Loading...

Jepang termasuk salah satu negara yang memproduksi berbagai film menarik ditonton sepanjang masa, dan tidak kalah keren dari film produksi Hollywood. Mulai dari animasi atau manga hingga film live action tidak luput dari perhatian para penggemarnya. Inilah beberapa rekomendasi film Jepang yang wajib ditonton bersama dengan teman satu kosan.

film jepang

Film Jepang bisa jadi salah satu opsi tontonan terbaik buat hiburan di kost. (Foto: freepik)

Rekomendasi Film Produksi Jepang Terbaik untuk Ditonton 

1. Taiyou No Uta 

Pecinta film Jepang romantis tentunya tidak asing dengan Taiyo No Uta atau Midnight Sun. Sebelum menontonnya, disarankan untuk menyiapkan tisu mengingat ceritanya yang begitu sedih dan mengharukan. Sejak pertama diputar, penonton sudah disuguhkan dengan pemeran utama bernama Kaoru yang diketahui mengidap penyakit XP (Xeroderma Pigmentosum).

Penyakit tersebut membuat Kaoru tetap berada di rumah selama matahari terbit, dan hanya bisa menikmati dunia luar jika matahari sudah terbenam. Apabila dirinya nekat keluar rumah saat matahari bersinar, hal ini akan membahayakan nyawanya. Hingga pada suatu malam, dirinya tidak sengaja bertemu dengan seorang pria bernama Kouji. 

Siapa sangka pertemuan mereka merupakan awal kisah yang tidak terlupakan. Kian hari pertemanan mereka semakin erat, terutama saat mengetahui bahwa keduanya memiliki ketertarikan dalam bidang tarik suara. Hingga suatu ketika, mereka menyadari bahwa saling jatuh cinta sejak acara bernyanyi bersama di sebuah stasiun terdekat. 

2. My Tomorrow, Your Yesterday

My Tomorrow, Your Yesterday adalah salah satu film Jepang romantis yang akan membuat air matamu tidak berhenti turun. Perlu kamu ketahui bahwa perjalanan waktu, merupakan kunci utama untuk memahami jalan cerita dari film satu ini. Sebab dua karakter utamanya ternyata berada dalam waktu berbeda, namun mereka memiliki kesempatan bertemu sekitar 5 tahun sekali. 

Pertemuan ini ternyata tidak berjalan baik seperti yang dibayangkan. Sebab di dalam setiap pertemuannya, mereka semakin menyadari bahwa kelak mereka tidak dapat bersama layaknya pasangan pada umumnya. Pada awalnya hal ini hanya disadari oleh karakter wanita saja, namun perlahan sang karakter utama pria menyadari perbedaan waktu mereka. 

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula

3. Kimi ni Todoke

Tertarik menonton kisah romantis khas anak sekolah Jepang ? Sepertinya film bertajuk Kimi Ni Todoke bisa menjadi referensi terbaik. Film ini mengisahkan tentang kisah cinta antara dua anak sekolahan dengan kepribadian berbeda. Pawa awal cerita, para penonton akan dikenalkan dengan karakter utama wanita yang cantik bernama Sawako. Hanya saja kecantikannya tertutupi oleh sifat pendiam dan rambutnya yang begitu panjang hingga menutupi wajahnya. Bahkan teman-temannya merasa ketakutan jika berada di dekatnya, karena mengingatkan mereka dengan sosok hantu dalam Film Ring. Sejak saat itu pula dirinya mendapatkan julukan sebagai Sadako.

Ada yang menyebarkan rumor bahwa mereka akan bertemu dengan sosok hantu tersebut apabila berani menatap mata Sawako selama 3 detik. Namun siapa sangka jika rumor tersebut perlahan sirna, ketika dirinya bertemu dengan Shota saat awal masuk sekolah menengah atas. Kamu bisa menyaksikan lanjutan cerita film Jepang sub Indo ini secara streaming.  

4. Tada Kimi Wo Aishiteru

Tada Kimi Wo Aishiteru menambah daftar film romantis dari Jepang yang wajib ditonton. Disini penonton akan disajikan dengan kisah percintaan cukup rumit namun mengharukan. Pasalnya Shizuru sang karakter utama wanita, diketahui memiliki penyakit aneh yang membuatnya terjebak dalam tubuh seorang anak kecil.

Kisah hidupnya perlahan berubah sejak bertemu dengan seorang pria bernama Makoto. Rasa cintanya kepada Makoto ternyata sebuah obat alami yang membuatnya tumbuh seperti wanita pada umumnya. Namun cukup disayangkan, karena sejak saat itu pula dirinya divonis bahwa umurnya di dunia sudah tidak lama lagi.  

5. The Liar and His Lover

Jika kamu bosan dengan kisah romansa biasa, sepertinya nonton film Jepang  bertajuk The Liar and His Lover adalah solusinya. Film ini mengisahkan seorang penulis lagu terkenal dengan seorang gadis sekolah biasa yang bercita cita sebagai penyanyi. Pada awalnya, sang karakter utama pria memutuskan hengkang dari grup band karena pemikiran idealisnya mengenai musik. Hingga pada suatu hari, dirinya bertemu dengan seorang gadis dengan potongan rambut jamur yang justru menjadi awal dari kisah keduanya.

Menyadari akan rasa cinta yang dirasakan, keduanya akhirnya memutuskan untuk menjadi sepasang kekasih. Sayangnya karakter utama pria tidak ingin identitasnya terbongkar. Sejak saat itu pula, dirinya menyamar sebagai seorang pria pengangguran yang tidak memiliki apapun untuk dibanggakan. Namun entah bagaimana, dirinya merasa adanya gairah bermusik kembali ketika mengetahui bahwa kekasihnya tersebut memiliki bakat bernyanyi luar biasa. Hingga pada akhirnya, kekasihnya mengetahui identitas aslinya sebagai penulis lagu berbakat. 

6. My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro merupakan salah satu karya Miyazaki yang cukup fenomenal. Sejak awal cerita film ini sudah memperlihatkan adegan seorang ayah dengan kedua putrinya yang tengah disibukkan proses pindahan ke daerah pedesaan. Cara ini dilakukan agar kedua putrinya lebih dekat dengan sang ibu yang tengah dirawat di rumah sakit terdekat. Namun tidak ada yang menyangka bahwa kepindahan mereka merupakan awal petualangan seru dan tidak akan pernah terlupa.

Dalam sebuah kesempatan, mereka bertemu dengan makhluk raksasa bernama Totoro, yang memiliki sifat bijak dan memiliki perangai menggemaskan. Dengan segala kekuatannya, Totoro beberapa kali menyelamatkan kedua anak kecil tersebut dan mengajarkan tentang kehidupan. 

7. Doraemon

film jepang

Film animasi kebanggaan anak 90-an masih sangat digemari hingga kini. (Foto: pixabay)

Pecinta serial anime tentu tidak asing dengan karakter utama bernama Doraemon. Robot kucing yang menggemaskan ini masih menjadi tontonan menarik dikala bosan. Robot canggih ini memiliki misi untuk menemani seorang anak bernama Nobita, yang kurang beruntung dari berbagai hal. Diharapkan kehadiran Doraemon dapat mengubah nasibnya menjadi lebih baik.  

Dalam menyelesaikan tugasnya, robot mungil ini akan mengeluarkan berbagai peralatan canggih dari masa depan. Doraemon bukan hanya dikenal sebagai robot penolong saja, namun dirinya sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga Nobita. Tidak jarang penonton dibuat tersentuh dengan kisah perjuangan mereka untuk mengubah nasib.

8. Ringu 

Ringu atau dikenal Ring termasuk salah satu film horor Jepang fenomenal yang berhasil melekat di dalam pikiran para penggemarnya. Bukan tanpa alasan, pasalnya film yang telah dirilis tahun 1998 lalu ini menyajikan ketegangan luar biasa terutama ketika sosok hantu mulai menghantui para karakter di dalam filmnya. 

Meski sosoknya hanya muncul sesekali, namun kemunculannya berhasil membawa perasaan takut hingga membekas meski sekian lama tidak menontonnya. Jika kamu termasuk orang penakut namun penasaran dengan jalan ceritanya, akan lebih baik mengajak teman satu kosan untuk menontonnya bersama. 

Sejak awal, penonton akan disajikan dengan kematian misterius seorang anak bersama dengan teman temannya. Disebutkan bahwa kematian mereka disebabkan oleh sebuah video misterius. Demi mengungkapkan kejadian janggal tersebut, Ryuji dan Reiko kemudian berusaha mencari penyebab kematian yang sebenarnya.  

Pencarian kebenaran kasus mengantarkan keduanya ke sebuah penginapan tua tidak terurus. Dari arah penginapan tersebut, mereka bisa merasakan adanya hawa keberadaan sosok hantu menakutkan yang diperkirakan ada di dalam sebuah video misterius. Dari sinilah perjalanan penuh ketegangan dimulai. 

9. Rurouni Kenshin Trilogy 

Rekomendasi film Jepang terbaik selanjutnya jatuh pada film bertajuk Rurouni Kenshin Trilogy. Film action yang diadaptasi dari sebuah kartun Jepang ini begitu dinantikan oleh para penggemarnya. Rurouni Kenshin menceritakan tentang perjalanan seorang pria yang membawa pedang dengan mata terbalik kemanapun dirinya pergi. 

Siapa sangka pria yang diketahui bernama Kenshin tersebut ternyata mantan seorang pembunuh legendaris. Ketenarannya sebagai pembunuh ternyata sudah lama dibuangnya. Kini dirinya hanya ingin mengembara dengan santai  hingga suatu saat bertemu dengan seorang wanita cantik yang membawa cerita baru dalam kehidupannya. 

Sejak saat bertemu dengan wanita itu pula, reputasi dirinya sebagai seorang pembantai atau batosai akhirnya menjadi sosok yang membantu rakyat untuk menumpaskan kejahatan. Selama film diputar, penonton bisa merasakan pertarungan sengit dengan aksi yang begitu memukau dan diselingi dengan kisah percintaan manis.

Baca Juga: Tips Liburan Murah Ke Jepang

10. Ultraman

Anak kelahiran tahun 90an tentu tidak asing dengan film superhero Jepang bernama Ultraman. Karakter superhero yang sangat disukai oleh anak anak ini sebenarnya sosok yang berasal dari luar angkasa dan memiliki kekuatan luar biasa. Kekuatan yang dimilikinya digunakan sebagai tameng membela sekaligus melindungi bumi. 

Hanya saja Ultramen tidak bisa berada terlalu lama di bumi, sehingga mereka harus kembali ke tempat asalnya sebelum tenaga habis total. Dalam waktu singkat tersebut, Ultraman berusaha keras untuk membantu warga bumi dari serangan monster jahat yang bisa menyerang kapan saja. Sebagai karakter superhero kuat, tidak heran jika Ultramen banyak digandrungi anak anak. 

11. Battle Royal 

Bagi pecinta film Jepang genre thriller, sepertinya menonton Battle Royal bisa menjadi aktivitas menarik. Film yang mengusung tema game ini mendapatkan sambutan hangat karena jalan ceritanya yang menarik dan membekas di pikiran. Film thriller ini mengisahkan segerombolan anak SMP yang sengaja diculik oleh Pemerintah. 

Segerombolan anak muda tersebut kemudian dibiarkan di sebuah pulau terpencil tanpa ada tanda kehidupan. Demi bertahan hidup, mereka mulai saling membunuh satu sama lain dan tidak memperdulikan aspek lainnya. Siapa sangka jika rencana jahat ini dilakukan demi mengontrol kenakalan remaja yang menjadi isu hangat di negara tersebut. 

12. Crow Zero 

film jepang

Ilustrasi film Jepang Crows Zero. (Foto: unsplash.com)

Siapa yang tidak mengenal film Jepang terbaik bernama Crow Zero? Film fenomenal ini tidak hanya populer di negara asalnya, namun juga hangat diperbincangkan di berbagai negara dan salah satunya Indonesia. Film ini mengangkat kisah kehidupan para remaja yang bersekolah di SMK Suzuran namun diwarnai dengan adegan action sebagai pemanisnya. 

Genji Takiya selaku karakter utama ingin membuktikan bahwa dirinya bisa membawa puncak kejayaan, apabila dirinya berhasil menguasai sekolah. Sejak saat itu pula, dirinya bertekad menghancurkan semua geng sekolahan demi mewujudkan impiannya. Perebutan kekuasaan ini penuh dengan pertarungan sengit dan berbagai gerakan action keren.

Meski jalan ceritanya lebih banyak mengandung unsur kekerasan, nyatanya banyak pesan moral yang bisa didapatkan di dalamnya. Film ini dihadirkan dengan 3 sekuel dengan cerita berbeda, namun ketiganya memiliki jalan cerita yang masih berkaitan satu sama lain. Untuk memahami jalan ceritanya, tentu saja kamu harus menontonnya dari sekuel secara berurutan. 

Menonton film asal negara sakura bersama dengan anak kost bisa menjadi alternatif untuk membunuh waktu sekaligus menghilangkan rasa bosan. Deretan film terbaik bisa dipilih sesuai selera, mulai dari yang romantis hingga film yang membuatmu berdebar hebat karena ketakutan. Nikmati jalan ceritanya dan dapatkan pesan tersirat di dalamnya. 

Itu dia rekomendasi film jepang yang bisa kamu tonton di kosan, Tapi kalau kamu nggak mau boros soal kuota, kamu bisa cari kosan yang menyediakan wifi gratis, seperti KoolKost dari RedDoorz yang punya fasilitas terbaik untuk kamu, karena selain kamu bisa dapat kamar tidur yang nyaman dengan ruangan ber-AC dan kamar mandi dalam, kamu juga bisa dapat akses wifi Gratis.

Yuk cari kosan dengan fasilitas terbaik dekat kampus kamu, menggunakan aplikasi RedDoorz.

Press Enter To Begin Your Search
×