Loading...

Perkembangan teknologi smartphone bawa berbagai macam kemungkinan besar dari segi fitur hingga aplikasi. Dari sekian banyak aplikasi dan inovasi yang dimiliki, kehadiran game untuk smartphone semakin banyak digandrungi oleh hampir semua kalangan. Salah satunya yang terus naik daun adalah Fortnite Mobile dengan mode Battle Royalenya. Buat kamu yang cari permainan asyik untuk main bareng, yuk coba game yang satu ini. 

game fortnite mobile

Photo by Joshua Hoehne on Unsplash

Penjelasan Singkat Tentang Permainan Fortnite Versi Mobile

Setelah sukses dengan versi PC, Nintendo Switch, Macs, bahkan Iphone, Epic Game selaku developer akhirnya mengeluarkan versi mobile di tahun 2018. Tepatnya pada tanggal 12 Agustus, versi baru ini menjadi harapan bagi para pengguna android yang ingin merasakan peperangan battle royale. Sayangnya, di awal rilisnya main Fortnite mobile dipenuhi dengan kendala yang cukup banyak. Mulai dari kehadiran bugs dan juga perangkat yang terbatas. Namun dengan seiring berjalannya waktu, sudah cukup banyak improvisasi yang dilakukan oleh developer game besar ini. Bahkan tidak tanggung tanggung beberapa smartphone kekinian pun didesain khusus untuk digunakan bermain game. Karena itulah, rating dan juga jumlah download yang dimiliki Fortnite pun kian bertambah. Tidak hanya itu, guna membuat para pemain setianya senang, Epic Game juga hadirkan beberapa mode permainan. 

Seperti permainan battle royale solo, duo, atau squad, yang memberikan opsi untuk kamu yang ingin bermain bareng bersama teman. Di luar mode permainan tersebut, tampaknya Fortnite untuk android atau mobile masih kerap perkenalkan style permainan baru. Seperti contohnya adalah 50 vs 50 mode dimana kamu harus melawan semua musuh dan menjadi orang terakhir yang bertahan. Bahkan ada juga mode permainan seperti sniper only. 

Baca juga: Rekomendasi Game Android Terbaik

Cara Bermain Seru Bareng Teman 

main game fortnite mobile bareng teman kost

1. Kontrol Permainan

Sudah jelas sekali kalau kamu perlu memahami kontrol permainan game ini. Apalagi jika kamu masih awam soal permainan Third Person Action game seperti Fortnite. Terlebih lagi, kontrol smartphone jelas sekali akan sangat berbeda dengan komputer atau console. Bahkan tidak sedikit pemain veteran yang harus belajar ulang untuk beradaptasi dengan layar sentuh smartphone. Ada dua mode kontrol yang masih sama dengan versi lainnya. 

Mode itu adalah Combat dan Build mode. Cara main Fortnite mobile dalam combat mode berkaitan dengan tampilan virtual joystick di sebelah kiri layar ponsel. Joy stick ini digunakan untuk menggerakkan karakter. Pada sisi kanannya, terdapat kontrol untuk gerakkan kamera atau bidik sasaran. Ada pula tombol jenis menembak dan juga beberapa gerakan, seperti jongkok dan melompat. Di bagian tengah ada slot yang berisi semua pilihan senjata yang dimiliki. 

Di atasnya terdapat tombol kecil yang digunakan untuk mengisi ulang senjata. Kemudian di sebelah kiri slot senjata terdapat ikon berbentuk tas untuk akses inventori. Sedangkan di sebelah kanan terdapat tombol dengan gambar alat bangunan untuk masuk ke Build mode. Di dalam Build mode, kamu bisa bangun objek dengan berbagai material. Kamu tinggal klik bahan kayu, metal atau batu untuk membangun struktur bangunan. 

Setelah memilih material tersebut, akan muncul berbagai macam jenis struktur bangunan. Dalam hal ini, Fortnite mobile berusaha berikan tampilan yang sederhana dan tidak memenuhi layar. Setelah memilih, kamu bisa atur letak dengan menggerakkan kamera atau memutar struktur dengan tombol rotate yang muncul di sebelah kanan. Kemudian, kamu bisa letakkan dan buat struktur itu dengan tombol place. 

2. Membangun Benteng Tangguh Dengan Crafting

Salah satu daya tarik dan keunikan dari Fortnite adalah adanya fitur build mode. Dalam hal ini, struktur bangunan yang digunakan bisa dijadikan penghalang gempuran musuh. Karena itu, kamu wajib mengerti dan kuasai mode ini. Pada dasarnya kamu juga harus belajar tentang sistem crafting yang ada di game. Sistem ini sangat vital dalam build mode dan juga untuk berhasil mendapatkan victory royale atau memenangkan permainan.

Sistem ini berkaitan erat dalam metode gathering atau pengumpulan material. Kamu diharuskan untuk hancurkan barang seperti pohon, tiang listrik, bahkan mobil untuk kumpulkan bahan membangun struktur. Bisa dikatakan kecepatan membangun struktur bangunan akan membantu menentukan peluang untuk bertahan menghindari serangan lawan. Atau bahkan untuk melakukan gempuran keras pada lawan di tanah lapang. 

3. Gunakan Map Dengan Baik 

Cara bermain Fortnite mobile penting lainnya adalah perhatikan map. Kerap kali akan muncul indikator kecil yang memiliki arti tertentu, seperti ikon peti yang menandakan adanya kotak harta karun. Bahkan, kamu juga bisa tahu dimana lokasi suatu pertarungan sedang berlangsung dari map. Biasanya, baku tembak ini ditandai dengan indikator berbentuk Api. Tidak hanya itu, perhatikan lokasimu dan lingkaran. Pastikan kamu ada di dalamnya agar tidak mati. 

4. Pasang Telinga Dengan Tajam 

Saat bermain dengan teman kosan atau dengan orang banyak, pastikan perhatikan suara yang muncul. Jika perlu gunakan headset atau earphone agar bisa deteksi kegiatan di sekitar karakter. Kemampuan mendengar ini kerap jadi hal vital untuk bertahan dan hindari serangan lawan. Jika kamu bisa mendengar dengan baik, maka kamu akan dengan mudah mengerti dimana lokasi dan juga arah lawan berada.

5. Gunakan Fitur Autorun Agar Permainan Lebih Mudah 

Sayangnya, tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam memainkan Fortnite versi mobile yang satu ini. Selain pergerakan dan juga kontrol yang terbatas, pemain pemula hingga veteran kerap mengalami masalah dalam pergerakannya. Apalagi jika membutuhkan koordinasi atau gerakan bersamaan. Seperti melompat menghindari musuh sambil membangun dalam build mode. Karena itu main Fortnite mobile di pc bisa jadi solusi yang lebih baik.  

Namun untungnya ada beberapa fitur yang cukup membantu. Salah satunya adalah fitur autorun yang bisa dilakukan dengan mengetuk virtual joystick 2 kali. Hasilnya, karakter yang kamu mainkan akan otomatis berlari. Kamu bisa arahkan tujuan dengan menggeser sudut kamera, bahkan kamu juga bisa beri perintah melompat atau menembak. Pada umumnya, cara ini digunakan untuk mencari tempat sembunyi di kala berada di sebuah daratan luas. 

Baca Juga: Rekomendasi Game yang Menghasilkan Uang Cocok untuk Anak Kosan

Cara Download Dan Buat Akun Game Fortnite

Download game di smartphone mudah dan cepat

 

1. Cek Spesifikasi Smartphone Android

Tertarik untuk mencoba Fortnite mobile? Sebelumnya, pastikan kamu sudah punya salah satu deretan hp yang bisa main Fortnite mobile. Saat ini sudah banyak jenis HP smartphone android yang bisa jalankan game ini dengan lancar, seperti Asus Zenfone V, HTC 10, LG G5, Samsung S7, Xiaomi Mi 5, ZTE Axon M, dan masih banyak lainnya. Jika perangkat gawai yang kamu miliki tidak ada dalam daftar, setidaknya ada spesifikasi minimum yang bisa dicek.

Spesifikasi minimum hp android yang bisa digunakan untuk bermain Fortnite versi mobile adalah sudah memiliki OS 7 atau Nougat. Akan lebih baik jika smartphone kamu punya OS yang lebih baru. Graphic card yang terpasang juga sebaiknya lebih baik dari atau minimal adalah Adreno 616, Mali G72 MP12, atau Mali G71 MP20. Pastikan juga gawai sudah dibekali RAM sekurang kurangnya adalah 3GB atau lebih tinggi. 

2. Buat Akun terlebih dahulu 

Sangat disayangkan bahwa Fortnite mobile di playstore sudah tidak bisa diakses lagi. Jadi salah satu solusi untuk bisa pasang game ini adalah melalui download langsung di situs resmi Epicgames.com. Pada halaman tersebut, pilih Fortnite android untuk mendapat akses halaman membuat akun. Pada tahap ini, kamu harus selesaikan semua perintah dan deretan panduan daftar akun. Mulai dari memasukkan email, konfirmasi, dan membuat nama karakter. 

Cara membuat akun Fortnite mobile dikatakan cukup rumit, karena Anda harus menunggu beberapa hari untuk mendapat konfirmasi. Yang harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan email yang belum pernah digunakan di Epic Game. Kemudian, pilih jenis atau android yang kamu gunakan. Jika kamu tidak menemukan jenis HP yang dimiliki, namun spesifikasi HP sudah kompatibel, maka pilih Other Android Device. Lalu tunggu hingga ada email masuk. 

3. Download Dan Install Melalui Google Playstore 

Apabila akun sudah dibuat dan kamu sudah dapat akses untuk game, maka ikuti atau gunakan link yang telah disediakan. Dengan link tersebut, HP kamu akan secara otomatis mendownload aplikasi Fortnite. Selanjutnya buka aplikasi tersebut untuk melakukan instalasi atau pasang. Tunggu hingga selesai lalu buka game, dan aplikasi akan melakukan download seluruh data path yang mungkin akan membutuhkan ruang total sekitar 2 GB. 

Alternative Smartphone Tidak Bisa Jalankan Fortnite 

Bagaimana jika HP smartphone yang kamu punya tidak memiliki spesifikasi minimal untuk main Fortnite? Tidak perlu bingung, bermain bareng teman di game ini juga bisa diakali dengan menggunakan software PC atau komputer. Main Fortnite mobile di pc  bukan hal yang asing lagi. Mengingat mode permainannya yang cukup rumit dan kontrol yang beragam. Selain itu, total jumlah data dan juga space yang diminta pun cukup banyak. 

Bayangkan saja kamu harus download data game yang mencapai 2 GB, ditambah dengan grafik luar biasa ala Fortnite yang pastinya bakal menyita performa HP. Karena itu, tidak sedikit yang beralih gunakan Emulator android untuk menjalankan game ini. Sebut saja NOXplayer, BlueStacks, atau banyak aplikasi lainya. Pastinya, cara alternatif ini juga harus didukung dengan menggunakan PC yang sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.  

Biasanya aplikasi emulator tersebut akan bisa berjalan lancar dengan minimum requirement dual processor dan ram. 1.5 Gb. Selain itu, diperlukan juga Direct X 9.0 c. Kamu bisa unduh dan pasang aplikasi tersebut, kemudian lakukan cara download Fortnite mobile yang sudah tertera sebelumnya. Setelah itu, silahkan konfigurasi kontrol dan juga tombol sebelum mulai main Fortnite mobile. Dengan ide ini, kamu bisa menikmati waktu bermain bareng teman dan habiskan waktu luang. 

Game yang masih menjadi salah satu permainan popular ini sangat sesuai untuk habiskan waktu luang saat berada di kosan. Terutama bagi kamu penghuni kost Jogja, yang sedang tidak ada kuliah. Bermain bersama teman pastinya akan membuat game ini terasa lebih seru. Pasalnya kamu bisa saling komunikasi langsung dan bekerja sama untuk menjadi pemenang. Silahkan coba semua cara main Fortnite versi mobile yang sudah di ulas di atas agar bisa menang lebih mudah. 

Kalau kamu masih bingung cari kosan di Jogja gak masalah, karena kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz untuk menemukan List kosan di Jogja, termasuk kosan yang ada di sekitaran kampus terbaik yang ada di Jogja. Caranya buka aplikasi RedDoorz lalu masuk ke Kost Houses, setelah itu pada search KoolKost masukkan kata kunci “Jogja” atau “Yogyakarta” atau kalau mau lebih spesifik lagi kamu bisa masukkan nama kampus kamu. lalu tekan search dan akan keluar list Kosan di Jogja lengkap dengan info harga sewa beserta fasilitas yang diberikan. Kamu bisa pilih kosan yang sesuai dengan budget dan juga fasilitas yang kamu inginkan.

Press Enter To Begin Your Search
×