Loading...

Setiap orang memiliki cara berbeda untuk memahami suatu gagasan atau konsep, salah satunya dengan cara membuat mind mapping. Peta minda atau dikenal mind mapping adalah suatu teknik jitu untuk memudahkanmu mengingat dengan mudah dengan bantuan grafik atau diagram. Untuk memahaminya lebih dalam, silahkan simak ulasan singkat berikut.

mind mapping adalah

Menerapkan mind mapping dalam menjalankan perkuliahan. (Foto: unsplash.com/kvalifik)

Sejarah Munculnya Mind Map atau Peta Pemikiran

Mind mapping adalah salah satu teknik yang bisa membantumu merekam informasi, mendukung dan dapat meningkatkan kemampuan untuk memecahkan permasalahan. Bahkan teknik yang sudah dikenal lama ini dapat dijadikan sebagai cara mengembangkan cara berpikir lebih kreatif dan divergen dalam satu waktu. 

Meski teknik ini telah digunakan sejak lama, sayangnya tidak banyak yang mengetahui siapa pelopor atau sejarah mind mapping  itu sendiri. Perlu kamu ketahui bahwa mind mapping dipopulerkan oleh seseorang bernama Tony Buzan. Beliau merupakan seorang penulis Inggris sekaligus Konsultan Pendidikan tahun 1970 an. 

Sebelum dikenal dan digunakan oleh banyak orang, Tony Buzan awalnya terinspirasi dari pemikiran cerdas dari Albert Einstein dan Leonardo da Vinci. Inspirasi itu datang ketika beliau melakukan pengamatan dalam bidang teknologi komputer. Pada saat itu, terlintas pertanyaan sederhana seperti “mengapa satu unit komputer manual harus menggunakan ribuan lembar agar beroperasi”.

Pertanyaan sekilas tersebut sebenarnya dilayangkan untuk dirinya sendiri. Sebab dirinya merasa bahwa manusia yang menciptakan teknologi tersebut. Secara otomatis, manusia selaku makhluk yang memiliki akal dan pikiran tentu harus jauh lebih cerdas dan hemat dibandingkan dengan teknologi yang dibuatnya. 

Jika memang manusia lebih hebat, maka ada kemungkinan untuk melakukan rekayasa serta berbagai tindakan yang cukup dahsyat. Pemikiran tentang perbedaan antara akal manusia dan teknologi inilah yang memunculkan pemetaan pikiran. Sejak saat itu, teknik berpikir ini terus digunakan dan mendatangkan segudang manfaat bagi mereka yang menerapkannya. 

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dapat diketahui bahwa mind mapping adalah suatu teknik untuk mengembangkan suatu pemikiran, sehingga dapat disimpulkan bahwa otak manusia sungguh luar biasa hebatnya. Sebab lewat gambar pemetaan tersebut, kamu menjadi lebih memahami struktur suatu subjek dan secara cepat mengidentifikasinya. 

Lewat potongan informasi yang didapatkan itulah, otak akan mencari kecocokan satu sama lain. Di saat yang bersamaan, otak akan merekam setiap fakta mentah yang didapatkannya. Jika sewaktu waktu fakta tersebut dibutuhkan, otomatis otak akan mengirim data tersebut sehingga kamu bisa mengingatnya dengan baik. 

Manfaat Menggunakan Mind Map

mind mapping

Mind mapping akan mempermudah langkah ke depan. (Foto: unsplash.com/alvaro reyes)

Ditinjau dari pengertian peta pemikiran itu sendiri, kita dapat mengetahui bahwa banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika menerapkan teknik tersebut. Salah satunya yaitu memudahkanmu untuk memahami suatu mata perkuliahan yang sudah disampaikan oleh dosen. Jika sebelumnya kamu tidak memahami satu pun, dengan teknik ini perlahan semua materi masuk ke dalam otak. 

Sesuai dengan pengertiannya sendiri, dimana mind mapping adalah teknik yang membantu manusia memahami materi maupun konsep secara menyeluruh. Sebab saat pembuatan peta pemikiran, otak akan dipaksa menghubungkan pengetahuan yang sudah didapatkan sebelumnya dengan materi dan fakta baru yang ditemukan di lapangan.

Ketika data lama dan baru digabungkan menjadi satu, di saat itulah kamu bisa memahami dengan mudah dibandingkan sebelumnya. Bahkan kini kamu bisa menghubungkan berbagai konsep lain yang sebelumnya tidak dipahami sama sekali. Metode pembelajaran ini cocok untuk anak kost yang merasa kesulitan memahami materi pembelajaran dari dosen. 

Jika sudah berhasil membuat peta pemikiran, kamu akan menyadari bahwa otak terasa lebih cair dalam memahami suatu materi. Manfaat ini baru akan dirasakan ketika ditemukan suatu permasalahan mendadak. Misalnya saja ketika kamu dihadapkan oleh suatu permasalahan dalam sebuah meeting untuk proyek penting. 

Menyadari jika permasalahan yang dihadapi cukup kompleks, otak secara otomatis berfikir untuk menyelesaikan dengan metode pemetaan pikiran. Secara lihai, kamu mulai membuat grafik atau diagram sebagai contoh mind mapping kepada rekan kerja. Berdasarkan peta pemikiran tersebut, kalian dapat menemukan solusi cerdas untuk menyelesaikan permasalahan. Secara tidak langsung, teknik ini membantumu untuk membuat peta bercabang sesuai dengan materi yang didapatkan. Pembuatan peta sendiri bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Agar lebih menarik, tidak ada salahnya memanfaatkan gambar yang dipadukan dengan warna warni favorit untuk merangsang kinerja otak kanan. 

Pembuatan peta pemikiran juga bisa membantumu memvisualisasikan serangkaian langkah dalam satu waktu. Dari visualisasi yang digambarkan dalam bentuk pemikiran pemikiran kecil tersebut, kamu bisa melihat apa saja hal yang terlewatkan selama ini. Alhasil, kumpulan data tersebut bisa diketahui mana saja yang perlu diperbaiki dan yang tidak. 

Bukan hanya itu saja, peta pemikiran juga membantumu menentukan prioritas utama sebelum mengerjakan tugas tugas lainnya. Dengan cara ini, tidak ada lagi tugas yang terlewatkan karena lupa atau karena tidak memahami harus memulainya dari mana. Karena tujuan dan tugas sudah jelas terlihat, dan kamu hanya perlu mengatur waktu untuk menyelesaikan semuanya. 

Cara Sederhana Membuat Peta Pemikiran

Membuat peta pemikiran tidaklah sulit seperti yang dipikirkan. Kamu hanya perlu mencari media untuk membuat bola bola pikiran. Kamu bisa menggunakan alat tulis apapun yang berada di sekitarmu mulai dari papan tulis, kertas berukuran besar, dinding kapur, atau bahkan buku biasa untuk mencatat materi perkuliahan. 

Jika permasalahan yang harus dibereskan cukup kompleks dan rumit, sebisa mungkin pilihlah media tulis berbentuk landscape. Bentuknya yang melebar, akan membantumu untuk menuliskan semua hal yang ada di pikiran tanpa merasa dibatasi. Media landscape juga bisa memudahkanmu dalam membuat mind map. Bahkan tanpa disadari, permasalahan kecil saja bisa melahirkan beberapa peta pemikiran yang cukup rumit namun juga kompleks. Konsep yang berawal dari permasalahan sederhana akan terus berkembang hingga menjadi sebuah pikiran melebar dan luas. Dari bola bola pikiran tersebut, kamu bisa melihat jelas permasalahan berawal dan bagaimana cara menyelesaikannya. 

Agar pembahasan permasalahan yang hendak dibahas tidak melebar terlalu luas, penting untuk menentukan tema besar terlebih dahulu. Letakkan tema yang hendak dibahas di bagian tengah papan tulis untuk memudahkan menjabarkannya menjadi beberapa konsep. Sedangkan bagi kamu yang menggunakan media vertikal, bisa meletakkan tema pembahasan di bagian atas. Karena tema pembahasan berada di bagian atas, kamu bisa menjabarkan permasalahan yang ada ke arah bawah dengan rapi dan terperinci. Setelah menentukan tema, saatnya membuat sub tema terlebih dahulu.

Sub tema sendiri merupakan tema besar yang akan menentukan tema turunannya yang masih saling berhubungan satu sama lain. Setiap sub tema dihubungkan dengan garis bercabang yang menandakan bahwa tema tersebut hasil turunan dari tema besar. Agar tidak terlihat monoton dan membosankan, tidak ada salahnya membuatnya sedikit miring atau bercabang ke beberapa arah. Namun pastikan agar garis cabang tidak terlalu jauh untuk memudahkan pemahaman. 

Jika membuat cabang sub tema terasa membosankan, cobalah untuk melakukan pemetaan dengan cara menuliskan tema turunan yang didapatkan dari kata kunci dari tema besarnya sebagai alternatifnya. Cara ini akan membantumu untuk memahami pembahasan sekaligus mempercantik tampilan peta pemikiran yang sedang dibuat. 

Setelah bola bola pikiran tersebut sudah selesai dibuat, saatnya mulai menghiasnya dengan menggunakan spidol atau alat tulis berwarna lain sebagai pemanisnya. Untuk membedakan antara tema utama, tema turunan dan masih banyak turunan lainnya, manfaatkan warna yang dimiliki sebagai pembeda antara satu sama lain. 

Jika tema utama sudah diberikan warna merah, tidak ada salahnya memberikan warna biru pada sub tema. Hal itu terus dilakukan hingga ke tema turunan selanjutnya mengikuti dari tema besarnya. Selain memudahkan untuk memahami topik utamanya, perbedaan warna ternyata membantu otak untuk mengingatnya dengan lebih jelas. 

Tidak perlu risau ketika tidak memiliki pensil warna atau bolpoin warna warni, karena kamu masih bisa menggunakan post it berwarna atau stiker untuk membedakan tema utama dan sub tema. Hanya mengandalkan warna saja tentu tidak cukup, oleh karenanya jangan ragu untuk menambahkan beberapa gambar sebagai pelengkapnya. 

Serupa dengan warna, penggunaan gambar pada mind map akan membantumu untuk mengasosiasikan topik topik tertentu. Untuk memudahkan, silahkan cari gambar yang sesuai dengan topik dan tema pembahasan. Penambahan gambar tidak selalu tentang foto saja, karena kamu juga bisa menambahkan simbol simbol untuk memberikan efek tertentu. 

Rekomendasi Software Mind Map Terbaik 

software mind mapping

Software mindmap yang mudah diakses. (Foto: freepik)

Disadari atau tidak, manusia sering membuat sebuah peta minda untuk memudahkan mengingat hingga memahami suatu persoalan. Seiring perkembangan teknologi, peta pemikiran tidak lagi dituliskan dalam lembaran kertas saja. Bahkan saat ini sudah ada berbagai software mind mapping yang bisa kamu unduh secara gratis di laptop maupun smartphone kesayangan. 

Ada software bernama Ayoa, yang merupakan salah satu software yang bisa diandalkan untuk membuat sebuah peta pemikiran dengan mudah di perangkat kesayangan. Aplikasi ini ternyata diciptakan oleh Chris Griffiths yang merupakan seorang pakar peta pemikiran dunia, dan telah bergelut di bidang yang sama kurang lebih 12 tahun lamanya. 

Demi memudahkan penggunanya, aplikasi ini dihadirkan dengan sejumlah fitur canggih dan disediakan berbagai template mind mapping agar lebih menarik. Mulai dari varian warna cukup lengkap, font, ukuran, format huruf, dan masih banyak lagi lainnya. Berkat fitur tersebut, kamu bisa membuat sebuah bola bola pikiran dengan mudah dan lebih menarik.

Selain itu ada juga MidMeister yang tidak kalah populer digunakan untuk membuat bola bola pikiran. Dengan aplikasi canggih ini, pengguna bisa melakukan berbagai hal sekaligus dengan mudah dengan tampilan lebih menarik. Cara mind mapping online ini pun cukup mudah, dimana pengguna sudah disediakan dengan berbagai fitur agar tampilannya lebih menarik. 

Uniknya aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur obrolan dan komentar, sehingga pengguna lain dapat memberikan masukan atau kritik membangun agar tidak ada yang terlewatkan. Lewat aplikasi ini, pembuatan peta pikiran akan diketuai oleh banyak kepala untuk menghasilkan keputusan lebih tepat dan kompleks. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mind mapping adalah teknik untuk memudahkanmu memahami suatu konsep tertentu. Peta pikiran ini memiliki bentuk yang beragam, seperti yang disediakan oleh aplikasi Coggle. Pasalnya aplikasi ini membuat mapping berbentuk diagram alir yang membuatnya tampak unik dan mudah diingat. 

Apabila kamu masih sering merasa kesulitan untuk mengingat atau memahami sesuatu, sepertinya peta minda dapat membantu persoalan tersebut. Peta pemikiran yang sebenarnya telah populer sejak dahulu ini, saat ini terus berinovasi dengan munculnya berbagai software peta minda dengan tampilan lebih menarik dan dilengkapi dengan mind mapping tools cukup lengkap. 

itu penjelasan tentang mind mapping dan rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan, kalau kamu butuh aplikasi untuk cari kosan, kamu bisa install Aplikasi RedDoorz dan mulai cari kosan yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Caranya mudah, hanya buka aplikasi RedDoorz lalu pilih Kost Houses, dan masukkan kata kunci seperti nama kota, nama daerah atau nama kampus tempat kamu kuliah pada fitur search KoolKost, lalu setelah itu tekan search dan kamu akan mendapatkan list kosan yang sesuai dengan tempat yang kamu inginkan, lengkap dengan harga sewa dan juga fasilitas yang diberikan masing-masing kosan, jadi kamu bisa pilih yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu butuhkan.

Press Enter To Begin Your Search
×