Loading...

Anak kost identik dengan mahasiswa yang menuntut ilmu di luar kota, lalu tinggal di sebuah tempat hunian kost. Meskipun tidak sedikit juga anak kost yang rumahnya asal satu daerah, namun karena alasan jarak menuju kampus cukup jauh dan memakan waktu, tinggal di kost adalah solusi terbaik. Tetapi kost juga bisa dibutuhkan oleh orang yang sudah bekerja dan belum memiliki rumah. Buat yang merantau, kali ini kita akan bicara mengenai anak kost asal Jawa Barat dan makanan khas Sunda yang bakal dikangenin kalau lagi pulang kampung. 

makanan khas sunda

Makanan Sunda Nggak Lengkap Tanpa Sambel Ulek (Source:pexels.com)

Makanan asli Sunda memang enak-enak. Terutama bagi mereka yang berasal dari Jawa Barat. Tetapi tidak perlu khawatir karena kuliner khas sunda bisa ditemukan di luar daerah. Yuk kita susuri 15 makanan khas Sunda yang dikangenin anak kost asal Jawa Barat. 

Makanan Khas Sunda

1. Nasi Timbel

Bagi kamu yang berasal dari Jawa Barat, pasti deh mengenal makanan khas Jawa Barat yang bernama nasi Timbel. Makanan ini sudah cukup populer di Indonesia dan ditemukan di hampir seluruh pelosok tanah air bahkan di luar Pulau Jawa. Rasanya sangat khas dan unik. Di daerah asal, terdapat banyak versi nasi timbel. Ciri khasnya adalah nasi dibungkus di dalam daun pisang. Di dalamnya terdapat aneka lauk, seperti pepes ikan, kemudian daging empal atau babat goreng, ayam goreng, ikan asin, dan yang tidak ketinggalan adalah sambal beserta lalapan. Beras yang lazim digunakan untuk nasi timbel adalah beras merah. 

2. Karedok

Karedok adalah makanan asli sunda yang enak dan sudah cukup terkenal. Siapa sih yang tidak mengenal karedok. Di daerah Jakarta makanan ini juga digemari dan banyak dijual. Tidak sedikit yang menyangka bahwa karedok merupakan sajian khas Betawi. Padahal yang benar adalah masakan ini makanan tradisional Sunda. 
Bagi orang Jawa Tengah, karedok dapat diidentikkan dengan gado-gado. Makanan khas Sunda ini dikemas dalam aneka warna sayuran mentah yang diiris kecil-kecil kemudian diberi kuah sambal yang berbumbu kacang dalam rebusan santan. Dengan diberi kerupuk atau emping, karedok akan semakin istimewa. Karedok disukai dengan cita rasa pedasnya yang sedang. Karena kaum Jawa Barat cenderung kurang suka pedas yang menyengat. 

3. Nasi Liwet 

Makanan asli Sunda yang pasti bikin kangen anak kost asal Jawa Barat adalah nasi liwet. Mendengar nama nasi liwet, pasti kamu mengira berasal dari Jawa Tengah khususnya Solo. Ya, Solo juga memang memiliki makanan khas nasi liwet. Bedanya nasi liwet Solo dimasak menggunakan santan sehingga rasanya gurih. 
Adapun nasi liwet sunda ditanak tanpa, santan. Meskipun tanpa, santan, nasi liwet Sunda juga gurih karena diberi bumbu rempah. Bumbu yang digunakan antara lain bawang merah dan bawang putih, daun kemangi, serai, daun salam,  cabai rawit dan jambal roti. Adapun pelengkap nasi liwet bisa sayur asem,  gorengan seperti ayam, tempe, ikan dan tidak lupa, sambal. Ikan asin juga, menjadi ciri lauk nasi liwet.  

4. Sayur Asem 

Masakan berasa asam ini sudah dikenal seantero nusantara, sehingga tidak diketahui asalnya. Bahkan tidak sedikit yang mengira makanan asli Sunda yang enak ini adalah khas Betawi. Ya, memang ada sayur asem Jakarta. Tetapi asal masakan ini sebenarnya dari Jawa Barat. Ciri khas masakan Jawa Barat adalah kaya, akan sayuran. 
Demikian juga dengan sayur asem. Isi masakan berupa aneka sayuran berwarna hijau seperti jipang, kacang panjang,  nangka muda cincang, kacang tanah dan sering diberi irisan jagung. Ciri khas masakan ini sebagaimana namanya adalah berasa asam. Rasa asam diciptakan dari tomat sayur, asam dan belimbing wuluh yang dipakai sebagai bumbu. Nikmat disajikan dengan sambal dan ikan asin. 

5. Pepes

Ingat pepes langsung kebayang pepes ikan yang lezat. Pepes atau pais merupakan makanan tradisional Sunda. Pepes sendiri merujuk pada teknik memasak yang dibungkus dengan daun pisang setelah itu dikukus atau dibakar, atau bisa gabungan keduanya, yaitu dikukus kemudian dibakar. 
Pepes bisa terbuat dari banyak bahan. Ada pepes ikan, pepes tahu,  pepes ikan asin,  pepes tempe, pepes ayam dan masih banyak lagi. Selain ikan,  pepes biasanya dibuat dengan melumatkan bahan kemudian dibumbui rempah, bawang putih dan bawang merah serta irisan cabe dilengkapi daun kemangi. Beberapa jenis pepes dibumbui dengan parutan kelapa muda. 

6. Tumis Genjer Oncom

Makanan khas Jawa Barat yang juga bikin kangen adalah tumis genjer oncom. Makanan Khas Sunda ini memang diolah menggunakan daun genjer dan oncom. Di setiap warung Sunda pasti tersedia masakan ini. Rasa oncom yang khas menjadi ciri dari masakan tradisional Sunda ini. 
Masakan ini sangat sehat karena genjer sendiri memiliki kandungan serat yang tinggi. Untuk cita rasa masakan ini lebih ke arah manis karena daun genjer mempunyai kecenderungan berasa manis. Tumis genjer oncom biasanya dihidangkan dengan ikan asin,  pepes, tempe goreng, daging empal, dan juga ayam goreng. 

7. Empal Gepuk

Siapa sangka empal gepuk merupakan kuliner khas Sunda. Empal gepuk tersedia di banyak warung. Bahan utama adalah daging sapi yang diiris, tanpa lemak dan otot kemudian diolah menggunakan aneka rempah sehingga rasanya gurih. Disebut gepuk karena pada proses pembuatan, setelah digoreng, daging digepuk hingga agak pipih dengan tujuan mempermudah ketika disantap. Karena daging sapi goreng cenderung alir dan keras. 
Empal gepuk biasanya ditaburi dengan bawang goreng sehingga melengkapi rasa gurih yang dimiliki. Empal gepuk cocok disajikan bersama dengan soto atau sop, tetapi tidak sedikit yang menikmati empal gepuk hanya dengan nasi, sambal, dan lalapan saja.  

8. Soto Bandung

Kuliner khas Sunda berikutnya adalah soto Bandung. Sebagaimana namanya,  makanan khas sunda ini memang berasal dari Bandung. Soto Bandung sangat cocok disajikan pagi hari bersama dengan empal gepuk. Ciri khas dari soto Bandung adalah bahan yang mendominasi,  yaitu tetelan daging sapi. Tetelan dipadu dengan kuah rempah menghasilkan cita rasa gurih yang menggoyang lidah. 

Soto Bandung yang lezat memang menjadi salah satu kuliner nusantara yang diburu. Pada umumnya, soto Bandung dihidangkan pada mangkuk berukuran sedang dengan diberi taburan bawang goreng, seledri dan loncang cincang serta kacang kedelai goreng. Sambal serta perasan air jeruk nipis akan melengkapi rasa nikmat soto Bandung. Untuk kamu yang kost di Bandung pasti mudah banget dapetin makanan yang satu ini.

9. Soto Mie

Selain soto Bandung, kuliner nusantara asal Jawa Barat yang juga populer adalah soto mie. Soto khas Jawa Barat ini memang sangat lezat. Pasti akan membuat kangen siapapun yang pernah mencicipi soto yang dilengkapi dengan mie ini. 

Di dalamnya biasanya berisi irisan kentang atau lobak, irisan daging sapi, wortel dan beberapa sayuran. Disajikan panas bersama dengan daging empal gepuk juga, sangat nikmat. Adapun mie yang digunakan adalah mie kuning. 

Penyajian dilengkapi dengan taburan bawang goreng, irisan daun seledri dan daun bawang. Beberapa warung menyediakan irisan usus goreng yang ditaburkan seperti bawang goreng. Sambal dan air perasan jeruk nipis akan melengkapi nikmatnya hidangan ini. 

10. Mie Kocok 

Sebagaimana namanya, makanan khas Sunda ini memang dibuat dengan cara dikocok kemudian dicelupkan ke dalam air panas guna memproses pemasakan atau pematangan mie. Mie kocok sangat populer di area Sunda. Memang mie kocok tidak terlalu banyak ditemukan di luar Sunda atau Jawa Barat. 
Tetapi bagi mahasiswa asal Jawa Barat yang kost di luar kota pasti akan sangat rindu masakan ini. Mie kocok biasanya dinikmati bersama dengan tauge rebus, irisan kaki sapi atau kikil, taburan daun seledri dan bawang goreng serta tidak sedikit yang menyukai bakso untuk dicampurkan ke dalam kuah mie kocok. Sambal dan air perasan jeruk nipis tidak lupa menjadi pelengkap. 

11. Nasi Tutug Oncom 

Nasi tutug oncom adalah makanan tradisional Sunda yang rasanya sangat menggigit. Kalau orang Sunda sendiri menyebut sebagai sangu tutug oncom. Tidak sedikit yang menyingkat makanan ini menjadi TO. Nasi tutug oncom dibuat dengan cara mencampur nasi dengan oncom yang digoreng atau dibakar dan kemudian ditumbuk bersama. 
Di wilayah selain Sunda seperti Jakarta, masakan ini juga digemari dan sering dianggap sebagai makanan khas daerah di Betawi. Rasanya yang khas membuat orang tidak ingin berhenti mengecap hidangan khas ini. Daerah asal nasi tutug oncom adalah Tasikmalaya. Nasi ini paling enak dinikmati dalam keadaan masih hangat kemudian dilengkapi dengan lauk seperti ayam goreng atau tempe goreng, sambal terasi dan lalapan. 

12. Lotek Bandung

makanan khas sunda

Lotek makanan Khas bandung (Source: Pexels.com)

Lotek banyak terdapat di seluruh area Pulau Jawa. Tentu saja setiap daerah memiliki ciri khas, masing-masing. Nah ciri khas lotek Bandung adalah bumbu kacang yang digunakan untuk menyiram sayuran adalah bumbu kacang yang dicampur dengan kentang rebus yang ditumbuk. Rasanya gurih dan sangat menggigit. 
Lotek bandung enak dinikmati sebagai makanan sayur tanpa lontong atau bisa pula disajikan dengan lontong. Sayuran rebus yang dipakai biasanya bayam, kacang panjang, dan tauge. 

13. Bakakak Hayam

Satu lagi kuliner khas Sunda yang sangat unik dan tidak banyak dijumpai di daerah lain, yaitu bakakak hayam. Masakan ini dibuat dari ayam utuh yang diberi bumbu khas Sunda, kemudian dipanggang. 
Ayam panggang lezat ini biasanya dimakan bersama-sama, tanpa harus diiris terlebih dahulu. Yang mau makan tinggal mengambil dengan menyuwir kemudian memasukkan ke dalam piring. Ayam ini sering disajikan di perhelatan. Disajikan bersama sambal merah dan sambal hijau. 

14. Empal Gentong

Siapa sangka kuliner nusantara yang banyak disajikan di perhelatan ini adalah makanan khas Jawa Barat. Ya, empal gentong berasal dari Cirebon. Sebenarnya masakan ini berupa soto,  dimasak menggunakan gentong. Kuahnya berupa santan berbumbu rempah berwarna agak kekuningan. 
Daging yang dicampurkan berupa empal yang diiris-iris. Soto cocok disajikan bersama dengan lontong, irisan seledri, bawang merah goreng tabur, sambal, kecap dan air perasan jeruk nipis. Terkadang ditambahkan emping untuk melengkapi. 

15. Laksa Bogor

Makanan khas sunda yang terakhir adalah laksa Bogor. Laksa terbuat dari kuah kaldu,  sebagaimana laksa pada umumnya. Biasanya dilengkapi dengan irisan  rebus atau ayam suwir,  taoge dan dimakan bersama dengan lontong atau nasi. Taburan bawang goreng,  sambal dan  perasan jeruk nipis tidak lupa menemani kelezatannya. kalau kamu sedang wisata di Bogor mungkin bisa menyempatkan diri makan Laksa Bogor yang lezat.

Demikian 15 hidangan kuliner nusantara yang pasti bikin kangen kamu yang kost dan berasal dari Jawa Barat. Oia untuk cari kost di daerah Jawa Barat seperti Bandung, Bogor, Depok, dan yang lainnya, kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz lho!

Dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz kamu bisa cari kost dengan mudah, modal smartphone yang terhubung dengan internet. Misal kamu pengen cari kost di Bandung, kamu bisa cari menggunakan fitur pencarian berdasarkan nama Kota atau nama kampus kamu. Setelah itu akan ada list RedDoorz Kost di Bandung yang terdekat dengan kampus kamu. Yuk Download Aplikasi RedDoorz di Google Play dan juga Apps store sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×