Loading...

Ngopi menjadi salah satu hal yang identik dengan anak kost. Hal ini dikarenakan sebagian besar mahasiswa cenderung lebih suka menghabiskan waktu untuk berkumpul dan nongkrong. Sehingga tak mengherankan banyak kedai kopi yang bermunculan di area sekitar kampus. Kedai tersebut menyediakan banyak jenis kopi, mulai dari kopi hitam hingga varian lain yang digandrungi anak muda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kopi, kamu bisa menyimak ulasannya berikut.

kopi hitam

Kopi hitam banyak digemari penggemar kopi (source:Freepik.com)

Filosofi Kopi Hitam

Saat ini, kopi menjadi salah satu kebutuhan hidup dari masyarakat. Hal ini dikarenakan banyak orang Indonesia yang sering kali mengatakan tak lengkap jika di pagi harinya belum mengonsumsi minuman satu ini. Perlu untuk anda ketahui, kopi yang berwarna hitam ini merupakan salah satu dari tanaman yang mampu tumbuh di daerah yang memiliki hawa tropis. Dengan memiliki rentang ketinggian yakni 700 hingga 1600 mdpl. 

Selain itu, tanaman satu ini dapat hidup dengan kurun waktu yang lama yakni sekitar 100 tahun. Namun, umumnya pohon kopi akan memiliki masa produktif yakni dalam usia 7 hingga 20 tahun. Kopi sendiri, berasal dari tanaman yang dikenal memiliki nama yaitu Coffea. Di dalam perusahaan kopi yang komersial, umumnya kamu akan mengenal dua jenis kopi yang kerap kali ditemukan yakni Robusta dan Arabika.

Untuk kopi Robusta sendiri merupakan pohon yang sebagian besar tumbuh di bagian Afrika Barat dan Tengah. Selain itu, sebagian besar wilayah Asia Tenggara yakni Indonesia dan juga Vietnam juga menjadi penghasil dari jenis kopi satu ini. Umumnya, robusta ini akan digunakan sebagai bahan campuran untuk kopi instan. Untuk bentuknya sendiri yakni lebih kecil dan lebih bulat dibanding dengan kopi Arabika serta memiliki sekitar 50 persen lebih banyak kafein.

Sedangkan untuk kopi Arabika, pohon asli dari kopi satu ini bisa kamu temukan di daerah Ethiopia. Umumnya, pohon tersebut akan menghasilkan kopi aromatik ringan dan untuk jenis kopi satu ini memiliki produksi sekitar 70 persen dari kopi yang ada di dunia. Arabika sendiri termasuk salah satu kopi yang cukup mahal untuk proses pengolahan. Hal ini dikarenakan pohon tersebut tumbuh di daerah yang cenderung memiliki dataran curam dan akses yang sulit.

Manfaat Kopi Hitam

Mengkonsumsi kopi merupakan rutinitas yang sering kali dilakukan oleh banyak orang, terutama anak muda. Sebagian besar orang berpendapat bahwa mengkonsumsi kopi sesaat setelah kopi digiling menjadi salah satu minuman terbaik yang bisa kamu konsumsi. Selain memiliki rasa yang addict, manfaat kopi hitam bagi tubuh juga sangatlah banyak. 

Tentu saja manfaat tersebut akan bisa untuk kamu dapatkan ketika mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula. Hal ini dikarenakan ketika kamu meneguknya tanpa menggunakan perpaduan dari komposisi yang lain, maka akan bisa memberikan dampak yang positif bagi tubuh. Bahkan para ahli pun menyarankan bagi kamu yang doyan kopi, lebih baik untuk mengkonsumsinya maksimal dua cangkir kopi setiap harinya.

Dimana kamu bisa menyeduhnya di pagi hari ketika sarapan. Serta di malam hari ketika kamu sedang nongkrong atau mengerjakan tugas. Ada berbagai macam manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi kopi hitam ini. Diantaranya adalah mampu untuk menjadi mood agar tetap baik. Dengan konsumsi kopi satu ini ternyata mampu untuk menjaga agar pikiran dan daya tahan tubuh agar  tetap terlihat muda.

Selain itu, bagi kamu yang rutin untuk mengkonsumsi kopi dalam waktu dua kali sehari, maka akan bisa untuk mencegah penyakit Parkinson. Hal ini dikarenakan adanya kafein yang terkandung di dalam kopi akan mampu meningkatkan kadar dopamin yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, dopamin juga mampu bekerja secara efektif untuk meningkatkan mood maupun suasana hati yang sedang kamu rasakan.

Banyak pula yang berkata bahwa kopi hitam untuk diet, juga bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini juga tak salah, pasalnya, jika kamu mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula maka akan membantu untuk mengurangi berat badan yang kamu miliki. Pasalnya, kopi akan mampu untuk meningkatkan sistem metabolisme yang ada di dalam tubuh sebanyak 50 persen. Sehingga akan membantu untuk membakar lemak di dalam perut.

Manfaat lain dari kopi satu ini adalah mampu untuk membersihkan saluran pada pencernaan tubuh. Hal ini disebabkan kopi merupakan salah satu minuman jenis diuretik. Sehingga ketika kamu mengkonsumsinya tanpa gula maka bakteri dan racun yang ada di dalam tubuh juga  dengan mudah untuk ikut terbawa bersama feses ketika anda buang air besar.

Bahkan, fungsi dari kognitif otak pun juga akan baik untuk meningkatkan energi dan juga suasana hati. Hal ini dikarenakan kopi mengandung stimulan psikoaktif ketika beraksi dengan tubuh akan mampu untuk menimbulkan efek tersebut. Bukan hanya itu saja, kopi yang berwarna hitam ini juga akan membantu otak untuk menjadi tetap aktif serta akan meningkatkan daya ingat pada memori anda. Sehingga, mampu untuk mencegah demensia.

Jenis Kopi di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Kopi hitam

Indonesia punya berbagai macam jenis kopi (source:freepik.com)

Untuk di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis kopi yang perlu kamu tahu. Pertama ada Kopi Bajawa yang berasal dari Flores. 

Kopi Bajawa

Untuk kopi ini merupakan salah satu primadona yang ada di dunia. Hal ini dikarenakan perpaduan aroma tembakau dan juga nuttynya yang begitu khas akan membuat banyak orang menjadi tergoda untuk mencicipinya. Cita rasa kopi yang unik dari kopi satu ini tentu saja dikarenakan cara budidaya yang dilakukan oleh petani lokal yang ada disana.

Pasalnya, petani kopi tersebut melakukan penanaman di area yang mengandung abu gunung berapi. Yakni ditanam pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang sangat khas. Kopi Bajawa ini merupakan salah satu jenis kopi Arabika. Dimana memiliki tekstur yang cukup kental dan juga dengan perpaduan rasa yang sedikit asam. 

Kopi Toraja

Kedua, kamu bisa mengenal salah satu kopi hitam yang sangat terkenal di Indonesia yakni Kopi Toraja. Kopi ini terkenal lantaran memiliki warna yang cukup pekat. Tak hanya itu saja, biji kopinya juga memiliki bentuk yang tidak beraturan. Sehingga ketika dibandingkan dengan kopi yang lain, maka kamu akan lebih mudah untuk mengenali bentuk kopi satu ini.

Aroma harum menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Kopi Toraja. Selain itu, kopi ini pun memiliki aftertaste yang tidak terlalu pahit. Sehingga bagi kamu yang ingin mampir ke bisnis kopi kekinian dan kebetulan menyediakan kopi dengan jenis satu ini, maka kamu pun bisa untuk mencobanya. Dengan rasa yang khas tersebut, kopi ini bahkan diekspor hingga ke luar negeri, yakni hingga Amerika dan Jepang.

Kopi Aceh

Jenis kopi hitam selanjutnya yang bisa untuk kamu coba adalah Kopi Aceh yang berasal dari daerah Gayo. Aceh sendiri memang dikenal sebagai salah satu pemasok kopi jenis Arabika yang terbesar di negara ini. Umumnya, kopi jenis satu ini akan dipanen pada daerah yang memiliki dataran tinggi yakni di Gayo Lues dan juga Bener Meriah. Dengan memiliki cita rasa yang tidak terlalu pekat dan memiliki kadar keasaman yang cukup seimbang membuatnya banyak digemari.

Selain itu, kopi satu ini juga memiliki rasa aftertaste yang akan tertinggal di mulut setelah kamu mencicipinya. Dengan memiliki rasa yang lebih bersih, sehingga jenis kopi ini akan sering untuk kamu temukan sebagai salah satu kopi house blend yang ada di banyak kedai kopi kekinian yang saat ini menjamur di masyarakat, karena kopi menjadi salah satu jajanan kekinian yang digemari semua kalangan. Sehingga bagi kamu yang ingin mencobanya, maka kamu bisa mencicipi dan mengunjungi kedai kopi terdekat dari kosanmu.

Kopi Robusta

Kopi Robusta yang berasal dari Temanggung menjadi salah satu kopi yang memiliki cita rasa tembakau ketika kamu menyeruputnya. Sehingga, kopi ini akan memiliki rasa yang berbeda dengan jenis kopi yang lain. Pasalnya, para petani kopi yang berasal dari Temanggung menanam kopi tersebut cukup dekat dengan tanaman tembakau. Kopi ini umumnya akan memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis dari kopi robusta yang lain.

Berbagai Macam Proses Penyeduhan Kopi

Proses pembuatan espresso dengan mesin kopi (source:freepik.com)

Setelah mengetahui filosofi kopi hitam dan berbagai jenisnya, maka kamu pun juga perlu untuk mengetahui bagaimana proses penyeduhannya. Pertama adalah V60 Coffee, dimana proses satu ini akan menyeduh kopi yang berwarna hitam dengan cara filtering. Sehingga kamu akan mendapatkan kopi hitam tanpa ampas dengan menggunakan teknik satu ini.

Untuk metode seduhnya sendiri dikenal dengan nama pour over. Bagi kamu yang ingin merasakannya, maka saat ini telah banyak kedai kopi yang menggunakan metode satu ini. Nantinya, kamu akan bisa mendapatkan tekstur kopi yang sangat encer dan cair. Namun, tak perlu khawatir pasalnya barista akan tetap menyajikannya dengan rasa kopi yang enak dan kamu bisa tetap menyeruput dengan nikmat.

Selain itu, ada pula teknik penyeduhan yang kedua yang dengan coffee press. Caranya yakni hampir sama dengan ketika kamu menyeduh kopi biasa. Dimana bubuk kopi disiram dengan menggunakan air panas dan diaduk. Namun, yang menjadi pembeda adalah setelah beberapa menit, maka kopi ini akan diproses sehingga bubuk kopi akan bisa hilang, dan kamu bisa menikmati kopi dengan lebih nikmat karena tanpa ampas.

Lalu, ada pula teknik espresso yang mungkin akan sering untuk kamu temukan. Proses penyeduhan kopi hitam ini biasanya hanya akan disajikan dengan porsi ukuran yakni 30 hingga 40 ml saja. Sehingga akan memiliki rasa kopi yang tebal dan juga untuk atasnya akan memiliki busa. Tak hanya itu saja, kopi ini juga akan menghasilkan kafein yang cukup kuat untuk kamu nikmati.

Terakhir, kamu bisa merasakan teknik penyeduhan yakni Americano. Umumnya, menu satu ini akan lebih ringan jika dibandingkan dengan espresso. Pasalnya, barista biasanya akan menyajikan kopi ini dengan menambahkan 1/8 air panas pada hasil dari kopi espresso. Sehingga, bagi kamu yang tidak ingin mencicipi kopi dengan aroma yang strong, maka kamu bisa untuk mencoba kopi satu ini.

Kopi memang menjadi salah satu minuman yang banyak digemari di Indonesia. Tak mengherankan, jenis kopi yang ada di negara ini juga sangatlah beragam. Sehingga akan membuat kamu bisa mencoba berbagai macam jenis dengan teknik penyeduhan yang berbeda beda. Selain itu, manfaat dari kopi yang bagus untuk kesehatan juga bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi yang sewajarnya.

Selain itu juga kini sudah banyak tempat ngopi yang ada di sekitaran kampus, sehingga anak kosan mudah menemukan tempat untuk ngopi sendiri ataupun bareng sama teman kampus.

 Selain menjamurnya kedai kopi, sekarang juga semakin menjamur bisnis kos-kosan di sekitaran kampus, dengan banyaknya kosan yang berdiri di sekitaran kampus membuat pemilik kos berkompetisi dengan memberikan fasilitas terbaik pada kosannya.

Salah satu pilihan kos yang tepat adalah KoolKost dari RedDoorz, dimana kamu bisa mendapatkan fasilitas kosan yang lengkap tetapi dengan harga terjangkau. Fasilitasnya untuk kamar kosan sudah dilengkapi dengan tempat tidur dengan kualitas terbaik untuk anak kosan, lemari pakaian yang cukup besar, meja dan kursi yang sudah disediakan, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC, sedangkan fasilitas lainnya seperti wifi gratis dan juga parkiran yang cukup luas. KoolKost sendiri sudah banyak tersebar di sekitaran kampus terbaik di Indonesia, karena itu kamu bisa mendapatkannya dengan mudah menggunakan Aplikasi RedDoorz. 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×