Loading...

 

Jakarta menjadi salah satu kota yang paling banyak dituju masyarakat dari luar jakarta untuk merantau, mencari pekerjaan dan ada juga kuliah untuk menimba ilmu. Karena itu tidak heran selain padat dengan area perkantoran, di jakarta juga ada banyak perguruan tinggi dari yang biasa sampai Universitas terbaik se Indonesia. Seperti: Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanagara, Universitas Negeri Jakarta, dan masih banyak lagi.

Untuk anak kos di jakarta pasti akan sering menemukan beberapa makanan khas betawi, dan ada satu makanan khas betawi yang unik, yaitu Roti Buaya. Untuk anak betawi yang sedang memadu kasih, pasti kalau diledekin untuk diminta menikah disuruh beliin pasangannya roti buaya. Yup karena memang roti buaya merupakan makanan khas betawi untuk seserahan pernikahan dan yang paling unik dari seserahan lainnya.

makanan khas betawi

Gado-gado betawi salah satu makan favorit (source:pexels.com)

Makanan khas Betawi memang bisa dijumpai di Jakarta, tapi sayang tidak semua makanan bisa ditemukan dengan mudah, karena ada beberapa makanan khas betawi yang hanya bisa ditemukan pada saat acara tertentu atau tempat tertentu saja. Semisal kerak telor, kue rangi, kue talam, bir pletok, es goyang, sengkulun, dan lain sebagainya. Bahkan tidak heran kalau ada makanan khas betawi yang hampir punah bila tidak ada lagi yang bisa membuatnya.

Dalam sejarah makanan khas betawi, Masakan Betawi dipengaruhi oleh masakan Melayu, Arab, Tionghoa, India, dan Eropa. Yang dimaksud eropa adalah pada masakan Belanda, Portugis, dan Spanyol.

Ngomong-ngomong soal Betawi, pasti nggak asing dengan sinetron si Doel bukan, karena memang Film si Doel ini memang menceritakan tentang kehidupan keluarga Betawi yang hidup dengan sederhana dan apa adanya. Apalagi karakter Mandra yang bikin suasana film jadi semakin ceria karena pembawaan karakter yang lucu yang nggak jarang bikin penontonnya tertawa.

Kembali ke makanan khas Betawi mungkin akan kita bahas beberapa Nama Makanan Khas Betawi seperti gado-gado, pecak ikan, gabus pucung, soto betawi, semur jengkol, nasi uduk betawi, kerak telor, dan masih banyak lagi.

Makanan Khas Betawi Favorit Anak Kosan 

Gado-gado Betawi 

Gado-gado sendiri artinya campur aduk, makanya nggak heran kamu bisa melihat berbagai jenis sayur di dalam makanan Gado-gado, ada kacang panjang, kol, kangkung, tauge, kentang, semua itu direbus terlebih dahulu, termasuk telur ayam rebus, terus ada juga tambahan tahu dan tempe goreng yang dipotong-potong lalu ditaburi dengan bumbu kacang yang bikin makanan ini jadi semakin menggugah selera. salah satu makanan khas Betawi ini cocok untuk makan siang disajikan bersama dengan nasi putih atau lontong, dan tambahan topping kerupuk.

Pecak Ikan 

Salah satu makanan khas betawi ini juga tidak kalah dalam hal menggugah selera makan, bumbu pecak yang khas bikin siapapun yang memakannya pasti ingin nambah. Biasanya ikan yang disiram dengan bumbu pecak ini paling favorite adalah ikan Gurame karena ikan ini kalau digoreng duri/tulangnya tidak terlalu banyak pada dagingnya. Walau tidak memungkiri Ikan Mas juga cocok untuk dijadikan pecak. Bumbu pecak yang khas sebenarnya cocok untuk dicampur dengan bahan makanan lain, jadi tidak terpaut pada ikan saja, karena itu kamu pasti juga pernah tau atau mendengar ada pecak oncom, pecak timun, pecak jengkol dan sebagainya.

Soto Betawi

Ciri khas dari soto betawi adalah pada kuah santannya, dengan rasa gurih yang keluar dari santan membuat cita rasa soto betawi berbeda dengan soto lainnya. Untuk isi dari Soto Betawi biasanya ada daging sapi dan jeroannya. Dengan cita rasa yang menggugah selera makan salah satu nama makanan Khas Betawi ini masuk kedalam list daftar makanan favorit yang digemari bukan hanya oleh orang Jakarta saja tapi juga masyarakat di berbagai daerah, termasuk anak kosan yang berasal dari luar Jakarta.

Semur Jengkol

Jengkol memang baunya tidak sedap bagi sebagian orang, karena untuk  penggemar jengkol justru aromanya khas dan menambah kenikmatan rasanya. Mungkin mirip dengan durian yang sebagian orang tidak suka karena baunya tapi bagi sebagian orang yang menyukainya justru aromanya tidak mengganggu mereka. Salah satu cara memasak jengkol dalah dengan di semur, untuk resep mirip dengan semur ayam atau daging dengan paling ketara adalah penggunaan kecap yang cukup banyak sehingga membuat warna masakan tersebut menjadi hitam. Semur jengkol ini juga sering dijumpai pada penjual nasi uduk betawi.

Nasi Uduk Betawi 

Nasi uduk yang mirip seperti nasi lemak di malaysia, kesamaan ini karena memang nasi uduk berasal dari Masakan Melayu. Nasi uduk betawi punya topping seperti tempe orek, telur dadar yang diiris memanjang, bihun dikecapin, dan pastinya ada semur yang isinya ada tahu, tempe atau jengkol. Dan yang paling khas dan membedakan nasi uduk betawi dengan nasi uduk lainnya adalah adanya bumbu kacang yang disiram ke nasi uduk yang bikin mungkin bisa membuat sarapan kamu porsinya jadi double :D

Kerak Telor

Salah satu makanan khas betawi yang satu ini cukup sulit menemukannya, kecuali di beberapa tempat atau acara tertentu. Kerak telor yang berbahan dasar nasi dan telur ini dimasak hingga kering dan menempel pada wajan, dengan panas dari bara api pastinya membuat aroma dari kerak telor ini begitu khas, belum lagi dicampur dengan serundeng kelapa yang bikin kerak telor semakin nikmat untuk disantap. Kalau kamu ingin makan tradisional khas betawi ini, kamu bisa kunjungi ke beberapa tempat wisata khas betawi seperti di setu babakan atau kamu juga bisa menemukannya dengan mudah di objek wisata kota tua.

Pesor Makanan Khas Betawi yang Hampir Punah

 

Pesor makanan khas betawi yang mirip dengan lontong, bedanya dibentuknya yang pesor ini bentuknya sedikit kotak dan tanpa isi. Pesor cocok disajikan dengan sayur lelawar, dan infonya makanan ini bisa dijumpai di daerah mampang Jakarta selatan, karena memang sulitnya mencari makanan ini membuat Pesor menjadi salah satu makanan khas betawi yang hampir punah. Cara membuatnya pun tidaklah sulit, pertama masak beras setengah matang, lalu masukkan beras yang sudah jadi nasi setengah matang dibungkus dengan selembar daun pisang dan setiap dua lapis diikat. Lalu kukus kembali dalam waktu kurang lebih 1 jam hingga pesor matang dan siap disajikan.

Kue Khas Betawi

Kue khas betawi ada beberapa yang mudah untuk didapatkan ada juga yang sulit, seperti misalnya Kue talam, kue rangi, kue cente manis, kue lupis, sengkulun, kembang goyang, selendang mayang, kue cucur, dongkal, untuk yang sulit ditemukan biasanya bisa kamu jumpai di jajanan kue subuh di Jakarta yang menawarkan berbagai jenis kue khas daerah di Indonesia termasuk kue khas betawi.

Sekarang ini sedang banyak berjamur penjual kue dongkal makanan khas betawi yang bisa ditemui di berbagai tempat di Jakarta. Padahal sebelumnya kue Dongkal ini menjadi salah satu makanan khas betawi yang hampir punah. Makanan ini terbuat dari beras yang ditumbuk hingga menjadi tepung dan diberi gula aren lalu dikukus, setelah matang disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

Pecak Ikan Salah Satu Makanan Khas Betawi dan Cara Membuatnya

makanan khas betawi

Aroma khas bumbu Pecak ikan bikin menggugah selera (source:freepik.com)

Seperti yang sudah dijabarkan di atas Pecak merupakan satu makanan khas betawi yang punya cita rasa unik, karena itu yuk kita bahas epcak sebagai makanan khas betawi dan cara membuatnya.

Untuk membuat bumbu pecak bahan yang diperlukan antara lain, 1 ekor ikan yang sudah dibersihkan, bisa ikan mas atau gurame. 3 cm kencur, jahe sebesar ibu jari, 7 utir bawang merah ditumbuk kasar, 10 buah cabe rawit merah (sesuai selera kalau pedas bisa lebih banyak), 5 buah cabe keriting, 1 buah jeruk limau, 1 gelas air, lalu garam dan gula secukupnya.

Langkah membuatnya:

  • Goreng ikan hingga matang ,sebagian orang suka ikan yang digoreng hingga kering atau garing bagian ekornya

  • Tumbuk cabai merah dan hijau, tumbuk kasar saja jangan sampai terlalu halus.

  • Goseng kencur, jahe, bawang merah hingga ada aroma gosongnya

  • Tumbuk bahan-bahan yang sudah digoseng tadi bersamaan dengan cabai yang sudah ditumbuk kasar tadi

  • Masak air hingga mendidih dan siram kan pada bumbu tadi, berikan garam dan gula secukupnya.

  • Siramkan bumbu pecak pada ikan yang sudah digoreng dan berikan perasan jeruk limau di atasnya.

Pecak Ikan siap disajikan bersama nasi putih hangat yang pastinya bikin menggugah selera

Untuk kamu anak kost Jakarta bisa dicoba nih resep pecak ikannya, apalagi cita rasa pecak yang khas bisa bikin nafsu makan jadi bertambah. 

Anak Kost Jakarta 

Anak kuliah yang berasal dari luar Jakarta lebih memilih ngekos ketimbang harus pergi ke kampus bolak balik langsung dari rumah, karena pastinya akan menyita waktu perjalanan yang begitu lama, karena itu usaha kos di Jakarta terus meningkat dan persaingan antar pemilik kos kini lebih menitik beratkan pada fasilitas yang diberikan.

Salah satu kost dengan fasilitas yang bagus tetapi harga fleksibel dan terjangkau adalah KoolKost dari RedDoorz, dimana kamu bisa sewa kosan bisa langsung pakai smartphone kamu dengan durasi sewa sesuai dengan kebutuhan kamu. Bisa ambil sewa harian, mingguan, atau bulanan.

Fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap, dengan kamar yang sudah terisi tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar, meja dan kursi untuk belajar, kamar mandinya di dalam, ruangan ber-AC, ada fasilitas wifi gratis, area parkir yang cukup besar dan juga ada layanan untuk laundry gratis di beberapa kosan.

Cara sewa KoolKost sangatlah mudah, kamu bisa install Aplikasi RedDoorz lalu pilih KoolKost, dari situ kamu bisa gunakan fitur pencarian untuk memasukkan nama universitas tempat kamu kuliah, agar kamu bisa mendapatkan informasi KoolKost terdekat dengan kampus kamu.

Setelah itu pilih durasi masa sewa kosan, bisa harian, mingguan atau bulanan tergantung dari kebutuhan kamu. Kalau sudah tekan search  dan kamu akan diberikan list informasi kosan KoolKost terdekat dengan kampus kamu lengkap dengan harga dan fasilitas yang diberikan oleh masing-masing kosan. Ditambah lagi ada galeri foto kosannya yang pastinya akan menambah referensi kamu untuk mengambil kosan yang mana.

Butuan yuk cari KoolKost terdekat dengan kampus kamu dan dapatkan kos dengan fasilitas terbaik tetapi harga sesuai kantong.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×