Loading...

Menjaga kesehatan menjadi salah satu kewajiban yang harus dipenuhi. Baik anak muda hingga orang tua memiliki kesempatan yang sama untuk terjangkit suatu penyakit. Bahkan kini, penyakit yang biasanya terjadi pada orang tua seperti diabetes saja bisa terjadi pada anak muda. Untuk itu, berikut beberapa tips hidup sehat anak kost yang bisa kamu terapkan, agar bisa terhindar dari penyakit diabetes.

gaya hidup sehat untuk anak kost hindari diabetes

Penyakit diabetes menghantui siapa saja, termasuk anak kost. (Foto: freepik)

Diabetes Pada Remaja Juga Perlu Diperhatikan

Banyak yang meremehkan bahkan menganggap jika penyakit gula hanya akan menyerang orang tua saja. Padahal usia muda tidak menutup kemungkinan untuk memiliki penyakit ini. Kebiasaan yang buruk menjadi salah satu alasan mengapa risiko penyakit gula pada anak muda juga sama tingginya. Untuk itu ada baiknya kamu tidak meremehkan penyakit satu ini.

Sebelum membahas ini lebih jauh, kamu harus tahu apa itu penyakit Diabetes. Diabetes adalah penyakit kronis yang memiliki tanda tingginya kadar glukosa atau gula pada darah. Gula sendiri sebenarnya adalah sumber energi pada sel tubuh manusia, tetapi jika glukosa menumpuk di dalam darah, akibatnya bisa timbul berbagai komplikasi yang membahayakan bagi penderitanya.

Perlu kamu tahu jika kadar gula yang ada di dalam darah ini dikendalikan hormon insulin yang mana bagian pankreas yang memproduksinya. Pada penderita penyakit gula, pankreas tidak memiliki kemampuan memproduksi hormon insulin yang sesuai kebutuhan. Tubuh manusia yang tanpa insulin nantinya tidak bisa mengolah dan menyerap glukosa untuk diubah menjadi energi. Selain itu, kamu juga perlu tahu jika penyakit gula yang menyerang usia muda akan lebih berbahaya, karena penyakit gula yang terjadi pada remaja akan lebih cepat menimbulkan komplikasi seperti ginjal dan jantung. Mungkin kamu bertanya tanya diabetes ada berapa tipe, maka jawabannya ada 3 tipe yang umumnya terjadi.

Tiga tipe yang dimaksud tersebut adalah penyakit gula tipe 1, tipe 2 dan gestasional. Untuk tipe satu dikenal dengan penyakit autoimun, yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang serta menghancurkan sel pada pankreas yang memproduksi insulin. Apabila tidak dikendalikan maka bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada organ tubuh.

Hingga kini penyebab dari diabetes ini masih belum juga mampu untuk pastikan. Karena bisa saja karena genetik, atau bahkan karena lingkungan. Umumnya diabetes tipe ini menyerang mereka yang masih sangat muda. Tetapi tipe ini juga tidak menutup kemungkinan akan menyerang berbagai golongan usia berapapun.

Untuk tipe kedua merupakan yang paling banyak dialami, bahkan hingga mencapai 90 hingga 95% dari kasus penyakit gula tipe dualah yang mendominasi. Dimana penyebabnya adalah pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Yang mengakibatkan gula darah mengalami peningkatan di atas normal.

Sementara untuk tipe yang terakhir umumnya adalah penyakit gula yang diderita oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon sehingga gula darah bisa meningkat. Hanya saja, ibu hamil akan memiliki gula darah yang normal pasca persalinan. Penyakit gula satu inilah yang bisa dikatakan beresiko sedikit pada anak muda.

Ciri Dan Gejala Diabetes Pada Remaja

cek kadar gula diabetes

Ilustrasi cek kadar gula darah. (Foto: freepik)

Pada penyakit gula yang terjadi pada remaja atau usia muda umumnya akan dipicu oleh banyak faktor. Dan tipe yang paling sering menyerang anak muda adalah tipe satu. Tipe 1 akan lebih cepat berkembang dibandingkan tipe 2, bahkan hanya butuh hitungan hari saja. Sementara tipe 2 umumnya penderitanya tidak menyadari jika ada penyakit satu ini.

Hanya saja ada beberapa ciri diabetes pada remaja, baik yang tipe 1 atau yang tipe 2. Ciri ini antara lain sering buang air kecil, terutama pada malam hari. Selain itu penderita juga akan lebih sering merasa haus sekalipun sudah minum banyak. Tidak hanya haus, beberapa penderita juga akan merasa cepat lapar dan laparnya sangat lapar.

Berat badan juga bisa turun tanpa memiliki sebab yang jelas. Begitu juga dengan masa otot yang akan berkurang. Penderita juga akan mengalami pandangan kabur, lemas hingga terdapat keton dalam pada urine. Keton ini adalah produk dari sisa pemecahan otot dan juga lemak yang membuat tubuh tidak bisa menggunakan gula sebagai energi.

Tidak hanya itu terdapat juga gejala diabetes pada remaja atau penderita penyakit gula yang perlu diperhatikan. Gejala yang muncul bisa berupa gatal gatal, mulut kering, rasa terbakar, nyeri pada kaki dan juga kaku merupakan gejala pada fisik yang bisa dialami. Selain itu juga bisa munculnya beberapa bercak hitam pada bagian tersembunyi seperti ketiak, leher hingga selangkangan.

Gejala diabetes juga bisa berupa gangguan perilaku pada seseorang, misalnya menjadi lebih tersinggung. Bisa juga ditandai dengan adanya hipoglikemia reaktif atau hipoglikemia yang dapat terjadi beberapa jam setelah seseorang selesai makan. Beberapa orang juga mengalami kondisi prediabetes yang mana kondisi glukosa akan langsung melambung tinggi di atas normal.

Kamu juga harus tahu, bahwa ada beberapa penyebab diabetes pada remaja yang perlu digaris bawahi. Faktor ini bisa berupa keturunan, dimana dalam satu keluarga ada yang menderita atau memiliki riwayat penyakit gula tipe 1. Tipe satu juga bisa disebabkan oleh infeksi virus. Seseorang yang memiliki kulit putih juga akan lebih mudah terserang tipe 1.

Tipe 1 umumnya juga menjadi diabetes pada remaja di usia 4 hingga 7 tahun dan juga usia 10 hingga 14 tahun. Sementara untuk tipe 2, faktor penyebabnya bisa berupa kelebihan berat badan. Keturunan juga bisa menjadi penyebab seseorang bisa terkena tipe 2. Bukan hanya itu saja, seseorang yang kurang aktif juga bisa terkena penyakit gula.

Tips Mencegah Diabetes Secara Alami (H2)

olahraga cegah diabetes secara alami

Olahraga bisa jadi salah satu cara cegah diabetes secara alami. (Foto: freepik)

Setelah mengetahui beberapa hal mendasar tentang penyakit gula ini, kamu bisa melakukan beberapa pencegahan. Sekalipun bisa dialami semua orang, bukan berarti kamu harus memperbesar risiko untuk memiliki penyakit ini. Kamu yang ada di kosan juga bisa memulai melakukan beberapa langkah untuk mencegah diabetes secara alami. Yang paling utama adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Jika kamu termasuk orang yang memiliki berat badan berlebih, maka sudah saatnya untuk berjuang mengurangi berat badan. Dengan mengurangi sekitar 7% dari total berat badan, mampu untuk membantu kamu mencegah penyakit diabetes.

Mengurangi berat badan tidak harus dengan melakukan diet ekstrim yang justru bisa berdampak buruk pada kesehatan kamu. Cukuplah fokus dengan olahraga dan mengurangi  makan kamu. Selain itu, kamu harus tahu bahwa setiap orang memiliki tubuh yang berbeda. Belum tentu cara diet yang sedang hits bisa berpengaruh dan cocok pada tubuh kamu.

Sebagai motivasi tambahan, ketahuilah bahwa memiliki berat badan ideal tidak hanya untuk penampilan saja. Melainkan kamu bisa memiliki energi yang lebih stabil dan juga jantung yang lebih sehat. Konsumsi makanan yang sehat juga menjadi cara mencegah berbagai jenis penyakit gula yang bisa kamu lakukan.

Memperbanyak makanan bergizi dan mengurangi asupan gula menjadi pilihan yang bijak. Terutama jika kamu termasuk orang yang menyukai makanan manis. Beberapa makanan sudah memiliki kandungan glukosa alami yang bisa diolah tubuh lebih cepat. Berbeda dengan gula buatan yang kamu dapatkan dari minuman kemasan atau fast food. Kamu termasuk sering jajan boba buat camilan di kost? Nah, kurang-kurangin dari sekarang, ya!

Ada baiknya jika mengurangi makanan makanan yang tidak sehat. Sebagai anak kost, kamu bisa mengakalinya dengan sering memasak makanan kamu sendiri. Kamu bisa memilih nutrisi yang tepat untuk tubuh dan tentunya proses pengolahan makanan yang lebih sehat. Kamu juga bisa mulai untuk mengurangi karbohidrat sederhana seperti nasi putih.

Karbohidrat sederhana menjadi salah satu pemeran yang akan meningkat insulin menjadi lebih melonjak. Tidak hanya nasi, makanan seperti tepung putih, soda, pasta dan makanan ringan menjadi sumber karbohidrat sederhana yang sebaiknya kamu hindari. Dengan begitu kamu memiliki peluang besar untuk terhindar dari penyakit diabetes.

Kamu yang tidak menyukai air putih, juga harus mencoba untuk tidak melupakannya. Air putih menjadi salah satu minuman yang berperan aktif pada tubuh. Tidak hanya penyakit gula, menerapkan gaya hidup yang sehat juga tidak bisa lepas dari air putih. Mengingat tubuh manusia memang banyak mengandung cairan yang tentunya harus dipenuhi.

Perlu kamu tahu jika air putih tidak hanya akan membuat tubuh terhidrasi, tetapi juga akan meningkatkan kendali tubuh akan kadar gula di dalam darah. Begitu juga dengan respon insulin yang bisa lebih terkendali dengan air putih. Dalam satu hari kamu disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak kurang lebih 8 gelas.

Tidak hanya pada makanan, untuk mencegah penyakit diabetes kamu juga bisa rajin berolahraga. Melakukan aktivitas fisik ini tidak hanya mampu membuat peredaran darah menjadi lancar, tetapi juga akan membantu untuk mencegah penyakit gula. Sel tubuh akan lebih meningkat sensitifnya pada insulin jika kamu rajin berolahraga.

Kamu bisa memilih olahraga kesukaan kamu agar bisa mudah untuk memulai olahraga. Melawan gravitasi kasur dari posisi rebahan terkadang memang begitu sulit bukan? Sulit bukan berarti tidak bisa jika kamu mau untuk mencobanya. Jika kamu memang malas, cobalah untuk sering berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan atau lift.

Mencegah penyakit gula ini juga bisa kamu lakukan dengan istirahat yang cukup. Tidur yang kurang akan membuat kamu memiliki risiko obesitas dan terserang penyakit gula tipe 2 lebih tinggi. Kurang tidur akan memicu respon stress pada tubuh sehingga akan menyebabkan hormon norepinephrine dan kortisol lepas.

Kenyamanan kamar kosan bisa menjadi salah satu faktor agar kamu bisa tidur nyenyak, misal tidur dengan kasur yang nyaman dan ruangan ber-AC, pastinya bisa membuat kamu jauh lebih nyaman ketimbang tidur dengan kasur seadanya. Dan berita terbaiknya untuk mencari kosan yang nyaman kini lebih mudah, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz yang sudah memberikan fasilitas kosan yang nyaman dan juga aman.

Hormon ini memiliki keterkaitan dengan resistensi pada insulin. Inilah mengapa begadang tetap tidak baik untuk kamu lakukan sekalipun masih muda. Bukan hanya itu saja, kamu juga harus menghindari stres agar hormon ini tidak lepas. Penat akan aktivitas jika dibiarkan akan membuatnya terakumulasi sehingga menyebabkan stres.

Diabetes juga bisa dicegah dengan membatasi minuman beralkohol dan juga merokok. Untuk kamu yang memiliki kebiasaan ini, ada baiknya untuk mengurangi atau bahkan menghentikan. Kandungan nikotin pada rokok akan membuat sel pankreas rusak sehingga bisa memproduksi insulin. Dengan begitu risiko terkena penyakit gula ini bisa meningkat.

Itulah beberapa informasi tentang penyakit gula atau kadar glukosa yang tinggi. Menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh hingga merenggut nyawa membuat kamu harus waspada. Setiap orang memiliki potensi untuk mengalami penyakit ini. Untuk itu ada baiknya untuk mencegah dari sekarang sebelum terlambat.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×