Loading...

Buat sebagian orang, merantau merupakan sebuah keputusan besar di mana dalam proses kesepakatannya harus melalui banyak pertimbangan. Terlebih jika keputusan itu dibuat oleh kamu yang baru menyelesaikan SMA dan hendak melanjutkan pendidikan ke universitas impian di luar kota. Segala sesuatu terkait kebutuhanmu selama berada di daerah perantauan tentunya harus ditinjau baik-baik agar kamu nggak menemukan kendala saat berada jauh dari keluarga, terutama soal tempat tinggal.

Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi, kebanyakan mahasiswa rantau memilih menyewa sebuah kamar kost. Walaupun sekarang sudah banyak alternatif lainnya, seperti apartemen atau rumah kontrakan, namun sampai saat ini kost-kostan masih menjamur di kawasan pendidikan seiring dengan masih tingginya jumlah peminat. Dari sekian banyak info kost yang bakal kamu dengar, kamu harus paham lebih dulu bagaimana memilih kost yang sesuai dengan kriteria. Begini caranya!

1. Tentukan Fasilitas yang Diinginkan

info kost

Kalau selama ini kamu mengira bahwa semua anak kostan harus rela berbagi kamar mandi dengan penghuni lainnya, kamu salah! Seperti yang udah RedDoorz bocorkan sebelumnya, kamu bakal berbagai tipe kostan. Tipe kost dengan kamar mandi umum seperti yang RedDoorz sebutkan pun masih banyak diincar. Akan tetapi, jika tipe kostan tersebut kurang membuatmu nyaman, deretan tipe kost lainnya siap menjadi pilihan.

Faktor kenyamanan ini menjadi alasan kenapa mengidentifikasi fasilitas yang kamu butuhkan dan harapkan untuk kamar kost kamu nantinya itu penting. Kalau kamu suka memasak, kamu bisa memprioritaskan dapur umum yang menyediakan alat-alat memasak lengkap ketimbang kostan yang memfasilitasi pendingin ruangan. Atau kamu bisa menomor satukan area parkir yang luas kalau berencana membawa kendaraan pribadi. Terkait hal ini, ajak diskusi keluargamu atau teman-temanmu yang udah lebih dulu menyelami kehidupan sebagai anak kost. 

2. Sesuaikan Harga Sewa Kostan dengan Budget

info kost

Pernah mendengar pepatah, “ada harga, ada barang”? Yup, pepatah ini juga berlaku dalam bisnis kost-kostan. Mengimpikan sebuah indekos dengan segudang fasilitas tentu nggak ada salahnya, tetapi kamu juga harus tahu bahwa fasilitas-fasilitas itu juga memengaruhi harga sewa. Jangan sampai kamu terbuai dengan indekos iming-iming fasilitas lengkap tanpa menyadari harga sewa yang udah melampaui budget.

Bicara soal harga sewa, beberapa indekos masih membebankan biaya tambahan terhadap sejumlah fasilitas, seperti listrik, laundry, wifi, dan parkir. Pastikan apakah biaya sewa yang disepakati sudah termasuk fasilitas-fasilitas tersebut atau belum. 

3. Pelajari Aturan Kostan

info kost

Siapa yang suka mengajak teman-temannya menginap di rumah? Setelah menjadi anak kost, kebiasaan ini belum tentu bisa kamu pertahankan akibat terbentur peraturan dari kost. Bukan nggak mungkin kalau masih ada kebiasaan-kebiasaan lainnya yang harus kamu tinggalkan karena alasan serupa. Oleh karena itu, sebelum memutuskan indekos mana yang kamu pilih, kamu wajib mengulik peraturan yang diterapkan. Sekiranya kamu merasa tidak mampu menaatinya, RedDoorz menyarankan kamu untuk beralih ke indekos lain daripada harus mengorbankan kenyamanan penghuni lain. Setuju?

4. Lokasi Kost

info kost

Di samping urusan akademik, sebagai mahasiswa kamu pasti pengen dong nongkrong sama teman-teman di kafe atau sekadar makan siang bersama di warung makan? Nah, kamu juga perlu nih mempertimbangkan aksesibilitas indekos dengan tempat-tempat makan atau setidaknya jalan besar. Kost-kostan yang terletak jauh dari jalan besar, biasanya bukan cuma tempat makan aja yang sulit dijangkau, tapi minimarket, ATM, atau apotek yang berpotensi kamu butuhkan di luar jam sibuk juga jarang ditemukan.

Jarak kost dengan kampus mungkin nggak akan menjadi masalah bagi kamu yang memang membawa kendaraan pribadi. Lain ceritanya jika kamu masih mengandalkan transportasi umum. Memang sih, indekos yang jaraknya relatif lebih jauh dari kampus biasanya memiliki harga sewa lebih rendah. Tapi, kamu juga nggak mau kan terlambat ke kelas karena macet atau angkot yang ‘ngetem’ terlalu lama?

Daripada hal itu kejadian beneran, lebih baik cegah dari sekarang dengan menyewa kamar kost yang dekat dari kampus. Bingung mulai pencarian darimana? Mulai dari aplikasi RedDoorz pastinya! Nggak percaya sama keahlian RedDoorz menyediakan beragam pilihan kostan? Mendingan langsung ikuti langkah-langkah berikut ini dan buktiin sendiri deh!

  • Buka aplikasi RedDoorz
  • Pilih tab “KoolKost” di bagian atas
  • Masukkan nama kota atau universitas agar hasil rekomendasi hotel yang kamu dapatkan semakin dekat dengan kampus
  • Tentukan durasi ngekost dengan memasukkan tanggal check-in dan check-out
  • Masukkan jumlah tamu dan kamar yang kamu butuhkan jika perlu
  • Klik “search”

Gimana? Udah menemukan kost yang cocok? Atau masih penasaran sama bentuk aslinya? Nggak perlu khawatir! Atur waktumu sendiri untuk bertemu langsung dengan pemilik atau pengurus kostan. Semuanya bisa diselesaikan cuma dalam satu aplikasi lho!

Treasure: TH1AYDZAANRAC

Itu tadi beberapa info kost dari RedDoorz yang memudahkan kamu mencari kamar kost terbaik. Jadi, kost mana nih yang bakal jadi rumah baru kamu?

 

 

Press Enter To Begin Your Search
×