Loading...

Setelah lulus kuliah, pastinya kamu akan banyak yang mencari kerja. Tak jarang pula, bagi kamu yang sedang di kosan dan menunggu masa wisuda juga sering berlatih untuk menjawab pertanyaan interview. Daripada hanya menghabiskan waktu senggang untuk nonton film drama korea terus di kosan, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan diri untuk nanti setelah lulus bagaimana, khususnya untuk kamu yang sudah berada pada semester akhir. Sebenarnya ada beberapa tips dan juga contoh pertanyaan ketika interview yang perlu kamu tahu. Sehingga, kamu pun nantinya akan bisa untuk lebih percaya diri ketika bertemu dengan HRD. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

pertanyaan interview

Interview kerja adalah salah satu cara HRD tahu tentang kamu (Source:freepik.com)

Tips Interview Kerja yang Perlu Kamu Tahu

Ketika kamu telah dipanggil untuk tahap interview pada sebuah perusahaan, tentu saja akan menjadi momen yang mendebarkan. Sehingga, tak mengherankan saat tersebut akan membuat kamu mempersiapkan segalanya dengan baik, agar tidak mengecewakan. Untuk itu, ada beberapa tips interview sederhana yang perlu kamu tahu dan latih selama di kost.

Pertama, kamu bisa membayangkan bagaimana situasi ketika sedang menghadapi pewawancara ketika sedang di interview. Selain itu, kamu juga perlu untuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang mungkin akan dilontarkan oleh HRD. Untuk itu, kamu perlu memiliki rasa percaya diri saat menjawab pertanyaan. Sehingga, pihak HRD akan tertarik untuk merekrut kamu menjadi pegawai di perusahaannya.

Akan tetapi, tak hanya membutuhkan rasa percaya diri saja. Dalam tips interview kerja, kamu bisa menceritakan kemampuan yang kamu miliki dengan tegas dan antusias. Setelah itu, kamu juga perlu untuk menghindari pembahasan yang berbelit belit dan panjang. Hal ini tentu saja akan membuat HRD menjadi bosan dan tidak mengerti kemana arah tujuan pembicaraanmu.

Tak hanya itu, kamu juga perlu menunjukkan bahwa kamu mampu bekerja secara tim. Hal ini dikarenakan nantinya akan bisa membuat perusahaan menjadi tahu bahwa kamu orang yang mudah untuk diajak bekerja sama. Untuk cara menjawab pertanyaan interview kerja, sebaiknya kamu tidak perlu untuk memikirkan jawaban yang terlalu lama. Sebab, banyak perusahaan yang menganggap bahwa kamu tidak mampu berpikir dengan cepat.

Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan jawaban secara lebih diplomatis dan masuk akal. Hindari untuk menjawab pertanyaan dengan jawaban yang terlalu muluk muluk. Serta, apabila kamu pernah bekerja sebelumnya, maka hindari untuk membongkar aib perusahaanmu yang lama. Karena, hal tersebut kurang etis dan pewawancara bisa menganggap bahwa kamu orang yang suka menyebar aib perusahaan.

Lalu, apa jadinya jika ternyata perusahaan yang kamu lamar menginginkan wawancara secara online. Maka jawabannya tentu saja sangat bisa. Pasalnya, banyak perusahaan yang sekarang lebih memilih untuk mewawancarai calon pegawai barunya secara online. Dengan begitu akan lebih praktis dan efisien. Ada beberapa cara wawancara yang bisa dilakukan, baik itu dengan menggunakan video call maupun memakai Zoom yang saat ini sedang populer.

Ketika kamu dihadapkan dengan hal semacam ini, maka kamu perlu memastikan bahwa laptop ataupun gawai yang kamu gunakan telah berfungsi secara maksimal. Hal ini untuk menghindari adanya kesan yang tidak profesional dari perusahaan. Selain itu, meskipun wawancara ini berbentuk online, kamu tetap harus menatap pandangan secara langsung kepada pewawancara, bukan ke gambar kamu yang ada di layar.

Kamu pun juga perlu dituntut untuk memiliki penampilan yang rapi meskipun sedang tidak berhadapan langsung dengan pewawancara. Sehingga, kamu akan dicap sebagai calon pegawai yang profesional dan mengerti sopan santun. Itulah mengapa kesan pertama sangatlah penting di dalam melamar pekerjaan. Karena, dengan adanya kesan pertama akan menentukan apakah kamu bisa dipanggil di tahap selanjutnya atau tidak.

Pertanyaan Saat Interview Kerja yang Sering Muncul

pertanyaan interview

Pertanyaan saat interview mayoritas serupa (source:freepik.com)

1. Mengapa Tertarik Melamar Pekerjaan di Perusahaan

Pertanyaan interview kerja ini kerap kali dilontarkan oleh HRD. Pada pertanyaan ini, pewawancara ingin mengetahui sejauh apa keseriusan kamu di dalam mencari kerja dan melamar di perusahaan tersebut. Untuk itu, kamu bisa menjawabnya dengan mudah setelah melakukan beberapa riset kecil kecilan tentang perusahaan dan job desk yang kamu lamar. Sehingga, kamu pun akan lebih mudah di dalam menjawab pertanyaan tersebut.

2. Ceritakan Sekilas Tentang Dirimu

 Pertanyaan interview ini juga menjadi jenis pertanyaan yang sering kali ditanyakan. Untuk itu, ketika kamu mendapatkan pertanyaan semacam ini, maka kamu bisa mendeskripsikan tentang seluruh diri kamu. tapi perlu diingat kamu tidak perlu menceritakan apa zodiak kamu, misal kamu yang kelahiran september berzodiak Virgo, hal ini tidak akan menjadi pertimbangan saat kamu wawancara kerja. Yang perlu kamu ceritakan adalah kepribadian kamu tentang apakah kamu lebih suka bersosialisasi atau tidak, apakah kamu lebih menggunakan data dibandingkan dengan feeling saat kamu akan mengambil keputusan. Bukan hanya karakter yang diinginkan oleh perusahaan dan kepribadianmu saja. Dengan adanya pertanyaan saat interview kerja ini akan menjadi tolak ukur bagi sebuah perusahaan. 

Sehingga, perusahaan pun menjadi tahu bagaimana cara kamu untuk berkomunikasi. Di dalam menjawab pertanyaan interview ini, kamu bisa menjawabnya dengan kondisi yang tenang dan tanpa terbata bata. Dengan begitu, perusahaan akan bisa menilai diri kamu lebih baik. Kamu juga bisa untuk menceritakan hal lain yang belum tercantum di dalam CV. Hal ini akan membuat perusahaan mampu menilai kemampuan presentasi yang kamu miliki melalui tahap ini.

3. Mengapa Perusahaan Harus Menerima Kamu Bekerja Di sini

Contoh pertanyaan interview kerja ini kerap kali menjadi hal yang sering ditanyakan oleh pewawancara. Untuk itu, kamu juga perlu mempersiapkan jawaban dengan baik. Jangan sampai kamu ketahuan asal asalan melamar kerja di tempat tersebut lantaran sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki. Akan tetapi kamu tak memahami bagaimana deskripsi dari pekerjaan tersebut. 

Solusinya, kamu bisa mencari terlebih dahulu tentang pekerjaan yang kamu lamar di perusahaan tersebut. Sehingga, kamu bisa memberikan jawaban yang berisi tentang rangkuman kualifikasi yang diharapkan oleh perusahaan. Jangan lupa, kamu juga bisa menambahkan rasa antusiasme mengapa kamu ingin bergabung dan tertarik dengan posisi yang ada di perusahaan tersebut.

4. Jelaskan Tentang Kelemahan yang Kamu Miliki 

Pertanyaan interview satu ini juga kerap kali ditanyakan. Disini, pewawancara berusaha untuk mengukur tingkat kejujuran yang kamu miliki. Dengan begitu, HRD akan tahu bagaimana kamu menilai dirimu sendiri. Pertanyaan interview kerja dan jawabannya ini tentu saja haruslah sesuai dengan kepribadian yang kamu miliki. Hindari untuk menjawab pertanyaan ini dengan tidak memiliki kelemahan.

Pasalnya, dengan jawaban tersebut akan mengindikasikan bahwa kamu adalah tipikal orang yang arogan dan terkesan tidak jujur terhadap diri sendiri. Untuk itu, kamu bisa mempersiapkan di kos tentang salah satu hal yang bukan termasuk kelebihan kamu. Namun, jangan pula terlalu menyebutkan kelemahan yang fatal. Hal ini akan berakibat nantinya perusahaan akan tidak tertarik untuk mempekerjakan kamu di perusahaannya.

5. Bagaimana Rencana Kamu Dalam Lima Tahun Ke Depan

Umumnya, pertanyaan ini tak hanya menjadi pertanyaan interview kerja fresh graduate saja. Melainkan, juga menjadi pertanyaan umum yang bisa dilontarkan ketika interview. Dengan begitu, perusahaan akan mengetahui bagaimana ambisi yang kamu miliki selama lima tahun ke depan akan profesi ini. Tak hanya itu, perusahaan pun akan menjadi lebih tahu tentang rencana jangka panjang yang kamu miliki, apakah telah sesuai dengan perusahaan atau tidak.

6. Bagaimana Pendapatmu Tentang Kerja Lembur

Pertanyaan interview kerja pertama kali ini cenderung akan tricky. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali melamar kerja. Dengan adanya pertanyaan ini, perusahaan berusaha untuk melihat sejauh mana komitmen yang kamu miliki terhadap perusahaan. Sehingga, pastikan untuk memberikan jawaban yang sesuai. Tak berlebihan dan tidak juga kurang.

Pastinya, lembur akan menjadi salah satu hal yang akan membuat kamu tidak nyaman. Terlebih lagi, bagi kamu yang baru pertama kali terjun di dunia kerja. Namun, menolak lembur saat interview di awal akan membuat kamu bisa lebih dicecar pertanyaan lain yang lebih sarkas. Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan menyatakan komitmen agar pekerjaan dapat selesai secara tepat waktu dan apabila lembur masih dalam batas yang toleransi.

7. Mengapa Kamu Berhenti Dari Pekerjaan Sebelumnya

Pertanyaan satu ini sering kali ditujukan bagi kamu yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan lain, baik itu full time maupun part time. Perlu kamu ketahui, ini adalah salah satu pertanyaan yang penting. Pasalnya, dengan jawaban ini maka perusahaan akan mampu memberikan nilai akan orientasi dan karakter dari dirimu. Hal ini dikarenakan, motivasi seseorang yang berhenti dari pekerjaan akan sangat berkaitan dengan orientasinya.

Untuk itu, kamu bisa menghindari untuk menyebut masalah pribadi sebagai alasan kamu berhenti kerja dari perusahaan sebelumnya. Usahakan kamu mengatakan alasan yang profesional. Terlebih lagi, pastikan kamu menjawab alasan keluar adalah bukan karena adanya konflik. Dengan begitu, kamu bisa memberikan jawaban alasan keluar dari pekerjaan yang lama adalah ingin mendapatkan posisi yang lebih baik dan mengembangkan minat yang kamu miliki.

8. Prestasi Apa yang Telah Kamu Raih

Terkadang perusahaan juga memberikan pertanyaan interview terkait prestasi yang telah kamu miliki. Hal ini dikarenakan perusahaan juga akan mencari karyawan yang terbaik. Sehingga, perusahaan akan bisa tahu bagaimana pencapaian yang terjadi di masa masa sebelumnya. Dengan begitu, perusahaan akan mampu mengukur tingkatan keberhasilan apabila menerima kamu sebagai pegawainya.

Di dalam menjawab pertanyaan satu ini, maka kamu bisa untuk menjelaskan dengan detail dan baik akan pekerjaan yang dulunya pernah kamu selesaikan  dan kerjakan. Kamu juga bisa untuk mengutarakan bagaimana kamu meraih prestasi tersebut. Pastikan kamu memberi bukti bahwa kamu memang layak untuk dipekerjakan di perusahaan tersebut. Untuk kamu yang melamar sebagai video editing mungkin bisa 

9. Pertanyaan Seputar Gaji

pertanyaan interview

Pastikan gaji yang kamu harapkan minimal sesuai dengan kebutuhan (source:freepik.com)

Ketika kamu melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tentu saja mereka akan bertanya seputar gaji yang kamu inginkan. Tentu saja, pertanyaan ini akan cukup sulit untuk kamu jawab. Hal ini dikarenakan bisa saja posisi yang sama memiliki gaji yang berbeda beda. Untuk itu, kamu pun perlu berpikir lebih matang dan rasional di dalam menjawab pertanyaan satu ini.

Sebelum menjawabnya, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu tentang standar gaji dari perusahaan yang akan dilamar. Kemudian, kamu bisa menghitung faktor faktor lain yang menjadi penunjang. Sebut saja, seperti pengalaman, kesulitan pekerjaan dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa untuk menjelaskan ekspektasi dari gaji yang kamu inginkan dan tentunya di bawah standar perusahaan.

Bila kamu akan ngekos setelah diterima bekerja, pastikan juga sudah menghitung berapa besaran biaya kosan agar kebutuhan utama kamu bisa terpenuhi dari gaji pertama kamu, Kalau kamu bingung berapa kisaran sewa kos dekat dengan kantor tersebut, kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz untuk mencari KoolKost yang merupakan Jaringan Kosan dengan fasilitas yang lengkap namun harganya terjangkau dan fleksibel. kamu tinggal masukkan kata kunci nama daerah tempat kamu akan di interview, lalu search dan kamu akan mendapatkan list KoolKost terdekat dengan kantor tersebut lengkap dengan kisaran harga sewa dan fasilitasnya.

Itulah beberapa tips menjawab pertanyaan ketika kamu sedang interview. Untuk itu, ketika kamu telah dipanggil untuk melakukan wawancara, kamu pun perlu untuk menyiapkannya dengan baik. Sehingga nantinya akan bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan kamu bisa diterima bekerja. Jawablah pertanyaan dengan lugas dan tegas, dengan begitu akan menimbulkan kesan bagi perusahaan.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×