Loading...

 

Di jaman yang serba modern, banyak sekali anak kuliahan dan anak kosan yang mulai bekerja magang. Baik itu sambil kuliah maupun sambil menunggu panggilan kerja. Intern sendiri menjadi salah satu langkah yang bisa kamu ambil untuk menambah pengalaman. Hal ini dikarenakan saat kamu bekerja sebagai anak intern, tentu saja kamu bisa mengerti bagaimana kondisi kerja yang sesungguhnya. Selain itu, ada banyak alasan mengapa kamu harus intern, simak selengkapnya.

magang

Kerja magang untuk mulai melihat dunia kerja (source:freepik.com)

Alasan yang Mendasari Kamu Harus Kerja Magang 

1. Dapat Meningkatkan Relasi

Hal pertama yang menjadi alasan mengapa kerja magang itu penting adalah kamu bisa menambah relasi atau jaringan. Hal ini dikarenakan kamu tidak akan tahu siapa saja yang nantinya akan kamu temui ketika intern. Bisa saja ketika kamu bekerja sebagai pegawai tidak tetap di perusahaan tersebut, kamu bisa bertemu dengan seseorang yang menawarkan sebuah pekerjaan full time.

Bahkan tak menutup kemungkinan orang tersebut dapat menjadi mentor ataupun partner untuk membuka start up baru. Untuk itu, ketika kamu bekerja sebagai intern secara tidak langsung kamu akan mendapatkan banyak kenalan baru. Inilah saat yang tepat bagi kamu untuk melebarkan sayap dan menjaring relasi sebanyak mungkin. Selain dapat bertemu dengan seseorang yang profesional, kamu juga bertemu dengan seseorang yang sama di bidangmu.

2. Berpeluang Besar Untuk Diterima Bekerja

Kerja magang adalah salah satu bentuk pengenalan terhadap dunia kerja. Sehingga, ketika sebelumnya kamu pernah intern, maka nantinya hal ini akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan untuk memperkerjakanmu. Pasalnya, kamu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut, karena kamu telah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya.

Hal ini dikarenakan perusahaan akan lebih memilih, calon karyawan yang sebelumnya pernah memiliki pengalaman yang relevan. Sehingga, ketika kamu pernah intern di salah satu perusahaan yang setipe, maka akan meningkatkan peluang kamu untuk diterima. Untuk itu, sebagai anak kosan yang sudah tidak ada kuliah, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk magang di salah satu perusahaan yang sesuai dengan passion kamu.

Baca Juga: Latihan Jawab Pertanyaan Interview di Kostan

3. Ajang Untuk Membuktikan Diri

intern juga dapat berfungsi sebagai ajang untuk pembuktian diri. dikarenakan nantinya kamu akan merasakan bekerja di perusahaan dalam waktu sekitar 3 hingga 6 bulan. Pada kurun waktu tersebut, kamu bisa melakukannya dengan kerja keras. Sehingga, perusahaan mengetahui niat dan jerih payah yang telah kamu lakukan. Selain itu, ketika masa intern juga dapat menjadi salah satu cara bagi kamu mempelajari banyak hal yang baru.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kesempatan satu ini sebagai ajang untuk membuktikan bahwa kamu merupakan mahasiswa yang kompeten. Sehingga perusahaan bisa menilai bahwa kamu adalah orang yang bisa diandalkan meskipun hanya sebagai pegawai intern. Hal ini juga membuktikan bahwa perusahaan tidak salah dalam memilih kamu nantinya.

Selain itu, ketika kamu bekerja keras sewaktu intern dapat bertujuan agar nantinya saat lulus kuliah, kamu pun akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan. Karena kamu telah memiliki karir dan jaringan yang baik selama kerja magang. Namun juga didukung dengan adanya track record yang baik, karena selama intern di perusahaan tersebut, kamu bisa melakukan tugas dengan tanggung jawab.

4. Dapat Menguasai Kemampuan Baru

Dengan banyaknya manfaat yang kamu dapatkan dari magang, tentu saja dapat menjadi sesuatu yang bisa kamu coba untuk meningkatkan skill atau kemampuan yang kamu miliki. Kamu pun bisa dengan mudah menemukan lowongan kerja magang yang ada di media sosial maupun internet. Dari situ, nantinya kamu akan bisa menemukan jenis intern yang memang sesuai dengan bidang kamu.

Atau bahkan kamu memilih jenis bidang baru yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya. Sehingga, dengan intern dapat menjadi ajang bagi kamu untuk menguasai kemampuan dan bidang yang baru. Selain itu, pada saat intern juga akan banyak hal yang nantinya akan menjadi tanggung jawabmu. Dengan adanya kesempatan tersebut, kamu juga akan sekaligus untuk belajar hal maupun keterampilan yang baru.

Sehingga nantinya ketika kamu telah terjun ke dunia kerja, tentu saja hal ini akan menjadi nilai tambah dibandingkan dengan pesaing lain yang sebelumnya tidak pernah kerja intern. Untuk itu, ketika intern ini tak ada salahnya bagi kamu untuk belajar berbagai macam bidang lain yang memang baru dan belum pernah kamu kuasai sebelumnya. Sehingga, ketika ada perusahaan yang membutuhkan divisi tersebut, kamu bisa mengisinya karena telah memiliki pengalaman kerja.

5. Dapat Menjadi Cara Untuk Hidup Mandiri

Saat ini banyak sekali tersedia loker magang yang bisa untuk kamu coba. Sehingga, kamu pun bisa melamar untuk bekerja secara intern terlebih dahulu apabila belum ada panggilan kerja sama sekali. Selain itu, dengan intern juga menjadi salah satu cara agar kamu bisa hidup dengan mandiri. Pasalnya, ketika kamu ingin bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki rutinitas kompeten, maka biasanya pekerjaan tersebut akan berada di kota besar.

Dengan situasi tersebut, akan memaksa kamu mau tidak mau untuk pindah dan merantau selama beberapa bulan. Hal inilah yang bisa menjadi pelajaran hidup mandiri. Sehingga, kamu akan jauh dari rumah maupun bertemu dengan teman yang baru. Kamu bisa menjadikan hal satu ini sebagai batu loncatan agar ke depannya bisa hidup dengan lebih mandiri dan siap masuk di dunia kerja.

6. Mengetahui Bidang yang Disukai

Selain itu, dengan melamar sebagai intern di bidang yang belum pernah kamu coba sebelumnya, dapat menjadi batu loncatan dan mengetahui bidang baru yang kamu sukai. Hal ini dikarenakan ketika masa magang merupakan salah satu proses dimana kamu akan mengenal hal yang baru. Sehingga di masa ini, kamu menjadi tahu mana bidang yang kamu sukai dan mana yang tidak.

Dengan intern juga dapat menjadi salah satu gambaran akan pekerjaan sebelum kamu mulai terjun ke dunia kerja yang sebenarnya. Sehingga, ketika kamu telah memiliki pengalaman magang maka tak akan ada lagi alasan kamu salah memilih pekerjaan. Karena kamu sebelumnya telah mengetahui bidang dan jenis pekerjaan apa yang memang kamu inginkan dan kamu sukai.

Tips Kerja Magang yang Perlu Kamu Tahu

magang

Pengalaman kerja magang itu sangat menyenangkan (source:freepik.com)

Setelah kamu mengetahui apa saja alasan mengapa kamu harus kerja sebagai intern, maka kamu juga harus tahu apa saja tips kerja magang di perusahaan. Pertama, pastikan kamu mengetahui dan mempelajari setiap aturan yang terdapat di perusahaan tersebut. Sehingga, kamu bisa tahu terlebih dahulu bagaimana lingkungan kerja yang ada di kantor maupun perusahaan tersebut.

Selama menjadi anak intern, pastikan kamu untuk bersifat ramah. Sebab kamu merupakan anak baru, sebisa mungkin tidak memasang tampak yang jutek terhadap sesama anak intern. Dan terutama terhadap pegawai yang telah lebih lama bekerja di perusahaan tersebut. Setelah kamu bersikap ramah, kamu juga perlu memiliki adab dan perilaku yang baik sekaligus sopan.

Usahakan untuk jangan gampang menolak pekerjaan yang diberikan. Hal ini disebabkan kamu masih anak intern yang tentunya memiliki pengalaman yang lebih sedikit, dibandingkan karyawan lain yang telah lama bekerja di tempat tersebut. Untuk itu, dengan menerima banyak pekerjaan dapat sebagai ajang untuk mengetahui bagaimana tugas dan pekerjaan dari perusahaan tersebut.

Selain itu, usahakan untuk tidak datang secara terlambat ketika masa intern. Sebab, nanti kamu akan dicap sebagai anak yang tidak bertanggung jawab dan tidak on time. Selain itu, hindari untuk menganggap waktu intern sama seperti saat sedang kuliah. Pasalnya, di dalam bekerja kamu harus memiliki sifat inisiatif untuk belajar. Apabila kamu terlalu pendiam maka kamu nantinya pun tidak akan bisa untuk mendapat pengalaman apapun.

Bukan hanya itu saja, ketika dalam proses bekerja ada sesuatu hal yang belum kamu pahami, maka jangan takut untuk bertanya. Dengan bertanya, kamu akan menjadi lebih tahu tentang pekerjaan yang kamu lakukan. Bertanya bisa dalam berbagai macam hal, mulai dari masalah tanggung jawab di dalam pekerjaan maupun terkait aturan yang ada di perusahaan tersebut.

Bagaimana Cara Untuk Melamar Kerja Magang

magang

Tips sukses interview kerja magang (source:freepik.com)

Bagi kamu yang mulai tertarik untuk magang, banyak cara melamar kerja magang yang bisa kamu tahu. Pertama, kamu bisa mencari beberapa informasi di internet, media sosial maupun kampus yang menyediakan loker magang terbaru. Apabila kamu mencari informasi tersebut melalui internet, maka kamu bisa melakukan pencarian keyword yakni dengan mengetik intern dan sebutkan di mana kamu ingin melamar.

Kamu bisa meluangkan banyak waktu untuk melakukan hal pencarian tersebut. Sehingga, nantinya kamu bisa mendapatkan lowongan kerja terbaru magang yang memang up to date. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencari berbagai perusahaan kredibel yang menerima intern. Di sini, kamu bisa mengetahui job desk apa yang memang sedang dibutuhkan dan mencari tahu pekerjaan mana saja yang sesuai dengan bidang yang kamu miliki.

Selain mencari perusahaan yang telah kredibel, maka kamu juga bisa untuk mencari perusahaan start up karena biasanya perusahaan tersebut akan membuka banyak pekerjaan intern. Akan tetapi, di dalam memilih intern di perusahaan start up maka anda pun bisa mencari yang sesuai dengan bidang dan ranah yang memang kamu kuasai atau sukai. Sehingga, jangan sampai kamu asal memilih perusahaan karena memang namanya terdengar keren saja.

Tak hanya mencari lewat media sosial dan internet saja, kamu juga bisa memanfaatkan situs dan aplikasi Linkedin untuk menjalin relasi dengan perusahaan besar. Hal ini dikarenakan tak jarang banyak karyawan maupun CEO yang memiliki akun di Linkedin. Sehingga, kamu bisa memperbaiki dan mengupdate CV yang kamu miliki di LinkedIn, dengan begitu nantinya kan mudah dilirik oleh perusahaan tersebut dan mempermudah karir kamu di dunia intern.

Itulah beberapa alasan pentingnya kamu bekerja sebagai intern. Selain itu, dengan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bidang kamu dapat menjadi batu loncatan agar kamu lebih sukses di dalam mencari kerja. Hal ini dikarenakan saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan dan mencari pekerja intern. Selain menambah pengalaman, kamu juga bisa menambah uang saku dengan melamar sebagai pekerja intern di sebuah perusahaan.

Saat kamu kerja magang kamu mungkin bisa cari kosan dekat kantor kamu nantinya, supaya hemat waktu dan hemat biaya ongkos juga. Kalau kamu bingung mau cari kosan yang dekat dengan kantor kamu saat magang nanti kamu bisa cari KoolKost dari RedDoorz, dimana kamu bisa cari dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone kamu, dan berita terbarunya kamu bisa sewa dengan durasi yang fleksibel, bisa harian, mingguan, bahkan bulanan. Caranya mudah buka Aplikasi RedDoorz dan pilih Kost Houses, lalu pada pencarian KoolKost Search masukkan kata kunci nama daerah tempat kamu bekerja, setelah itu tekan search dan kamu akan mendapatkan list kosan terdekat dengan lokasi kantor kamu. Yuk coba cek listnya sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×