Loading...

Pandemi bikin kamu tidak bisa ke mana-mana. Main game mungkin jadi solusi disaat kamu suntuk di kostan. Karena selain menghibur, game juga bisa mengasah otak lho. Meski sering dicap tidak mendidik, tapi ternyata ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari bermain game. Selain mengusir kebosanan di sela-sela tugas kuliah yang justru semakin banyak ketika kuliah daring. Misalnya sebagai contoh kecil yang dipelajari dari bermain game perang seperti belajar sejarah. Pelajaran yang justru buat sebagian kamu ini membosankan berubah jadi menyenangkan dengan game perang Android online bertemakan perang dunia. 

Perkembangan game saat ini sudah lebih berkembang dan lebih beragam. Tidak mudah memang perkembangan game yang selalu menantang para pembuatnya, apalagi kini banyak game yang dituntut selain dengan gameplay dan ide cerita yang bagus, juga harus dibarengi dengan grafis yang mencoba semakin real dengan bantuan teknologi 3D yang semakin maju.

game perang

Main game perang bareng temen lebih seru (source: unsplash.com)

Begitupun dengan game di smartphone kamu yang kualitas grafisnya kini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Salah satu yang paling menarik adalah game dengan genre perang, dengan membuatnya semakin seperti orang sungguhan, membuat perang serasa semakin menantang. 
Tapi pernahkan terpikir oleh kamu bahwa game perang selalu diisukan sebagai game yang hanya membuat dampak buruk terhadap pemainnya? Padahal banyak hal positif yang bisa diambil dari permainan game perang ini.

Anggapan Game Perang Selalu Berdampak Buruk

Jadi anak kost yang tidak bisa ke kampus, bosan dengan media sosial belum lagi tugas kuliah justru lebih banyak dibanding perkuliahan biasa. Game jadi alternatif hiburan di tengah tugas yang menumpuk. Murah dan tidak perlu keluar rumah untuk memainkannya. Tapi ingat ada anggapan buruk mengintai kalian yang suka bermain game peperangan. Anggapan itu bisa jadi buruk seperti berikut.

Kecanduan

Buat bberapa orang memang ada yang kecanduan game. Dia jadi tidak kontrol waktu dan menghabiskan hidupnya di depan layar handphone atau PC. Tapi diantara yang kecanduan dan tidak jumlahnya lebih banyak yang tidak. Game seperti arti dalam bahasa Indonesia, permainan. Maka itu wahana bermain. Hanya saja berpindah dari langsung ke handphone. Jadi kecanduan game atau tidak itu relative. Terlebih buat kamu yang sudah masa kuliah, sudah bisa membedakan prioritas dan permainan. 

Jadi tidak hanya aplikasi game online saja kalau dilakukan secara berlebihan membuat kecanduan. Aktivitas online lainnya jika dilakukan secara berlebihan juga akan kecanduan. Maka ada kontrol dan batasan setiap kali bermain, termasuk game. Bahkan atlet E-Sport saja membatasi diri tidak 24 jam dia bermain game. Karena olahraga yang dilakukan 24  jam bukan menyehatkan malah sakit. Sebelum akhirnya kecanduan buatlah batasan-batasan dalam konsumsi termasuk game. Agar tidak sampai lalai dan cenderung abai. 

Pemicu Kekerasan

Ini sering mengarah ke game yang ada unsur kekerasannya seperti game peperangan. Permainan perang di layar PC atau handphone jadi bahan referensi untuk melakukan kekerasan. Dari game bisa memicu seseorang untuk berbuat anarkis. Padahal tidak hanya game, ada tontonan lain seperti film atau televisi yang lebih masif untuk membuat seseorang berbuat anarkis. 

Game perang Android ringan hingga ke game peperangan bertema perang dunia itu meningkatkan koneksi sel otak atau prefrontal cortex. Di permainan game seperti game perang Android multiplayer mengajak para pemain untuk bekerja sama dan bertanding secara sportif. Jadi game itu tidak bisa dijadikan alasan utama kenapa seseorang bertindak kekerasan. 

Gampang Emosi

Permainan peperangan online buat para pemainnya gampang emosi. Padahal ketika pemain game yang stres karena tugas kuliah. Dengan bermain game seperti Clash of Clan atau game lainnya itu menghasilkan zat dopamin. Zat tersebut menumbuhkan rasa senang dan bisa menghilangkan stres. Bermain game peperangan justru harus bisa mengendalikan emosi. Ketika emosi akan cenderung gegabah dalam mengambil keputusan atau membentuk strategi, berakhir dengan kekalahan. 

Masih ada banyak hal anggapan negatif bermain game. Mereka belum merasakan hiburan yang menyenangkan tanpa keluar rumah salah satunya dengan bermain game. Hanya dengan handphone dan kemudian mengunduh game perang Android terbaru sudah bisa mendapatkan kesenangan, belajar dan tidak perlu keluar kos selama PSBB, tapi jangan sampai lupa kuliah dan tugas yang menumpuk.

Dampak Positif dari Bermain Game Perang

Hidup itu perlu indah jika semuanya seimbang. Begitu juga dengan game. Jika dilakukan sesuai porsinya akan menyenangkan. Terutama buat mereka yang masih kuliah terbatas dengan uang saku dari orang tua untuk liburan. Ketika game dicap negatif tentu saja ada sisi positifnya dari bermain game baik online atau offline. 

Berlogika dan Memecahkan Masalah 

Keputusan untuk kos berarti belajar mandiri salah satunya mengambil keputusan sendiri. Hal ini bisa lho mencontoh dari kamu bermain game. Sadar tidak kalau kamu bermain game kamu dibawa untuk membangun strategi dan memecahkan masalah. Dan dengan game bertema perang yang ada di handphone atau PC kamu diajak untuk membangun strategi agar bisa menang. Terlebih ketika kamu bermain bersama teman, ada keputusan cepat untuk bisa mengalahkan lawan. Jadi di dalam permainan membutuhkan kemampuan kamu berlogika. Kalau asal bisa jadi kamu kalah. Sebenarnya banyak yang bisa dipelajari melalui game. 

Multitasking Motorik 

Bermain game ujian multitasking buat kamu. Koordinasi tangan, mata dan keterampilan motorik halus dibutuhkan saat menggeser tangan atau stik. Game ini menguji multitasking saat pemain dituntut bisa mendeteksi banyaknya variabel yang ada dalam layar. Para pemain game perang, multitasking saja tidak cukup. Ada kerja sama terutama saat bermain game perang Android online. Butuh koordinasi bersamaan antara tangan, mata dan fokus serta menurunkan ego agar tim bisa menang. Pemain harus mengkoordinasikan antara reaksi otak dengan gerakan tangan dan ujung jari. Proses ini juga membutuhkan kemampuan visual-spasial agar menang.

Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Sekarang banyak youtuber game yang tampil secara percaya diri dilayar. Lalu apa hubungannya game dengan meningkatkan kepercayaan diri. Contoh paling sederhana adalah menantang diri sendiri. Ini dilihat dari kamu bisa percaya pada diri sendiri bisa mencapai level tertinggi dalam permainan. Ketika bermain game perang Android terbaru misalnya. kamu jadi lebih percaya bahwa permainan ini bisa kamu taklukan. Terlebih ketika memilih game perang Android multiplayer selain percaya pada diri sendiri. Pemain akan belajar untuk kerja sama dengan pemain lain. Jiwa kompetisi akan tumbuh dengan semakin percaya pemain untuk memenangkan permainan online.

Belajar yang Menyenangkan

Andai saja materi kuliah dibuat menyenangkan seperti game perang Android online. Nilai A pasti sudah ditangan terus. Karena dari game kamu bisa belajar sejarah dengan memainkan game peperangan bertema kerajaan hingga perang dunia. Dengan game juga bisa mempelajari sains bahkan pencapaian tertingginya bisa membuat game yang dimainkan oleh banyak orang. 

Simulasi Ke Dunia Nyata 

Beberapa game memang diadopsi dari kisah nyata atau dibuat semirip mungkin dengan kenyataan. Apa ada game yang seperti itu? Ada. Game perang pesawat Android contohnya. Game bertema penerbangan pesawat ini dibuat semirip mungkin dengan kokpit pesawat seperti meniru simulator penerbangan. Semua kontrol, kecepatan udara, sudut sayap hingga altimeter. Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebelum akhirnya praktik di dunia nyata tapi untuk game tertentu saja. Jadi dengan menginstall game ini kalian yang tidak diterima ilmu penerbangan bisa merasakan sensasi menerbangkan pesawat meski dari handphone kalian. Bahkan sekarang simulasi uji menyetir kendaraan dirancang seperti game, dengan tujuan mengurangi risiko kecelakaan.

Manfaat dari bermain game masih banyak. Mulai dari belajar bahasa Inggris karena kamu bisa terhubung dengan para gamers dari berbagai negara. Bahkan ada media sosial sendiri seperti discord yang biasa digunakan oleh para gamers untuk berkomunikasi. Game juga bermanfaat buat kalian yang disleksia, mudah untuk memahami. Dan jelas seperti tujuannya game, bermain tentu untuk menyenangkan hati. 

Baca Juga: Bosen Main Mobile Legend di Kostan? Coba Main 12 Game Alternatif Ini

Game Perang Apa yang Sekarang Jadi Favorit?

game perang

Call of Duty for Mobile jadi salah satu game perang favorit (source: Pixabay.com)

Game itu ibarat mode sesuai dengan tren dan hampir setiap saat muncul game baru. Para developer game baik besar maupun skala kecil berlomba agar ciptaannya banyak digunakan oleh orang. Dan bermain game itu cocok-cocokan. Tapi dari semua game yang jadi favorit anak kuliahan tentu saja game bertema peperangan. Adrenalin persaingan yang ketat memicu kamu untuk bisa memenangkan berbagai jenis game perang terbaik di Android. Sebelum menentukan akan bermain game peperangan berikut beberapa rekomendasi game perang Android terbaik buat dimainkan.

Game Perang Android  Online

Game online di handphone android jadi raja dari segala game. Dan tidak mengenal jenis kelamin karena bisa dimainkan oleh perempuan dan laki-laki. Hanya ada beberapa game yang dibatasi minimal usia pemainnya. Ini beberapa game perang Android terbaik sampai paling favorit untuk dimainkan tahun 2020:

Modern Combat 5

Game peperangan terbaik dibuktikan dengan banyaknya jumlah pengunduhan di Play Store. Salah satu keunggulan dari Modern Combat 5 ini pemain dapat memilih kelas yang anda inginkan. Segera unduh di Play Store handphone Anda. Rasakan serunya Modern Combat 5!

Brothers In Arms 3

Ini salah satu sisi positif game yang disuguhkan brothers in Arms 3. Game yang berlatar belakang perang dunia kedua ini selain menantang juga membuat anda belajar banyak. Salah satunya membaca peta. Brothers in Arms 3 ini menyuguhkan empat peta yang harus diselesaikan. Penasaran segara download di Play Store kalian!

Rise of Civilizations

Tantangan dari memainkan rise of civilizations membuat strategi. Jadi game ini benar-benar menikmati strategi dalam berperang. Anda bisa membuat taktik dengan menulis peradaban sendiri. Ini jadi game perang terbaik di Android karena tanpa batas.
World War 3: European War Strategy Games

Segara install world war 3: European War Strategy Games jika ingin merasakan visual terbaik dalam game. Ini merupakan salah satu game perang di Android yang grafisnya yahud. Selain itu, pemain bisa menjelajahi peta dunia, bisa melakukan peperangan kapan yang anda inginkan. Menantang karena butuh strategi perang yang terus menerus. 

Clash of Clans

Game sejuta umat yang jadi salah satu game perang Android ringan tapi menantang. Daya tarik game ini karena multipemain. Selain berkoneksi dengan sesama pemain Clash of Clans lainnya. Anda bisa membuat clan dan menjadikan orang lain atau diri anda sebagai anggota klan. Anda pasti tidak menyesal memainkan clash of clans terutama untuk pemula yang bermain game di Android.

Game Perang Android Offline

Anak kuliahan tentu uang sakunya terbatas. Belum terpotong untuk kuota kuliah daring yang cukup panjang. Bermain game android online mengambil jatah kuota yang cukup banyak. Terlebih buat kos yang tidak ada fasilitas Wifi. Sekarang jangan terkotak pada game yang dimainkan secara online. Dari beberapa developer game mengeluarkan game perang Android offline yang menyelamatkan kalian dari borosnya kuota. 
Berikut beberapa rekomendasi game perang terbaik di Android yang bisa dimainkan secara offline.

Star Warfare 2

Meski Star Warfare 2 ini dimainkan secara offline tapi ini jadi salah satu game taktik di android yang terbaik. Permainan melawan zombie ini jadi salah satu yang paling banyak diunduh dan dimainkan.

Elite Killer: SWAT

Game ini jadi game sejuta umat di dunia game taktis offline. Dengan grafis tinggi yang dikeluarkan CanadaDroid, Elite Killer SWAT bahkan dibekali dengan granat, spinner hingga peperangan yang seru.

Combat Strike: FPS Guerra Giochi Sparatutto

Ini adalah jenis game offline bertema peperangan yang asyik dimainkan. Meski bisa termasuk game taktik offline bagusnya Combat Strike: FPS Guerra Giochi Sparatutto ini bisa di setting jadi multipemain dan bisa dimainkan dengan yang lain dari seluruh penjuru dunia. 

Six-Gun: Gang Showdown

Kata siapa game online saja yang menawarkan cerita yang menarik. Ini ada Six-Gun: Gang showdown meski game offline akan tetapi menawarkan cerita yang sangat kuat. Tentu saja dengan grafis yang keren anda bisa merasakan sensasi berperang sebagai koboi. Tertarik? Unduh sekarang juga di Play Store.

Space Marshals 2

Meski game ini ukurannya cukup besar akan tetapi game laga ini menyenangkan dimainkan secara offline. Bermain taktis untuk melawan musuh dengan varian senjata hingga 70 jenis . Game ini juga sudah banyak dimainkan. Jadi jangan lupa untuk mencobanya. Unduh sekarang ya di Play Store. 

Dengan game perang kamu tidak hanya bermain tapi juga belajar. Bahkan kalau kalian ingin serius bisa jadi atlet ESport yang membanggakan. Game yang wajib di pertandingan adalah jenis game peperangan. Jadi tidak semua game itu buruk. Karena di dalam game kamu diajarkan untuk sportif dan tentu seperti kata asalnya game, permainan. Jika hanya ingin bermain saat suntuk kuliah game jadi alternatif terutama masa karantina seperti ini. 
Itu dia beberapa rekomendasi game perang di Android yang bisa kamu mainkan dikala sedang suntuk atau gabut di kosan. Bila kamu masih was was soal kuota internet saat bermain game online mungkin kamu harus memilih kosan yang sudah menyediakan wifi gratis, seperti KoolKost dari RedDoorz.

Karena selain dilengkapi dengan fasilitas kamar yang sudah ber-AC, lengkap dengan kasur yang nyaman, lemari dan meja kerja minimalis, dan juga kamar mandi di dalam, Kosan KoolKost ini juga menyediakan fasilitas Wifi gratis, jadi kamu nggak perlu lagi khawatir soal kuota yang akan habis saat bermain game perang di smartphone kamu.

Press Enter To Begin Your Search
×