Loading...

menu masakan harian

Jika kamu termasuk anak kost yang sedang berupaya berhemat untuk kebutuhan bulanan atau ingin meringankan beban orang tua, maka salah satu caranya tentu saja dengan selalu memasak di rumah kost. Cara ini berguna sekali agar kamu bisa meminimalisir pengeluaran untuk makan.  Karena itu, RedDoorz akan membagikan variasi menu masakan harian mudah yang bisa dilakukan oleh anak kost.  

Kumpulan Menu Masakan Harian untuk Anak Kost 

Menu masakan untuk anak kost biasanya yang mudah dibuat, bahannya pun mudah didapat dan pastinya low budget sesuai dengan kantong anak kost.

Masakan Nasi Goreng Anak Kost 

menu masakan harian

Nasi goreng menu favorite anak kosan (Source:freepik.com)

Nasi goreng bisa dijadikan sebagai menu sarapan pagi simpel yang sangat populer. Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikan menu nasi goreng ini sesuai selera dengan bahan baku yang simpel. 

Caranya yaitu cukup panaskan mentega atau margarin di wajan penggorengan, kemudian tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Sebelum kamu memasukkan nasinya, kamu bisa masukkan bahan-bahan pelengkap yang ada di kost-an. Kamu cukup menambahkan sosis, telur ayam, ataupun bakso untuk pelengkapnya. 

Selanjutnya masukkan nasi ke dalam wajan penggorengan lalu bumbui merica, kecap manis, dan garam, aduk sampai merata. Sangat mudah, kan?

Baca juga: Menu Masakan Khas Sunda Yang Dikangenin Anak Kost Asal Jawa Barat

Roti Goreng

Salah satu menu masakan untuk sarapan ini bisa kamu coba juga lho, sebelum berangkat kerja atau kuliah. Roti tawar tidak hanya enak dipanggang saja, tetapi juga dapat digoreng sebagai santapan sarapan pagi. Caranya kocok telur pada mangkuk tambahkan sedikit merica dan garam. Lalu masukkan roti tawar sepotong ke dalam mangkuk lalu pastikan semua permukaan roti tersebut tertutupi oleh telur dan goreng di atas teflon penggorengan yang sebelumnya sudah dipanaskan dan dilumuri oleh margarin. Untuk menambah kelezatan, kamu bisa menyantap makanan ini dengan sosis atau smoke beef yang telah dimasak dengan teflon.

Resep Steak Tempe

Steak bisa jadi salah satu menu masakan mewah, tapi daripada steak daging yang harganya lebih mahal tentu saja steak tempe lebih mudah dijangkau oleh anak kost. Mengingat harga tempe itu sendiri sangat murah. Dengan menu steak tempe ini, tentu saja kamu bisa mencicipi santapan steak murah meriah dari tempe.

Caranya yaitu cukup dengan mengukus tempe, lalu tumbuh serta uleni tempe dengan tambahan bumbu, selanjutnya bentuk adonan tempe sesuai selera, kemudian goreng sampai warnanya keemasan. Sangat praktis kan? Menu masakan harian anak kost ini bisa kamu buat kapan pun.

Crispy Scrambled Egg

Bagi kamu yang tinggal di rumah kostan, tentu saja kesulitan mempersiapkan sarapan pagi hari, karena tidak mempunyai banyak waktu. Nah, dengan resep makanan ini bisa kamu jadikan solusi tepat untuk sarapan pagi, sebab cara pembuatannya sangat mudah. Caranya hampir sama seperti kamu membuat orak arik telur. 

Bibimbap Anak Kost

Bibimbap termasuk salah satu makanan khas Korea Selatan yang sedang trend saat ini. Sebenarnya konsep dari bibimbab itu sendiri sama seperti nasi campur sederhana ala anak kostan, selama kamu mempunyai chili paste-nya Korea.

Adapun resepnya cukup mencampurkan antara nasi putih yang hangat dengan pelengkap irisan bakso atau sosis goreng, irisan telur dadar, bumbu chilli paste, dan pelengkap sayur rebus (wortel, bayam, buncis, toge atau jagung pipil) lalu aduk nasi sampai tercampur merata. Akan lebih terasa lagi jika kamu mencampurkan acar dan kimchi jika memilikinya.

Tumis Kornet Ala-Ala

Kornet adalah makanan kaleng praktis yang dapat diolah oleh anak kost dengan mudah. Namun hanya mengonsumsi kornetnya saja tentu tidak akan cukup. Kamu dapat mencoba memasak tumisan kornet yang sederhana yang dapat dikreasikan sesuai bahan yang ada di rumah kost kamu.

Caranya cukup panaskan margarin dalam penggorengan sampai harum. Tambahkan bawang merah iris lalu sampai harum. Kemudian masukkan kornet tadi sesuai porsi. Tumis sampai kornet tadi setengah matang. Lalu masukkan bahan tambahan lain seperti sayur yang kamu miliki.

Adapun bahan-bahan sayur yang direkomendasikan ialah potongan kacang panjang atau buncis, jagung pipil, bakso , sosis, potongan wortel dan kentang, sampai tempe atau tahu goreng yang dipotong dadu. Kamu bisa bubuhkan dengan merica, kecap asin dan garam. Nah, untuk satu porsi tumisan kornet sendiri dapat kamu santap dengan bubur atau nasi hangat.

Omelet Menu Masakan Praktis

menu masakan harian
Omelette telur bisa jadi alternatif menu simple (Source: Freepik.com)

Makan telur di goreng atau ceplok mungkin sudah biasa, biar lebih menarik kamu bisa masak omelete telur dengan campuran bahan yang sesuai dengan kesukaan kamu, misal bisa buat omelet telur pakai campur kol, atau bisa tambahkan sawi, kalau lagi ada budget bisa tambah kornet. Sebagai salah satu menu masakan praktis kamu tidak perlu khawatir akan ribet membuatnya, karena caranya sangatlah mudah kamu hanya memotong-motong bahan dan dicampurkan kedalam telur lalu beri bumbu seperti garam dan lada secukupnya, tinggal goreng dan Omelet siap disajikan. Bagaimana, mudah kan?

Baca Juga: Anak Kost Mau Ikut Pola Makan Sehat? Bisa Dong, Ini Caranya!

Martabak Mie Ala Anak Kost 

Mie instan sendiri sudah menjadi makanan yang lumrah bagi anak kost. Akan tetapi, resep mie rebus atau goreng biasa tentu saja sangat membosankan. Karenanya, selain dijadikan omelet kamu juga bisa mencoba martabak mie yang satu ini.

Caranya rebus mie terlebih dahulu, kemudian iriskan lalu tambahkan dengan 2 butir telur dan kocok. Tambahkan dengan sosis atau bakso, lalu potong dadu kemudian masukkan pada adonan mie dan telur tersebut.

Sesudah dicampur oleh bumbu, selanjutnya martabak mie digoreng seperti kamu menggoreng dadar telur. Dalam satu porsi martabak mie ini kamu bisa tambahkan dengan nasi atau bisa dijadikan cemilan berat.

Masakan Pasta Kilat

Pasta merupakan salah satu menu masakan Italia yang bisa dicoba anak kost karena cara memasaknya sangat mudah. Kamu hanya perlu merebus pasta, bisa berupa zucchini, spaghetti, fusilli atau lainnya. Lalu tumis bumbu pelengkap pasta instan. Setelahnya campurkan ke dalam pasta dan 1 piring pasta pun siap disantap.

Jika kamu bosan dengan pelengkap saus pasta instan, kamu bisa kreasikan pasta dengan memakai topping tumis kornet di atas. Sangat simpel, kan?

Nasi Gila Darurat Praktis

Kamu juga bisa mencoba menu nasi gila darurat ini. Kenapa disebut darurat? Sebab menu masakan harian yang satu ini dapat dikreasikan dengan beberapa bahan mudah dan seadanya. Caranya tumis bawang putih dan bawang merah iris dengan margarin sampai harum. Lalu masukkan 2 butir telur dan orek sampai setengah matang.

Setelah itu tambahkan bahan pelengkap lainnya. Untuk bahan pelengkap ini dapat dikreasikan sesuai dengan bahan yang ada, seperti potongan bakso atau sosis, atau potongan sayur. 

Selanjutnya, bumbui dengan kecap manis dan garam. Lalu tambahkan sedikit air lalu masak tumisan tersebut sampai bumbu kecap yang ditambahkan meresap atau air berkurang. Lalu siram tumisan tersebut di atas nasi yang masih hangat. 

Ayam Goreng Mentega

Ayam Goreng mentega bisa dibilang cukup mewah bagi anak kost. Namun untuk porsi makan sendiri rupanya tidak sampai mengeluarkan dana cukup besar. Apalagi, semua bahan yang kamu butuhkan tak terlalu banyak. Sehingga kamu tetap bisa menyantap menu makanan enak saat tinggal di kosan.

Mixed Cereal

Jika kamu tidak memiliki alat masak atau kompor di kost-an? Sereal dapat dijadikan pilihan praktis untuk sarapan. Kamu bisa menyetok sereal favorit bersama susu segar. Kamu juga dapat mencampur berbagai varian sereal kesukaan untuk menambah menu kreatif. Tidak sulit rasanya jika kamu membuat menu yang satu ini walaupun tinggal di rumah kost. Kamu juga bisa menambahkannya dengan sepotong buah pisang dan segelas susu.

Perkedel Tahu

Selain tempe orek, kamu juga bisa mempersiapkan makanan low budget lainnya, seperti perkedel tahu ini. Menu ini juga menyajikan rasa yang lezat dan gurih. Sagat praktis dan mudah sebagai hidangan saat sibuk.

Sosis Gulung Mie

Mie Instan selain dijadikan omelet dan martabak, juga bisa dibuat menjadi sosis gulung mie yang tak kalah gurihnya. Kamu tidak perlu khawatir, sebab cara pembuatannya sangat mudah. Kamu hanya perlu mencelupkan sosis pada telur yang telah dikocok, kemudian gulung mie instan yang telah kamu rebus sebelumnya pada bagian luar sosis. Lalu goreng sosis gulung mie tersebut. 

Pecel Sayur

Bagi para pencinta sayuran, menu yang satu ini dapat dijadikan pilihan ideal bagi kamu. Bahan pecel yang tinggi serat membuat kamu kenyang dalam waktu lebih lama. Lalu bumbu atau saus kacang bisa “menyulap” sajian makanan ini sebagai makanan bercita rasa nikmat dan gurih. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Baca Juga: Sewa Kost Apartement Murah? Bisa di KoolKost!

Bubur Khas Anak Kost

Bubur juga termasuk salah satu makanan yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia saat sarapan pagi. Ini dikarenakan bubur memiliki tekstur yang sangat lembut, jadi mudah dicerna perut. Apalagi bagi yang tak terbiasa sarapan nasi. Bubur dapat kamu masak memakai magic com. Untuk topping nya, kamu dapat menambahkan bahan abon beserta cakwe potong. Jangan lupa pula tambahkan taburan daun bawang dan seledri, saos sambal dan kecap.

Resep Salad Buah

menu masakan harian
Salad buah bisa jadi menu pilihan untuk pola hidup sehat (source:Freepik.com)

Kamu juga dapat mengandalkan bahan buah-buahan yang dapat memenuhi kebutuhan serat dan vitamin. Konsumsi buah langsung memang sangat baik, namun jika bosan kamu bisa mencoba resep salad buah. Kreasikan salad dengan buah-buah kesukaan Kamu. selain memang enak, salad buah juga jadi salah satu menu makanan sehat yang bisa kamu buat dengan mudah.

Menu Masakan Telur Geprek 

Jika kamu bosan dengan telur dadar biasa, atau tidak punya uang banyak untuk membeli ayam, tidak ada salahnya mencoba resep telur geprek yang satu ini. Caranya sangat mudah, kamu juga hanya memerlukan bahan-bahan sambal cabe rawit merah, bawang putih, bawang merah, dan garam, beserta bumbu tambahan untuk adonan kering seperti tepung maizena dan bumbu sajiku dan adonan basah tepung bumbu sajiku dengan air. 

Caranya cukup dadar telur biasanya, lalu potong menyesuaikan selera. Persiapkan adonan basah dan kering. Masukkan telur dadar ke dalam adonan basah, kemudian celupkan ke dalam adonan kering dan goreng sampai kecoklatan. Selanjutnya tinggal ulek bahan-bahan sambal dan siram minyak panas.

Selanjutnya sajikan telur yang sudah dipenyet atau digeprek di atas cobek sambal tadi dan santap bersama nasi hangat. Wah, ngiler yah kalau membahas menu masakan harian di atas, apalagi bahan-bahanya sangat mudah dan low budget, yang tentu saja sangat cocok untuk anak kost. Tapi yang perlu dicatat adalah di kostan kamu ada dapur buat masak, soalnya ribet juga kan kalo goreng nasi di kamar. 

Kalau kamu masih bingung cari kost yang ada fasilitas dapur bersamanya, kamu bisa cari KoolKost dari RedDoorz yang punya banyak pilihan kostan dengan fasilitas ok dan harga sewa terjangkau. Apalagi salah satu fasilitas yang ada di KoolKost disediakan dapur bersama jadi lebih mudah untuk masak sendiri.

Caranya pun mudah, kamu tinggal buka Aplikasi RedDoorz dan cari kost yang sesuai dengan kota atau kampus kamu kuliah, misal kamu kuliah di UI atau Gunadarma, kamu tinggal cari kost dengan kata kunci depok atau menggunakan nama Universitas indonesia atau Gunadarma. Setelah itu akan keluar list kost di Depok lengkap dengan harga sewa harian / bulanannya, termasuk info fasilitas dan lokasi kosan, kamu tinggal pilih yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu mau.

Press Enter To Begin Your Search
×