Loading...

Bulan Juli hingga Agustus merupakan awal tahun ajaran termasuk bagi yang mulai memasuki jenjang perguruan tinggi. Tidak semua orang bisa beruntung tinggal dalam satu kota dengan sebuah perguruan tinggi yang Bagus. Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini masih menjadi incaran para lulusan SMA dan sederajat. Bagi yang berasal dari provinsi DIY atau jauh dari kabupaten Sleman tempat UGM berdiri maka butuh mencari kos dekat UGM.

Cari kost sekitar UGM pakai smartphone juga bisa

Seberapa Tahu Kamu Tentang UGM?

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas favorit dan terbesar di Indonesia. Universitas Gadjah Mada telah memiliki nama sebagai tempat kuliah yang bergengsi. Kuliah di UGM bisa, menjadi harapan hampir semua. Universitas Gadjah Mada terletak di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas tertua ini sudah cukup lama menjadi incaran para siswa yang sudah memasuki jenjang akhir di sekolah menengah atas.  

Pada saat ini terdapat 18 fakultas dan 265 program studi di UGM. Kuliah di UGM bukan hanya untuk program S1 saja, melainkan juga untuk jenjang S1, D4, S2, S3, serta pasca doktoral.  Saat ini adalah awal tahun ajaran baru. Bahkan terdapat jenjang yang sedang menyelesaikan teknik perekrutan mahasiswa terutama yang berasal dari luar kota sangat membutuhkan hunian selama belajar di UGM. Kos mahasiswa murah menjadi salah satu yang paling dicari di awal tahun ajaran ini. Disarankan untuk mencari kos dekat UGM supaya mahasiswa tidak mengeluarkan transportasi yang besar selama menempuh pendidikan. Selain itu, juga menghemat waktu. 

Apa Saja Fasilitas Dekat Kampus UGM?

Di sekitar UGM terdapat banyak fasilitas penting seperti perpustakaan, laboratorium dan juga berbagai tempat perbelanjaan. Kantin dan aneka tempat belajar juga tersedia di berbagai area di sekitar Universitas tertua ini. Tempat kesehatan dan bahkan hotel serta penginapan juga ada di sekitar universitas tertua di Indonesia ini. Demikian pula tempat ibadah mulai dari mushola hingga masjid dan gereja juga ada di area sekitar universitas. 

Jika membutuhkan ke bank, mahasiswa yang kuliah di UGM bisa menemukan kompleks perbankan di dalam area universitas dan bahkan beberapa bank membuka unit di dalam beberapa fakultas. Fasilitas perpustakaan tersebar di setiap fakultas dan terdapat perpustakaan terpadu milik universitas yang disebut dengan Unit Perpustakaan Terpadu (UPT). Selain itu, sedikit menyeberang di luar UGM tidak lebih dari tiga kilometer terdapat Perpustakaan milik Kota Yogyakarta. Mahasiswa juga bisa berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan bernama Mirota kampus, merupakan supermarket yang sangat lengkap buat masyarakat umum dan juga mahasiswa. Harganya sangat murah dan sesuai dengan kocek mahasiswa. 

Bagi yang mempunyai keluarga ingin menengok, terdapat penginapan dan hotel di dalam universitas, yaitu Wisma Kagama dan University Hotel (UC)  serta Hotel MM. Jika mahasiswa suntuk, mahasiswa bisa jalan-jalan ke mall yang cukup dekat, yaitu Galeria Mall. 

Fasilitas kesehatan yang terdapat di sekitar Universitas Gadjah Mada antara lain rumah sakit, yaitu RS Sardjito yang berada di komplek UGM dan merupakan rumah sakit provinsi DIY, tetapi didirikan oleh UGM. Adapun rumah sakit akademik UGM sedikit jauh, di area ring road barat sekitar 4 km dari kompleks universitas. Untuk rumah sakit swasta dekat dengan RS Panti Rapih. 

UGM sendiri menyediakan layanan kesehatan untuk mahasiswa berupa Gadjah Mada Medical Centre yang melayani asuransi kesehatan untuk mahasiswa serta beberapa layanan kesehatan. Mahasiswa bisa gratis menggunakan layanan di GMC. UGM mempunyai sebuah auditorium besar, yaitu auditorium UGM. Di dalam auditorium terdapat beberapa bangunan yang sering digunakan antara lain untuk tempat perhelatan seperti acara wisuda, ruang seminar, gedung pertemuan. 

Di teras gedung sering dimanfaatkan mahasiswa untuk belajar bersama sampai dengan berlatih kegiatan seperti tari, paduan suara, teater dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa yang senang berorganisasi dan berkegiatan terdapat fasilitas gelanggang mahasiswa  untuk menyalurkan aneka kemampuan baik seni, organisasi dan aneka aktivitas mahasiswa di luar pendidikan. Bagi mahasiswa yang gemar berolahraga bisa menggunakan halaman auditorium ataupun secara khusus di gedung olahraga universitas. 

Untuk mengurus aneka administrasi kemahasiswaan, terdapat gedung pusat. Selain guna mengurus keperluan mahasiswa, gedung pusat juga sering dimanfaatkan mahasiswa untuk aneka kegiatan mulai dari belajar hingga diskusi. Beralih ke kegiatan keagamaan, terdapat mushola di setiap fakultas dan terdapat tiga buah masjid besar yaitu masjid UGM dan Masjid Mardhiyah serta Masjid Sardjito. Bagi yang membutuhkan bekerja menggunakan internet, hampir semua tempat di UGM menyediakan layanan Wifi akses yang bisa secara gratis digunakan oleh mahasiswa. 

4 Tempat Nongkrong Terbaik Anak Kampus Sekitaran UGM

Cafe jadi salah satu tempat hangout favorite di sekitaran UGM

Bagi yang suka nongkrong, area UGM banyak tempat nongkrong sambil minum dan belajar atau sekedar lahan diskusi. Berikut beberapa lahan nongkrong asyik dan mudah dicapai dari kos dekat UGM. 

KFC UGM

Kentucky Fried Chicken terletak di sudut Selatan universitas, area ini sering dijadikan tempat nongkrong asyik mahasiswa terutama yang kuliah di area Selatan seperti Sekolah Vokasi dan para pegiat organisasi di gelanggang mahasiswa. KFC selain menyediakan aneka makanan cepat saji juga memberikan akses internet sehingga mahasiswa betah berlama-lama di tempat makan sembari mengerjakan tugas. KFC juga tidak membatasi waktu kecuali mengikuti jam buka gerai. Mahasiswa bisa nongkrong sepuasnya. 

Kafe Mirota

Selain menjadi pusat perbelanjaan dan supermarket, Mirota kampus menyediakan tempat nongkrong yang asyik buat mahasiswa. Kafe Mirota ini menyajikan makanan dengan harga yang terjangkau buat mahasiswa. Selain itu mahasiswa bisa berlama-lama diskusi ataupun mengerjakan tugas. Situasi kafe Mirota yang meskipun berada di pinggir jalan besar,  tetaplah tidak terlalu riuh dan nyaman seperti serasa di rumah. Namun lokasi ini juga berada di area ujung wilayah UGM. Sebenarnya sudah di luar kompleks Universitas tetapi mahasiswa yang kampusnya di area Selatan bisa mengakses dengan cukup mudah dan tinggal jalan kaki. 

Di sekitar kanan kiri kafe Mirota sendiri juga terdapat aneka waring seperti ada soto kudus, warung pempek yang berada di seberang jalan berdekatan dengan lahan fotokopi yang sangat fenomenal bagi mahasiswa. Bagi yang menggunakan layanan ojek online, kafe Mirota mudah sekali untuk dijangkau. Area ini juga dekat dengan kompleks kos-kosan mahasiswa daerah Sendowo. 

Tempo Gelato

Bagi mahasiswa berkocek sedang dan mau sedikit mengorbankan uang transportasi, atau bagi yang memiliki kos dekat UGM area agak Utara sekitar ringroad jalan kaliurang bisa nongkrong di area tempo gelato. Sebuah kafe unik dan favorit mahasiswa untuk nongkrong. Mahasiswa bisa memesan aneka es krim maupun kue dan appetit atau hidangan khas Eropa. Meskipun demikian, harganya masih cukup terjangkau oleh mahasiswa. Ruang tongkrongan juga asyik dan bikin betah mahasiswa untuk berlama-lama duduk ataupun diskusi. 

Perpustakaan Terpadu UGM

Jangan kira sebuah perpustakaan hanya berisi buku saja. Di UPT UGM terdapat aneka space untuk nongkrong hingga diskusi para mahasiswa yang kuliah di UGM. Sudut kantin pun terasa nyaman bagi mahasiswa untuk melepas haus dan lapar lanjut sekedar nongkrong maupun mengerjakan tugas. Ruang belajar pun dibuat santai dan ada beberapa area dibikin seperti gazebo untuk belajar ataupun diskusi dengan santai. 

Kost-Kostan yang Ada di Sekitar UGM

Untuk mencari kos mahasiswa murah, UGM sendiri memiliki kos UGM yang dikelola oleh badan usaha milik universitas. Di sekitar universitas terdapat beberapa apartemen yang difungsikan sebagai kos-kosan mahasiswa. Harganya cukup terjangkau dan masih berada di dalam lingkungan universitas. Sistem keamanan cukup ketat karena selama 24 jam dijaga oleh satuan keamanan. Hanya saja untuk keluar masuk area kos tidak semudah kos sekitar UGM yang diperuntukkan umum. Kos mahasiswa milik UGM juga, hanya bisa dihuni oleh mahasiswa UGM saja. Bagi yang kuliah di ugm dan sedang mencari kos murah bisa memanfaatkan fasilitas dari universitas ini. Terdapat beberapa unit kos ugm. Ada juga yang sedang dalam proses penyelesaian pembangunan gedung. 

Nah bagi yang sedang mencari kos murah sekitar UGM,  banyak kos murah yang memang dekat dengan kampus dan fasilitas Bagus. Harga kos sekitar UGM berkisar antara 300 hingga 700 ribu rupiah per bulan dan bisa dibayar bulanan. Selain tadi yang sempat disinggung, yaitu kos UGM, bisa mencari kos di area pogung dan sekitarnya. Pogung adalah daerah sebelah Utara kompleks UGM. Di area tersebut banyak terdapat unit kos murah. Bagi yang mencari kos dekat ugm dengan fasilitas mewah ada di area agak Utara daerah kompleks pandega. 

Ada pula daerah sekitar RS Sardjito yang bernama Sendowo. Untuk mencari kos jangan hanya melihat harga melainkan juga bentuk bangunan, fasilitas serta lingkungan kos dan terutama adalah jarak tempuh menuju kampus dan sarana tempuh jika kalian tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jangan lupa menghitung biaya, transportasi pulang pergi dari kos ke kampus jangan sampai lebih mahal dari biaya sewa kos itu sendiri. 

Tips Cari Kosan Sekitaran UGM

UGM jadi salah satu Universitas favorite Anak muda

Buat yang lagi berjuang mencari hunian kos, berikut strategi mencari kos murah sekitar UGM. 

1. Berburu Info Dari Kenalan

Strategi informasi dari mulut ke mulut terutama dari orang yang bisa, dipercaya sangat penting. Selain mereka tidak akan menjerumuskan, juga akan memberikan informasi yang valid. Jangan mudah percaya calo karena mereka cenderung mencari untung saja. Informasi kos-kosan mahasiswa yang sering ditawarkan di tempat umum dapat dijadikan patokan tetapi harus langsung di-cross check keberadaannya. Karena bisa saja informasi kos tersebut sudah usang tidak update lagi. Paling Bagus mencari info dari teman atau saudara yang sudah memiliki kos dan mengikuti jejak mereka sehingga sudah bisa dimengerti situasi dan kondisi kos tersebut. 

2. Murah Tapi Fasilitas Lengkap 

Banyak ditawarkan kos murah sekitar ugm,  tetapi setelah dicek dengan aneka fasilitasnya kos tersebut hanya menyediakan ruang kosong sehingga harus mengisi aneka furniture dan membutuhkan biaya besar. Sebaiknya jika dirasa furniture itu perlu terutama untuk mahasiswa, sebaiknya mencari kos yang sudah memiliki tempat tidur dan meja ataupun rak untuk buku dan pakaian dengan harga terjangkau. Kos kodong dengan kos isi furniture saat ini banyak yang tidak terpaut jauh harganya. Jadi sebaiknya memilih yang sudah lengkap, kecuali memang membutuhkan alat yang tidak bisa diperoleh selain memilih sendiri atau memiliki kebutuhan khusus. 

3. Mencari Kos Dekat Fasilitas Kampus

Selain kuliah, mahasiswa juga melakukan aneka aktivitas seperti berkegiatan di luar kampus,  belajar dan mengerjakan tugas. Sebaiknya mencari kos yang dekat dengan lokasi kampus dan fasilitas kampus termasuk tempat makan atau kafe akan lebih memudahkan mahasiswa melakukan aktivitas selain belajar sehingga, waktunya tidak terbuang percuma untuk perjalanan. Syukur-syukur bisa ditempuh dengan jalan kaki sehingga lebih murah meriah. 

4. Lingkungan Baik

Lingkungan membentuk karakter. Pelajari lingkungan sekitar. Dengan mengetahui kos dari orang yang dikenal,  kalian bisa menanyakan kondisi lingkungan. Jika perlu cari tahu siapa saja para penghuninya. Jangan mencari kos campur perempuan dan laki-laki. Selain kurang nyaman juga berbahaya apalagi masa sekarang. Salah pergaulan bisa merusak masa depan. Kos yang ketat penjagaan baik keamanan maupun ketertiban akan lebih baik bagi kalian. Jangan berpikir kos yang bebas itu asyik. Tetapi yang terjaga jauh lebih baik. 

Tidak sulit bukan mencari kos murah seputar UGM? Selain kost dengan sewa murah, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan kost di jogja yang eksklusif

Kamu juga bisa cari kost dekat UGM pakai Aplikasi RedDoorz versi terbaru, atau klik link berikut dari ponsel kamu: cari kost dengan RedDoorz. RedDoorz memiliki jaringan penginapan dengan sistem booking online, dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz kamu bisa booking kamar yang ditawarkan seperti kamar hotel, apartemen, dan sampai kamar kost!

Yuk Download Aplikasi RedDoorz di Google Play dan juga Apps store sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×