Loading...

Mahasiswa sangat erat kaitannya dengan padatnya aktivitas harian, pun bagi mahasiswa UIN Surabaya. Namun, ada beberapa waktu-waktu senggang yang terkadang hanya dihabiskan di kost-an saja, termasuk kamu salah satunya. Sebagai mahasiswa kost-an yang mungkin lokasinya berada tidak jauh dari UIN Surabaya, dan lagi gak sibuk sama tugas kuliah, keadaan seperti ini sering membuat kamu menjadi gabut dan tak tahu ingin melakukan apa. 

informasi penting sebelum cari kost dekat uin surabaya

Nah, kamu tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan menyajikan informasi lengkap mengenai kegiatan-kegiatan yang bisa kamu lakukan selama di kost-an untuk menghilangkan rasa bosan dan waktu senggangmu. Namun, sebelum membahas mengenai hal tersebut, kami akan mengajak kamu untuk mengenal lebih dalam mengenai UIN Sunan Ampel Surabaya dan beberapa tempat hiburan di Surabaya yang bisa kamu jadikan pertimbangan ketika sudah berada di sana. 

Sejarah UIN Sunan Ampel Surabaya 

Pada 1950 lalu, beberapa tokoh muslim di Jawa Timur mengadakan rapat dalam rangka pembentukan perguruan tinggi pertama yang ada di provinsi tersebut. Perguruan tinggi ini, nantinya ada di bawah naungan Departemen Agama. Kemudian, pada 1961, diadakan pertemuan di Jombang untuk membahas masalah ini lebih lanjut. Pertemuan ini tidak terlepas dari kehadiran rektor UIN Sunan Kalijaga yang kala itu dijabat oleh Prof. Soenarjo. Pertemuan tersebut memberikan beberapa keputusan berupa pembentukan panitia untuk mendirikan IAIN, pendirian fakultas syariah di Surabaya, serta pendirian fakultas tarbiyah di Malang. Untuk mewujudkan pendirian perguruan tinggi ini, dibentuklah Yayasan Bada Wakaf Kesejahteraan Fakultas Syariah dan Fakultas Tarbiyah. Yayasan inilah yang kemudian bertanggung jawab untuk mendirikan Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang kini dikenal sebagai UIN Sunan Ampel Surabaya. 

Untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi, tentu diperlukan banyak hal yang mendukung. Beberapa hal yang dibutuhkan untuk pendirian UIN Sunan Ampel Surabaya adalah tanah dengan luas sebesar delapan hektar serta rumah dinas untuk guru besar. Tanah dengan luas delapan hektar tersebut terletak di Jl Ahmad Yani No 117 Surabaya. Kini, UIN Sunan Ampel Surabaya tidak hanya dikelilingi oleh rumah dinas untuk guru besar tetapi juga kost dekat UIN Surabaya. 

Setelah melakukan pendirian beberapa fakultas, pada 1961, tepatnya di bulan Oktober, Menteri Agama meresmikan Fakultas Syariah yang letaknya di Surabaya serta Fakultas Tarbiyah yang letaknya di Malang. Selain itu, tiga tahun berselang, pada 1964, di bulan yang sama juga, Menteri Agama juga meresmikan pendirian Fakultas Ushuluddin yang lokasinya berada di Kediri. Setelah peresmian tiga fakultas ini dilaksanakan, Menteri Agama akhirnya membangun UIN Sunan Ampel yang berlokasi di Surabaya. Setelah peresmian ini berhasil dilakukan, UIN Sunan Ampel Surabaya memiliki sebaran fakultas di beberapa daerah di Indonesia. 

Tarif biaya di UIN Sunan Ampel Surabaya

Bagi kamu yang tertarik untuk masuk ke UIN Sunan Ampel Surabaya, maka ada beberapa informasi mengenai kisaran biaya yang perlu kamu persiapkan. Pembiayaan kuliah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau yang dikenal sebagai UKT. Kamu akan masuk ke dalam kelompok UKT tertentu yang didasarkan kepada penghasilan orang tua dan keadaan ekonomi keluargamu. Ada tiga jenis kelompok UKT, yaitu kelompok I bagi keluarga dengan kemampuan ekonomi yang rendah, kelompok II bagi keluarga dengan keadaan ekonomi yang cukup, serta kelompok III bagi kamu yang keadaan ekonominya mampu. Sebagai kisaran biayanya, jika kamu masuk ke dalam kelompok I, maka kamu akan dibebankan biaya kuliah per semester sebesar 0 hingga 400 ribu rupiah. Berbeda jika kamu masuk ke kelompok II yang mengharuskan kamu untuk membayar kisaran biaya kuliah sebesar 400 ribu rupiah hingga 1,8 juta rupiah per semesternya. Sedangkan kelompok UKT III mewajibkan kamu untuk membayar biaya kuliah dengan kisaran 1,8 juta rupiah hingga 2,9 juta rupiah untuk setiap semester. 

Selain biaya kuliah yang penting untuk dipikirkan, kamu juga perlu menentukan jurusan mana yang tepat bagi kamu untuk berkuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya. Terdapat 9 fakultas yang menawarkan beberapa program studi yang berbeda di perguruan tinggi ini. Fakultas Adab dan Humaniora menawarkan pendidikan Sastra Inggris, Sastra Arab, serta Sejarah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memberikan kesempatan kepada kamu untuk belajar Manajemen, Akuntansi, dan llmu Ekonomi. Fakultas Sains dan Teknologi menyediakan pendidikan Arsitektur, Sistem Informasi, Kelautan, Matematika, Biologi, dan Teknik Lingkungan. Fakultas Syariah dan Hukum menawarkan pendidikan Ilmu Hukum dan Ilmu Ekonomi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berisi program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Agama Islam, Manajemen, serta Pendidikan Matematika. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat memberikan kesempatan kamu untuk mempelajari Sastra Arab dan Ilmu Agama Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi menawarkan pendidikan Manajemen, Keguruan & Pendidikan serta Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik memberikan tawaran pendidikan di bidang Hubungan Internasional, Sosiologi, serta Ilmu Politik. Sedangkan Fakultas Psikologi dan Kesehatan menawarkan studi di bidang Psikologi. 

Cari Kost Dekat UIN Surabaya Pakai Aplikasi Lebih Mudah 

Cari kost lewat aplikasi RedDoorz lebih mudah

Untuk kamu yang akan kuliah di Universitas Islam Negeri Surabaya, dan bingung mau cari kost sekitar UIN Surabaya, kamu bisa cari kost lebih mudah menggunakan Aplikasi RedDoorz. Dengan menggunakan RedDoorz dalam mencari kost, kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang disediakan untuk memudahkan kamu dalam mencari kostan. Salah satunya, fitur Search, kamu menggunakan fitur ini untuk mencari kost berdasarkan nama kota atau bahkan nama kampus.

Jaringan kampus tersebar luas di berbagai kota di Indonesia dan juga sekitaran kampus-kampus terbaik di Indonesia, termasuk kost dekat UIN Surabaya. Ini akan memudahkan untuk kamu bisa mendapatkan banyak pilihan kost.

Dengan menggunakan Aplikasi kamu tidak perlu mendatangi kostan satu per satu, hanya cek kost sekitaran kampus dan bandingkan harga dan fasilitasnya, jadi kamu bisa compare dan memilih kost yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu.

Gimana mudah bukan! Yuk Download Aplikasi RedDoorz di Google Play dan juga Apps store sekarang!

Sekarang gimana sih cara menghilangkan gabut untuk kamu yang lagi bebas dari tugas kuliah, yuk simak hal-hal berikut,

Cara Menghilangkan Gabut Untuk Anak Kostan

Kunjungi Tempat wisata di Surabaya 

Selain berkuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya, ada manfaat utama yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki kost dekat UIN Surabaya. Manfaat tersebut berupa banyak tempat wisata atau tempat kuliner yang bisa kamu kunjungi di masa-masa senggang kamu sebelum semester perkuliahan dimulai atau ketika liburan semester tiba. Setidaknya ada 3 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi selama berkuliah dan mempunyai kos kosan dekat UIN Surabaya. 

Taman Bungkul

Seperti namanya, Taman Bungkul merupakan salah satu taman populer di kalangan masyarakat Surabaya yang terletak di tengah kota, tepatnya di Darmo, Wonokromo. Taman ini sebenarnya termasuk ke wilayah wisata religi. Taman ini juga merupakan lokasi ziarah ke makam Ki Ageng Supo atau yang dikenal dengan nama Sunan Bungkul. Sunan Bungkul adalah salah satu tokoh muslim yang menyebarkan agama Islam di daerah ini. Di taman ini, kamu bisa menikmati rindangnya pepohonan dan sejuknya udara kota. Tidak hanya itu saja, fasilitas taman yang akan kamu dapatkan juga sangat lengkap. Sebagai anak kost putri dekat UIN Sunan Ampel, kamu tidak akan menyesal jika telah berkunjung ke lokasi wisata ini. 

Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Di bagian timur Kota Surabaya, tepatnya di Jl Raya Marina Asri Keputih, kamu akan menemukan lokasi wisata yang memiliki latar belakang berupa bambu yang memesona. Lokasi wisata ini terkenal sebagai salah satu lokasi wisata yang hits untuk bersantai, berjalan-jalan, hingga foto pra-nikah. Tidak hanya Hutan Bambu saja, kamu juga bisa langsung mengunjungi Taman Harmoni Keputih yang lokasinya berada di belakang Terminal Keputih. Hampir mirip dengan Hutan Bambu, di lokasi ini, kamu akan bisa menikmati rindangnya pemandangan dan teduhnya suasana taman yang disajikan di depan mata. 

Pantai Ria Kenjeran Park

Selain taman, di Surabaya kamu juga akan menemukan pantai yang indah di bagian timur laut Surabaya. Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Ria Kenjeran Park. Di pantai ini, kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit ketika pagi serta matahari terbenam ketika sore hari. Selain itu, mata pengunjung juga akan disajikan pemandangan berupa bangunan-bangunan khas Tiongkok dan beberapa bangunan vihara. Jika kamu ingin menikmati fasilitas lainnya seperti bermain air di Kenjeran Park, kamu hanya perlu membayar biaya tambahan sebesar 25 ribu rupiah saja. Lokasi ini sangat cocok dijadikan pertimbangan bagi kamu yang butuh liburan setelah terlalu lama berada di dalam kost dekat IAIN Sunan Ampel Surabaya. 

Selain berwisata ke beberapa lokasi yang telah disebutkan di atas, jika kamu terlalu malas untuk keluar kost-an dan hanya ingin berada di kost saja, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa kegabutan kamu. Informasi lebih lengkapnya dapat dibaca pada pembahasan berikut ini. 

Menonton Film atau Serial Drama 

Cara hilangkan gabut dengan nonton film streaming

Siapa yang tidak suka menonton film? Hampir setiap orang tidak pernah mengatakan tidak terhadap pertanyaan ini, termasuk juga kamu bukan? Oke sebagai anak kost dekat UIN Surabaya, mungkin jika kamu merasa gabut di kost-an, salah satu alternatif kegiatan ini bisa menjadi salah satu aktivitas yang dinanti-nanti di akhir pekan setelah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengerjakan tugas kuliah yang menggunung. Tetapi, sebelum menonton film atau serial drama kesukaan kamu, pastikan terlebih dahulu jika kamu telah menyelesaikan tugas-tugas yang kamu miliki ya! Hal ini dikarenakan tidak jarang beberapa orang ketagihan menonton drama atau film hingga lupa waktu dan terlena akan aktivitas menonton ini. 

Memasak Menu Baru

Alternatif kegiatan lain yang bisa kamu lakukan jika kamu merasa terlalu gabut di kost daerah UIN Surabaya adalah dengan memasak. Memasak bisa dilakukan secara sendiri atau bersama teman. Tentunya jika bersama teman akan lebih menyenangkan! Aktivitas ini juga akan semakin nyaman dilakukan jika kost-an kamu sudah memiliki dapur di dalamnya. Maka, ada baiknya ketika awal-awal mencari info kost sekitar UIN Sunan Ampel Surabaya, carilah yang sudah memiliki dapur agar memudahkan kamu untuk membuat menu makanan sendiri ataupun bersama teman-temanmu. Kalian bisa berkreasi bersama-sama untuk menghabiskan waktu di akhir pekan atau di waktu senggang sembari mengasah kemampuan memasak. 

Bermain Game Bersama

Jika memasak adalah alternatif kegiatan yang bisa dilakukan oleh wanita, bagi pria yang berada di kost murah dekat UIN Surabaya bisa mencoba untuk bermain game bersama rekan-rekan yang lain untuk membunuh waktu kosong yang ada. Selain bersama teman, kamu juga bisa bermain game sendirian. Pastikan kamu memiliki internet yang lancar agar tetap terkoneksi dengan teman-teman kamu yang juga bermain game yang sama dengan kamu ya! Bermain bersama teman tentu akan lebih menyenangkan dan tidak terasa waktu akan habis bersama dengan membahagiakan. 

Bermain Musik

Jika kamu memiliki alat musik di kost dekat UIN Sunan Ampel, maka bermain musik bisa menjadi pilihan jitu untuk menghilangkan kegabutan mu selama berada di dalam kost-an. Selain itu, dengan bermain musik, kamu juga bisa menggubah lagu, membuat lagu, serta meningkatkan kemampuan dalam memainkan alat musik yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa bermain musik dengan mencontoh video-video yang banyak diunggah di internet. Siapa tahu kamu bisa seperti para musisi keren di luar sana yang juga setiap harinya menghabiskan waktu untuk bermain musik di kost dekat UIN Surabaya.

Baca Juga: 4 Pertimbangan Saat Cari Kost di Surabaya

Press Enter To Begin Your Search
×