Loading...

Camilan di masa kecil, ternyata juga mampu menimbulkan nostalgia tersendiri. Tak mengherankan jika saat ini banyak produsen yang mulai menjajakan berbagai macam jajanan anak sekolah. Namun, bagi kamu anak kosan seperti anak kost Depok misalnya, kamu juga bisa untuk membuatnya sendiri. Lantas apa saja berbagai macam jajanan yang bisa dicoba? Simak ulasannya.

jajanan anak sekolah

Tahu goreng crispy enak dicemil bareng teh manis hangat. (Foto: unsplash.com/Jos Schuurmans)

Deretan Jajanan Anak Sekolah yang Praktis dan Enak Buat Camilan di Kost

1. Sate Telur Gulung 

Jajanan pertama yang bisa kamu coba adalah sate telur gulung yang menjadi primadona ketika jaman sekolah hingga saat ini. Terbuat dari bahan utama yakni telur, maka kamu pun akan lebih mudah untuk membuatnya di rumah. Tak hanya memiliki rasa yang enak dan lezat, camilan ini juga menjadi salah satu makanan yang sehat. Sebab, dengan menggunakan bahan utama telur maka hal tersebut merupakan salah satu sumber protein utama yang bisa kamu peroleh. Cara membuat telur gulung jajanan anak sekolah juga cukup mudah dan praktis. Sehingga, kamu bisa membuatnya saat sedang berada di kosan.

Kamu hanya perlu untuk menyiapkan beberapa bahan saja. Seperti telur ayam, garam, bawang putih yang telah dihaluskan atau memakai bubuk bawang putih. Tak lupa juga siapkan minyak goreng, lada bubuk dan juga tusuk sate. Tusuk sate ini berfungsi sebagai alat untuk menggulung telurnya ketika telah matang.

Jajanan anak sekolah yang praktis ini akan sangat mudah untuk kamu buat. Caranya adalah dengan memecahkan beberapa butir telur ke dalam wadah. Kemudian, tambahkan garam lada, bawang putih dan bumbu lain. Lalu, kocok dan campurkan semua bahan tersebut hingga merata. 

Selanjutnya, siapkan minyak panas di dalam wajan dan nyalakan api dalam kondisi yang sedang. Kemudian, tuangkan satu sendok telur kocok tersebut ke dalam wajan dan kamu bisa segera menggulungnya dengan menggunakan tusuk sate. Diamkan selama beberapa saat di dalam wajan hingga menjadi matang secara merata. Sajikan dengan saus agar lebih nikmat.

2. Tahu Crispy

Jajanan lain yang bisa kamu coba buat sendiri di kos adalah tahu crispy. Camilan satu ini juga memiliki cara pembuatan yang cukup mudah. Bagi kamu yang ingin membuat jajanan anak sekolah dari tahu, maka tahu crispy merupakan salah satu pilihan yang tepat. Sebab, bahan yang diperlukan sangat mudah untuk ditemukan.

Kamu hanya perlu untuk menyiapkan tahu, tepung terigu, garam, baking soda, bawang putih dan juga merica. Kamu juga bisa menambahkan penyedap rasa atau kaldu jamur agar jajanan satu ini menjadi lebih lezat. Apabila kamu ingin mendapatkan rasa yang enak, maka tentunya kamu harus memilih jenis tahu yang memiliki kualitas terbaik dan fresh.

Cara membuat jajanan sehat anak sekolah ini, pertama kamu bisa mengukus tahunya terlebih dahulu. Selanjutnya, barulah tambahkan bumbu halus ke dalam kukusan tahu. Bumbu halus tersebut dapat terdiri dari penyedap rasa, merica, garam dan juga bawang putih.

Kemudian, kamu bisa membiarkan tahu tersebut agar menjadi dingin di dalam kulkas sekitar kurang lebih satu jam. Sembari menunggu tahu menjadi dingin, maka kamu bisa menyiapkan adonan keringnya. Cara untuk membuat adonan kering ini adalah dengan mencampurkan semua bahan.

Bahan tersebut terdiri dari baking powder, tepung terigu, garam dan juga penyedap rasa yang dicampur secara merata. Setelah itu, kamu bisa mengambil tahu yang telah dingin dan memasukkannya ke dalam adonan dengan sedikit demi sedikit. Kamu bisa menekannya sembari mencampurkannya. Sehingga, hal tersebut nantinya akan membuat tahu menjadi keriting saat digoreng.

Setelah itu, kamu bisa menggoreng jajanan anak sekolah ini dengan menggunakan minyak panas dalam jumlah yang lumayan banyak. Hal tersebut bertujuan agar seluruh bagian tahu dapat matang secara merata. Setelah matang, maka kamu bisa mengangkatnya dan menipiskannya. Sajikan dengan saus maupun mayonaise dan juga bumbu beraneka rasa lainnya.

3. Makaroni Telur

jajanan anak sekolah

Makaroni sebagai bahan dasar untuk membuat makaroni telur. (Foto: freepik)

Makaroni telur atau yang akrab disebut dengan maklor merupakan salah satu jajanan anak sekolah kekinian yang tentu saja bisa dengan mudah kamu buat di kosan. Dengan memiliki bumbu yang beraneka ragam tentu saja akan membuat kamu ketagihan untuk mencobanya di kosan.

Bahan bahan untuk membuat jajanan satu ini juga cukup mudah untuk kamu temui. Hal yang perlu kamu persiapkan adalah makaroni sekitar 250 gram, saus tomat 5 sendok, telur sebanyak 3 butir dan juga minyak sayur 5 sendok. Jangan lupa pula siapkan saus cabai kurang lebih dua sendok makan dan juga bumbu bumbu penyedap lainnya.

Bumbu tersebut antara lain seperti merica bubuk, bawang putih, mentega dan juga keju sesuai dengan selera kamu. Untuk cara membuatnya sendiri yakni rebuslah terlebih dahulu makaroni dalam waktu sekitar 10 menit. Kemudian, ketika makaroni tersebut direbus maka kamu bisa menyiapkan bahan yang lain.

Pertama cincang bawang putih tersebut hingga halus. Selanjutnya, siapkan wajan yang berisi minyak sayur. Kamu pun bisa menumis bawang putih hingga berbau wangi. Kemudian, barulah tambahkan merica bubuk, garam dan juga telur. Orak arik telur dengan bahan tersebut hingga tercampur merata.

Lalu, masukkan makaroni yang telah matang ke dalam wajan. Aduklah jajanan tersebut hingga tercampur merata. Setelah itu, berikan saus cabai dan saus tomat sesuai dengan selera anda di atasnya. Barulah untuk topping, tambahkan keju dan sajikan jajanan anak sekolah jaman now ini selagi hangat.

4. Es Mambo

Es mambo dapat menjadi salah satu jajanan es kekinian anak sekolah yang sering kamu konsumsi ketika sekolah dasar. Namun, bukan berarti ketika telah menjadi mahasiswa atau anak kosan kamu tidak bisa mengkonsumsinya. Justru, ketika telah dewasa kamu bisa membuatnya sendiri di kosan.

Bahan untuk membuat es mambo sendiri adalah air matang sekitar 1 liter apabila kamu ingin membuatnya dalam jumlah yang banyak. Kemudian, siapkan pula gula pasir, 3 sendok coklat bubuk, 4 sendok tepung maizena, dan juga 10 sendok susu cair yang memiliki rasa coklat.

Setelah bahan telah siap, maka saatnya kamu untuk membuatnya. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencampurkan bubuk coklat dengan tepung maizena. Kemudian, kamu bisa mengaduknya secara merata dan tambahkan air sedikit demi sedikit. Setidaknya kamu bisa menambahkan sekitar 1 gelas air.

Selanjutnya, campurkan adonan tersebut dengan susu cair, 1 liter air matang dan juga gula.  Kamu hanya tinggal memasak campuran adonan tersebut dengan menggunakan api kecil dan terus mengaduknya. Setelah adonan mendidih, maka kamu bisa mengangkatnya dan membiarkannya hingga suhunya turun.

Setelah dirasa cukup dingin, kamu bisa memasukkan secara perlahan adonan es mambo ini pada plastik. Diamkan selama semalaman di dalam freezer, hingga adonan tersebut membentuk es. Maka jajanan anak sekolah ini pun bisa kamu nikmati. Pastinya akan menyegarkan suasana kost Depok yang sangat panas.

5. Martabak Unyil

Setelah mencoba berbagai resep jajanan anak sekolah terlaris dengan rasa yang gurih dan asin, bagi kamu yang ingin mencoba jajanan manis maka martabak unyil adalah cemilan yang pas. Martabak unyil sendiri merupakan salah satu kreasi dari cemilan martabak manis yang biasa kamu temui di pinggir jalan.

Hal yang membedakan adalah ukurannya yang lebih kecil. Sehingga, tak mengherankan jika jajanan satu ini sering kali disebut dengan martabak unyil. Camilan satu ini memiliki berbagai variasi dan topping yang ada di atasnya. Pada waktu kecil, pastinya kamu akan sering menemukannya di kantin sekolah.

Jajanan murah meriah untuk anak sekolah ini juga bisa kamu buat sendiri dengan mudah di kosan. Pasalnya, kamu bisa membuatnya tanpa menggunakan mixer sehingga akan lebih gampang. Pertama, kamu bisa mempersiapkan bahan bahannya yakni tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, telur dan juga mentega atau margarin

Setelah itu, jangan lupa pula untuk siapkan air, ragi instan, baking powder dan juga tambahkan topping sesuai dengan selera kamu. Untuk langkah pembuatannya, maka kamu bisa mencampur telur, gula dan juga ragi instan serta garam menjadi satu. Setelah itu, kocoklah hingga gula menjadi larut dan merata.

Kemudian, kamu bisa memasukkan tepung terigu, air, dan tepung tapioka pada adonan tersebut. Aduklah secara terus menerus hingga merata dan bisa mendapatkan tekstur sesuai dengan yang kamu inginkan. Barulah kamu bisa memasukkan mentega cair dan mengaduknya.

Lalu, diamkan selama kurang lebih dalam waktu 20 menitan. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan baking powder dan mengaduknya hingga rata. Siapkan cetakan martabak mini yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko online dengan harga yang terjangkau. Masukkan adonan hingga terisi setengahnya saja.

Kemudian, kamu bisa menunggunya hingga pada permukaan akan muncul buih buih ataupun pori pori kecil pada adonan. Apabila telah muncul buih tersebut, maka kamu bisa menutupnya. Beberapa saat kemudian, bukalah tutup cetakan dan apabila adonan telah berubah warna menjadi kecoklatan, maka kamu bisa mengangkatnya.

Jajanan anak sekolah ini tentu saja akan lebih menarik jika kamu menambahkan berbagai macam topping di atasnya. Pertama, kamu bisa menyiapkan susu kental manis yang berwarna putih dan juga meses. Untuk martabak yang kedua, tambahkan meses dan juga keju. Tentu saja akan menjadikan martabak ini beraneka rasa.

jajanan anak sekolah

Jadikan oreo topping martabak bikinanmu. (Foto: unsplash.com/Nelly Antoniadou)

Untuk membuatnya terlihat kekinian, maka kamu bisa menambahkan topping oreo ataupun kitkat green tea. Dengan topping yang hits dan berbeda beda tersebut tentu saja akan membuat kamu lebih semangat untuk mencobanya. Untuk itu, tak ada salahnya menyiapkan banyak toping pada jajanan satu ini.

Setelah selesai menyiapkan topping di atas martabak unyil tersebut, maka kamu pun bisa menyajikannya selagi hangat. Dijamin jajanan satu ini akan menjadi teman yang pas untuk ngopi di kosan ataupun sekedar menjadi camilan saat menonton drama. Resep yang mudah dan bahan yang gampang ditemukan, tentu saja menjadi nilai tambah dari martabak unyil ini.

Beberapa camilan anak sekolahan tersebut ternyata bisa dengan mudah kamu buat di kosan. Dengan membuatnya sendiri di kosan, tentu saja kamu akan  bisa menikmatinya dalam jumlah yang banyak. Selain itu, untuk urusan higienis tak perlu diragukan lagi, karena bahan bahan dan cara memasak yang dilakukan sendiri tentu saja akan lebih sehat.

Untuk bisa memasak sendiri di kosan, mungkin kamu bisa pilih kosan yang juga menyediakan dapur bersamanya. salah satunya kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, Selain ada fasilitas dapur bersama, KoolKost juga punya fasilitas lengkap lainnya, seperti kamar yang sudah lengkap ada kasur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar, meja kerja, ruangan ber AC, dan jua kamar mandi dalam. Kamu bisa cari KoolKost terdekat dengan kosan kamu dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz, yuk Cari KoolKost yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×