Loading...

Selalu ada kali pertama untuk segalanya, termasuk merantau. Hidup seorang diri setelah bertahun-tahun berada di bawah atap yang sama dengan keluarga atau kerabat pastilah bukan perkara mudah, terutama jika perjalanan merantau kamu dimulai selepas meninggalkan bangku SMA. Di usia yang masih cukup belia, wajar banget kalau kemampuan kamu dalam bertahan hidup masih diragukan oleh orang-orang terdekat. Nggak heran kalau mereka akan mengusahakan yang terbaik agar kamu nggak perlu menemui hambatan berarti selama menjalani hidup di tempat asing.

Salah satu bentuk usaha tersebut terbukti ketika kamu sedang mencari tempat tinggal. Dalam konteks merantau, indekos adalah tempat tinggal sementara yang masih banyak dipilih. Berbeda dengan indekos di era orang tuamu muda dahulu yang terlampau sederhana, indekos saat ini sudah mengalami banyak perubahan, khususnya dari segi fasilitas. Sekilas, perkembangan ini terlihat menguntungkan. Akan tetapi, kamu perlu menyadari bahwa ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan seluruh fasilitas ini. Lalu, fasilitas apa saja yang sebaiknya kamu utamakan agar tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk membayar sewa kost? Simak jawaban dari RedDoorz berikut ini!

1. Kamar Mandi yang Bersih dan Nyaman

Setiap orang memiliki versinya sendiri dalam menggambarkan kamar mandi yang nyaman. Jika menurutmu shower dan air hangat adalah faktor penentu sebuah kamar mandi layak disebut nyaman atau tidak, standar demikian belum tentu berlaku juga untuk temanmu. Terlepas dari perbedaan preferensi itu, kamu dan temanmu pasti sepakat bahwa kost-kostan dengan kamar mandi bersih-lah yang paling sulit dilupakan. Maka dari itu, pastikan perabotan kamar mandi di dalamnya terawat dan membuatmu nyaman menggunakannya.

2. Sirkulasi Udara yang Baik

Dibanding fasilitas penting lainnya, tersedianya sirkulasi udara yang baik adalah yang paling sering dilupakan. Padahal, lama kelamaan buruknya sirkulasi udara dapat mengganggu kesehatan penghuninya. Tidak hanya itu, kamarmu juga akan menimbulkan bau tak sedap. Nggak mau dong kalau spot ternyamanmu malah berubah menjadi spot yang paling ingin kamu hindari?

Pilih kamar dengan jendela atau ventilasi. Nggak perlu besar kok! Asalkan kamu rajin membukanya setiap hari dan membiarkan udara masuk dari luar, itu udah lebih dari cukup. Selain terpasangnya jendela atau ventilasi, kamu perlu menyisihkan waktu untuk membersihkan kamar kost secara menyeluruh supaya nggak ada debu yang menumpuk. Kamu juga bisa merawat tanaman-tanaman kecil untuk menambah efek kesegaran.

3. Internet

Jaman sekarang, entah itu kegiatan akademik maupun non-akademik, udah nggak bisa dipisahkan sama internet. Kebayang nggak betapa sulitnya kalau tempat kost kamu sering bermasalah gara-gara wifi? Atau lebih parah lagi, biaya sewa kost kamu belum termasuk jaringan internet? Sehingga kamu perlu mengeluarkan biaya ekstra demi mendapatkan akses internet. Biar nggak repot di belakang, coba tanyakan langsung ke penghuni lamanya apakah fasilitas internet yang ada saat ini mendukung aktivitas mereka atau justru sebaliknya.

4. Dapur Umum

Selengkap apa pun fasilitas pribadi di dalam sebuah kamar kost, dapur adalah ruangan yang mau tidak mau harus bersedia kamu gunakan bersama penghuni lainnya. Selain untuk alasan keamanan, kamar kost juga memiliki ruang terbatas apabila harus menyimpan kulkas, kompor, dan galon air sekaligus. Memahami keadaan ini, kebanyakan pemilik indekos menyediakan dapur umum di mana kamu tak hanya bisa memasak, tetapi juga menempatkan alat makan, alat masak, bumbu dapur, dan bahan-bahan makanan lainnya, sehingga kamarmu terbebas dari kesan sumpek.

5. Jasa Laundry

“Ngapain pake jasa laundry? Aku bisa nyuci baju sendiri kok,” melihat usiamu yang segera memasuki masa dewasa muda, RedDoorz percaya akan kemampuan kamu mencuci dan menyetrika pakaian. Tapi kenapa harus melakukan keduanya sendiri jika kebanyakan rumah kost masa kini udah menyediakan jasa laundry? Biaya jasa laundry yang dikenakan pun bervariasi, tapi rata-rata berkisar antara Rp4 ribu hingga Rp6 ribu, tergantung apa yang ingin kamu cuci. Sprei, selimut, dan bed cover biasanya dikenakan harga lebih tinggi.

“Duh, ribet ya kalau harus menghitung pengeluaran untuk jasa laundry setiap bulannya,” jangan khawatir! Beberapa rumah kost udah menghitung biaya jasa laundry ke dalam harga sewamu setiap bulan. Ada yang membatasi jumlah cucian dengan memberi kuota, ada juga yang membebaskan alias unlimited! Perihal perbedaan aturan ini, kamu harus mengulik informasi lebih lanjut melalui pemilik atau penjaga kost biar lebih jelas.

Nah, itu tadi 5 fasilitas penting yang harus dipertimbangkan sebelum kamu sewa kost. Jadi, kamar kost mana yang paling memenuhi kriteria kost-kostan idamanmu?

Press Enter To Begin Your Search
×