Loading...

Entah dari mayat yang hidup lagi atau sebagai makhluk yang haus darah manusia lainnya, keseraman zombie memang tidak pernah lekang dimakan waktu. Genre film yang semakin digemari ini bisa kamu jadikan cara mengisi waktu di kosan. Terutama anak kost yang lagi gabut tidak ada kerjaan. Agar acara nonton bareng teman lebih seru, cek dulu rekomendasi film berikut ini.

film zombie seru

Film zombie seru buat nobar di kost. (Foto: unsplash.com)

Rekomendasi Film Atau Series Dengan Zombie yang Wajib Ditonton

1. ZombieLand

Film yang satu ini mungkin adalah salah satu pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi buat kamu yang suka sentuhan adegan kocak di setiap laga melawan zombie. Zombieland sendiri dirilis pada tahun 2009, yang kemudian sekuelnya (Zombieland: double tap) muncul di tahun 2019. Ceritanya pun masih nyambung, jadi kamu bisa tonton keduanya. 

Apa yang membuatnya masuk dalam list rekomendasi film zombie ini? Jawabannya ada di keunikan pengemasan cerita dan karakter di film ini. Pada cerita umumnya, zombie terjadi karena virus mematikan yang tidak jelas. Tapi di sini, ternyata virus tersebut karena wabah sapi gila. Wabah itu kemudian mengubah manusia menjadi sekumpulan zombie. 

Film zombie yang disutradarai Ruben Fleischer ini menceritakan perjalanan seorang mahasiswa biasa saja yang bertemu dengan pembunuh zombie andal. Setiap aksi yang dilakukan dibubuhi sentuhan kocak, dengan guyonan dan cara pikir yang nyeleneh. Alhasil, film berdurasi 1 jam 28 menit ini dapat rating tinggi (90%) di Rottentomatoes. 

2. Resident Evil 

Kalau rekomendasi sebelumnya punya kesan kocak, di film ini kamu bakal dibanjiri dengan aksi laga yang keren. Film Resident Evil ini adalah salah satu film yang dulunya dianggap sebagai pembuka jalan dalam industri perfilman genre zombie. Bayangkan saja, kalau film perdananya sudah muncul sejak 2002. Kemudian berlanjut dengan franchise hingga tahun 2016. 

Cerita dan grafis yang diberikan pun semakin lama semakin asyik untuk ditonton. Bisa dikatakan kalau film yang terinspirasi dari game dengan nama yang sama ini, punya genre yang serba komplit. Seperti Action, horror, sci-fi, sampai gore. Deretan franchise RE ini mencapai total 6 daftar film zombie, dengan cerita yang masih nyambung. 

Ceritanya bermula dari Alice yang mengalami amnesia dan melawan para zombie di laboratorium bawah tanah Umbrella Corporation. Zombie tersebut muncul karena penyebaran T virus buatan Umbrella yang sebenarnya bertujuan sebagai obat. Alih alih berhasil, virus tersebut justru mengubah orang menjadi zombie. 

Perjalanan Alice pun berlanjut saat penyebaran virus mencapai luar laboratorium. Yang mana membuat hampir seluruh dunia menjadi zombie. Di dalam masa tersebut, alice berniat untuk menghancurkan seluruh markas Umbrella dengan tujuan menetralkan dan menghentikan penyebaran. Di sinilah cerita RE terus berkembang dan akhirnya mencapai titik terang di tahun 2016. 

Nilai plus dari film yang ditulis oleh Paul W.S. Anderson ini adalah kemampuan film untuk mengemas cerita panjangnya. Setiap rilisan dari film ini punya Antagonis yang berbeda dengan challenge yang lebih sukar. Tapi cerita itu masih tetap nyambung. Karena film ini sudah tamat, kamu dan teman kosan bisa maraton nonton film zombie RE sekaligus. 

3. Train To Busan 

Pamor dari genre zombie sendiri tidak cuma dimiliki warga barat. Nyatanya film asal Korea Selatan, Train To Busan, menjadi salah satu favorit penggemar film zombie. Apa yang membuatnya menarik, datang dari setting dan originalitas film itu sendiri. Kalau biasanya film zombie seperti RE atau Zombieland punya cakupan yang luas, film ini justru fokus di satu lokasi. 

Lokasi itu adalah kereta api Korea selatan. Dalam cerita ini, seluruh kota dan banyak daerah Korea sudah tercemar virus yang tidak jelas asalnya. Membuat orang yang sudah mati hidup kembali dan mereka yang tergigit akan haus darah manusia. Kisah ini menjadi semakin tegang, karena karakter utamanya harus bertahan di rangkaian kereta menuju Busan. 

Film yang dirilis tahun 2016 oleh sutradara Sang-ho Yeon ini mengangkat aktor kawakan Gong Yoo. Diceritakan dia dan anaknya harus bertahan hidup melawan zombie yang mulai memenuhi kereta. Dia pun harus memutar otak, karena perlu berpindah dari satu gerbong ke lainnya demi menghindari Zombie sembari kereta berjalan. 

Karena setting, originalitas, dan ketegangan yang diberikan, jangan kaget kalau rating film ini sangat tinggi. Menurut Rottentomatoes, film zombie korea yang satu ini berhasil meraih nilai 95%. Sedangkan IMDb memberi rating 7.5 dari 10. Karena kesuksesannya, Train to Busan 2 : Peninsula pun dirilis di tahun 2020, dengan setting sama tapi beda karakter.  

4. World War Z 

Di tahun 2013, dunia juga diramaikan dengan rilisan film bergenre horor action yang mengangkat Brad Pitt sebagai pemain utama. Sebagai aktor kawakan, kamu tidak akan merasa kecewa dengan film yang satu ini. Pada film ini, setting ceritanya lebih luas dan zombie yang bermunculan pun akan semakin banyak. 

Bisa dikatakan, World War Z juga mulai menggunakan Zombie running atau zombie yang berlari. Yang membuat bulu kuduk merinding adalah kemampuan zombie untuk menyerang secara massal. Mereka saling bertabrakan saat mengejar manusia, bahkan saling tindih untuk melewati dinding tinggi pembatas. 

Sepanjang cerita, kamu akan dibawa mengikuti pertulangan Brad Pitt yang bertugas untuk menanggulangi bencana dunia tersebut. Karakter akan menuju banyak lokasi, mencari tahu seluk beluk perkara, dan melawan banyak potensi serangan makhluk tersebut. Setiap aksinya pun menegangkan, jadi cocok untuk seru seruan bareng teman kosan. 

5. 28 Days Later 

film zombie

Bus bekas terbakar bisa jadi latar yang sering digunakan dalam film zombie (source: unsplash.com)

Apa kamu pernah membayangkan sebuah kota London yang sangat ramai menjadi sepi dan kosong begitu kamu bangun dari tidur panjang? Di film yang dirilis tahun 2002 ini, kamu bisa melihat bagaimana suasana London sepi tersebut justru membuat perasaan takut. Jelas saja karena ada zombie berbahaya yang siap menyerang kamu. 

Para penonton akan dibuat tegang karena para zombie tersebut tidak mudah ditemukan. Kalau dibanding dengan film lainnya, memang film zombie netflix yang satu ini tidak bergerombol. Tapi tetap saja, potensi tertular dan diserang makhluk ganas ini pun masih tetap tinggi. Malahan film karya Danny Boyle ini justru memberi unsur baru. 

Unsur tersebut muncul karena para penyintas atau mereka yang bertahan hidup memiliki dua musuh besar, yakni zombie dan manusia lainnya. Karena penyakit tidak dikenal tersebut tidak bisa diobati, maka semua orang saling waspada. Sama halnya dengan karakter utama yang bangun dari koma di rumah sakit, dan menemukan London menjadi sepi. 

Saat berjalan, dia bertemu dengan orang yang ingin merampok dan berlari untuk keselamatan. Sayangnya, dia justru bertemu dengan zombie yang bersembunyi pada suatu bangunan kosong. Film ini dirasa lebih mengerikan, karena virus bisa menyebar dari kontak darah atau cairan tubuh mereka yang terinfeksi virus (tanpa tergigit). Karena itulah, petualangan peran utama dirasa lebih berat. Tidak hanya itu, ancaman yang lebih besar justru datang dari para manusia yang mulai gelap mata. Mereka saling serang, merampok, bahkan mengorbankan orang sebagai makanan zombie. Meski cukup jadul, tapi film zombie ini cocok buat kamu yang suka tampilan sinematik dan skenario unik.  

6. Warm Bodies

Kata siapa film dengan zombie di dalamnya selalu berkesan gory dan seram? Warm bodies punya alur cerita yang cukup unik. Bisa dikatakan kamu bakal merasa sedang nonton film Romeo dan Juliet, tapi dengan genre zombie. Karena garis bawah dari film ini justru adanya romantisme dari zombie dan manusia. 

Alih alih zombienya terlihat seram, peran utama “R” adalah seorang zombie ganteng yang sedang jatuh cinta dengan manusia bernama Julie. Beberapa Zombie dengan kondisi tubuh yang baik, ternyata masih punya perasaan, ingatan, dan kesempatan hidup. Melihat hal yang berbeda itulah, akhirnya kedua sejoli ini saling bantu untuk mencari titik terang. 

Tentu saja petualangan kedua sejoli ini tidak mudah. Kamu bakal melihat bagaimana R harus bertahan hidup. Begitu pula dengan Julie yang harus memutar otak untuk cari penyembuh buat si zombie tampan. Film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama ini, cocok buat kamu yang pingin nonton film zombie sub indo sambil terbuai romansa cerita. 

7. Kingdom 

film zombie kingdom

Mengambil latar zaman kerajaan Film Korea Kingdom tidak kalah horor dari film zombie Barat (source: unsplash.com)

Lagi lagi Korea Selatan hadir dengan produksi film bergenre zombie yang tidak kalah membuat merinding. Bekerja sama dengan Netflix, Korea Selatan membuat serial dengan judul Kingdom yang mana memiliki genre thriller, horor, action, dan adventure. Sama halnya dengan Train To Busan, film ini sukses membuat para pencinta film genre zombie ketagihan.  Yang membuat film ini punya daya tarik tersendiri adalah setting waktu yang digunakan. Kalau sebelumnya hampir semua film punya setting  modern, Kingdom justru bercerita ancaman penyebaran zombie ganas di masa Joseon atau tiga tahun setelah invasi Jepang ke Korea. Bisa dikatakan saat Korea masih zaman primitif. 

Di masa itu, tidak ada yang namanya mobil, pistol, atau kereta. Yang ada hanyalah pedang, senjata api jadul, kendaraan kuda, dan rumah lawas. Alhasil, penyebaran virus dan penanganannya lebih sulit. Saat nonton salah satu film zombie terbaik ini, kamu bakal tahu bagaimana kehidupan Korea jaman dahulu dan segala trik politik yang ada. 

Itulah yang membuatnya unik dan menarik. Peran utama yang merupakan seorang putra mahkota harus melawan kejahatan dari sisi politik dan juga bertahan hidup dari serangan zombie. Yang ternyata virus zombie tersebut terjadi karena ulah dewan negara kerajaan. Dewan tersebut berusaha untuk membuat raja yang telah mati untuk terus hidup dengan obat terlarang. Karena suatu kesalahan, wabah zombie tersebut berbaur dengan kelaparan warga. Yang kemudian membuat mereka lebih ganas dan siap meneror seluruh kota. Buat kamu yang penggemar drama Korea, film series zombie Netflix ini akan beri kesan yang berbeda. Kamu pun bisa langsung marathon 2 season film zombie ini dari Netflix dengan subtitle Indonesia. 

Itulah beberapa rekomendasi film bergenre zombie yang bisa kamu tonton berbarengan dengan teman kosan. Setiap rekomendasi itu punya nilai plus sendiri. Seperti setting jadul di Kingdom, peralatan canggih di World War Z, sentuhan humor di Zombieland, sampai cerita romantis di Warm Bodies. Kamu tinggal pilih sesuai dengan selera, agar waktu nonton bareng lebih seru. 

Nonton film zombie serunya malam-malam, matikan lampu, nyalakan AC, lalu mulai play nonton film pakai layar TV agar lebih besar, sendirian, tiduran sambil selimutan. kalau kamu di kosan takut kuota habis, lebih baik pilih kosan yang sudah ada fasilitas wifi gratis aja. salah satunya KoolKost dari RedDoorz. sebagai solusi terbaik kostan dengan fasilitas lengkap tapi harga terjangkau, bukan hanya fasilitas dasar kamar kost seperti kasur yang nyaman, lemari pakaian, meja dan kursi, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC, televisi dan Wifi gratis supaya kamu bisa nonton film streaming tanpa was was masalah kuota. Yuk pilih Koolkost terdekat dengan kampus kamu sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×