Loading...

Segala sesuatu tentang Bandung selalu menyenangkan. Mulai dari kesejukan udaranya, berbagai tempat wisata kulinernya, hingga keramahan masyarakatnya. Bandung juga merupakan tuan rumah bagi berbagai perguruan tinggi bergengsi Tanah Air, termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB). Menjelang awal masa perkuliahan, kost dekat ITB pun banyak diburu.

Apakah kamu salah satunya yang sedang mencari kost di Bandung, karena akan kuliah di ITB? Baca dulu panduannya di sini ya, biar kamu bisa menemukan kost murah yang bakal jadi tempat beristirahat selama menempuh pendidikan sebagai mahasiswa universitas di Bandung, Jawa Barat ini.

Cari kost dekat ITB di daerah ini

Kampus ITB terletak di Jl. Ganesha, Kecamatan Coblong, Bandung. Ada sejumlah kawasan di sekitarnya yang menawarkan tempat kost bagi para mahasiswa perantau. Bersiaplah untuk mencari kost di kawasan Cisitu, Taman Hewan, Pelesiran, Tubagus Ismail, Kanayakan, Dago Asri, dan Dipati Ukur. 

Ketujuh kawasan tersebut bisa kamu jadikan keyword di kolom pencarian dalam aplikasi cari kost online, untuk menemukan tempat kost  dengan fasilitas lengkap, sesuai kebutuhan dan budget.

cari kost dekat ITB yang cocok

1. Cisitu

Kalau tanya warlok alias warga lokal Bandung soal kost dekat ITB, pasti kamu akan mendengar nama Cisitu disebut. Cisitu merupakan wilayah yang bisa dijangkau dari ITB dengan berjalan kaki. Daerah Cisitu ini cukup luas. Ada Cisitu Lama, Cisitu Baru, dan Cisitu Indah.

Jika kamu mau cari kost terdekat dari kampus ITB adalah Cisitu Indah. Harga kost yang ditawarkan beragam. Kost lengkap yang ada di Cisitu Indah, biasanya lebih mahal dari kost di Cisitu Baru maupun Cisitu Lama. Tentu saja, jarak dari kampus juga menentukan tarif kost. Semakin dekat ke ITB, biasanya semakin mahal.

Kawasan Cisitu ini cukup menjanjikan karena posisinya yang strategis di dekat ITB. Namun, jalanannya cukup sempit. Apabila kamu membawa kendaraan pribadi, sebaiknya pertimbangkan masak-masak sebelum memilih kost di Cisitu.

Kalaupun tidak membawa kendaraan pribadi, kamu juga harus pintar-pintar mengatur waktu kalau menempati kost di kawasan ini. Sebab, angkot tidak beroperasi 24 jam. Jadi kalau nanti harus pulang tengah malam, siap-siap minta bantuan teman untuk mengantar, ya!

2. Taman Hewan

Nama kawasan ini diambil dari lokasinya, yang terletak di belakang Kebun Binatang Bandung. Dibanding daerah kost mahasiswa lainnya, kawasan ini adalah area kost yang paling dekat dengan kampus ITB. 

Berbeda dari Cisitu, kamu bisa menjumpai angkot selama 24 jam. Jadi jika kamu tidak membawa kendaraan, naik angkot bisa menjadi pilihan untuk berangkat maupun pulang kuliah. 

Karena letaknya yang juga dekat dengan ITB, tak ada salahnya sekali-kali berjalan kaki untuk berolahraga. Namun hati-hati, penerangan di kawasan ini kurang memadai. Selalu siapkan senter di tas kalau kamu terpaksa berangkat maupun pulang subuh atau tengah malam.

3. Pelesiran 

Sesuai namanya, kawasan ini juga menjadi tujuan pelesiran alias jalan-jalan, selain menawarkan banyak kost murah untuk mahasiswa. Soalnya, ada banyak tujuan wisata kuliner di sini. Harga makanannya pun bersahabat dengan kantong mahasiswa. Ditambah lagi angkot yang tersedia 24 jam, kamu bisa mencoba berbagai jajanan di sini.

Setiap kawasan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Termasuk Pelesiran ini. Meski dimanjakan dengan makanan-makanan murah standard anak kost, sebaiknya pikirkan lagi jika ingin kost di kawasan ini dan membawa kendaraan pribadi, apalagi mobil. Sebab, jalanannya sempit, seperti halnya Cisitu.

4. Tubagus Ismail

Kamu bakal menjumpai mahasiswa dari berbagai kampus di kawasan Tubagus Ismail, bukan hanya yang kuliah di ITB. Kost di daerah ini memang sejak lama menjadi incaran para mahasiswa Bandung. Soal harga bervariasi, tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Berbeda dari tempat kost di Cisitu yang semakin dekat ke ITB semakin mahal tarifnya, tidak demikian halnya dengan kost di Tubagus Ismail. Semakin jauh lokasinya, malah bisa semakin mahal. Kenapa begitu ya? Ternyata, kebanyakan kost di Tubagus Ismail ini merupakan bangunan baru.

Rumah kost di kawasan ini juga biasanya menawarkan kost lengkap dengan perabotan alias full furnished. Selain dekat dengan pusat jajanan, rumah kost di Tubagus Ismail juga tak jauh dari supermarket maupun minimarket. Kamu hanya perlu berjalan kaki untuk menemukannya. 

Karena berlokasi dekat dari Simpang Dago, sudah bisa dibayangkan, kawasan ini rawan macet. Kamu harus bangun lebih awal, supaya tidak terlambat kuliah.

5. Kanayakan

Jika kamu punya budget lebih, kost di kawasan Kanayakan bisa masuk dalam daftar pencarianmu. Sebab, mayoritas rumah kost yang terletak di sebelah Timur Dago ini merupakan bangunan baru. Jelas, harganya pun lebih mahal dibandingkan rumah kost di kawasan lain yang merupakan bangunan lama.

Meski harganya relatif mahal, ternyata Kanayakan tetap banyak diminati para mahasiswa. Namun ingat, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memilih kost di daerah ini, ya!

6. Dago Asri

Jika kamu mencari kost super lengkap, Dago Asri jawabannya. Kenapa disebut lengkap? Soalnya, kost di daerah ini biasanya mempunyai fasilitas TV kabel, laundry, air hangat, bahkan katering harian. Memang, jajanan di daerah ini menawarkan harga yang relatif terjangkau. Namun berbeda halnya dengan pilihan kost di sini.

Tentu saja, melihat dari fasilitasnya yang wow tadi ditambah sistem keamanan kompleks yang terjamin, tarif bulanannya pun lebih mahal dibanding rata-rata kost mahasiswa pada umumnya. Dengan kualitas “kos sultan” ini, kamu tidak perlu khawatir membawa kendaraan pribadi, karena jalanannya luas.

7. Dipati Ukur

Dipati Ukur atau yang biasa disingkat sebagai DU, biasanya identik dengan Universitas Padjajaran. Namun, tak sedikit lho mahasiswa ITB yang juga cari kost di kawasan ini. Begitu juga para mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) maupun Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB).

Kamu tak perlu kebingungan mencari tempat makan kalau tinggal di daerah DU ini. Mulai dari restoran hingga warung makan kaki lima, semuanya ramai dikunjungi para pembeli di sana. Mungkin kamu akan jadi salah satu pelanggan tetap nantinya.

Rekomendasi Tempat Kost Dekat ITB

pilih kost yang cocok

 

 

Setelah mengenal daerah-daerah sekitar ITB yang menawarkan banyak tempat kost dengan beragam harga dan fasilitas, kini saatnya melihat beberapa rekomendasinya. Siapa tahu salah satunya pas dengan budget dan kebutuhanmu.

Kamu mungkin akan melihat rekomendasi yang tak biasa, karena bukan rumah kost konvensional yang biasa terbayang ketika mendengar kata kost. Berikut beberapa ini pilihannya.

1. Garden Hostel

Garden Hostel berlokasi di Jl. Ir. Juanda No. 294 B, Dago. Kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 1,8 kilometer untuk mencapai kampus ITB. Saat melakukan pencarian di aplikasi pencarian kost, kamu bisa melihat ratingnya yang masuk kategori Luar Biasa, dengan nilai 4,8/5.

Dengan tarif relatif terjangkau, kamu bisa menikmati akses wifi gratis, air mineral galon yang selalu tersedia, hingga perlengkapan mandi. Jika ingin membeli sesuatu dari minimarket, kamu hanya perlu berjalan kaki sepanjang 100 meter.

Di Garden Hostel ini, area penghuni wanita terpisah dari penghuni pria. Kamu juga bisa berbagi kamar dengan teman, agar lebih hemat. Selain itu, apabila tidak ingin pusing memikirkan sarapan tiap pagi, kamu bisa memesan kamar plus sarapannya, dengan membayar biaya tambahan.

2. Wisma Tubagus Dago

Kamu akan menemukan wisma ini di Jl. Tubagus Ismail Raya No. 6, di dekat Simpang Dago. Lokasinya kurang lebih berjarak 2 kilometer dari Kebun Binatang Bandung. Wisma ini bisa masuk dalam daftarmu ketika cari kost di Bandung.

Mengantongi lebih dari 500 review, sebanyak 80% penghuninya memberikan nilai Luar Biasa untuk fasilitas dan layanan Wisma Tubagus Dago. Ratingnya tercatat 4,9/5. Kamu pasti tidak ingin melewatkan pilihan kost lengkap ini, yang menyediakan wifi gratis, air mineral, perlengkapan mandi, serta layanan resepsionis.

3. Wisma Dago

Tak jauh dari kampus ITB, dengan jarak sekitar 290 meter, kamu bisa menemukan Wisma Dago. Beralamat di Jl. Ciungwanara No. 16, wisma ini menawarkan fasilitas lengkap termasuk wifi gratis, serta akses yang mudah ke minimarket maupun berbagai tempat makan.

Tersedia area parkir mobil untuk para penghuni. Jadi jika kamu membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir harus meninggalkannya di tepi jalan tanpa pengawasan. Kamu bisa menikmati televisi satelit di dalam kamar, dan tak perlu bingung mencari perlengkapan mandi, jika tinggal di Wisma Dago ini. Selain itu, ada petugas resepsionis yang siap membantumu.

Wisma dengan rating 4,6/5 ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin berbagi kamar dengan teman. Soalnya, ada pilihan kamar dengan dua tempat tidur.

Jangan Hanya Coba Satu Tempat Kost

Tiga tempat kost di atas hanya sedikit dari begitu banyak pilihan yang bisa kamu temukan di aplikasi cari kost online. Masih banyak pilihan untuk kamu jelajahi. Jika kamu sudah mendapat beberapa kandidat, tidak perlu buru-buru untuk memilih satu dari sekian banyak kost di Bandung.

Kamu bisa lho, mencoba kost dengan membayar tarif per hari. Jadi, kamu bisa melakukan perbandingan langsung. Selain itu, layaknya memesan kamar hotel, sekarang kamu dapat dengan mudah melakukan booking kamar kost dan melakukan pembayaran secara online.

Bahkan jika kamu berubah pikiran sekalipun setelah melakukan pembayaran, ada fasilitas refund, tergantung dari kebijakan masing-masing pengelola kost. Kamu tidak perlu buru-buru pergi ke Bandung. Sebab, semuanya bisa kamu lakukan secara online menggunakan aplikasi cari kost online seperti RedDoorz.

Nah, sekarang kamu sudah punya banyak gambaran mengenai lokasi kost di Bandung, kan? Yuk, segera cari kost dekat ITB yang nyaman dan tentunya pas di kantong. 

Nyaman Cari Kost Pake RedDoorz

cari kost dekat ITB lewat RedDoorz

RedDoorz adalah situs pencarian akomodasi online dengan tarif hemat. Properti yang ditawarkan bukan hanya apartemen dan hotel, tapi juga rumah kost, melalui layanan KoolKost. Bagi pengguna, RedDoorz memudahkan pemesanan kamar online dan pembayarannya, serta dukungan layanan pelanggan selama 24 jam. RedDoorz juga menawarkan jaminan kenyamanan dan fasilitas yang lengkap di setiap propertinya. Selain itu, kamu juga akan mendapat harga terbaik jika mencari kost lewat RedDoorz!

Masih dalam proses pencarian kost dekat ITB? Buruan deh cari di RedDoorz sekarang! 

Cropped fav logo@2x