Loading...

Di Indonesia, banyak perguruan tinggi yang memiliki akreditasi baik dan menjadi incaran para calon mahasiswa. Calon-calon mahasiswa tersebut, termasuk Anda, pasti berusaha semaksimal mungkin agar dapat diterima di perguruan tinggi yang diimpikan. Perguruan-perguruan tinggi tersebut tersebar di kota-kota di Indonesia.

kost dekat its surabaya

Salah satu kota yang menjadi incaran para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah Surabaya. Kota Pahlawan ini memang memiliki beberapa perguruan tinggi terakreditasi baik, salah satunya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

ITS Surabaya menjadi perguruan tinggi dengan banyak peminat yang datang dari berbagai daerah. Saat menjadi mahasiswa ITS, Anda yang berasal dari luar Kota Surabaya pasti tinggal berjauhan dari orangtua. Karenanya, Anda harus mencari tempat untuk ditinggali selama menjalankan studi, seperti Kost dekat ITS atau  asrama dekat kampus.

Kenali Lebih Jauh Tentang Kampus ITS 

Awalnya, perguruan tinggi negeri sains dan teknologi di Surabaya yang didirikan pada 10 November 1957 oleh dr. Angka Nitisastro dan diresmikan oleh Ir. Soekarno ini bernama Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT). Saat itu, YPTT hanya memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Sipil.

Pada 3 November 1960, Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) diubah menjadi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan status perguruan tinggi negeri. Hal ini dibarengi dengan penambahan fakultas menjadi Fakultas Teknik Kimia, Fakultas Teknik Kelautan, Fakultas Teknik Listrik, Fakultas Teknik Mesin, dan Fakultas Teknik Sipil. Pada 1965, ITS menambah dua fakultasnya, yaitu Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Eksakta serta Fakultas Teknik Arsitektur.

Hingga saat ini, perguruan tinggi yang terletak di Manyar, Sukolilo, dan Tjokroaminoto ini memiliki tujuh fakultas, yaitu Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (Creabiz) yang terdiri atas Jurusan Desain Interior, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Produk Industri, Jurusan Manajemen Bisnis, Jurusan Manajemen Teknologi, dan Jurusan Studi Pembangunan.

Fakultas Kejuruan (Vokasi) yang terdiri atas Jurusan Otomasi Teknik Elektronik, Jurusan Rekayasa Infrastruktur Sipil, Jurusan Rekayasa Instrumentasi, Jurusan Statistik Bisnis, Jurusan Teknik Kimia Industri, dan Jurusan Teknik Mesin Industri.

Fakultas Sains dan Analisis Data (Ilmu Pengetahuan) yang terdiri atas Jurusan Aktuaria, Jurusan Biologi, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, Jurusan Matematika, dan Jurusan Statistik.

Fakultas Sipil, Perencanaan, dan Teknik Geo (Civplan) yang terdiri atas Jurusan Arsitektur, Jurusan Rekayasa Geofisika, Jurusan Rekayasa Geomatika, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Jurusan Teknik Lingkungan, dan Jurusan Teknik Sipil.

Fakultas Teknologi Kelautan (Martech) yang terdiri atas Jurusan Arsitektur Angkutan Laut dan Teknik Pembuatan Kapal, Jurusan Rekayasa Kelautan, Jurusan Rekayasa Transportasi Laut, dan Jurusan Teknik Kelautan.

Fakultas Teknologi Listrik dan Informatika Cerdas (Electrics) yang terdiri atas Jurusan Informatika, Jurusan Rekayasa Kelistrikan, Jurusan Sistem Informasi, Jurusan Teknik Biomedis, Jurusan Teknik Komputer, dan Jurusan Teknologi Informasi.

Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa sistem (Indsys) yang terdiri atas Jurusan Rekayasa Fisika, Jurusan Rekayasa Material, Jurusan Sistem dan Teknik Industri, Jurusan Teknik Kimia, dan Jurusan Teknik Mesin.

Cek! Fasilitas Ini Ada di Sekitar Kampus ITS

Di sekitar Kampus ITS, baik di lingkungan dalam maupun di lingkungan luar kampus, terdapat berbagai fasilitas yang dapat mendukung aktivitas dan kegiatan belajar para mahasiswa. Di lingkungan dalam kampus, terdapat asrama, fasilitas olahraga, graha, ITS Press, masjid, pusat bahasa dan budaya, pusat pengembangan bisnis dan karier, pusat pelatihan ITS, pusat layanan kesehatan, dan perpustakaan.

Sementara itu, di lingkungan luar kampus juga terdapat beberapa fasilitas umum, seperti apotek, coffee shop, gerai ATM, hotel, kafe, klinik, minimarket, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, rumah sakit, rumah makan, dan SPBU.

Tidak hanya itu, di lingkungan luar kampus juga terdapat tempat tinggal berupa apartemen, asrama dekat ITS, kost putra dekat ITS Surabaya, kost putri dekat ITS Surabaya, dan kost perumahan dosen ITS. 

Tempat-Tempat Nongkrong Asyik untuk Menghabiskan Waktu di Sekitar Kampus

Anak kampus paling suka hangout ke cafe

Setelah lelah belajar, nongkrong menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh para mahasiswa ITS. Bisanya, mahasiswa ITS senang nongkrong di tempat-tempat yang asyik sekitar kampus sambil bercengkrama dan bersenda gurau atau hanya menikmati makanan dan minuman yang dipesan.

Ada beberapa tempat nongkrong asyik yang menjadi pilihan mahasiswa ITS, mulai dari coffee shop (Pohon Kopi dan Rollaas Coffee and Tea) kafe (Cafe Online dan SAS Cafe n Resto), tempat makan (Depot 52 Prasmanan, Jiraiya Ramen, restoran cepat saji, dan Tahu Telur Pak Jayen), warung kopi yang ramah di kantong, hingga kost sendiri atau kost teman.  

Berapa Harga Sewa Kosan ITS Surabaya?

Di sekitar ITS, terdapat banyak kost, baik kost khusus putra, kost khusus putri, maupun kost campur. Selain itu, banyak juga kost yang disewakan perbulan, pertiga bulan, per enam bulan, bahkan per tahun dengan harga sewa yang bervariasi. Harga-harga sewa kosan ITS Surabaya dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti masa sewa kosan. Semakin lama masa sewanya, harga sewa yang harus Anda bayarkan akan semakin murah.

Selain itu, lokasi juga mempengaruhi harga sewa kosan. Kosan yang sangat dekat dengan kampus, strategis, mudah dijangkau, dan berada di tepi jalan, harga sewanya akan semakin mahal. Fasilitas pun turut memengaruhi harga sewa.

Dari segi harga sewa, kost dekat ITS Surabaya memang banyak macamnya. Ada kosan yang harga sewanya murah, sedang, hingga mahal. Hal tersebut haruslah disesuaikan dengan ketersediaan dana Anda.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Millennials Betah Ambil Kost di Surabaya Barat

Jika memiliki dana berlebih, Anda dapat menyewa kost bulanan eksklusif di Surabaya dengan fasilitas dan lokasi yang tidak perlu diragukan lagi. Adapun beberapa kost eksklusif dengan fasilitas mewah di Surabaya adalah Kost Graha Marina Wonocolo, Kost KSM Homestay, Kost Shofa Marwah Guesthouse, dan Kost We Stay.

Sementara itu, jika memiliki dana terbatas maka Anda dapat menyewa kost yang murah, tetapi nyaman dan bikin betah. Meskipun demikian, Anda dapat menyulap kost yang murah tersebut agar terkesan eksklusif dengan beberapa cara berikut ini.

Memasang Hiasan Dinding

Salah satu cara untuk membuat kamar kost terkesan eksklusif, nyaman, dan bikin betah adalah dengan memasang hiasan dinding. Hiasan dinding ini dapat berupa foto bersama keluarga atau teman-teman, poster, stiker dinding, atau wallpaper.

Memanfaatkan Ruang

Biasanya, kost bulanan eksklusif di Surabaya memiliki kamar yang berukuran luas. Anda pun dapat menyulap kamar kost dengan memanfaatkan ruang, seperti menyatukan kasur, meja, dan lemari. Dengan begitu, kamar kost Anda akan terlihat lebih luas.

Meletakkan Kasur di Lantai

Meletakkan kasur di lantai akan membuat kamar kost Anda terkesan lebih luas. Sebelum meletakkan kasur, Anda sebaiknya memberikan alas terlebih dahulu.

Menggunakan Karpet Karakter

Menggunakan karpet karakter dapat membuat kamar kost Anda terlihat menarik, menyenangkan, dan terkesan eksklusif. Dengan begitu, Anda akan merasa betah berada di dalam kamar kost.

Tips Mencari Kost Dekat ITS Surabaya yang Nyaman dan Bikin Betah

Kost dengan kamar yang nyaman bikin makin produktif

Bagi Anda dan para mahasiswa baru, mencari kost dekat ITS Surabaya yang nyaman dan bikin betah menjadi tantangan tersendiri. Untuk memudahkan Anda, cobalah beberapa tips berikut ini.

Mencari Informasi Melalui Internet dan Melakukan Survei

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencari informasi tentang kost yang dekat dengan ITS melalui internet atau mengunduh aplikasi RedDoorz di smartphone. Setelah mendapatkan yang sesuai, Anda harus melakukan survei ke kostan yang bersangkutan.

Saat mencari kost yang dekat dengan kampus ITS, Anda dapat mencarinya di beberapa daerah berikut ini.

Gebang

Gebang menjadi daerah dengan banyak kostan yang dekat dengan gerbang kampus ITS. Selain harga sewa kostnya yang ramah di kantong, di Gebang banyak tukang fotokopi, warnet, dan segala hal yang berhubungan dengan perkuliahan.

Keputih

Di daerah yang menjadi surganya kuliner mahasiswa ITS ini, juga terdapat banyak kostan, tetapi harga sewanya agak lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa kost di Gebang. Kelebihan lain daerah Keputih adalah aksesnya yang mudah.

Klampis Ngasem

Meskipun letaknya agak jauh dari kampus ITS, daerah Klampis Ngasem dapat dimasukkan ke dalam daftar daerah pencarian kostan Anda. Harga sewa kostan di daerah ini cukup terjangkau.

Kost Perumdos ITS

Kost Perumdos ITS atau kost perumahan dosen ITS memiliki beberapa blok, yaitu blok A hingga J, blok N, blok P, blok W, dan blok X. Selain itu, ada juga blok U yang gerbangnya terpisah dari blok-blok lainnya. Jika memilih untuk tinggal di sini, Anda akan merasakan lingkungan yang teratur, bersih, dan nyaman.

Mulyosari Dan Sekitarnya

Mulyosari dan sekitarnya menjadi salah satu daerah kost bulanan eksklusif di Surabaya. Kostan yang letaknya dekat dengan pantai dan pusat perbelanjaan ini memiliki fasilitas yang cukup mewah.

Selain di daerah-daerah tersebut, Anda juga dapat mencari tempat tinggal selama menjalankan studi di asrama mahasiswa ITS yang memiliki tiga tipe kamar, yaitu single, double, dan kwartet. Bagi Anda yang lebih senang tinggal di apartemen, ada beberapa apartemen di dekat Kampus ITS, seperti Apartemen Dian Regency, Apartemen Gunawangsa Manyar, Eastcovia Apartment, dan Puncak Kertajaya.  

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama tinggal di suatu kostan. Karenanya, Anda harus memilih kostan dengan lingkungan yang aman, baik, dan bersih. 

Perhatikan Jarak Kostan dengan Kampus

Salah satu tujuan Anda memilih tinggal di kostan adalah untuk menghemat ongkos dan waktu saat harus ke kampus. Tetapi seperti yang sudah disebutkan, harga sewa kostan yang letaknya sangat dekat dengan kampus pasti sangat mahal. Meskipun demikian, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih tinggal di kostan yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari kampus.

Perhatikan Fasilitas yang Akan Didapat

Semakin lengkap fasilitas yang akan didapat, harga sewa kostan yang harus Anda bayarkan akan semakin mahal. Karena itu, Anda harus pandai memilah fasilitas yang akan didapat.

Sesuaikan dengan Ketersediaan Dana

Tips yang satu ini menjadi tips yang paling penting untuk diperhatikan. Sebelum memutuskan untuk tinggal di suatu kost, Anda sebaiknya membandingkan harga sewa kostan yang satu dengan kostan yang lainnya dari hasil mencari informasi dan melakukan survei. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memilih kostan yang sesuai dengan ketersediaan dana.

Mencari kost dekat ITS Surabaya memang menjadi tantangan tersendiri untuk Anda dan mahasiswa-mahasiswa lainnya. Untuk memudahkan Anda mendapatkan kostan yang nyaman dan bikin betah, cobalah beberapa tips di atas. 

Kamu juga bisa cari kost dekat ITS Surabaya pakai Aplikasi RedDoorz, RedDoorz memiliki jaringan penginapan dengan sistem booking online, dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz kamu bisa booking kamar yang ditawarkan seperti kamar hotel, apartemen, sampai kamar kost. Kamu bisa bisa dapatkan kost dengan fasilitas lengkap namun dengan harga yang kompetitif kalau cari lewat RedDoorz. Jadi tunggu apa lagi? Yuk Download Aplikasi RedDoorz di Google Play dan juga Apps store sekarang!

Cropped fav logo@2x