Loading...

Waktu terus berlalu, tidak terasa sebentar lagi sudah memasuki penghujung tahun. Bagi kamu anak kost Jakarta atau kota lainnya, waktu tersebut merupakan saat yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau merayakan bersama dengan teman. Agar semakin seru, berikut berbagai kegiatan pada malam tahun baru yang bisa kamu lakukan.

rayakan malam tahun baru di rumah aja

Tips rayakan malam tahun baru seru di rumah. (Foto: freepik)

Cikal Bakal Perayaan Tahun Baru

Sebelum membahas kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan pada malam di tahun baru, sebaiknya kamu kenali terlebih dahulu dari mana asal usul perayaan tersebut bermula. Ternyata perayaan tersebut sudah mulai dilakukan sejak zaman kekaisaran Romawi, lebih tepatnya ketika Julius Caesar tengah memerintah yang termasuk dalam masa sebelum masehi.

Sebelum masa pemerintahan Julius Caesar, digunakan kalender tradisional sejak abad ke 7 sebelum masehi. Ketika Julius Caesar naik tahta, ia mulai memberlakukan penanggalan baru untuk menggantikan penanggalan sebelumnya. Setelahnya, Julius Caesar mulai menetapkan bahwa pada tanggal 1 Januari merupakan hari pertama di dalam kalender baru yang diberlakukan.

Istilah dari Januari sendiri berasal dari nama dewa Janus, yaitu salah seorang dewa dalam mitologi Romawi. Pada buku bertajuk New Year’s Celebrations yang terbit pada tahun 2007 silam, dijelaskan bahwa pemilihan dewa Janus sebagai penanda awal tahun karena dewa ini dipercaya memiliki dua wajah. Dimana kedua wajahnya, satu menghadap ke depan dan satu lagi ke belakang.

Masyarakat romawi kuno meyakini bahwa dewa Janus tersebut merupakan lambang permulaan, sekaligus penjaga pintu masuk. Oleh sebab itu dewa Janus dijadikan sebagai awal tahun baru dalam kalender yang diberlakukan Julius Caesar. Semenjak saat itu, orang orang Romawi mulai menggelar perayaan pada malam 31 Desember untuk menghormati dewa Janus.

Perayaan itu sekaligus mengawali suatu tradisi di masyarakat Romawi, yaitu mereka saling memberikan hadiah untuk satu sama lain pada malam tahun baru. Hadiah yang diberikan biasanya berupa perak, emas, ranting dari pohon keramat, dan lain sebagainya yang melambangkan keberuntungan. Sehingga kemeriahan malam tahun baru semakin jelas terasa.

Kegiatan Malam Tahun Baru 

rayakan malam tahun baru

Malam tahun baru di rumah aja tetap bisa seru. (Foto: freepik)

Terlepas dari sejarah atau cikal bakalnya, pada malam 31 desember tersebut memang adalah saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau teman. Pasalnya tanggal tanggal tersebut biasanya diberlakukan cuti bersama dan hari libur nasional. Berikut beberapa kegiatan malam tahun baru yang bisa kamu lakukan dengan keluarga atau teman.

1. Menyaksikan Pesta Kembang Api

Pada malam 31 Desember, untuk menyambut pergantian tahun pasti banyak sekali orang yang menyelenggarakan pesta kembang api. Biasanya area area di pusat kota, merupakan tempat mengadakan pesta semacam itu. Kamu bersama dengan teman teman bisa turut menyaksikan pesta kembang api misalnya di alun alun kota. 

Kegiatan menghitung mundur detik detik menjelang pergantian tahun, sembari melihat kembang api cantik di angkasa tentu menjadi momen yang menyenangkan. Terlebih dengan diiringi suara suara terompet, bisa menambah keseruan kegiatanmu dan teman teman. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut, bisa dalam bentuk foto atau video agar semakin memorable.

2. Berkeliling Kota

Sembari menunggu hitung mundur tahun baru, kamu bisa menghabiskan waktu dengan berkeliling kota. Kegiatan ini akan sangat mengasyikkan bagi kamu yang suka merayakan tahun baru di luar. Di sepanjang jalan kamu bisa melihat euforia masyarakat yang juga turut merayakan pergantian tahun, ada yang menggelar pesta kembang api dan lain sebagainya.

Bahkan biasanya banyak juga yang menggelar konser artis papan atas, maupun artis lokal setempat. Kamu bisa singgah sejenak untuk menontonnya sebelum melanjutkan berkeliling. Kamu pun bisa menikmati udara dingin pada malam hari yang tidak selalu bisa dirasakan pada hari biasa, karena sudah lelah dengan tugas maupun berbagai aktivitas lainnya seharian.

3. Pesta Barbeque 

Bagi kamu yang lebih suka berada di rumah daripada keluyuran di jalan jalan, pesta malam tahun baru seperti acara barbeque menjadi ide menarik yang patut untuk dicoba. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman, sembari memasak bersama. Di Indonesia, pesta barbeque ini biasa disebut dengan bakar bakaran dan sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang.

Kamu bisa memasak jagung, ikan, daging, atau sosis dengan cara dibakar atau dipanggang. Nantinya setelah matang, kamu dan yang lain bisa ngobrol ngobrol seru dengan menyantap hidangan tersebut. Kapan lagi bisa melihat kembang api cantik di tengah bintang bintang, sambil menikmati santap hidangan lezat bersama dengan orang orang tersayang.

4. Camping

Ingin menyatu dengan alam sambil bermain kembang api cantik ? Maka camping menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu di akhir tahun. Kamu dengan keluarga atau teman teman bisa merasakan dan mengagumi indahnya alam di sekitar, sembari memiliki waktu berkualitas yang berharga antara satu sama lain. 

Selama camping, kamu bisa bermain kembang api sparklers atau menyalakan api unggun dan saling berbagi cerita. Sparklers sendiri merupakan kembang api yang paling sederhana, dimana biasanya kamu hanya perlu memegang ujung besinya kemudian di sisi lainnya akan mengeluarkan spark (letupan api kecil). Sehingga tidak akan membahayakan alam sekitar.

5. Staycation di Hotel

Buat para kaum milenial, melakukan kegiatan ini di malam tahun baru menjadi salah satu ide brilian yang perlu dicoba. Bila sebelum sebelumnya kamu menghabiskan tanggal 31 Desember dengan di rumah atau keluar ke jalanan, maka tahun ini kamu bisa mencoba sensasi yang berbeda dengan melakukan staycation di hotel bersama dengan keluarga atau teman.

Biasanya pada malam tersebut, banyak hotel yang sedang melangsungkan pesta tahun baru. Jadi acara menginap kamu menjadi lebih meriah, karena kamu bisa menikmati berbagai acara yang diselenggarakan oleh hotel tersebut. Misalnya konser, pesta kembang api, acara stand up comedy, serta berbagai acara hiburan menarik lainnya.

6. Pesta Kostum 

Acara malam tahun baru lainnya yang tidak kalah seru untuk dilakukan yaitu pesta kostum. Meski model acara ini bukan menjadi tradisi di Indonesia, tapi kamu bisa merencanakannya bersama dengan teman atau keluarga untuk menghabiskan waktu pada malam pergantian tahun. Kamu bahkan bisa menentukan sendiri tema pesta kostum yang direncanakan tersebut.

Misalnya semua anggota keluarga atau teman yang hadir ke pesta harus menggunakan kostum bertema superhero, atau tokoh animasi, dan lain sebagainya. Aktivitas satu ini akan sangat seru dilakukan untuk melengkapi acara lainnya, seperti pesta barbeque, pesta kembang api, dan lain lain dalam menghabiskan malam 31 Desember.

7. Main Games Seru

Malam akhir tahun adalah saat yang tepat untuk kumpul bareng keluarga di rumah. Jangan salah, meski hanya di rumah bersama dengan keluarga kamu bisa melakukan berbagai aktivitas mengasyikkan seperti bermain game. Banyak sekali permainan seru yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu, dan membuat ikatan antar anggota keluarga menjadi semakin erat.

Beberapa permainan yang bisa kamu lakukan bersama dengan keluarga atau teman di rumah antara lain uno card, monopoly, game board, pie face, truth or dare, uno spin, werewolf, dan lain sebagainya. Kamu bahkan bisa membuat permainan menjadi lebih menarik, dengan menetapkan punishment bagi mereka yang kalah dan memberi reward pada yang menang.

8. Karaoke

Selain bermain games seru, kumpul bareng teman atau keluarga di rumah juga bisa dihabiskan dengan cara karaokean. Pada malam pergantian tahun, hampir semua orang begadang hingga tengah malam dan melakukan aktivitas untuk menyambut tahun baru. Jadi tidak akan ada yang akan protes jika suaramu bernyanyi di tengah malam akan mengganggu mereka.

Pada kesempatan ini, kamu dan seluruh anggota keluarga atau teman bisa asyik menghidupkan suasana di rumah dengan cara karaokean. Siapkan lagu mulai dari genre masa kini untukmu, hingga tembang tembang lawas untuk para orangtua. Dengan begitu semua yang hadir bisa merasakan kebersamaan ketika melakukan kegiatan karaoke ini.

9. Year-End Sale

Bagi kamu kaum hawa, apa lagi yang lebih membahagiakan dari diskon besar besaran di akhir tahun. Penghujung tahun adalah saat saat dimana berbagai toko mulai dari produk fashion, kosmetik, dan lain sebagainya melakukan promosi dengan diskon besar. Bahkan tidak tanggung tanggung, ada juga toko yang memberi diskon hingga 80 persen.

Jadi ini adalah kesempatan kamu untuk memburu year end sale tersebut. Waktu perayaan pergantian tahun baru kamu akan jauh lebih bermanfaat, nantinya barang barang yang didapat bisa digunakan di tahun baru. Kamu dapat menikmati year end sale ini dengan cara berbelanja secara online dari rumah atau berkeliling ke mall mall offline terdekat.

10. Movie Marathon

malam tahun baru

Movie marathon saat malam tahun baru. (Foto: freepik)

Tahun ini banyak film seru yang rilis tapi kamu tidak sempat menontonnya ? Maka malam tahun baru adalah saat yang tepat untuk mengeluarkan semua stok persediaan film tersebut. Movie marathon berbagai genre bisa kamu lakukan, mulai dari genre romantis, horor, komedi, drama, action, fantasy, crime, thriller, dan lain sebagainya.

Agar acara nonton menjadi lebih seru, kamu bisa mengajak keluarga maupun teman teman untuk datang dan menonton bersama. Tentunya jangan lupa untuk mempersiapkan camilan, agar suasana menjadi lebih meriah. Contohnya kamu bisa menyediakan keripik, popcorn, kentang goreng, minuman bersoda, atau jus untuk teman menonton film.

Kalau kamu merasa nonton streaming bisa boros di kuota, mengapa tidak memilih kost yang memberikan wifi gratis, seperti KoolKost dari RedDoorz. jadi kamu tidak perlu khawatir lagi soal kuota dan bisa nonton film streaming dengan tenang.

Cari kost KoolKost sangatlah mudah, tinggal buka aplikasi RedDoorz dan cari kost di daerah yang sedang kamu cari, bisa berdasarkan kota dan juga kampus tempat kuliah kamu. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap, mulai dari kasur yang nyaman, lemari pakaian, meja dan kursi, kamar mandi dalam, ada yang menyediakan Televisi juga dan yang paling penting wifi gratis biar kamu bisa nonton film streaming dengan nyaman dan lancar.

Persiapan Malam Tahun Baru

Agar semua kegiatan atau acara yang kamu lakukan dengan keluarga atau teman berjalan dengan lancar, tentunya persiapan malam tahun baru perlu dilakukan dengan matang. Tentunya persiapan ini sebaiknya dimulai dengan tema, tentukan terlebih dahulu tema kegiatan apa yang ingin kamu lakukan ketika menyambut datangnya tahun baru.

Jika sudah mendapat tema, maka kamu bisa menentukan pernak pernik apa yang perlu dipersiapkan nantinya. Misalnya kamu memutuskan untuk mengadakan pesta barbeque, maka kamu harus mulai menuliskan daftar hidangan yang perlu disajikan. Atau kamu ingin melakukan movie marathon, maka siapkan film dan pastikan ruangan nyaman untuk digunakan.

Tentunya dengan persiapan yang baik dan matang, acara malam akhir tahun kamu akan menjadi lebih menyenangkan bersama dengan keluarga atau teman teman. Tidak selalu harus mahal, dengan cara yang tepat dan ide ide unik semua kegiatan akan menjadi jauh lebih mengasyikkan. Terlebih bila dikelilingi oleh orang orang tersayang, tentunya akan menjadi momen berkesan.

Press Enter To Begin Your Search
×