Loading...

Indonesia memang memiliki keindahan yang tidak bisa dilewatkan. Begitu juga dengan kota Malang yang tak hanya memiliki pegunungan menawan tetapi juga punya pantai yang menawan. Menghabiskan liburan kuliah, untuk kamu yang kost Malang atau sekitarnya bisa mengunjungi deretan pantai di Malang berikut. Selengkapnya simak ulasannya.

pantai di malang terbaik

Pantai Teluk Asmara adalah salah satu pantai terbaik di Malang yang wajib dikunjungi. (Foto: unsplash.com/moto moto sc)

Pantai di Malang Terbaik yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Selok dan Pantai Banyu Meneng

Kamu yang sedang ingin liburan dengan mengunjungi pantai yang indah nan eksotis, pantai satu ini bisa dijadikan pilihan. Berkunjung ke Pantai Selok, kamu juga bisa sekalian bisa mengunjungi Pantai Banyu Meneng. Kedua lokasi ini memang memiliki tiket masuk yang langsung menjadi satu. Lokasinya berada di kawasan Pantai Kondang Merak.

Sekalipun berdekatan, kedua pantai ini tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Pantai Banyu Meneng, seperti namanya kamu bisa bersantai di atas perairannya. Ombaknya begitu tenang, sehingga kamu bisa snorkeling ataupun berenang. Di kawasan Banyu Meneng juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk berkemah.

Berjarak sekitar 100 meter, kamu bisa mengunjungi Pantai Selok yang memiliki karang karang yang kokoh. Gugusan karang ini begitu instagramable dan sangat cocok untuk jadi tempat kamu mengambil foto hits. Pasirnya yang halus menjadi begitu sempurna dengan birunya airnya. Ombak yang berada di Pantai Selok terbilang lebih besar seperti khas Laut Selatan lainnya.

2. Pantai Balekambang

Menjelajah wisata pantai di Malang bisa kamu lanjutkan dengan mengunjungi Pantai Balekambang.  Pantai satu ini menjadi salah satu pantai yang tidak lekang oleh zaman. Banyaknya pantai baru yang bermunculan, tetap tidak bisa meredupkan pesona yang dimiliki oleh Pantai Balekambang ini. Bahkan sebelum kamu melihat pantainya saja, pesona pantai ini sudah menguar.

Hamparan hutan hijau di sisi kanan kiri jalan akan memberikan kesejukan saat kamu akan tiba di pantai ini. Setelah tiba, kamu akan menemukan pantai jernih lengkap dengan batu batu karang yang menghiasinya. Pantai di Malang satu ini menawarkan banyak wahana menarik yang bisa dijajal oleh para pengunjung. Sehingga kamu tidak hanya bisa melihat keindahan panoramanya ataupun berfoto foto ria. Pantai satu ini memiliki pura dan jembatan yang menjadi ciri khasnya yang memang cantik untuk foto kekinian. Tapi jangan lewatkan, karena Balekambang juga termasuk dalam pantai di Malang dengan sunset terbaik.

Sembari menunggu senja datang, kamu bisa mencoba untuk meluncur dari ketinggian dengan wahana flying fox. Wahana satu ini umumnya ada saat hari libur saja, sehingga sebaiknya kamu datang ketika hari Minggu. Bersama teman teman kamu bisa datang di hari Sabtu dan camping hingga kemudian pulang di hari Minggunya.

3. Pantai Teluk Asmara 

Pantai di Malang yang Bagus ini bisa dikatakan merupakan pantai yang masih baru dibuka. Karena Teluk Asmara memang dibuka bertepatan saat proyek pembangunan jalan Lintas Selatan dibangun. Pantai satu ini akan membuat kamu enggan untuk pulang karena keindahan yang dimilikinya. 

Pantai satu ini tidak hanya memiliki pasir putih dan air yang jernih, tetapi juga dikelilingi dengan pantai pantai kecil yang menarik. Di sepanjang bibir pantai ada banyak pepohonan rindang yang akan membuat suasana pantai ini sejuk dan asri. Teluk Asmara juga memiliki ombak yang terbilang tenang, sehingga sangat cocok untuk melakukan snorkeling atau berenang.

Salah satu daya tarik yang tidak bisa kamu lewatkan adalah keindahan sunsetnya yang menawan. Bukan mengherankan jika Pantai Teluk Asmara menjadi rekomendasi pantai di Malang yang tak boleh dilewatkan. Kamu juga bisa menikmati pemandangan dari ketinggian dengan menaiki bukit di sekitarnya. Hamparan laut luas tanpa penghalang, sangat cocok untuk jadi spot foto kekinian.

4. Pantai Parang Dowo 

pantai terbaik di malang

Menyaksikan sunset di pantai. (Foto: unsplash.com/tincho prancho)

Wisata bahari di Malang masihlah  belum berakhir, kamu bisa mengunjungi Pantai Parang dowo yang menjadi salah satu pantai tersembunyi. Keindahan pantai ini benar benar akan membuat semua penat kamu hilang. Pantai ini memiliki deretan batu karang yang berderet dari bagian barat hingga menuju timur.

Pantai di Malang Selatan ini memiliki keunikan tersendiri yang mungkin tidak kamu temukan di pantai lain. Karena dari batu karang ini terbentuklah kolam alami yang mirip dengan jacuzzi. Dimana kolam ini akan terisi dengan air ketika sedang pasang. Membayangkan berendam di jacuzzi alami ini, sembari menikmati panorama sekitarnya yang cantik.

Kamu juga bisa menjelajah spot spot unik yang tak kalah menarik. Pantai Parang Dowo juga memiliki ombak yang kecil mengingat ada karang yang menahan gelombang di bibir pantai. Sehingga pantai satu ini aman untuk berenang atau bermain air. Menantikan sunset juga bukanlah ide yang buruk, mengingat pesona sunset di Parang Dowo juga begitu indah.

5. Pantai Ngliyep 

Pantai di Malang yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini tidak hanya memiliki pemandangan yang mempesona tetapi juga keunikan tersendiri. Terdapat pulau kecil dan juga Gunung Kambang yang bisa dijangkau dengan jembatan kayu. Pantai Ngliyep juga layak mendapatkan julukan sebagai pantai dengan sunrise terbaik di malang.

Sebenarnya bukan hanya sunrise, pantai ini juga memiliki pesona matahari tenggelam yang tak kalah dengan pantai lainnya. Di Pantai Ngliyep juga ada Bukit Cinta Kasih yang memiliki mitos, jika ada muda mudi yang datang akan menjadi sepasang kekasih. Pantai Ngliyep juga memiliki pasir putih lembut dan juga beberapa spot untuk hunting foto kekinian.

6. Pantai Tiga Warna 

Keindahan bahari di Malang juga bisa kamu nikmati melalui keindahan Pantai Tiga Warna. Pantai memukau ini tidak hanya memiliki pantai dengan warna yang berbeda, tetapi juga keindahan alam yang masih asri. Keindahan perairannya juga dikelilingi dengan bukit bukit hijau yang membuat perpaduannya begitu menawan siapapun yang datang.

Untuk tiba di Pantai ini, kamu memang harus menaklukkan medan yang tidak mudah. Perjalanan dengan mengandalkan kedua kaki harus kamu lakukan terlebih dahulu. Tetapi begitu tiba, semua lelah kamu akan terbayar dengan keindahannya. Berada di kawasan hutan lindung, Pantai Tiga Warna memiliki batasan pengunjung sehingga sebaiknya reservasi lebih dulu.

7. Teluk Bidadari dan Pantai Mbehi

Jika menyebutkan tentang pantai di Malang terbaik, pantai satu ini tidak boleh untuk dilewatkan. Bahkan pesona yang dimiliki pantai satu ini tidak kalah dengan pesona di Pulau Dewata. Pantai ini dapat dikatakan sebagai pantai yang tersembunyi, karena letaknya berada di balik hutan lindung. Perjalanan untuk menuju pantai ini juga tidaklah singkat.

Panorama yang kamu tangkap akan membuat semua lelah menguap. Yang membuat unik, Pantai Mbehi memiliki lubang yang mirip kawah. Dimana jika diterpa ombak besar akan menyembur dari lubang ini. Terdapat juga kolam alami yang terbentuk di antara batuan karang, membuat pengunjung bisa berenang atau hanya berendam di kolam alami ini.

8. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina masih berada di Lingkar Selatan yang juga bisa kamu jadikan tujuan liburan bahari kamu di Malang. Banyak yang mengatakan jika pantai ini angker, lantaran ada petapa Cina yang meninggal di Goa pantai ini. Tapi di balik cerita tersebut, pesona yang ditawarkan pantai ini tidak akan bisa ditawar oleh siapapun. Terutama para pecinta wisata bahari yang mempesona.

9. Pantai Kondang Buntung 

Pantai satu ini akan memberikan petualangan dan sensasi berbeda dari pantai lainnya. Kamu akan disuguhkan dengan banyak tumbuhan hijau yang seperti hutan Amazon. Untuk bisa sampai, kamu bisa menyusurinya dengan kano. Tak perlu membayar mahal, kamu sudah bisa merasakan bagaimana menjelajah pantai di antara hutan mangrove ini.

10. Pantai Watu Leter 

Melanjutkan perjalanan bahari kamu, kamu bisa mengunjungi salah satu wisata pantai di Malang yaitu Pantai Watu Leter. Pantai satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menjauh sebentar dari keramaian. Pantai yang asri ini memang begitu tenang dan sangat layak untuk membuang segala penat yang berada di pundak.

Sekilas pantai ini memang mirip dengan pantai Goa Cina, tetapi jauh lebih tenang. Pantai ini bersembunyi di balik hutan bakau, yang membuat kamu harus trekking lebih dahulu. Tetapi gelombang lautnya yang bersahabat, pasir putihnya dan jernihnya air akan jadi obat lelah mujarab.Pantai ini juga menjadi konservasi penyu yang membuat kamu bisa bertemu dengan makhluk lucu ini.

12. Pantai Licin

Berbeda dengan pantai di Malang lainnya yang memiliki pasir putih kecoklatan, Pantai Licin justru pantai dengan pasir hitam.Tenang saja, warna hitam pasirnya justru membuat pantai ini begitu eksotis dan menawan. Lembutnya pasir yang menyentuh kaki ini didapatkan dari letusan gunung Semeru. Layaknya namanya, pantai ini memang licin karena banyak lumut.

13. Pantai Wedi Awu

pantai di malang

Pantai di Malang cocok untuk olahraga air. (Foto ilustrasi: unsplash.com/vladimir kudinov)

Ingin menjajal mengendarai ombak? Jika iya datang saja ke Pantai Wedi Awu. Pantai satu ini memiliki ombak dengan tinggi sekitar 3 meter yang sangat cocok untuk olahraga selancar. Memang pantai ini belum banyak diketahui, sehingga masih menjadi pantai yang asri dan tenang. Menariknya di Pantai ini kamu juga bisa menjajal surfing pada malam hari.

Perlu kamu tahu, di Indonesia hanya ada pantai di Bali dan Pantai Wedi Awu yang bisa dijadikan lokasi surfing malam hari. Bukan hanya ombaknya yang besar, pantai ini juga memiliki garis pantai panjang dengan pasir halus yang kecoklatan. Kamu yang tidak ingin selancar juga bisa bersantai di pinggir pantai.

Baca Juga:  13 Tempat Wisata di Malang yang Bikin Mood Bagus

14. Pantai Gatra

Pantai satu ini mendapatkan julukan sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur. Yang membuat pantai ini makin menawan, pantai ini bebas sampah karena saat masuk semua barang kamu akan didata.Gugusan pulau karang layaknya Raja Ampat berpadu dengan jernih air dan lembutnya pasirnya. Di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai hal yang mengasyikkan.

15. Pantai Sendiki

Menjadi penutup perjalanan bahari kamu, Sendiki adalah nama pantai di Malang yang bisa kamu kunjungi. Garis pantai panjang lengkap dengan pasir halus yang kecoklatan. Rimbun pepohonan membuat suasana asri dan tenang semakin terasa. Kamu memang tidak bisa berenang karena ombaknya besar, tetapi keindahan dari Pantai Sendiki sayang untuk dilewatkan.

Sebenarnya masih ada banyak pantai di daerah Malang yang bisa kamu kunjungi. Baik yang sudah populer atau tersembunyi, kawasan bahari Malang memang sayang dilewatkan. Airnya yang jernih, pasir putih lembut dan suasananya menjadikan liburan kamu makin berkesan. Jadi sudah tahu pantai mana yang akan dikunjungi lebih dulu?

Itu dia ulasan rekomendasi pantai di Malang, kalau rekomendasi kosan di Malang, kamu juga bisa dapatkan melalui Aplikasi RedDoorz, caranya mudah, buka aplikasi RedDoorz lalu pilih Kost Houses dan pada bagian search KoolKost masukkan kampus tempat kamu kuliah, atau langsung menuliskan kota malang, Dari situ setelah di search akan muncul list kosan di Kota malang terdekat dengan kampus yang kamu inginkan.

Press Enter To Begin Your Search
×