Loading...

Saat ini banyak orang yang semakin peduli dengan kesehatan. Hal ini terlihat karena sebagian orang menjaga pola makan yang dikonsumsi setiap harinya, termasuk anak kost. Untuk itu, bagi kamu yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, berikut ini akan diulas beberapa menu diet sehat yang cocok ala anak kosan. Jangan takut merogoh budget yang tinggi, pasalnya menu ini memiliki harga yang ramah di kantong dan mudah untuk kamu temukan.

menu diet sehat

Menu sarapan diet dengan oatmeal dan rebusan sayur serta telur (Source:freepik.com)

Contoh Menu Diet Sehat Dengan Menghitung Kalori

Bagi anak muda, kamu bisa mencoba untuk menu diet yang sehat dengan menghitung kalori yang terdapat pada makanan. Dimana, untuk kamu yang ingin tiap harinya mengkonsumsi setidaknya 2000 kalori, maka pada sarapan kamu bisa menambahkan semangkuk sereal dengan buah kismis dan juga susu rendah lemak. Apabila kamu memiliki uang saku yang berlebih, maka tambahkan satu buah pisang dan satu lembar roti gandum.

Untuk makan siangnya, kamu bisa mencoba menu yang lebih mengenyangkan. Mulai dari roti yang di dalamnya berisi selada, ayam, dan tumis jamur. Setelah itu, apabila kamu belum kenyang, maka rebuslah kentang sekitar 200 gram. Kentang merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat, sehingga termasuk salah satu menu diet sehat tanpa nasi yang bisa untuk kamu konsumsi.

Disaat makan malam, maka kamu bisa membuat capcay tahu yang lengkap dengan sayuran. Pastikan pula untuk menambahkan semangkuk nasi merah. Dan untuk minumannya, maka secangkir es teh lemon bisa menutup hari yang melelahkan. Apabila kamu masih merasa lapar, ada baiknya juga mengkonsumsi camilan yang menyehatkan. Sehingga kamu bisa ngemil yoghurt dan campurkan dengan buah segar yang kamu miliki.

Selanjutnya, bagi kamu yang ingin diet dengan jumlah 1500 kalori, maka sarapan menu diet sehat bisa dengan mengkonsumsi satu iris roti gandum dan selai kacang. Kemudian, untuk menambah tenaga, tambahkan satu butir telur rebus dan satu buah jeruk. Ditutup dengan secangkir teh hangat tanpa gula yang akan menghangatkan tubuh dan membuat kamu lebih berenergi untuk menghadapi hari.

Di saat jam makan siang, kamu bisa mengkonsumsi dua iris roti gandum, satu slice keju, sekitar 200 gram daging sapi panggang dan satu cangkir susu yang mengandung rendah lemak. Makan malamnya, kamu bisa mengkonsumsi 300 gram dada ayam dan merebusnya. Jangan lupa untuk tambahkan sayuran yakni segelas brokoli dan juga segelas kacang hitam. Untuk minumannya, kamu bisa meminum segelas susu yang rendah lemak.

Contoh menu diet sehat yang mengandung kalori 1500 maka kamu bisa sarapan dengan oatmeal. Campurkan satu sendok madu ke dalam oatmeal untuk menambahkan rasa dan juga satu gelas jus jeruk untuk segarkan harimu. Saat makan siang, ada baiknya kamu menambahkan karbohidrat, seperti dua potong roti gandum yang berisi dada ayam.

Selain itu, jangan lupa untuk tambahkan sayuran seperti selada dan tomat serta mustard yang akan membuat kamu lebih berenergi. saat makan malam kamu bisa mengkonsumsi ikan dan selada, ditambah satu gelas kacang hijau. Untuk camilannya sendiri, kamu bisa mengkonsumsi buah dengan harga yang terjangkau. Meskipun kamu anak kost, kebutuhan buah dan sayuran haruslah tetap terpenuhi.

Menu Diet Untuk Pemula

menu diet sehat

Menu diet identik dengan pengolahan tanpa digoreng (source:freepik.com)

Bagi kamu yang ingin menerapkan menu diet sehat murah, maka bisa mencoba menu satu ini. untuk pemula, ada baiknya kamu menerapkan menu diet tanpa menggunakan nasi. Akan tetapi, sebagai gantinya kamu bisa meningkatkan asupan protein sehingga tubuh tetap menjadi sehat. Sebagai menu pertama, kamu bisa sarapan dengan hanya mengkonsumsi teh atau kopi tanpa diberikan gula atau pemanis apapun.

Ketika makan siang, mulailah untuk mengkonsumsi dada ayam yang sebelumnya telah dibumbui dengan merica, garam, bawang putih dan juga mentega. Untuk makan malamnya, kamu bisa memilih menu yang mengandung sayuran. Sebut saja seperti sup daging sapi dan tambahkan tomat serta keju dan mentega. Dimana yang sebelumnya telah diberikan bumbu garam, merica dan bawang putih.

Varian menu diet sehat kedua yang bisa kamu coba sebagai pemula adalah diawali dengan sarapan menggunakan milkshake atau susu low fat. Makan siangnya, kamu bisa mengkonsumsi ikan lengkap dengan salad sayur. Untuk menambah rasa, tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis sehingga akan menciptakan rasa yang segar. Apabila kamu memiliki stok keju yang berlebih, tambahkan saja untuk melengkapi makan siangmu.

Sebagai menu makan malam, kamu bisa mencoba menu salad sayur yang ditambahkan dengan potongan daging, tomat serta keju. Untuk camilannya sendiri, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan sehat yang tidak terlalu mengenyangkan seperti buah. Ada berbagai buah yang bisa untuk kamu beli dengan harga terjangkau. Sehingga, menu diet yang kamu jalankan tetap irit.

Contoh menu diet sehat murah dan mudah selanjutnya, kamu bisa mencoba sarapan dengan menggunakan smoothies pisang dan alpukat. Tambahkan juga susu untuk menambah energi kamu dalam memulai aktifitas. Setelah itu, pada jam makan siang kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi menu yakni salad sayur. Lengkapi pula kebutuhan protein di dalam tubuh dengan udang atau dada ayam yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan keju.

Untuk makan malamnya, kamu bisa menambahkan ikan laut panggang yang bisa kamu cari di pasar dengan harga yang sesuai dengan kantong. Setelah itu, tambahkan beberapa sayuran yang kamu miliki seperti tomat dan juga selada. Apabila kamu mempunyai buah sisa kemarin, maka kamu bisa memakannya di malam hari untuk mengisi perutmu yang masih belum kenyang.

Menu Diet Dengan Harga yang Terjangkau

Bagi anak kosan, mengkonsumsi makanan dengan harga yang terjangkau menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran di akhir bulan. Lalu bagaimana jika kamu tetap harus berdiet? Tak perlu khawatir, karena beberapa varian menu satu ini bisa kamu konsumsi ketika uang saku telah menipis. Dan tentu saja akan tetap sehat untuk dikonsumsi meskipun dengan harga yang ramah di kantong.

Varian menu diet sehat murah dan mudah yang pertama adalah ketika sarapan. Saat makan pagi, kamu bisa mengkonsumsi dua butir telur ayam rebus. Apabila masih kurang, tambahkan beberapa potongan buah melon yang segar dan segelas teh tanpa gula. Di makan siang, kamu bisa merebus kentang dan tumis brokoli serta wortel. Masaklah kedua sayur tersebut dengan menggunakan mentega.

Sedangkan untuk makan malam kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah buahan yang memiliki harga terjangkau. Seperti satu buah pisang dan juga buah apel apabila sedang terdapat diskon di minimarket. Setelah itu, kamu bisa minum susu rendah lemak untuk menutup harimu. Meskipun menu yang disediakan cukup sederhana, namun bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh ketika sedang diet.

Untuk menu yang kedua, maka kamu bisa sarapan dengan menggunakan dua lembar roti tawar. Tak hanya itu saja, tambahkan beberapa selai sesuai dengan yang kamu miliki. Bisa selai coklat, selai strawberry maupun selain kacang. apabila kamu memiliki selai kacang ada baiknya untuk menggunakannya. Hal ini dikarenakan selai kacang memiliki energi yang lebih tinggi dibanding selai yang lain.

Memasuki jam makan siang, maka menu diet sehat yang bisa kamu konsumsi adalah pecel sayur. Pecel sayur yang terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kubis, tauge dan juga sayuran hijau akan mencukupi kebutuhan akan serat mu di siang hari. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan menambahkan protein, seperti telur dikocok lepas menggunakan mentega maupun tempe kukus. Makan malamnya, kamu bisa mengkonsumsi buah dan bubur kacang yang lezat.

Menu diet dengan harga yang terjangkau tersebut bisa kamu ganti menunya setiap hari. Sehingga, kamu nantinya  tidak akan bosan. Di dalam memenuhi kebutuhan akan protein, kamu bisa membeli ayam, telur maupun tahu dan tempe yang memang memiliki harga terjangkau. Sedangkan untuk buah, pilihlah buah yang sedang musim. Pasalnya, jika kamu membeli buah yang sedang musim maka kamu bisa mendapatkan harga yang murah dalam jumlah banyak.

Atau kamu bisa masak menu diet kamu sendiri, seperti sayur rebus atau ikan yang digoreng dengan minyak zaitun. Jangan lupa pastikan kosan kamu ada dapur bersamanya jadi kamu bisa masak dengan mudah. Salah satu kosan yang menyediakan dapur bersama adalah KoolKost dari RedDoorz, selain lengkap dengan dapur bersama KoolKost juga menyediakan fasiltias wifi gratis dan juga kamar kost yang sudah ber-AC dan adanya kamar mandi dalam

Menu Diet Sehat Seminggu Yang Bisa Kamu Coba

menu diet sehat

Menu diet ala anak kosan (source:freepik.com)

Menu diet sehat 7 hari ini bisa kamu coba ketika di awal bulan. Sehingga, kamu bisa memenuhi kebutuhan gizi dengan asupan makanan yang bernutrisi. Hari pertama, saat sarapan kamu bisa untuk memasak oatmeal yang ditambahkan dengan kayu manis. tambahkan pula susu almond maupun susu segar untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kamu.

Setelah itu, saat makan siang kamu bisa menyajikan ikan panggang dengan mayo serta beberapa potong alpukat. Ketika makan malam, kamu bisa mengkonsumsi ayam panggang sebanyak 120 gram dengan brokoli yang direbus. Menu diet sehat seminggu pada hari kedua, kamu bisa meminum smoothie buah dan juga granola serta selai kacang. Saat makan siang, tambahkan dua kentang rebus, tumis ayam, wortel dan juga kale untuk memenuhi kebutuhan serat dan protein.

Barulah saat makan malam, kamu bisa mengkonsumsi seafood bakar dan tumisan jagung serta tomat yang ditambah dengan keju parut. Hari ketiga, kamu bisa beralih ke oatmeal dan susu tanpa lemak. Apabila kamu memiliki jeruk, maka setengah buah jeruk sangat pas untuk menambah menu sarapan kamu. saat makan siang, mulailah untuk mengkonsumsi sayur. Kamu bisa mencoba ikan panggang dan juga salad bayam. 

Serta untuk menu diet sehat saat makan malam, pilihlah nasi merah dengan tumis udang sayuran yang menggoda selera. Hari keempat, kamu bisa sarapan dengan dua butir telur goreng, 1 potong roti gandum dan juga selai kacang yang diberikan irisan pisang. Apabila kamu suka sushi, satu roll sushi yang berisi alpukat, mentimun dan nasi merah dapat kamu buat untuk mengenyangkan perutmu.

Dan untuk makan malamnya, ditutup dengan ubi jalar panggang, ikan panggang dan juga selada. Kamu bisa memadukan makanan sesuai dengan selera selama tujuh hari agar tidak bosan. Usahakan untuk memenuhi segala kebutuhan akan protein dan serat ketika kamu sedang berdiet. Selain itu, kamu juga bisa untuk mulai mengurangi konsumsi karbo yang berlebihan.

Dengan menerapkan beberapa menu tersebut, maka kamu bisa membuat menu diet sehat 30 hari dengan mudah. Tak perlu langsung diet ketat selama 30 hari, kamu hanya perlu untuk mencoba selama seminggu terlebih dahulu. Apabila belum menunjukkan hasil yang maksimal, maka kamu bisa mencoba untuk melanjutkan diet tersebut hingga mendapatkan bentuk tubuh  sesuai dengan yang kamu inginkan.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×