Loading...

Berbicara mengenai game dengan genre horor, salah satu nama lawas adalah Resident Evil. Game asli jepang yang dikenal dengan nama Biohazard ini sebenarnya adalah seri permainan yang sudah punya banyak franchise. Tapi, karena banyaknya peminat tidak kaget jika RE juga datang sebagai versi Remake dan reboot. Apa saja sih versi tersebut? Berikut ulasannya. 

zombie resident evil

Zombie adalah musuh dalam game resident evil. (Foto: unsplash.com/Serj Sakharovskiy)

Resident Evil 1 – Franchise Pertama Horror Survival 

Buat anak kost penggemar seri game yang bikin deg degan, franchise pertama ini bisa kamu jadikan pilihan. Sebenarnya, RE 1 ini adalah video game rilisan Capcom yang muncul di tahun 1996 pada konsol Playstation 1. Seri video game ini memang sudah jadul banget, tapi pamongnya naik sejak Production studio 4 dan Capcom merilis versi remake di GameCube 2002. 

Walaupun sudah lama, tapi para penggemar masih tertarik untuk menelusuri kota Racoon di Midwestern yang dipenuhi monster zombie. Kamu bakal memainkan karakter utama, Jill Valentine dan Chris Redfield, para agen STARS yang datang untuk menyelidiki kasus pembunuhan di kota itu. Alih dapat jawaban, kamu harus memutar otak untuk melawan para monster. 

Gim ini menggunakan mekanisme yang sama persis dengan versi tahun 1996. Yang mana kamu harus eksplorasi area, main teka teki, hingga menembaki zombie sambil menyelesaikan plot cerita. Yang menjadi pembeda adalah kualitas gambar, revisi beberapa skrip, musik, dan beberapa aspek gameplay. Setelah sukses di Gamecube, Biohazard 1 ini juga diremaster ke konsol terbaru. 

Sebut saja di porting ke sistem Wii dengan kontrol terbaru pada tahun 2008. Kemudian, ada juga remaster dengan definisi yang lebih tinggi untuk konsol PS3, PS4, XBOX 360 dan XBOX one, dan juga sistem Windows. Rilis tersebut tidak hanya diikuti dengan sukses, tapi juga cocok untuk bernostalgia para pecinta seri BIOHAZARD classic.  

Resident evil 2 – Horor Klasik Dengan Sajian Anyar

Setelah sukses dengan RE pertama, tahun 1998 lagi lagi para pecinta game didatangi dengan mayat hidup dari seri ke duanya. Sejak rilis itu, RE 2 justru dianggap lebih sukses dari pendahulunya. Capcom bahkan semakin semangat untuk membuat seri ini menjadi franchise besar di kemudian hari. Benar saja, Resident evil 2 ini hadir sebagai remake yang sukses.  

Game 1998 ini kembali menggebrak layar gamers di tahun 2019 melalui konsol Windows, PS4 dan XBOX one. Didukung dengan mesin yang lebih powerful, kamu bakal dibuat kagum dengan gameplay yang diberikan. Kalau di versi lawasnya kamu harus bermain dengan sudut kamera tetap atau tank control, di versi rebootnya kamu bakal hadapi zombie secara langsung. 

Dianggap secara langsung, karena kamu bakal main dengan sudut pandang orang ketiga dengan tampilan over the shoulder. Konsepnya mirip dengan resident evil 4, tapi jelas banget bakal lebih seram. Plot ceritanya masih sama, dimana kamu akan bermain sebagai si cantik Claire Redfield dan si ganteng Leon S.Kennedy. 

Tapi, cerita utama dari game ini akan bervariasi tergantung dengan pemain yang kamu pilih. Kesan lebih mencekam dari horor klasik ini juga hadir karena grafis resident evil 2 remake tampil lebih realistis. Wajah karakter utama tampak lebih menawan, begitu juga dengan para zombi yang bisa bikin jantungan karena terlihat seram dan ngagetin. 

Menurut para kalangan gamer veteran, hilangnya pola permainan tank control memang membuat kesan yang berbeda. Namun suguhan dari grafis, gameplay yang lebih luas (karena ada beberapa pilihan tingkat kesulitan), dan juga efek yang lebih baik, membuat RE 2 remake ini worth to try! Tetapi yang pasti, produsen Jepang tersebut dianggap berhasil remake RE 2. 

Hal tersebut karena, pesona dan kengerian dari RE 2 bisa tercampur secara sempurna dengan dinamika suguhan konten anyar. Baik konsol apapun yang kamu gunakan untuk main resident evil 2 remake, pastinya cocok untuk bernostalgia dengan game lawas ini. Karena genre horror survival baru baru ini sudah mulai tenggelam. 

Salah satu momen yang bakal buat kamu kaget tapi wah, adalah saat si Tyrant dengan nama Mr.X muncul memburu. Kamu harus hafal dengan baik lokasi permainan untuk menghindari si tukang patrol kejam ini. Ditambah dengan suara yang mencekam, rintihan zombie, hingga kesan remang akan membuat kamu sport jantung.

Secara garis besar, versi resident evil remake ini sudah sangat sukses. Main resident evil 2 ps4 pun sudah sangat mumpuni dengan gambar dan pergerakan yang smooth. Tapi cukup banyak yang bilang versi PCnya lebih wah lagi. Untuk hasil terbaiknya, PC kamu harus punya prosesor minimal i7-6700HQ dan VGA Geforce GTX 1070 agar tampilannya lebih wah lagi.  

Resident Evil 3 – Gambar Realistis Dari Game Jadul

zombie resident evil

Game Resident Evil 3 di-reboot dengan kualitas grafis lebih realistis. (Foto: unsplash.com/Daniel Jensen)

Meski RE 2 sudah sangat memukau, ternyata RE 3 juga hadir dalam versi remake yang tidak kalah aduhai. Sebenarnya, informasi dari reboot RE 3 sudah cukup lama terdengar. Bahkan sudah ditunggu tunggu oleh penggemarnya sejak RE 2 remake rilis. Banyak yang berharap franchise ketiga dari zombi Kota Rakun ini akan menggemparkan jagat gaming. 

Dan ternyata benar, game survival horor yang dikembangkan dan dirilis pada tahun 1999 ini hadir dalam wajah baru pada tahun 2020. Secara plot dan gameplay, kamu bakal tetap berperan sebagai Jill Valentine. Tujuan dia dalam permainan hanya satu, yaitu kabur dan menyelamatkan diri dari teror yang ada di Umbrella Racoon City. 

Sama seperti seri yang sebelumnya, RE 3 atau resident evil nemesis juga akan menghadirkan beberapa teka teki untuk melewati banyak tantangan. Melawan zombie yang berkeliaran, dan membunuh monster dari umbrella. Salah satu monster yang tidak bisa dihindari adalah Nemesis, atau musuh bebuyutan yang sama jahatnya seperti Mr. X. 

Selain menjadi musuh sangar, Nemesis juga akan terus memburu pergerakan dari Jill. Setiap detail lokasi, permainan, hingga para zombie yang muncul hadir dengan tampilan yang memukau. Hal tersebut karena RE 3 remake ini sudah dibekali lagi dengan RE engine atau video game engine yang katanya sangat unggul. 

Tidak heran jika tampilan grafis dari remake ini sangat memukau. Mulai dari detail kecil dalam tampilan kota, mekanis dan teknis minimal di dalam permainannya, hingga presentasi bangunan dan item yang berserakan pun sangat detail. Tampilan ini tentunya memberi rasa yang berbeda dari seri sebelumnya. Pasalnya Anda bebas berkeliling di kota Rakun. 

Namun bukan berarti, kamu punya tempat bersembunyi dan lari yang lebih luas. Kamu akan dihadapkan dengan area gameplay yang luas namun juga terbatas, mengingat RE selalu mengutamakan sisi story telling. Yang asyik dari game ini adalah kesan action yang lebih kental dibanding dengan beberapa remark terdahulunya. 

Permainan masih mengusung tampilan third person shooter dengan over the shoulder look. Tapi, akan banyak cutscene dan quick reaction yang akan membantu kamu lolos dari sekapan musuh. Pendekatan ini juga berkaitan dengan Resource yang lebih berlimpah. Kamu bisa menemukan herb, ammon, dan bahan lain saat eksplorasi kota rakun. 

Salah satu tips resident evil 3 nemesis adalah memanfaatkan sistem pisau dengan maksimal. Di game ini, pisau tidak punya level durability. Yang artinya kamu bisa pakai sebanyak apapun tanpa takut pisau itu rusak. Cara ini juga bisa jadi alternatif untuk menghemat amunisi senjata yang kamu pakai. 

Selain itu, Karakter Jill dan Carlos juga sudah punya kemampuan untuk dodge. Yang mana bisa kamu gunakan untuk lari atau hindari ancaman musuh. Secara gamblang, seri remake resident evil ketiga ini bukanlah pilihan yang buruk. Baik untuk kamu yang pernah merasakan game lawas atau baru mencoba, pasti RE 3 nemesis ini cocok untuk isi waktu luang. 

Baca juga: 7 Game Playstation 5 yang Rilis Berdekatan dengan Peluncuran PS5

Resident Evil 4 – Bocoran dan Harapan Reboot di Tahun Berikutnya

resident evil game

Ilustrasi game Resident Evil (Foto: unsplash.com/Fredrick Tendong)

Pada bulan April 2020, ternyata dunia gaming juga diramaikan dengan berita akan hadirnya RE4 remake. Padahal, kepopuleran dari resident evil 3 nemesis juga masih ramai ramainya. Informasi tersebut diketahui dari laporan VGC yang datang pada waktu yang sama. Menurut mereka, remake dari seri ke 4 ini sudah dalam masa produksi secara penuh. 

Jadi, perkiraan tanggal rilisnya bisa saja berkisar dari tahun 2021 ke 2022. Untuk saat ini, masih belum banyak informasi yang menjelaskan akan bocoran dan juga tentang remake itu sendiri, tapi sudah jelas kalau RE 4 akan lebih berfokus pada genre aksi. Pada masa produksi ini, nama besar seperti Shinji Mikami dan Tatsuya Minami akan hadir sebagai penanggung jawab. 

Sebenarnya, nama Minami sudah dikenal sebagai penanggung jawab RE 2-3 remake. Sedangkan Mikami adalah sutradara asli dari seri RE 4 original. Jika kedua nama ini berkolaborasi, para penggemar franchise ini bisa berharap hasil yang luar biasa. Mungkin saja di tahun rilisnya, RE 4 remake ini akan tampil wah dengan sistem PS 5. 

Perlu kamu ketahui, sebenarnya game RE4 ini sempat menjadi tanda tanya untuk penggemar franchise BIOHAZARD. Pasalnya, game rilisan tahun 2005 untuk konsol PS2 dan Gamecube ini lebih mengutamakan genre aksi ketimbang horor survival.  Namun demikian, fitur main game resident evil 4 online ternyata cukup menggebrak penggemarnya. 

Plot ceritanya tidak jauh berbeda, karena kamu harus bermain sebagai Leon S. Kennedy untuk menyelamatkan putri presiden AS, Ashley Graham. Gadis tersebut diculik oleh sekte yang ada di pedesaan Eropa, dimana semua penduduknya terinfeksi parasit pengontrol pikiran. Mereka tampil seram layaknya zombie dengan membawa alat berat seperti gergaji hingga pedang. 

Meski sudah rilis cukup lama, Resident Evil 4 ini juga akhirnya di porting untuk banyak konsol. Gim ini bahkan masuk dalam console windows sejak 2007 dan versi HDnya pada taun 2014. Kalau kamu tertarik, banyak cara main game resident evil 4 di laptop. Kamu juga bisa coba di sistem android, PS4, Xbox One, dan bahkan di Nintendo Switch. 

Buat anak kostan tahun 90an, mungkin sudah kenal dengan seri RE atau Biohazard sejak lama. Game survival horor yang berkesan unik ini, pamongnya sempat naik turun gunung karena perubahan konsep. Tapi bukan berarti pesonanya hilang begitu saja. Seri remake dan rebootnya bisa jadi solusi untuk bernostalgia dengan para monster seram. Berani coba? 

Main game di kosan paling seru pake TV biar gambarnya lebih besar dari monitor laptop, makanya kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz yang juga menyediakan TV LCD di kamar kosan lho, selain itu kamu juga bisa menikmati fasilitas wifi gratis, parkiran yang cukup besar, kamar mandi dalam, dan kamar yang sudah lengkap dengan kasur, lemari, dan meja kerja, selain itu juga kamarnya sudah ber AC jadi kamu bisa dengan nyaman main game Resident Evil di kamar. Yuk pilih KoolKost terdekat dengan kampus kamu sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×