Loading...

Bagi kamu anak kostan, baik kost Jakarta atau kota lainnya tentunya tahu jika ada banyak menu makanan yang menarik untuk dicicipi. Rupanya, tak harus mengunjungi restoran yang menyediakan menu makanan Internasional untuk mencicipi banyak makanan menarik lainnya. Kamu bisa mengintip beberapa resep berikut yang bisa kamu praktekkan di kosan. Simak ulasannya.

makanan internasional kost

Spageti termasuk salah satu menu internasional yang mudah dimasak di kost. (Foto: freepik)

Mengintip Karakteristik Makanan Internasional Dari Berbagai Negara 

Khasanah kuliner memang begitu luas dan tidak semua orang mengetahuinya. Untuk menambah wawasan kamu, tidak ada salahnya untuk tahu lebih banyak. Bukan hanya mampu untuk mencicipinya saja, berbagai karakteristiknya juga perlu diketahui. Secara umum karakteristik makanan internasional terbagi menjadi Kontinental dan juga Oriental.

Untuk masakan kontinental merupakan makanan yang berasal dari negara dengan dataran luas. Seperti halnya Perancis, Australia, Amerika, Inggris dan negara Eropa lainnya. Masing masing wilayah Eropa ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Seperti Eropa bagian barat yang umumnya menggunakan bumbu garam dan merica yang seakan tak pernah ketinggalan.

Sementara untuk bagian timur, seperti Hongaria, Romawi hingga Yunan akan menggunakan bumbu yang lebih tajam karena rempah rempah seperti lada. Berbeda lagi dengan Eropa bagian Selatan layaknya Portugal, Spanyol atau Italia yang bumbunya tajam karena kayu manis dan pala lada.

Karakter ini juga berbeda dengan makanan Oriental. Oriental adalah makanan yang ditujukan untuk masakan dari Asia. Perpaduan dari beberapa resep yang ada di masakan Asia memiliki aroma dan rasa yang mudah dikenali. Karena dalam masakannya sering menggunakan bumbu utama seperti saus tiram, bawang putih, minyak wijen dan lainnya.

Bumbu yang digunakan umumnya adalah bumbu segar yang diracik secara langsung. Beberapa juga menggunakan bumbu yang tajam, seperti layaknya negara India, Birma atau Pakistan. Untuk negara seperti Jepang, Vietnam, Korea lebih mengikuti selera masakan Cina. Dan Negara Philipina, Malaysia atau Philipina yang rasanya mendekati cita rasa Indonesia.

Umumnya dalam makanan Internasional Oriental, menggunakan mie, nasi maupun jagung sebagai karbohidratnya. Teknik pengolahannya cenderung lebih kompleks, namun penyajiannya lebih simpel. Tidak seperti makanan Kontinental yang membutuhkan alat makanan yang lebih kompleks seperti pisau atau sendok khusus.

Baca juga: 8 Masakan Sederhana Anak Kosan Disaat Akhir Bulan

Resep Makanan Internasional Yang Bisa Kamu Coba Di Kosan 

Setelah kamu tahu masing masing karakter dalam masing masing makanan, kamu pun bisa memasaknya langsung di kosan. Ada beberapa resep makanan internasional yang mudah dibuat dan bahannya juga mudah didapatkan. Sehingga kamu yang tinggal di kosan pun bisa meracik bahan bahan menjadi panganan internasional. Simak resepnya berikut.

1.Chicken Katsu 

Chicken Katsu menjadi makanan negeri Sakura yang bisa kamu hadirkan di dapur kamu sendiri. Bahan yang dibutuhkan tidaklah sulit untuk kamu dapatkan. Makanan satu ini bisa dikatakan sebagai makanan yang paling akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Berbahan dasar ayam, proses pengolahan makanan satu ini juga tidaklah rumit untuk dilakukan.

Bahan yang perlu kamu siapkan adalah 4 potong fillet dada ayam, 2 butir telur, 250 gram tepung roti. Tidak lebih 150 gram tepung terigu lengkap dengan bumbu penyedap seperti garam dan lada serta ½ sdt bawang putih bubuk. Untuk sausnya kamu perlu bahan 100 ml saus tomat, 4 sdm saus inggris, 3 sdm saus tiram dan juga 1 sdm gula pasir.

Jika semua bahan untuk membuat makanan internasional dan asal daerahnya dari Jepang ini, maka kamu bisa langsung mengolahnya. Langkah pertama campurkan lada, garam dan juga bubu bawang putih  dan aduk rata. Setelah itu lumuri ayam dengan bumbu yang dicampurkan tadi. Dan kamu bisa menyiapkan tepungnya sebagai lapisan luarnya.

Caranya dengan mengocok lepas telur dan letakkan di dalam wadah terpisah dari tepung dan tepung terigu. Kamu bisa melapisi ayam dengan tepung terigu dan celupkan pada kocokan telur, barulah digulingkan pada tepung roti. Jika sudah kamu bisa menggorengnya hingga kecoklatan dan tiriskan. Jika sudah maka kamu tinggal membuat sausnya.

Campurkan semua bahan untuk sausnya dan aduk rata. Kamu bisa menikmati chicken katsu dengan tambahan saus di atasnya. Agar cita rasa Jepangnya semakin terasa, kamu bisa menambahkan salad dari kubis dan wortel. Sayur segar ini tinggal ditambahkan dengan kecap asin, jeruk nipis, minyak wijen, gula dan tambahkan mayonaise di akhir.

2. Pokcoy Saus Jamur

Masih dari Jepang, kamu bisa membuat makanan internasional dari sayuran yang tak kalah nikmat. Bahan yang kamu butuhkan juga tidak banyak, cara pembuatan mudah dan rasanya sungguh lezat. Bahan utama yang dibutuhkan pakcoy, kamu bisa menggunakan 4 ikat. Kemudian 1 kaleng jamur kancing kalengan dan iris sesuai selera kamu.

Untuk bumbunya kamu membutuhkan bumbu seperti bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung, 1 sdm kecap manis, 1 sdm saus tiram, 1 sdm kecap asin, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt maizena, 1 sdt gula pasir. Langkah pertama membuat makanan Internasional ini, adalah rebus pakcoy sebentar dan tiriskan. Setelah itu susun di piring sembari kamu memasak jamurnya.

Tumis bawang merah dan putih yang telah dicincang, jika sudah harum masukkan jamurnya. Tuang sedikit air kemudian tambahkan semua bumbunya. Masak hingga mengental, dan jangan lupa untuk tes rasa apakah rasa asinnya sudah pas. Makanan internasional dari bahan nabati ini sangat nikmat dijadikan teman nasi hangat di kosan.

3. Tteokbokki 

makanan internasional

Tteokbokki makanan khas korea yang rasanya bikin nagih (Foto: unsplash.com)

Makanan Korea satu ini juga bisa dijadikan pilihan menu kamu di kosan. Terutama yang ingin ngemil dan tidak makan makanan berat. Tteokbokki yang merupakan street food ini mudah untuk kamu buat di rumah. Kamu juga bisa membuatnya dengan bahan seadanya di sekitar kamu. Seperti tepung beras 250 gr, 3 sdm tepung tapioka, 2 sdt garam, 2 sdm minyak goreng dan 250 ml air.

Kamu juga harus menyiapkan bahan untuk sausnya, mulai dari 1 batang daun bawang, iris. 1 buah bombay yang diiris, 1 sachet boncabe level 30, 6 sdm saus sambal, 1,5 sdm tepung maizena yang dilarutkan, 7 cabe ulek, gula garam secukupnya. Jangan lupakan air setidaknya 1,5 gelas belimbing. Jika bahan sudah siap, kamu bisa membuat tteoknya lebih dahulu.

Campurkan tepung beras, tepung tapioka dan garam. Masak semua bahan di atas api kecil hingga kalis. Jika sudah, kamu bisa masukkan minyak goreng dan uleni. Bentuk adonan dan rebus di air yang mendidih. Untuk bumbunya tumis bombay hingga harum dan masukkan semua saus. Kamu bisa memasukkan kue beras dan menambahkan daun bawang atau isian lain seperti odeng atau sosis.

4. Aglio Olio Pasta

Pasta menjadi makanan dari luar negeri tepatnya dari Italia yang juga banyak penggemarnya. Untuk membuat panganan satu ini, kamu tidak memerlukan banyak bahan yang dibutuhkan. Selain itu teknik pengolahan makanan internasional juga tidak rumit bahkan terbilang mudah. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari spaghetti sebanyak 1 genggam.

Selain itu kamu juga butuh 1 batang parsley cincang, ½ sdt lada bubuk, 3 sdm minyak zaitun, 4 siung bawang putih, 4 sdm keju cheddar parut dan garam. Kamu harus lebih dulu merebus air dan tambahkan 1 sdm minyak juga ½ sdt garam. Kemudian masak spaghettinya hingga matang. Tumis bawang putih dengan minyak zaitun dan masukkan semua bumbu hingga pastanya. Keju di akhir ya.

5. French Toast

makanan internasional

Salah satu menu sarapan simple roti panggang dengan telur. (Foto: unsplash.com)

Seperti namanya, olahan roti satu ini berasal dari Perancis yang juga bisa kamu buat di rumah. Kamu yang bosan dengan olahan roti biasanya, bisa mengintip resep makanan internasional ini. Panganan satu ini tidak membutuhkan banyak bahan, hanya berupa 2 butir telur ayam, 2 sdm gula pasir, 4 lembar roti tawar dan 2 sdm cucu cair serta mentega atau minyak.

Untuk membuatnya, kamu harus lebih dahulu mengocok lepas gula, telur dan susu dalam satu wadah. Setelah itu kamu bisa mencelupkan roti pada adonan tersebut hingga semuanya terendam. Siapkan wajan anti lengket dengan minyak atau mentega. Apabila sudah, kamu bisa langsung memanggang roti hingga matang di kedua sisinya.

6. Roti Prata

Panganan dari India satu ini juga bisa kamu jajal untuk membuat keahlian memasak kamu makin meningkat. Untuk membuat makanan Internasional ini bukanlah hal yang sulit. Kamu yang berada di kosan bisa memasaknya, karena bahan dan alat yang dibutuhkan tidaklah banyak. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari 500 gram tepung terigu dan 5 butir kuning telur.

Bahan lainnya berupa 5 sdm margarin yang dicairkan, 200 ml air hangat, 60 gram margarin dan juga garam. Jika bahan sudah siap, kamu bisa mencampurkan semua bahan terkecuali margarin. Uleni hingga adonan kalis dan bisa kamu bentuk bulat bulat. Barulah kamu bisa mengoleskan margarin di atas adonannya yang bulat dan mendiamkannya selama 1 jam.

Apabila sudah satu jam, kamu bisa memipihkan adonan hingga tipis dan gulung memanjang. Gulung hingga adonan menjadi bentuk keong dan olesi dengan margarin cair kemudian pipihkan kembali. Panaskan wajan anti lengket dan beri sedikit minyak untuk memanggang roti prata. Saat memanggang kamu harus menekan nekan dan membolak balik hingga matang merata.

7. Mango Sticky Rice Pudding

Untuk membuat resep masakan dari luar negeri kamu makin komplit, kamu bisa menjajal resep dessert dari Thailand ini. Mango Sticky Rice Pudding menjadi salah satu dessert yang begitu populer. Mangga yang digunakan haruslah mangga yang manis dan tidak asam serta tidak terlalu matang. Bahan lainnya juga tidak sulit untuk kamu dapatkan.

Bahan membuat makanan dessert internasional ini antara lain, 1 liter santan kental. 2 buah mangga, 200 gram ketan putih, 2 lembar daun pandan, ½ sdt garam, 1 ½ liter air dan 100 gr gula pasir. Terlebih dahulu, kamu harus merendam ketan putih yang sudah dicuci selama 30 menit sampai 1 jam. Kemudian, masak air sampai mendidih dan masukkan ketan, garam, daun pandan.

Masak hingga air berkurang dan kukus sampai ketan matang. Masak santan dan gula dalam panci dengan api kecil. Mangga silahkan dipotong dan didinginkan lebih dulu. Sajikan mangga dan ketan, barulah siram dengan kuah santan yang sudah kamu buat. Dan Mango sticky rice pudding bisa kamu cicipi.

Itulah beberapa resep makanan dari luar negeri yang bisa kamu masak di rumah. Sebenarnya masih banyak resep mudah yang bisa kamu coba di kosan, tetapi yang disebutkan merupakan yang paling mudah. Memasak sendiri di kosan akan lebih hemat, bersih dan tentunya mengasah ketrampilan di dapur kosan.

Untuk kamu yang mau ngekos di kosan yang ada fasilitas dapur bersamanya, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz. Selain ada fasilitas dapur bersama di KoolKost juga kamu bisa menikmati fasilitas wifi gratis dan juga kamar yang sudah lengkap dengan kasur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar, meja kerja, ruang ber-AC, dan kamar mandi dalam. Yuk cari kosan KoolKost pakai Aplikasi RedDoorz sekarang!

 

Press Enter To Begin Your Search
×