Loading...

Cari kost harian untuk wisata kuliner di Jogjakarta.

Apa sih yang membuat orang-orang cari kost di Jogjakarta? Pindah ke sana karena diterima di UGM, mendapatkan pekerjaan di salah satu startup Kota Gudeg ini, apa lagi? Ternyata, kamu juga bisa lho mencari kost murah di Jogja, kalau mau bikin konten food vlogging.

Sambil mencari kost harian di Jogja lewat aplikasi cari kost online, kamu bisa masukkan rekomendasi wisata kuliner dari RedDoorz ini ke dalam daftar tempat yang akan dikunjungi nantinya.

Daftar Wisata Kuliner Populer di Jogjakarta

Meski terkenal dengan gudegnya, ada banyak wisata kuliner lokal lho, yang tidak mudah kamu jumpai di kota lainnya. Mari kita lihat satu persatu.

1. Gudeg Pawon

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan gudeg, salah satu sajian khas Nusantara ini. Namun belum lengkap rasanya kunjunganmu ke Jogjakarta tanpa mencicipi Gudeg Pawon. Apa sih yang membedakannya dari gudeg-gudeg lain? Suasananya. 

Pawon merupakan istilah dalam bahasa Jawa untuk dapur. Tempat makan di daerah Umbulharjo yang dibangun pada tahun 1600-an ini menawarkan konsep dapur untuk para pengunjungnya. Jadi, kamu bisa melihat proses memasak gudeg secara langsung di sana. Dengan membayar sekitar Rp 20.000, kamu sudah bisa menikmati seporsi gudeg nikmat khas kota Jogjakarta.

2. Soto Sulung Stasiun Tugu

Beberapa daerah di Indonesia memiliki resep soto dengan ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah soto sulung di Jogjakarta ini. Berbeda dari soto Betawi yang menggunakan kuah santan, Soto sulung dihidangkan dengan kuah kuning kecokelatan bening seperti soto madura, tapi dengan cita rasa khas Jogjakarta.

Hanya dengan Rp 10.000, kamu bisa merasakan seporsi soto sulung. Oh iya, jangan bayangkan ada suwiran ayam maupun kulit ayam di dalamnya. Soalnya, isi soto sulung ini hanyalah daging sapi dan jeroannya.

Awalnya, warung soto yang berdiri sejak 1960-an ini terletak di Stasiun Tugu, sesuai namanya. Namun beberapa tahun lalu, warung ini sudah pindah ke daerah Kotagede, tepatnya di seberang kantor BPJS Kesehatan Jl. Gedongkuning.

3. Pecel Senggol

Di pintu masuk Pasar Beringharjo kawasan Malioboro, kamu bisa menjumpai pecel senggol. Apa keistimewaan pecel senggol ini? Kamu bakal lihat, pilihan sayurnya jauh lebih banyak daripada pecel biasanya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai lauk seperti tempe dan tahu bacem dan goreng-gorengan termasuk mendoan dan lumpia. 

Hanya dengan Rp 10.000, kamu bisa menikmati nasi pecel yang dihidangkan di atas pincuk atau daun pisang ini. Kalau mau tambahan lauk, tentu saja kamu harus membayar lebih. Siap-siap bersenggolan dengan banyak pembeli lainnya ya, di sini. Nah sekarang kamu jadi tahu, kenapa namanya pecel senggol.

4. Sate Kere

Kawasan Malioboro memang menawarkan berbagai wisata kuliner bagi para pengunjungnya. Bukan hanya pecel senggol, kini ada sate kere. Dalam bahasa Indonesia, kere artinya miskin. 

Meski “namanya” miskin, sate ini sangat gurih dan kaya rasa, lho. Disebut kere bukan karena rasanya, tapi karena harganya yang murah. Dengan Rp 2.000 saja, kamu sudah bisa menikmati setusuk sate gajih yang wanginya sangat menggoda ketika dibakar.

5. Sego Koyor Bu Parman

Warung Sego Koyor Bu Parman ini buka di malam hari hingga subuh, yaitu mulai dari jam 22.00. Sebenarnya dengan mengunjungi wisata kuliner di Jogjakarta, kamu akan mengenal berbagai istilah dalam bahasa Jawa. Termasuk untuk makanan khas yang satu ini. Sego artinya nasi dan koyor berarti urat sapi.

Warung makan ini menyediakan nasi yang diguyur urat sapi kuah santan. Untuk melengkapinya, ada sayur labu dan sambal. Kamu cukup membayar Rp 13.000 untuk menyantapnya. Lokasinya ada di perempatan Gondomanan.

6. Sego Godhog Pak Pathel

Mie godhog atau mie rebus bukanlah hidangan yang baru. Namun sego godhog khas Jogjakarta ini bisa dikatakan sebagai inovasi kuliner lokal di sana. Tampilan dan rasanya memang menyerupai mie godhog. 

Hanya saja, Pak Pathel, si pemilik usaha, tidak menggunakan mie, melainkan nasi dan bihun. Buka dari jam 19.00 sampai tengah malam, warung yang berlokasi di Bantul ini tak pernah sepi pelanggan. Kamu harus siap mengantre ya, untuk bisa menikmati sego godhog hangat seharga Rp 15.000 ini.

7. Nasi Rames Pak Dul

Dikenal juga sebagai Nasi Teri Gejayan, Nasi Rames Pak Dul juga tak pernah sepi pengunjung. Tujuan wisata kuliner malam hari di Jogjakarta ini tak hanya menjadi langganan masyarakat lokal, tapi juga para wisatawan. Sebenarnya, warung nasi ini menyajikan hidangan rumahan, seperti sayur kacang panjang dan telur ceplok. 

Istimewanya, seluruh sayur dan lauk yang disajikan, dimasak dengan tungku arang, bukan kompor gas. Sehingga, kamu bisa merasakan hidangan sederhana dengan cita rasa lebih nikmat. Buka dari jam 21.00 hingga 4.00, kamu bisa mencicipi sepiring nasi rames seharga Rp 13ribu di warung yang beralamat di Jl. Affandi No. 5B, Gondokusuman ini. 

8. Mie Ayam Bu Tumini

Kamu mungkin akan mengernyitkan dahi waktu membaca rekomendasi wisata kuliner yang satu ini. “Ah, sudah sampai di Jogjakarta kok malah makan mie ayam?” Memang, mie ayam bisa kamu temui di berbagai kota. Namun mie ayam yang satu ini berbeda dari sisi tampilan maupun cita rasanya.

Selama ini mie ayam identik dengan kuah bening maupun kekuningan. Di warung dekat Terminal Giwangan ini, kamu akan melihat semangkok mie ayam dengan kuah kental cokelat dengan topping potongan ayam di atasnya. Bahkan jika porsi ini belum cukup mengenyangkan, ada porsi jumbo yang bisa kamu pesan.

Warung Mie Ayam Bu Tumini ini juga menyediakan menu ceker ayam yang juga disajikan dengan kuah kental cokelat. Buka jam 10.00-17.00, kamu bisa mampir untuk mencicipi mie ayam yang lezat ini hanya dengan harga kurang dari Rp 10.000 per porsinya. 

9. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Jogjakarta kini juga dikenal sebagai kota angkringan. Di kota besar lainnya seperti Jakarta, kamu juga bisa menjumpai angkringan yang menjual nasi kucing di malam hari. Namun tentu saja suasananya berbeda dari Angkringan Kopi Jos Likman yang berada di samping Stasiun Tugu, Jogjakarta.

Selain menjual nasi kucing dan lauk-lauknya seperti gorengan dan aneka sate, ada kopi josnya yang sudah sangat terkenal. Kopi jos adalah segelas kopi yang dihidangkan dengan arang membara di dalamnya. Kamu bisa mendengar suara “ces” saat arang panas tersebut dimasukkan ke dalam segelas kopi.

Dengan membayar sekitar Rp 20.000, kamu bisa menikmati nasi kucing komplet dengan kopi josnya di angkringan Lik Man ini. Angkringan ini buka dari jam 21.00 hingga 02.00. Jadi, jangan datang ke sana siang-siang ya!

10. Oseng Mercon Bu Narti

Ini dia wisata kuliner yang tak kalah tenarnya dibanding yang lain. Ada warung Oseng Mercon Bu Narti di kawasan Ngampilan. Warung ini secara “resmi” memang buka dari jam 18.00-00.00. Namun tak jarang, pengunjung terpaksa menelan ludah ketika sampai di sana jam 21.00 dan ternyata osengnya sudah habis!

Sebenarnya, masakan apa sih yang dijual Bu Narti ini? Oseng ini disebut oseng mercon karena pedasnya yang bisa bikin kamu bercucuran keringat ketika menyantapnya. Dimasak menggunakan gajih, kulit, tulang, dan tentunya cabe rawit yang tidak pelit, oseng mercon Bu Narti dengan harga mulai dari Rp 15.000 ini banyak dicari. Bahkan, kamu bisa menemukan oseng mercon Bu Narti versi kalengan di e-commerce.

Tips wisata kuliner di masa pandemi lewat layanan delivery

Jaga jarak saat menerima makanan yang diantarkan driver.

Masa pandemi akibat penyebaran virus Covid-19 ini telah memaksa kita untuk membatasi aktivitas di luar rumah, demi menjaga kesehatan. Jika kamu ingin melakukan wisata kuliner di Jogjakarta dalam waktu dekat ini, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Tak harus mengunjungi pusat jajanan maupun warung makan, kamu pun bisa melakukan pemesanan layanan antar yang disediakan ojek online.

Selanjutnya, kamu dapat menikmati berbagai hidangan khas Jogjakarta dengan nyaman di dalam kamar kost. Kamu juga bisa tetap nge-vlog lho, walaupun cuma makan di dalam kamar kost harian. Namun, pastikan kamu tetap menjalankan protokol kesehatan selama berada Jogjakarta.

Berikut ini tips wisata kuliner dengan layanan antar dari ojol di masa pandemi:

  • Mintalah driver untuk mengantarkan makanan pesananmu di depan pagar tempat kost. Jika tinggal di kost harian dengan layanan resepsionis maupun security 24 jam, kamu bisa minta tolong driver untuk menitipkan makanan pesananmu pada mereka. Dengan begitu, kamu sudah mengurangi kontak fisik dengan driver. Jika memilih untuk menerimanya secara langsung, pastikan kamu menjaga jarak dengan driver setidaknya 1 meter.
  • Lakukan pembayaran dengan dompet elektronik. Di masa pandemi yang rawan penularan virus corona ini, ada baiknya kamu melakukan pembayaran menggunakan dompet elektronik alias e-wallet. Sebab, uang tunai berpotensi menyebarkan virus corona.
  • Bersihkan bagian luar kemasan makanan dengan cairan disinfektan sesegera mungkin, setelah kamu menerima pesananmu dari ojol.
  • Pindahkan makanan yang sudah dipesan ke piring maupun mangkok yang bersih. Jika tidak tersedia di kamar, kamu bisa mencoba meminjamnya dari pemilik maupun pengelola kost. Apabila kost harian yang kamu tempati dilengkapi dengan dapur bersama, tak ada salahnya untuk mencuci peralatan makan sebelum menggunakannya, untuk memastikan kebersihannya.
  • Buang bungkus makanan ke tempat sampah.
  • Sebelum makan, cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Pesan kost harian di Jogja dengan aplikasi cari kost online

Setelah mengetahui rekomendasi wisata kuliner di Jogjakarta, kini saatnya kamu memesan kost di Jogjakarta melalui aplikasi cari kost online. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melihat banyak kost lengkap, beserta informasi mengenai fasilitas dan harga kost di Jogja. 

Selain fasilitas dan harga sebagai pertimbangan, review dan rating dari para penghuni sebelumnya juga penting. Jangan lupa untuk tanyakan kepada pengelola maupun pemilik tempat kost mengenai kebijakan jam malam. Apalagi jika kamu berniat membeli atau memesan makanan yang buka tengah malam.

Ngekost di Jogja dengan RedDoorz

RedDoorz adalah jaringan manajemen dan penyedia akomodasi online dengan tarif hemat. Selain hotel dan apartemen, kini RedDoorz juga menawarkan banyak pilihan kost di di berbagai kota di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang butuh cari kost, langsung aja download aplikasi RedDoorz versi terbaru, atau klik link berikut dari ponsel kamu: cari kost dengan RedDoorz.

RedDoorz akan memudahkan pencarian maupun pemesanan kost online sampai dengan pembayarannya. Selain itu, tersedia juga dukungan layanan pelanggan selama 24 jam. Cari kost lewat RedDoorz akan memberi banyak keuntungan karena banyak penawaran menarik. Yuk coba!

Yuk, mulai survey kost di Jogjakarta buat kamu yang berencana pindah ke kota yang dikenal kota pelajar ini! Ingat, bukan cuman cari kost, cari wisata kuliner juga, ya!

Press Enter To Begin Your Search
×