperankannya. Begitu pula dengan Asmara Abigail yang ternyata mampu melafalkan bahasa Jawa dengan mulus. Tentu saja hal ini tidak mudah dilakukan, sehingga sudah bisa dibayangkan berapa keras dirinya mendalami peran yang dimainkannya. 

Penataan Setiap Scene Film Terbilang Cukup Rapi

perempuan-tanah-jahanam

Editing film Perempuan Tanah Jahanam Terbilang Rapih (Source:freepik.com)

Film yang disutradarai langsung oleh Joko Anwar atau akrab dipanggil Jokan ini berhasil dikemas dengan sangat apik. Bahkan rasanya sangat sulit menemukan plot bolong di setiap scenenya, sehingga tidak mengherankan jika film horor satu ini begitu menarik untuk ditonton. Walaupun tampak klasik, ternyata ramuan ceritanya berhasil membuat siapapun larut dalam isi cerita dan bisa merasakan betapa mengerikannya nuansa kejadian yang dialami kedua pemeran utamanya. 

Kesuksesan film horor ini pun tidak luput dari kematangan pada naskah perempuan tanah Jahanam itu sendiri. Menurut informasi yang berhasil didapatkan, naskah matang tersebut bahkan baru bisa terselesaikan menjadi sebuah tayangan layar lebar di tahun 2019. Lamanya proses pembuatan hingga ditayangkan di bioskop kesayangan masyarakat, tentunya telah melewati berbagai rintangan. Namun usaha keras yang dilakukan oleh tim tampaknya membuahkan hasil manis. 

Termasuk Tayangan 17+

Dengan melihat spesifikasi tayangannya saja, Anda pasti menyadari bahwa film horor ini dilengkapi dengan scene yang sebaiknya tidak ditonton oleh anak di bawah usia legal Indonesia. Ternyata hal ini sudah terlihat dari judul bahasa Inggrisnya yang disebut Impetigore. Menurut sang sutradara, impetigo sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang membuat penderitanya mengernyit hingga menahan nafas. Ternyata hal ini dilakukan sebagai cara melepaskan kengerian yang dirasakannya. 

Apabila Anda tidak tahan terhadap scene kekerasan hingga mengeluarkan darah, sebaiknya urungkan niat untuk melihat film satu ini. Benar, film populer ini termasuk gore karena ditemukan aksi kekerasan dan darah sehingga tidak boleh ditonton sembarangan. Untuk mengurangi rasa takut, tidak ada salahnya mengajak teman kos nonton Perempuan Tanah Jahanam bersama . Sebab film ini menampilkannya dengan blak blakan dan terkesan apa adanya 

Sejak kedua pemeran utamanya berada di Desa Harjosari, penonton akan disuguhkan dengan bahasa Jawa halus yang terdengar lebih sedap di telinga. Walaupun telah menggunakan bahasa Jawa halus, siapa sangka setiap kalimat yang diucapkan justru berhasil mengundang rasa takut serta kengerian yang amat sangat brutal. Ketika mengetahui maksud di balik ucapannya, kemungkinan Anda merasa resah untuk menonton kelanjutan ceritanya. 

Tambahkan Alur Plot Twist

Bagi pecinta film, pastinya tidak terkejut ketika Joko Anwar menambahkan alur plot twist ke dalam karyanya. Bahkan penonton dibuat kebingungan dan merasa tersesat karena tidak mengetahui siapa yang benar atau bahkan siapa pihak yang salah di dalam cerita tersebut. Sulitnya menentukan peran protagonis dan antagonis, justru berhasil menyadarkan kita bahwa kekejaman duniawi juga kerap ditemukan dalam kehidupan sehari hari. 

Alur cerita dibuat secara matang dan tersusun begitu rapi, dimana penonton dibuat gemetar selama cerita diputar. Sebab disini sudah sangat terlihat bahwa lokasi tempat tinggalnya cukup terpencil dengan pemeran yang memiliki sifat bak setan. Kengerian pun semakin terasa ketika melihat desain produksinya yang berhasil membuat siapapun merinding dibuatnya. Namun justru rasa inilah yang menjadi ciri khas yang selalu berhasil disuguhkan Joko Anwar. 

Berikan Desain Menyeramkan

perempuan tanah jahanam

Atmosfir film yang selalu menyeramkan (source:freepik.com)

Berkat arahan sutradaranya, film satu ini pun berhasil meningkatkan rasa takut penonton. Rasa takut yang dirasakan bukan karena banyaknya jumpscare, karena film ini justru sangat minim kejutan secara mendadak layaknya film hantu lainnya. Sebagai gantinya, pergerakan kameranya justru menggiring penonton untuk segera menutup mata. Pergerakan kamera ini yang sedikit berbeda inilah yang menjadi pertanda bahwa penonton harus bersiap terkejut dengan adegan selanjutnya. 

Sebagai pecinta film horor, rasanya kurang puas jika hanya menontonnya sekali di bioskop kesayangan saja. Agar lebih puas menilik setiap scene yang ditampilkan, tidak ada salahnya download film perempuan tanah Jahanam sebagai alternatifnya. Dengan cara ini, Anda bisa mengajak teman kos maupun kerabat terdekat untuk mengupas lebih dalam mengenai alur cerita hingga menilai kemasan cerita secara  keseluruhan dari film perempuan tanah Jahanam satu ini. 

Ketika sudah mengunduhnya, cobalah untuk meneliti setiap desain produksi yang ditayangkan. Sepertinya film satu ini memang digarap dengan sangat matang, mengingat detail yang ingin disampaikan begitu terasa kuat. Mulai dari bak kamar mandi yang tampak kusam dan terbengkalai, rumah tua yang tampak tidak terawat, hingga konsep pembawaan ceritanya terlihat total tanpa ada celah. Karena digarap sedetail mungkin, Anda bisa merasakan seberapa seramnya nuansa di desa tersebut. 

Sebagai pengamat film horor, tentunya Anda setuju bahwa film satu ini memang sudah dirancang menakutkan untuk membangkitkan rasa takut hanya dengan melihatnya. Kemasan film ini tampaknya dapat menjadi patokan bagaimana seharusnya film horor dibuat, karena kesan yang horor yang ditampilkan terlihat berbeda seperti biasanya. Rasanya tidak heran jika film satu ini begitu ditunggu oleh para penggemarnya, bahkan setelah cuplikan singkat cerita telah ditampilkan. 

Kesan horornya tidak hanya terlihat dari desain pada setiap properti syutingnya semata. Sebab lokasi syutingnya sendiri benar benar dilakukan di sebuah daerah terpencil yang berhasil membangkitkan rasa ngeri di sekujur tubuh. Kesan horor pun semakin kental terasa Anda mengetahui bahwa set lokasi yang ternyata tidak banyak dirubah. Perpaduan antara set produksi dengan set lokasi aslinya, berhasil membuat siapapun merinding mendengarnya. 

Atmosfer menyeramkan tersebut berhasil dimunculkan ke permukaan, sehingga Anda seakan bisa merasakan ketakutan yang dirasakan oleh sang kedua pemeran utamanya. Lewat film berdurasi kurang lebih 106 menit ini, satu per satu misteri akan terkuak. Selama itu pula penonton bisa merasakan betapa ngerinya nuansa sekitar lokasi sekaligus takjub dengan hasil set lokasinya. Bahkan lewat cuplikan filmnya saja, sudah berhasil membuat penonton ketakutan namun juga penasaran menontonnya. 

Selama menonton filmnya, kemungkinan besar detak jantung mulai berpacu tidak beraturan. Walaupun rasa takut mulai menyelimuti diri, cobalah untuk memperhatikan setiap scene dari awal hingga akhir cerita. Sebab adegan satu dan selanjutnya akan saling berkaitan, dan akan sangat sulit jika Anda melewatkan satu adegan saja hanya karena ketakutan. Alhasil jalan cerita yang ditangkap pun tidak seutuhnya dipahami, sehingga Anda pun masih kebingungan dengan apa yang terjadi. 

Walaupun disebut sebagai film horor, di sela sela ceritanya masih disisipkan dengan candaan ringan yang berhasil mengusir rasa tegang selama film diputar. Film ini pun tidak terlalu sering menampilkan sosok hantu menakutkan yang selalu menjadi sosok andalan untuk film horor. Namun hebatnya sang sutradara mampu mengarahkan penampakan tidak terduga tanpa memberikan peringatan sebelumnya. Setelah mengetahui sinopsis ceritanya, apakah Anda tertarik nonton film perempuan tanah Jahanam ?

Apakah Anda termasuk orang yang penakut namun penasaran dengan jalan cerita film horor satu ini? Sebaiknya pertimbangkan kembali keputusan Anda, karena film satu ini bukan hanya sekedar menampilkan hantu menyeramkan seperti film horor lainnya. Sebab ada beberapa scene yang memperlihatkan aksi yang bisa membuat perut terasa mual. Jika perasaan menontonnya, sebaiknya streaming perempuan tanah Jahanam bersama teman kos agar Anda tidak merasa ketakutan sendiri. 

Kini nonton film Perempuan Tanah Jahanam sudah bisa kamu tonton di beberapa layanan streaming legal di Internet. untuk kamu yang ada masalah takut kuota habis saat menonton filmnya, mungkin kamu bisa cari solusinya dengan ngekos di kosan yang ada fasilitas wifinya.

Kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz yang merupakan Salah satu kosan dengan fasilitas lengkap dengan sewa yang fleksibel dan terjangkau. lengkap dengan fasilitas wifi gratis, parkiran yang cukup luas, keamanan terjaga, kualitas kasur yang nyaman, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC, lemari pakaian yang besar, dan juga tersedianya meja dan kursi.

Yuk cari KoolKost terdekat dari kampus tempat kamu kuliah melalui Aplikasi RedDoorz sekarang!
 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×