Loading...

 

Di era digital seperti saat ini, kamu tentunya pernah yang mendengar istilah Digital Marketing atau juga yang dikenal pemasaran digital. Jika menilik pada pengertiannya, pemasaran ini dilakukan dengan menggunakan media secara digital. Sementara orang yang bekerja dinamakan digital marketer. Untuk tahu lebih banyak, yuk simak ulasan berikut.

digital marketing

Profesi digital marketing kini semakin banyak dicari (source:freepik.com)

Tentang Pekerjaan Digital Marketing untuk Tambah Wawasan

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu banyak hal, ketika kamu masih menjadi seorang mahasiswa atau anak kost Jakarta maupun kota lainnya. Saat ini kamu hanya perlu untuk mengetikkan sesuatu di kolom pencarian maka yang kamu butuhkan akan muncul. Termasuk ketika kamu ingin tahu perihal pekerjaan yang kamu inginkan di masa mendatang.

Salah satu pekerjaan yang begitu kondang pada zaman digital ini adalah pemasaran digital. Secara pengertian pemasaran online merupakan proses atau cara untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa dengan menggunakan media digital. Karena cara ini akan menjangkau banyak pasar secara real time, relevan dan secara personil.

Oleh sebab itu, saat ini banyak sekali dibutuhkan digital marketer untuk bisa duduk dan melakukan pekerjaan digital marketing. Pekerjaan yang dilakukan mungkin terlihat sederhana, padahal proses serta teknik yang digunakan sangat kompleks. Dan masing masing posisi akan memiliki tanggung jawab dan tugas masing masing.

Seorang pemasaran digital juga memiliki tugas utama yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Untuk itu ketika kamu mempelajarinya lebih cepat, maka kamu bisa segera mengasah kemampuan kamu. Karena belajar digital marketing tidak akan membuat kamu rugi, mengingat profesi termasuk profesi yang bisa meraup banyak keuntungan.

Selain itu ada banyak perusahaan yang membutuhkan seorang specialist pemasaran digital.  Jika dilihat secara garis besar, tanggung jawab seorang pemasaran digital adalah semua hal yang berkaitan dengan pemasaran suatu produk serta branding suatu produk. Ada beberapa teknik yang harus dilakukan untuk membuat strategi pemasaran digital ini berhasil.

Peran lainnya yaitu harus menyusun perencanaan yang nantinya akan digunakan untuk melakukan promosi pada channel digital. Perencanaan nantinya juga sangat berkaitan erat untuk membuat konsep campaign marketing maupun distribusi content campaign. Tidak ketinggalan seorang digital marketer juga harus meningkatkan dan memelihara engagement dengan pelanggan.

Memang mereka tidak akan bertemu langsung dengan pelanggan, tetapi melalui media sosial atau platform inilah harus menjaganya. Caranya, dengan memberikan komentar atau balasan atas konten yang dibagikan. Seorang Digital Marketing juga berperan untuk mengoptimasi serta meningkatkan peringkat pada laman agar produk atau jasa muncul di search engine.

Baca Juga: Tips Mencari Kerja di Era Digital

Teknik Pemasaran yang Diterapkan Pada Pekerjaan Digital Marketing Online

digital marketing

Analisis data sebagai salah satu tugas dari Digital Marketing (source:freepik.com)

Mengenal tentang pekerjaan digital marketing tidak hanya berhenti pada pengertian serta tanggung jawabnya. Karena teknik yang dilakukan untuk membuat pemasaran optimal juga harus kamu ketahui. Hal ini karena seorang pemasaran digital pasti merupakan seorang yang mampu untuk menguasai teknik dan melakukan pengelolaan pada beberapa media sosial. 

1. Search Engine Marketing (SEM) 

SEM atau Search Engine Marketing merupakan salah satu strategi marketing yang tujuannya untuk meningkatkan visibilitas situs atau website pada mesin pencarian. Untuk cara kerjanya, pemasang iklan akan memiliki beberapa keyword atau kata kunci yang berkaitan pada produk atau jasa yang dijual. Sehingga ketika ada orang yang mencari akan ditemukan oleh mesin pencarian.

SEM ini harus membayar pada Google Ads, dimana biayanya akan ditetapkan per klik berdasarkan kata kunci yang beragam. Selain itu juga tergantung pada tingkat kompetisi dari keyword itu sendiri. Inilah menjadi pekerjaan digital marketing online, agar biaya yang dikeluarkan benar benar mendapatkan hasil yang optimal.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Selain SEM, seorang pemasaran digital juga harus menguasai yang namanya SEO. Jika dilansir dari berbagai sumber, SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik yang berfokus pada optimasi pada website untuk mendapatkan peringkat paling tinggi di hasil pencarian. Secara sederhana, SEO lebih pada isi kontennya bukan pada websitenya saja.

Tujuan adanya SEO ini tentunya untuk menaikkan traffic pada website atau situs tersebut. Tidak hanya mampu menaikkan trafik, tujuan lainnya juga mampu untuk meraih tujuan seperti yang telah ditargetkan. Hanya saja dalam SEO ini harus ada beberapa aturan yang harus dipenuhi dari pihak Google yang masih mencari mesin pencarian utama saat ini.

Untuk itu kamu juga perlu belajar SEO untuk menjadi seorang pemasaran digital yang profesional. Apalagi jenjang karir digital marketing juga termasuk yang menggiurkan. Kamu bisa menentukan akan lebih condong pada teknik yang mana, sebab ada juga SEO Specialist yang pastinya dibutuhkan. 

3. Website Marketing

Untuk selanjutnya merupakan teknik selanjutnya dan seorang website marketing harus memiliki kemampuan untuk memberikan saran serta arahan dalam website. Yang ingin dicapai oleh teknik tentunya menjadikan website sebagai alat marketing yang mampu meningkatkan pengunjung atau terjualnya sebuah produk dan digunakannya sebuah jasa.

Dalam prakteknya, kamu perlu untuk memperhatikan banyak hal pada teknik ini. Seperti mengarahkan landing page dan juga website. Penampilan dari websitenya juga harus menjadi perhatian yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Mulai dari desain, copywriting, navigasi hingga beberapa hal yang mampu untuk menarik perhatian pelanggan.

Kamu harus tahu, jika website marketing tidak membuat website, tetapi hanya membantu sehingga website mendapatkan banyak kunjungan. Sementara untuk yang membuat website dikenal dengan web developer programmer. Antara digital marketing dengan seorang pembuat web ini akan saling bekerja sama dan juga terhubung agar tujuan bisa tercapai.

4. Social Media Marketing

Ranah digital yang begitu luas, tentunya tidak bisa melupakan keberadaan media sosial sebagai salah satu alat untuk melakukan pemasaran. Dan seorang pemasaran digital juga harus mengetahui cara menjadikan media sosial sebagai alat marketing. Saat ini juga sudah banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk promosi jasa atau produk.

Tetapi, jika tidak mengetahui bagaimana strateginya maka akan kesulitan. Mendapatkan atensi dari banyak khalayak walaupun di media sosial tidak semudah itu. Membangun branding ini membutuhkan trik trik khusus sehingga perusahaan nantinya bisa meraih tujuan. Namun pekerja yang menguasai teknik ini menjadi yang paling banyak dicari.

Sehingga bisa dikatakan dari semua digital marketer, yang bergerak dalam sosial media menjadi pekerjaan digital yang menjanjikan. Hal ini tentu saja ditunjang dengan semakin banyaknya pengguna media sosial yang harus dimanfaatkan dengan baik. Kamu bisa menjadikan ini sebagai materi belajar digital marketing untuk pemula agar makin mahir. Bila kamu sudah mahir menjadi seorang Digital Marketer, maka tidak menutup kemungkinan kamu bisa melakukan beberapa usaha sampingan yang juga bisa kamu lakukan sambil kerja di Kantor.

Cara Untuk Terjun Dalam Dunia Pemasaran Digital 

digital marketing

Untuk bisa terjun dalam Digital marketing harus selalu mau belajar hal baru (source:freepik.com)

Setelah mengetahui tentang skop kerja digital marketing, mungkin saja kamu benar benar tertarik. Apalagi generasi muda saat ini sudah sangat akrab dengan teknologi, sehingga untuk kamu yang merasa cocok bisa mengetahui langkah yang tepat untuk masuk pada pekerjaan ini. Ada beberapa skill yang harus kamu asah agar mampu bekerja menjadi digital marketer.

1. Kemampuan Mengelola Media Sosial 

Sebenarnya untuk bisa terjun dalam dunia satu ini tidaklah sulit, hanya saja kamu memang haru memahami beberapa hal terlebih dahulu. Bahkan kalau bisa kamu dalam kondisi menguasai beberapa di antaranya. Menariknya kamu bisa belajar hal ini dari internet dan otodidak. Meskipun juga bisa dengan menghadiri pelatihan digital marketing.

Keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan agar kamu bisa terjun dalam dunia pemasaran digital adalah yang pandai dalam mengelola media sosial. Mengingat saat ini selain website, para perusahaan dan brand besar juga menjadikan sosial media sebagai alat pemasaran. Penggunanya bahkan bisa disasar berdasarkan segmentasi atau target pasar dari produk atau jasa tersebut.

Sehingga jika kamu berniat untuk terjun dan berprofesi sebagai seorang pemasaran digital, media sosial menjadi hal yang harus kamu kuasai. Bahkan kemampuan untuk menulis caption atau membuat konten saja menjadi sebuah skill yang berharga. Karena tidak semua orang dibekali dengan kelebihan tersebut.

2. Kemampuan Menulis

Selanjutnya yang tidak boleh ditawar adalah kemampuan untuk menulis dengan baik. Skill ini akan membawamu untuk menjadi seorang pemasaran digital yang handal. Karena menulis masih memiliki pengaruh yang begitu signifikan agar kegiatan pemasaran secara digital kamu menembus keberhasilan.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan menggunakan teks yang mampu dibaca oleh manusia serta mesin ini perlu diasah. Kamu bisa menuliskan kata kata persuasif sehingga nantinya orang tertarik pada produk atau jasa yang kamu tawarkan. Walaupun nantinya tetap ditambahkan gambar atau video, penulisan tetap dibutuhkan.

Sebelum kamu bisa beranjak pada digital yang lain, seperti podcast atau video marketing kamu harus mendasarinya dengan penulisan yang baik. Saat ini sudah banyak pelatihan digital marketing yang menawarkan materi penulisan untuk konten yang bisa kamu ikuti. Perlu kamu tahu semua orang bisa menulis, tetapi tidak semuanya mau untuk belajar.

3. SEO

Kemampuan yang juga harus kamu miliki untuk terjun dalam dunia pemasaran digital adalah SEO. Rasanya tidak lengkap jika kamu memiliki kemampuan menulis serta media sosial, tetapi kamu tidak mengetahui SEO. Apalagi SEO menjadi ilmu yang sangat dicari hampir di semua perusahaan. Sehingga kamu bisa memiliki jenjang karir yang menjanjikan nantinya.

Dengan keahlian SEO, kegiatan menulis dan pengelolaan media sosial kamu juga akan lebih maksimal hasilnya. Belum tentu dari menulis bisa mendapatkan trafik yang baik, tetapi jika ditambahkan dengan SEO, kemungkinan menanjak akan terlihat. Walaupun ada alternatif lain seperti AdWord yang bisa membuat rangking naik, tetapi biayanya cukup mahal.

4. Wordpress

Untuk membuat kamu menjadi seorang digital marketing yang handal, alangkah baiknya jika kamu juga memiliki kemampuan untuk menguasai Wordpress. Karena Wordpress dalam dunia pemasaran digital layaknya kamu yang harus menguasai Microsoft Word jaman dahulu. Aktivitas blogging ini memang tidak bisa kamu pisahkan dalam kegiatan kamu.

Menguasai pengoperasian mesin blog ini bisa kamu lakukan dengan memiliki Wordpress sendiri. Mengutak atiknya tidaklah terlalu sulit, kamu juga bisa belajar dari berbagai sumber untuk melakukannya. Hingga kini Wordpress masih banyak yang menggunakannya, sehingga semua kemampuan yang lain bisa lebih maksimal.

Potensi pertumbuhan karir pada bidang pemasaran digital untuk kedepannya akan semakin menjanjikan. Kamu bisa memulainya untuk menjadi digital marketing officer hingga akhirnya bisa meraih posisi digital marketing executive. Dan semua jurusan sebenarnya bisa berpotensi untuk meraih pekerjaan ini, asalkan kemampuan kamu mumpuni.

Saat era digital saat ini memang banyak profesi baru yang bermunculan, selain itu dengan berkembangnya teknologi digital juga membuat banyak hal menjadi lebih mudah, salah satunya adalah kemudahan mencari kosan dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz. Kamu bisa dengan mudah menemukan kosan yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang sesuai dengan keinginan kamu.  Caranya pun cukup simple, tinggal buka Aplikasi RedDoorz lalu pilih Kost Houses dan masukkan kata kunci pada fitur KoolKost Search, disitu kamu bisa memasukkan kata kunci seperti nama kota, nama daerah tertentu, atau bisa juga nama universitas tempat kamu kuliah.  Yuk cari kosan yang kamu inginkan sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×