Loading...

Bagi kamu yang tinggal di Indonesia, pastinya sudah sangat akrab dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau yang biasa dikenal dengan TNI AD. Profesi satu ini dikenal dengan jenis seragamnya yang berwarna loreng loreng, yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai seragam yang digunakan serta fakta menarik dari tentara di Indonesia ini, simak ulasan selengkapnya.

tni ad

Masker motif loreng yang identik dengan tentara Indonesia (source:unsplash.com)

Fakta Menarik Seputar Pendidikan TNI

Tentara Nasional Indonesia atau yang kerap kali disingkat dengan TNI memiliki tiga divisi, yakni diantara adalah angkatan darat atau TNI AD, angkatan laut atau TNI AL dan juga angkatan udara atau yang dikenal dengan TNI AU. Jika kamu yang sedang kost Jakarta dan ingin menjadi anggota dari TNI ini, maka kamu membutuhkan fisik yang kuat. Selain itu, anggota tentara ini juga perlu memiliki sikap yang cerdas, tangkas, disiplin dan berani.

Di dalam proses rekrutmen dan juga pendidikan di dalam TNI ini tentu saja kamu akan diuji dalam beberapa tahapan. Untuk rekrutmen menjadi tentara di Indonesia sendiri akan dibagi menjadi tiga tahapan. Tahapan tersebut diantaranya adalah Akademi Militer atau Akmil, Bintara dan juga Tamtama. Selain itu, untuk tingkatan pendidikannya sendiri juga tergantung dari latar belakang dari pendidikan yang pernah ditempuh oleh calon anggota.

Mulai dari apakah calon anggota merupakan lulusan SMA atau SMP. Tak hanya itu saja, minat dari calon anggota yang ingin mendaftar juga sangat berpengaruh ketika kamu ingin menjajal karier di dunia militer satu ini. Dengan banyaknya tingkatan tersebut tentu saja nantinya akan mempengaruhi karir TNI AD maupun TNI AL dan TNI AU yang nantinya ingin kamu masuki kedepannya.

Hal ini diperjelas, apabila kamu merupakan lulusan dari SMP dan sederajat maka kamu bisa mendaftar untuk calon Tamtama. Nantinya calon anggota akan mendapatkan pendidikan yakni selama 6 bulan, di sebuah Sekolah Calon Tamtama atau disingkat Secata. Setelah itu, barulah kamu bisa mendapatkan pangkat Prajurit Dua atau yang biasa disebut dengan Prada.

Dan untuk kamu yang ingin menjadi calon Bintara, maka minimal kamu harus lulus SMA terlebih dahulu. Sehingga, nantinya kamu bisa melanjutkan pendidikan di Secaba atau Sekolah Calon Bintara selama kurang lebih lima bulan. Setelah itu, barulah kamu bisa memperoleh pangkat Sersan Dua setelah lulus. Sedangkan untuk Akmil, maka kamu juga harus lulusan SMA.

Akan tetapi, ada yang membedakan antara Bintara dan Akmil. Dimana jika Bintara hanya menempuh pendidikan selama 5 bulan saja, hal ini akan berbeda dengan Akmil. Pasalnya, kamu akan memperoleh pendidikan yakni selama 4 tahun. Kemudian, untuk lulusan dari angkatan Militer ini sendiri akan memiliki pangkat yakni Letnan Dua atau yang disebut dengan Letda.

Mengenal Seragam Tni AD Lengkap

tni ad

Tentara sedang menaiki Tank saat latihan (source:unsplash.com)

Setelah mengenal tentang sistem perekrutan dan juga sistem pendidikan dari TNI Angkatan Darat dan juga lainnya, maka kali ini akan dibahas mengenai baju TNI AD. Hal ini dikarenakan seragam adalah salah satu bagian penting yang harus kamu tahu, terutama untuk pekerjaan sebagai tentara. Mengingat sejak jaman perang dunia, telah banyak desainer yang menyerahkan karyanya kepada bagian kemiliteran.

Nah, untuk seragam TNI AD lengkap ini, umumnya akan mengenakan baju seragam yang mempunyai motif loreng loreng khas tentara Indonesia. Tak hanya itu saja, seragam TNI AD ini juga dilengkapi dengan baret yang disesuaikan dengan berbagai macam paduan warna. Sehingga, dengan adanya seragam tersebut akan membuat tentara tersebut semakin terlihat gagah.

Untuk seragam TNI AD sesuai pangkat, biasanya di bagian bahu akan tersemat bintang yang menandakan jabatan di TNI masing masing. Selain tanda bintang pangkat tersebut, ada pula perangkat lain yang disematkan di dada tentara ini. Beralih ke bagian sepatunya, para tentara angkatan darat ini juga akan mengenakan sepatu yang berwarna hitam. Tentu saja, padu padan tersebut akan membuat tampilan menjadi semakin berwibawa.

Selain itu, pada kondisi tertentu seragam yang dikenakan oleh tentara angkatan darat ini juga terlihat semakin perkasa dengan adanya tambahan senjata yang menggantung. Biasanya, senjata tersebut akan terletak di pinggang setiap anggota TNI. Seragam TNI AD terbaru, tentu saja akan berbeda dengan seragam TNI di masa lampau atau waktu jaman tentara kerajaan Hindia Belanda. 

Dimana dulunya, disebut dengan KNIL atau Koninklijke Nederlandsch-Indische Leger yang dibubarkan pada 20 Juli 1950. Kemudian, diubah menjadi Tentara Nasional Indonesia yang selama ini kamu kenal. Umumnya, kamu akan mengenali seragam tentara angkatan darat ini dengan warna dan motif yakni loreng. Akan tetapi, perlu kamu tahu bahwa seragam tentara yang ada di dunia juga memiliki warna yang hampir serupa.

Tentu saja di benak kalian akan banyak bertanya mengapa memilih warna yang demikian. Hal ini dikarenakan perpaduan warna tersebut sangatlah cocok apabila digunakan di hutan hutan yang ada di dunia. Begitu pula dengan seragam yang dikenakan oleh tentara nasional Indonesia, terutama angkatan darat. Para tentara tersebut akan cenderung sering mengenakan seragam yang berwarna perpaduan dari hijau.

Selain sebagai bentuk kamuflase dengan hutan yang ada di Indonesia, baju TNI AD ini juga akan terlihat sangat keren apabila dikenakan oleh tentara militer kita. Tentu bukan karena itu saja, dikarenakan hutan yang ada di Indonesia cenderung memiliki warna hijau gelap. Hal tersebut disebabkan di Indonesia sendiri terdapat banyak hutan hujan. Sebut saja di pedalaman Papua hingga Sumatra.

Sehingga, warna tersebut akan sangat cocok dan tepat digunakan untuk melakukan penyamaran. Hal ini tentu saja karena warna hijau gelap akan terkesan lebih menyatu dengan alam. Sehingga, hal tersebut akan menyebabkan tidak akan terlihat oleh musuh. Namun, seragam dari tentara angkatan darat di Indonesia ini tidak hanya berwarna hijau gelap saja.

Melainkan ada banyak warna lain yang harus kamu tahu. Pasalnya, ketika tentara Indonesia ditugaskan di Lebanon, pasukan TNI AD ini mengenakan seragam yang memiliki warna sedikit berbeda dari biasanya. Sebab ketika bertugas di daerah tersebut, mereka akan menggunakan warna yang bisa beradaptasi dengan gurun. Sebut saja seperti warna coklat tua, coklat hingga warna kuning. Pakaian tersebut juga bisa menentukan urutan pangkat TNI AD.

Mengenal Seragam TNI AL

Setelah kamu mengetahui tentang seragam yang dikenakan pasukan angkatan darat di Indonesia, saatnya beralih untuk mengetahui seragam tentara angkatan laut. Untuk TNI Angkatan Laut ini memiliki seragam yang berbeda beda. Mulai dari pakaian dinas harian ketika upacara, pakaian dinas harian untuk penerbang, pakaian dinas harian untuk penerbang SAR, hingga pakaian dinas untuk olahraga.

Selain itu, untuk seragam resmi anggota korps wanita dari TNI AL sendiri pun memiliki pakaian dinas khusus hamil. sehingga, pakaian dinas untuk tentara angkatan laut ini cukup banyak. Untuk itu, bagi kamu yang tertarik untuk masuk ke dunia militer, terutama angkatan laut maka kamu bisa mengetahui pakaian dinas apa saja yang nantinya akan kamu dapatkan.

Seragam Untuk TNI AU

tni ad

Pesawat Jet melakukan aksi manuver di udara (source:unsplash.com)

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai struktur organisasi TNI Angkatan Darat, maka kamu bisa mengetahui lebih jauh tentang pakaiannya terlebih dahulu. Ketika dalam pembahasan sebelumnya telah dibahas pakaian apa saja yang biasa dikenakan oleh tentara angkatan darat maupun tentara angkatan laut, maka saatnya untuk mengenal bagaimana seragam yang dipakai oleh tentara angkatan udara atau yang lebih dikenal dengan TNI AU.

Untuk kamu yang ingin mengikuti atau ingin masuk Akademi Angkatan Udara, maka nantinya kamu akan disebut dengan taruna udara atau karbol. Untuk itu, selama kamu masih menjadi Karbol AAU, maka semua pakaian dan juga seragam yang akan kamu kenakan merupakan pakaian yang disediakan oleh dinas. Hal ini mulai dari pakaian dalam yang kamu kenakan, pakaian untuk sehari hari, pakaian upacara, topi, hingga pakaian olahraga dan lainnya.

Jika kamu mengenal TNI Angkatan Darat identik dengan seragam yang berwarna hijau, maka kamu pun akan menemukan perbedaan yang mencolok dengan warna seragam dari TNI AU. Pasalnya, tentara angkatan udara ini mempunyai warna yakni biru loreng yang sangat berbeda dengan seragam TNI AD. Hal ini dikarenakan umumnya, seragam dari karbl akan dibedakan menjadi enam macam kategori.

Kategori yang pertama adalah pakaian dinas untuk upacara, pakaian dinas harian yang digunakan untuk sehari hari, pakaian dinas lapangan atau yang disebut dengan PDL, pakaian untuk drumband, hingga pakaian untuk olahraga dan pesiar. Nantinya keenam seragam tersebut akan dibagi lagi. Pembagian tersebut berdasarkan sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan.

Jenis Baret Tentara Nasional Indonesia

Ketika mengenakan seragam, tentunya pasukan militer ini tak akan terlepas dari yang namanya baret. Baret sendiri merupakan topi berwarna yang selalu digunakan oleh tentara di Indonesia, baik itu Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara. Ternyata, setiap warna baret memiliki arti yang berbeda pula. Untuk tentara angkatan darat sendiri memiliki pasukan yang bernama Kostrad atau yang dikenal dengan Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat.

Untuk pasukan satu ini memiliki warna baret khusus yakni berwarna hijau dengan adanya lambang yaitu Cakra Sapta Agni. Selain itu ada pula Kopassus atau Komandan Pasukan Khusus. untuk warna baretnya sendiri yakni warna merah. Yang mana memiliki lambang yaitu Tribuana Chandraca Satya Dharma. Ada pula Infanteri yang berwarna hijau dan dilengkapi pula dengan lambang yaitu Yudha Wastu Pramuka.

Selain itu untuk Penerbad atau Penerbang Angkatan Darat dilengkapi dengan baret yang memiliki warna merah. Dan untuk lambangnya sendiri yakni Kuda Bersayap. Ada pula Mabesad atau yang dikenal dengan Markas Angkatan Darat. Untuk baret tersebut mempunyai wakra yakni hijau dan juga adanya lambang yakni Kartika Eka Paksi.

Ulasan tersebut sekedar memberi gambaran mengenai seragam apa saja yang dikenakan oleh pasukan militer di Indonesia. Hal ini tentu saja sebagai bentuk pengetahuan baru, apabila bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dan bercita cita menjadi tentara. Dengan tahu bagaimana proses rekrutmen dan juga sistem pendidikan maupun seragam yang digunakan oleh tentara ini, tentunya akan mengobarkan api semangat bagi kamu yang ingin lanjut menjadi tentara.

Itu dia ulasan untuk mengenali perbedaan seragam Tentara Nasional Indonesia, kalau kamu mau cari tau perbedaan kosan di Jakarta mungkin kamu bisa langsung cek Aplikasi RedDoorz, karena kini RedDoorz pun memberikan pelayanan untuk sewa kosan melalui KoolKost nya. Dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz kamu bisa mencari kosan dengan mudah dan bisa membandingkan antara kosan yang satu dengan yang lainnya dari segi harga sewa, jarak, dan juga fasilitas yang diberikan.

Press Enter To Begin Your Search
×