Loading...

Melihat jajaran game AAA yang bermunculan di beberapa tahun terakhir, terkadang membuat miris saat tahu spesifikasi yang dibutuhkan. Komputer canggih, harga mahal, dan spesifikasi dewa. Lalu bagaimana buat anak kost yang cuma punya bekal laptop biasa bahkan kentang? Tenang saja, berikut beberapa game non AAA yang ternyata bisa kamu mainkan di laptop pas-pasan.

game pc ringan

Beberapa game pc cukup ringan sehingga dapat dimainkan di laptop. (Foto: unsplash.com)

Rekomendasi Game Komputer yang Paling Cocok untuk Spek Komputer Pas-Pasan

1. Untitled Goose Game

Developer House House sempat meramaikan jagat gaming, gara gara game uniknya bernama Untitled Goose Game. Menariknya, karakter utama game yang akan kamu mainkan adalah seekor angsa nakal. Kamu akan diberikan misi jenaka yang bermacam macam, mulai dari mengganggu warga sekitar, merusak tanaman, sampai menyembunyikan barang. 

Sebagai seorang angsa putih, kamu juga harus berusaha menghindari para warga agar tidak tertangkap. Meski berkesan gampang, game PC lucu dan unik ini perlu otak yang encer. Karena kamu harus memutar otak agar trik yang digunakan berhasil untuk menyelesaikan misi. Bisa dibilang, game ini paling cocok buat kamu yang otaknya penuh ide jahil. 

Meski sempat ramai dan mengalahkan pamor game AAA, ternyata hype itu tidak akan buat anak kost kecewa. Karena untuk main game ini tidak perlu komputer mahal nan dewa. Spek minimal untuk main cuma perlu OS windows 7 dengan space sekitar 820 Mb saja. Grafisnya pun tidak terlalu wah, jadi pakai onboard pun bisa lancar. 

2. Terraria

Terkadang, main game tidak harus dipenuhi dengan grafis 3D yang realistis. Apalagi kalau kamu cuma berbekal laptop kentang. Setidaknya kamu harus cukup puas dengan game berdesain 2D yang penuh warna, seperti Terraria. Meski tampak sederhana, game ini tidak bisa dianggap remeh. Karena setiap misi dan levelnya dipenuhi dengan tantangan yang sukar. 

Bisa dikatakan itulah nilai plus dari Terraria. Grafis sederhana serba 2D yang diberikan, dipenuhi dengan warna menarik, karakter lucu, dan gameplay yang unik. Tetapi, sistem permainan dari Terarria mengusung open world sandbox. Yang berarti setiap area dan level akan muncul secara acak. Sehingga kamu tidak akan merasa melakukan pengulangan game secara terus menerus. 

Dengan adanya sistem tersebut, maka replayability game ini pun cukup tinggi. Setiap kali kamu game over dan mengulang, game pc offline ini akan memberikan tantangan yang berbeda. Terkadang kamu akan bertemu musuh yang berbeda, lokasi yang random, sampai tantangan yang mustahil untuk diselesaikan. 

Game side scrolling ini juga menggunakan fitur data gathering dan pengumpulan item untuk crafting. Karena itulah Terraria berkesan tidak ada habisnya. Untuk main game ini, kamu hanya butuh laptop dengan spek Ram 2.5 Gb, VGA 128Mb dan OS seperti pada umumnya. Bahkan kamu juga bisa download atau beli melalui Steam dengan harga sekitar 90 ribuan saja. 

3. Stardew Valley

Bagi kamu yang pernah main game Harvest Moon di PS1 atau PS2, pasti sudah tahu bagaimana serunya mengatur kebun, berternak, dan bertanam di dalam game. Stardew Valley memiliki tema yang sama dengan game legendaris Harvest Moon, yang akan membawa kamu untuk bercocok tanam dan mengurus hewan ternak di perkebunan lama. 

Meski punya tema utama yang sama, tapi Stardew Valley punya tambahan fitur lain yang lebih menarik dan menantang. Seperti kebebasan untuk mengatur layout kebun, mengatur dan membangun semua bangunan di lokasi, berinteraksi dengan orang desa, bertemu anomali, sampai bertarung dengan monster yang berkeliaran. 

Selain itu, nilai plus dari game ini juga hadir dari visual yang dimilikinya. Gambar dengan desain 2D ala film kartun tahun 1930an. Sehingga tampil lebih kotak kotak. Stardew valley juga terus diupdate, sampai akhirnya termasuk dalam deretan game pc yang bisa main bareng karena fitur multiplayer terbarunya. 

Baca Juga : Rekomendasi Game Yang Bisa Menghasilkan Uang Tambahan

Dengan main bareng, kamu pun bisa memprogres cerita uniknya dengan lebih cepat. Bahkan kalian pun bisa saling bantu untuk mengumpulkan barang sebagai bahan crafting. Lalu bagaimana spesifikasinya? Tidak perlu khawatir, kamu bisa main dengan berbekal laptop berOS windows 7, prosesor intel core 2 duo, RAM 2 Gb, dan GPU 256 Vram saja.  

4. Limbo 

game pc

Ilustrasi game PC dengan nuansa hitam putih seperti Limbo. (Foto: freepik)

Kalau kamu suka game PC dengan genre horror thriller, Limbo bisa jadi pilihan yang paling asyik. Alih alih memiliki grafis seram layaknya game Zombie kekinian, Limbo justru tampil dengan grafis 2D side scrolling monotone. Tampilannya sangat sederhana dengan warna hitam dan putih, yang mana memberi kesan misterius dan suram.

Benar saja, karakter utama dalam Limbo adalah seorang anak laki laki yang harus berpetualang mencari pencerahan. Dalam perjalanannya, game pc ringan besutan Playdead ini akan menghadirkan puzzle dan rintangan yang mematikan. Karena itulah kamu harus memutar otak untuk menemukan jalan agar bisa membunuh musuh, dan melawan makhluk seram lainnya. 

Limbo sendiri sempat mendapat penghargaan Best indie game karena alur dan tampilan game yang berkesan berbeda. Meski begitu, kamu masih memiliki kesempatan untuk main walau dengan laptop berspesifikasi rendah sekalipun. Seperti PC atau laptop dengan RAM 1 GB, yang sudah bisa menjalankan Limbo dengan baik walau tidak rata kanan.   

5. Cuphead 

Nama Cuphead sempat ramai bahkan digadang gadang sebagai salah satu game PC terbaik di tahun 2017 silam. Dengan genre run and gun, game platformer yang satu ini dikenal karena memiliki kesulitan yang sangat tinggi. Sebenarnya, tema dari game ini cukup simpel dengan tampilan grafis ala kartun tahun 1930 (seperti kartun Tom and Jerry). 

Ditambah dengan artwork dan musik bertema jaman 30an, bisa dikatakan game ini memberikan angin segar di tengah maraknya game AAA realistis. Di sini, kamu akan berperan sebagai karakter animasi bernama Cuphead yang akan bertarung mengalahkan bos bos di setiap levelnya. Kamu akan mendapat nyawa yang tidak terbatas untuk melawan musuh yang tidak ada matinya.

Bisa dikatakan itulah hal yang membuat Cuphead sangat dinantikan di dunia gaming. Mereka yang ingin kesan baru, mulai tertantang untuk melawan gameplay yang berbeda. Kalau kamu punya gamepad dan berniat untuk main game pc pake stik, maka bisa bermain secara co-op. Dengan begitu perjalanan Cuphead akan ditemani oleh Mugman yang tidak kalah jenaka. 

Kalau kamu ingin mencoba Cuphead, ternyata game viral ini bisa dimainkan meski dengan PC pas pasan. Spesifikasi minimumnya adalah OS windows 7, intel core 2 atau AMD Athlon, 2 GB Ram dan VGA GeForce 9600 Gt atau AMD HD 3870 ber-VRAM 512Mb. Sayangnya, kamu mesti sediakan space memori mencapai 20Gb untuk memuat game ala tahun 30an yang satu ini. 

6. Grand Theft Auto SanAndreas 

Kalau memang hanya berbekal laptop kentang, pilihan game PC yang paling cocok mungkin kembali lagi ke rilisan jadul. Di sini, opsi yang bisa dikatakan terbaik adalah si legendaris GTA SA atau San Andreas. Game jadul keluaran tahun 2004 ini ternyata tidak semudah itu punah dimakan modernisasi permainan di beberapa tahun terakhir. Bahkan, pesona dari GTA SA ini semakin merebak dan mencapai platform mobile atau smartphone. Lalu apa yang membuatnya menarik? Bisa dikatakan adalah pesona franchise GTA lainnya. Kamu akan mendapati permainan dengan genre laga, balapan, petualangan, dan juga kriminal. Ditambah dengan open world yang luas, game ini tidak ada habisnya. 

Tidak hanya itu, game ini juga memiliki kemungkinan dan gameplay yang cukup unik di tahunnya. Kamu bisa menjadi musuh masyarakat dengan berperan seperti kriminal, membantu liberasi lokasi demi geng, atau berjalan jalan di kota dengan bebas. Tidak ada limitasi akan kegiatan yang kamu lakukan, asalkan kamu selalu tahu konsekuensinya. 

Dari semua rekomendasi game pc ini, bisa dikatakan GTA SA adalah yang paling ringan. Alasannya karena grafis dan gameplaynya pun tidak secanggih game AAA terbaru. Kamu bisa main GTA SA dengan spesifikasi prosesor Pentium III, RAM cuma 256 MB, VRAM 64Mb, dan total free space sekitar 3.6 Gb saja. 

7. Left 4 Dead 2

Lagi lagi game yang paling direkomendasikan adalah permainan yang  sudah cukup lawas. Left 4 Dead dirilis tahun 2009, yang membuatnya tidak terlalu demanding soal spesifikasi. Buat kamu yang gemar genre horor dan zombie, L4D2 ini bisa jadi pilihan seru. Kamu bakal dibawa berkeliling dan bertahan dari serangan zombie dengan aksi tembak tembakan keren. 

Game ringan yang satu ini juga memiliki bermacam jenis gameplay yang bisa kamu pilih. Seperti Co-op multiplayer yang tersedia secara online. Kalau kamu tertarik untuk mencoba, L4D besutan pengembang Valve ini hanya perlu spesifikasi pas pasan. Seperti pentium 4, RAM 2 GB, VGA minimal GeForce 6600 atau ATI radeon X800. 

8. Call Of Duty Modern Warfare 2

game pc

Call of duty game perang favorit anak kosan (source: unsplash.com)

Masih bertema game PC aksi, COD MW 2 adalah salah satu masterpiece di tahunnya yang membuat permainan FPS melejit. COD sendiri sudah banyak dikenal dari deretan game franchise yang dirilis setiap tahunnya. Semakin hari, grafis, gameplay dan ceritanya pun ikut berkembang. Begitu pula dengan spesifikasi PC yang semakin lama semakin tinggi. 

Karena itu,Game perang yang dirilis tahun 2009 ini adalah pilihan cocok buat kamu yang berbekal laptop pas pasan. Di rilisan game yang satu ini, kamu akan dibawa berperang sebagai anggota International special force. Kamu pun harus melawan berbagai macam musuh dengan menggunakan senjata api canggih dan aksi laga yang tidak kalah mencengangkan.

Lalu spesifikasi PC seperti apa yang paling cocok untuk memainkan game ini? Spesifikasi minimumnya bisa dikatakan ramah kantong. Kamu hanya butuh laptop dengan prosesor Pentium 4 atau AMD athlon 64. RAM yang dibutuhkan pun Cuma sekitar 1 GB. Dengan VGA 256 VRAM dan download game pc dari Steam atau situs bebas, kamu bisa main game ini dengan lancar.  

Itulah beberapa game yang bukan kelas atas, tapi tidak kalah seru dengan game berkelas lainnya. Setiap game tersebut punya genre dan juga gameplay yang berbeda, jadi kamu bisa pilih sesuai dengan selera. Dan pastinya, kamu tidak perlu khawatir dengan spek yang dibutuhkan. Laptop kentang pun bisa untuk main. Tertarik? Selamat mencoba! 

Mau cari kosan dengan mudah pakai Aplikasi?

Kini dengan aplikasi RedDoorz kamu sudah bisa lho cari kosan terdekat dengan kampus kamu, karena jaringan KoolKost dari RedDoorz sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Gimana cara mencarinya?

Langkahnya cukup mudah, pertama kamu buka Aplikasi RedDoorz lalu pilih Kost Houses. Lalu masukkan kata kunci nama kota atau nama universitas yang kamu inginkan, jangan lupa pilih durasi sewa kosannya, dan tekan search, maka kamu akan diberikan informasi list kosan di kota yang kamu pilih lengkap dengan harga sewa yang fleksibel, bisa harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu juga lengkap dengan informasi fasilitas yang diberikan pada masing-masing kosan, jadi kamu bisa bandingkan dan pilih yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan.

 

 

Press Enter To Begin Your Search
×