Loading...

Memasuki bulan Desember, dekorasi berbau perayaan Natal dan tahun baru mulai kental terasa di setiap sudut jalan dan rumah hunian. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu libur di bulan Desember, salah satunya dengan menonton film yang biasa ditayangkan di saluran televisi Indonesia bersama keluarga maupun anak kost.

film natal

Beberapa judul film identik dengan momen Natal. (Foto: unsplash.com)

Daftar Film yang Sering Ditayangkan Saat Perayaan Christmas

1. Home Alone

Menjelang perayaan Christmas datang, tentu saja film bertajuk Home Alone akan menghiasi layar kaca pertelevisian tanah air. Film legendaris ini menceritakan kisah satu orang anak lelaki bungsu bernama Kevin yang lahir dari keluarga McCallister. Dirinya kerap kerap dijahili oleh para kakak kakaknya hingga pada suatu saat terjadi sebuah perampokan di dalam rumahnya.

Kevin yang saat itu tidak sengaja menyaksikan aksi dua perampok siap menjarah rumah kesayangannya, dan berniat untuk melindungi seisi rumah. Pada saat bersamaan, ternyata anak bungsu ditinggal berlibur orang tuanya ke luar negeri. Alhasil dirinya harus menjaga rumah sendiri dengan semua ide yang dimilikinya.  

Berbagai hal dilakukannya agar bisa melindungi rumahnya, salah satunya dengan memasang berbagai jebakan dari idenya sendiri. Bahkan semua ide yang dikeluarkan tampak tidak terduga sebelumnya. Kadangkala aksi tegang ketiganya disajikan dengan selipan komedi yang berhasil membuat siapapun tertawa dibuatnya. 

Aksi kejar kejaran si bungsu dengan dua perampok inilah yang menjadi film komedi ini sukses menjadi perhatian, dan tidak pernah bosan untuk ditonton kembali setiap tahunnya. Film yang sukses mengambil hati para penontonnya ini kemudian dihadirkan dengan 5 sequel yang sukses menghibur para penggemarnya. 

Setiap sekuel filmnya menyajikan jalan cerita berbeda, namun tingkah lucu dan keusilan Kevin tidak pernah pudar dimakan masa. Tidak heran jika film ini menjadi tayangan favorit ketika perayaan Christmas telah datang. Kamu juga bisa mengajak teman satu kosan untuk nonton Home Alone  bersama sambil menikmati kehangatan Christmas yang sebentar lagi datang. 

2. Baby’s Day Out

Ketika musim liburan Christmas telah tiba, kamu pasti bisa menebak bahwa film Baby’s Day Out akan hadir di layar kaca kesayangan. Selama film diputar, penonton bisa melihat bayi menggemaskan dari keluarga kaya yang tengah diculik oleh tiga kawanan penjahat. Mengetahui identitas orang tua sang bayi, para penjahat ini pun meminta tebusan cukup tinggi.

Jika bayi lainnya mungkin akan menangis merasakan adanya aura jahat di sekitarnya, jutsu Baby Bink dapat kabur dengan santai hingga berkeliling di penjuru kota. Selama perjalanan bayi mungil ini berjalan, para penonton akan disajikan dengan gemasnya aksinya. Dijamin film tayang saat natal ini akan membuat perutmu terkocok dari aksi tiga penjahat dan aksi bayi menggemaskan. 

Baca Juga: Rekomendasi Film Indonesia Yang Menghibur

3. The Polar Express 

The Polar Express digadang gadang sebagai Film tema natal terbaik di dunia yang wajib kamu tonton. Dalam ceritanya, penonton akan disajikan dengan kisah seorang anak lelaki yang sedikit berbeda dengan teman sebayanya. Pasalnya dirinya tidak mempercayai bahwa Santa Claus benar adanya dan menganggap Christmas hanyalah bualan semata.

Rasa tidak percaya kepada sosok Santa Claus berhasil membawanya ke sebuah dunia berbeda. Dirinya terbangun dalam sebuah kereta dengan tujuan menuju kutub utara, yang merupakan tempat Santa berada.  Walaupun pada awalnya anak kecil ini merasa bingung dengan apa yang terjadi, namun pemikirannya terhadap keberadaan Santa Claus berubah.

Perubahan pikiran tersebut telah terjadi sejak dirinya bertemu dengan yang selama ini dikenal luas sebagai santa. Selama berada di tempat tinggal sosok yang gemar memberikan hadiah ini, dirinya belajar banyak dari pengalamannya tersebut. Mulai dari jati diri Santa hingga bagaimana para peri bertugas menciptakan sebuah hadiah bagi anak anak.

Semua hadiah yang sudah siap dikemas cantik dalam balutan kertas warna warni kemudian diantarkan oleh rusa peliharaannya. Dari kisah tersebut, para penonton bisa merasakan persahabatan serta keindahan Natal yang selalu ditunggu setiap tahunnya. Agar lebih menarik, ajak teman satu kosan untuk menontonnya bersama sambil menunggu Christmas tiba. 

4. Jumanji 

Anak kelahiran 90an tentu tidak asing dengan keseruan film bertajuk Jumanji. Film yang menemani selama perayaan Christmas ini menceritakan petualangan dari sebuah permainan yang bisa hadir dalam kehidupan nyata. Para pemain hanya bisa menyelesaikan permainan apabila sudah berada di titik Jumanji saja.

Selama permainan berlangsung, para pemain akan menghadapi berbagai rintangan yang membuat jantung berdebar debar. Selama itu pula, mereka harus berhasil bertahan agar tidak ada satupun dari mereka yang tertinggal di dalam permainan tersebut selamanya. Film ini cocok bagi kamu yang ingin bernostalgia tentang masa kecil bersama dengan teman teman satu kosan. 

5. Elf

Film populer ini menceritakan kisah seorang peri asuhan Santa Claus bernama Buddy yang sedikit berbeda dengan teman temannya. Pasalnya dirinya lebih cocok disebut sebagai manusia dibandingkan peri karena ukuran tubuhnya bak manusia biasa. Merasa berbeda dengan teman temannya, dirinya akhirnya berusaha mengungkapkan siapa ayah kandungnya. 

6. Charlie and the Chocolate Factory 

film yang sering tayang saat natal

Cokelat menjadi tema yang diusung dalam film Charlie and the Chocolate Factory. (Foto: unsplash.com)

Ketika Christmas datang, tentu kamu tentu tidak asing dengan film Charlie and the Chocolate Factory yang biasa ditayangkan di televisi swasta Indonesia. Film barat satu ini menceritakan kisah seorang anak lelaki yang lahir di tengah keluarga Charlie yang serba kekurangan. Namun dirinya memiliki kesempatan emas untuk menjelajahi pabrik cokelat Willy Wonka. 

Perjalanan menyusuri setiap sudut pabrik membawa petualangan baru yang tidak akan terlupakan. Sesekali terdapat adegan konyol yang siap membuat perut terguncang. Di balik komedi dan keseruan jalan ceritanya, terdapat pesan moral yang bisa dijadikan sebagai tayangan edukasi terbaik bagi anak anak. 

7. Arthur Christmas 

Jika kamu ingin mencari tahu bagaimana kehidupan santa claus bersama dengan keluarga, maka film ini harus masuk dalam daftar tontonan selanjutnya. Dalam ceritanya, penonton akan disajikan keseruan keluarga santa dalam menyelesaikan misi tahunan untuk membagikan hadiah bagi anak di seluruh dunia dengan mengandalkan teknologi canggih. 

Penyajian jalan cerita berbeda dari biasanya, membuatnya mampu meraup perhatian masyarakat luas sejak pertama kali ditayangkan pada tahun 2001 lalu. Penonton tidak hanya terhibur dengan aksi keluarga santa semata, namun terdapat nilai persahabatan serta arti keluarga yang akan mengingatkan betapa pentingnya kepercayaan satu sama lain. 

8. Jingle All The Way

Saat Natal mulai dekat, tentunya kamu tidak boleh ketinggalan keseruan cerita sebuah film bertajuk Jingle All The Way. Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Arnold, yang tidak lain adalah seorang ayah workaholic super sibuk. Hal inilah yang membuatnya justru dibenci anak semata wayangnya sendiri. 

Arnold kemudian bertekad menebus semua kesalahan yang dilakukannya dengan cara memberikan kado natal spesial bagi anak kesayangannya tersebut. Kemudian sang anak menyebutkan bahwa dirinya sangat ingin kado berupa robot limited edition. Ternyata pemberian kado natal tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan.

Arnold  harus menghadapi berbagai rintangan mendebarkan demi mendapatkan kado yang tentu saja diperebutkan oleh ribuan para orang tua. Tentu saja rintangan tersebut harus dilaluinya agar tidak mengecewakan anak semata wayangnya tersebut. Perjuangan seorang ayah digambarkan dengan baik, wajar saja jika Jingle All The Way masuk dalam daftar nonton film edisi natal. 

9. A Christmas Carol 

A Christmas Carol merupakan salah satu film yang diangkat dari kisah dongeng terkenal dan berhasil menyita perhatian masyarakat luas. Disini kamu bisa mendapatkan  pesan moral dan makna mendalam mengenai makna perayaan Christmas serta kemanusiaan. Pada menit pertama, penonton akan disuguhkan dengan seorang lelaki tua bernama Carol.

Carol merupakan seseorang yang tidak menyukai natal, karena dirinya merasa hidup di dalam kesepian. Film natal ini akan membuatmu terharu hingga menangis, namun juga menjadi edukasi terbaik mengenai kehidupan. Selain ditonton sendiri, film ini juga menarik ditonton bersama dengan teman teman satu kosan. 

10. Rise of Guardians

Apakah kamu mengenal dengan seorang karakter tampan bernama Jack Frost ? Karakter primadona di film film anak saat natal ini masih menarik ditonton. Selama film diputar, kamu akan disajikan perjalanan Jack yang merupakan peri dalam tokoh dongeng yang akan membantu Santa Claus untuk menyelamatkan natal. 

Ketika pertama kali diperkenalkan, Jack tidak mengenal dirinya sendiri dan bagaimana dirinya bisa berubah menjadi arwah yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Rahasia terbesar tentang dirinya akhirnya terungkap saat Pitch Black memberikan mimpi buruk kepada anak anak. Apakah perjalanan Jack untuk menyelamatkan anak anak berhasil dilakukan ?

Baca Juga: Situs Streaming Legal Untuk Anak Kosan

11. Nightmare Before Christmas

film natal

The Nightmare Before Christmas merupakan salah satu film tema Natal favorit. (Foto: unsplash.com)

Kamu pasti tidak asing dengan karakter tengkorak bernama Jack Skellington yang ada di film animasi bertajuk Nightmare Before Christmas bukan ? Walaupun hingga kini masih belum diketahui jelas latar belakang pembuatannya, namun film animasi ini berhasil memberikan impact cukup kuat bagi dunia perfilman di dunia. 

Mulai dari jalan cerita, konsep yang diusung, hingga tema film yang tayang pada tahun 1993 ini masih menjadi tontonan menarik menjelang Christmas datang. Sejak awal film diputar, kamu akan diperkenalkan dengan sebuah karakter Jack Skellington bersama teman temannya yang memiliki keinginan untuk merayakan Christmas bak keluarga pada umumnya. 

Jack sendiri sebenarnya adalah primadona perayaan Halloweentown. Namun dari hatinya terdalam, dirinya merasa ingin mengetahui bagaimana rasanya menjalani hidup seperti Santa Claus yang dipenuhi warna. Berbagai cara dilakukan agar dirinya bisa merasakan sensasi kebahagiaan dan kehangatan perayaan Natal.

Jack bersama dengan teman temannya bahkan menjalankan  misi untuk menculik Santa Claus. Hal ini dilakukan agar mereka yang menggantikan tugas utama santa untuk membagikan hadiah bagi seluruh anak di dunia. Perjalanan dan aksi mereka tentu tidak berjalan mulus seperti yang dibayangkan.

Lewat film inilah penonton bisa merasakan nuansa khas Halloween bercampur padu dengan nuansa natal pada satu frame yang sama. Dari film ini pula penonton bisa merasakan gothic dan quirky bersatu indah tanpa mengurangi keindahan jalan ceritanya. Tidak heran jika banyak orang yang rekomendasi film bertema natal satu ini untuk ditonton bersama. 

Desember adalah akhir bulan yang sangat dinantikan setiap tahunnya. Walaupun udara terasa semakin dingin, namun hati setiap orang terasa hangat berkat kebersamaan selama perayaan Christmas dan menantikan tahun baru. Aktivitas sederhana seperti menonton film yang sering diputar di televisi saat Christmas tidak kalah seru dilakukan. 

Bingung mau nonton TV tapi gak ada di kosan? kamu bisa juga nonton film-film itu di layanan streaming film, Kalau kamu masih was-was kuota habis saat streaming film, kamu mungkin butuh kosan yang ada fasilitas wifi gratisnya, kamu bisa pilih salah satu kosan yang juga punya fasilitas wifi gratis dan fasilitas lengkap lainnya seperti KoolKost dari RedDoorz. Cara mencari KoolKost yang dekat dengan kampus kamu juga mudah lho!

Press Enter To Begin Your Search
×